bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Jenis Bunga Cosmos yang Dapat Mempercantik Taman Rumah

10 Jenis Bunga Cosmos yang Dapat Mempercantik Taman Rumah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Februari 2021

Bunga cosmos adalah jenis bunga yang bisa membuat sebuah taman tampak semarak. Hal itu karena bunganya yang mekar dengan melimpah. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang tumbuh dengan cukup mudah. Selain itu, cosmos juga termasuk jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya.

Mereka memiliki aneka ragam warna yang cantik dan juga cerah. Tanaman ini banyak tumbuh di beberapa negara. Tetapi ada beberapa jenis yang favorit untuk ditanam. Ada tiga jenis bunga cosmos yang paling dikenal untuk ditanam, berikut ini adalah ulasan dari tiga jenis bunga cosmos tersebut.

Cosmos bipinnatus

Bunga cosmos bipinnatus merupakan jenis bunga yang biasa disebut dengan cosmos kebun atau aster meksiko. Tanaman asli Amerika ini dapat menyemai sendiri benihnya, sehingga dapat tumbuh hingga bertahun-tahun lamanya.

Tanaman ini biasanya tumbuh lebat 60 hingga 120 cm. Bunganya biasanya berwarna ungu, merah muda, dan putih. Daunnya memiliki bentuk yang runcing dengan ujung yang keras. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan dengan tegak dan memerlukan sinar matahari yang penuh.

Cosmos bipinnatus cocok tumbuh di tanah yang berlempung, tanah pasir, tanah kapur, dan tanahnya harus lembab. Cosmos jenis ini merupakan jenis yang telah banyak turunannya dan mengalami banyak perkembangan. Berikut ini adalah beberapa jenis cosmos bipinnatus yang paling sering dijumpai.

1. Cosmos bipinnatus ‘Dazzler’

* sumber: www.amazon.co.uk

Cosmos bipinnatus dazzler atau biasa disebut juga dengan nama cosmea dazzler merupakan tanaman asli dari Meksiko dan Amerika Selatan. Cosmos dazzler memiliki tinggi sekitar 1,3 meter dan juga memiliki warna yang pink carmine dan bagian tengahnya berwarna kuning serta daun yang berbulu.

Cosmos dazzler dapat tumbuh dengan optimal jika memperoleh sinar matahari yang cukup. Jenis tanah yang cocok untuk cosmos dazzler harus memiliki pH yang netral dan tanahnya berkapur. Selain itu, tanahnya juga harus lembab. Jenis bunga cosmos dazzler sangat cocok untuk dijadikan bunga potong.

2. Cosmos bipinnatus ‘Rubenza’

* sumber: plantswise.com

Bunga cosmos yang satu ini memiliki warna yang mencolok dengan tampilan yang menarik. Bunganya memiliki warna merah velvet dan saat dewasa warnanya menjadi berwarna ros. Selama musim panas hingga gugur tanamannya akan terus berbunga. Jenis ini juga tahan terhadap cuaca ekstrim.

Cosmos jenis ini termasuk tanaman yang mudah perawatannya. Tanaman ini memerlukan sistem pengairan yang baik meskipun mereka dapat bertahan di tanah yang kering dan kurang subur. Tanaman cosmos ini akan tumbuh terlalu tinggi dan roboh jika tanahnya terlalu subur.

3. Cosmos bipinnatus ‘Seashell’

* sumber: www.gardenersworld.com

Bunga cosmos seashell merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh seperti bunga aster. Kelopaknya menggulungunik  seperti cangkang kerang. Kelopak bunganya memiliki warna merah muda yang cantik. Jenis bunga ini juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai penghias rangkaian bunga potong.

Cosmos seashell merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh optimal jika ditanam di tanah yang lembab dengan sistem pengairan yang baik. Selain itu, mereka membutuhkan sinar matahari yang penuh. Seashell merupakan jenis bunga yang menarik serangga seperti lebah dan kupu-kupu.

4. Cosmos bipinnatus ‘Cupcakes’

* sumber: www.specialplants.net

Bunga cosmos jenis ini memiliki kelopak bunga yang sangat unik. Kelopak bunganya menjadi satu seperti sebuah mangkuk. Bunganya biasanya memiliki kelopak bunga tunggal dan juga ganda. Cosmos jenis ini biasanya berbunga dari awal musim panas hingga musim gugur.

Bunganya dapat tumbuh hingga ketinggian 90 – 120 cm dan lebarnya sekitar 50 cm. Jenis bunga cosmos ini juga terbilang mudah dalam perawatannya, dan juga lumayan bebas hama. Kamu dapat menanam bunga ini dalam pot dan juga sebagai pagar pendek yang cantik dan menarik kupu-kupu.

5. Cosmos bipinnatus ‘Picotee’

* sumber: www.redhousegarden.com

Bunga cosmos yang satu ini akan membuat tamanmu terlihat berbeda. Bunganya memiliki warna putih dengan garis berwarna ungu gelap pada bagian pinggirnya. Bunganya terlihat lebih menonjol dengan daun-daunnya yang berwarna hijau tua, dan bentuknya seperti tanaman pakis.

Tanamannya memerlukan sinar matahari penuh seperti bunga cosmos yang lainnya, dan juga sistem pengairan yang baik. Bunga cosmos ini bagus ditanam sebagai tanaman pembatas, ataupun sebagai bunga potong. Bunganya dapat bertahan selama 7 hingga 10 hari saat disimpan di dalam vas bunga.

Cosmos Sulphureus

Cosmos kuning, cosmos oranye atau juga sulfur cosmos merupakan sebutan lain dari jenis bunga cosmos sulphureus. Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Meksiko, Amerika Tengah, dan juga Amerika Selatan bagian utara. Bunga ini biasa ditanam di pinggir jalan di negara Jepang dan Korea.

Kebanyakan dari bunga aslinya dan hasil pembudidayaannya memiliki warna oranye, merah dan juga kuning. Tanaman ini biasa tumbuh dengan tegak dengan ketinggian sekitar 30 – 210 cm. Banyak bunga hasil pembudidayaan dari jenis ini yang menjadi favorit di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Cosmos sulphureus ‘Diablo’

* sumber: www.gardensonline.com.au

Bunga cosmos diablo memiliki warna oranye yang terang, dengan kelopak bunganya yang semi ganda. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, serta Meksiko. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 75 cm dan memerlukan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh optimal.

Pada abad ke-18 bunga cosmos jenis ini mulai diperkenalkan pada masyarakat. Bunga jenis ini masuk dalam sebuah program yang dilakukan oleh seorang botani dan pemulia tanaman Korea-Jepang Dr. Woo Jang-choon untuk menghiasi jalan raya dan juga sekitar rel kereta api di Jepang dan Korea.

2. Cosmos sulphureus ‘Brightness Red’

* sumber: mudandgluts.com

Bunga cosmos brightness red ini merupakan jenis bunga yang telah memperoleh penghargaan dari Royal Hortikultura Society Inggris berupa Penghargaan Taman Merit. Bunganya berwarna merah dengan sapuan warna oranye. Bunganya memiliki kelopak bunga semi ganda.

Cosmos brightness red memiliki tinggi sekitar 30 cm dengan lebar yang sama. Tanamannya dapat tumbuh dengan optimal jika memperoleh sinar matahari penuh dan sistem pengairan yang baik. Agar terus berbunga akan lebih baik jika kamu memangkas bunga yang mati secara teratur.

3. Cosmos sulphureus ‘Tango’

* sumber: twitter.com

Cosmos sulphureus ‘tango’ atau dikenal juga dikenal dengan nama yellow cosmos ‘tango’ merupakan jenis cosmos yang tumbuh dengan tegak. Tanamannya dapat tumbuh hingga mencapai 1,2 meter. Bunganya memiliki semburat warna oranye dengan kelopak bunganya yang semi ganda.

Bunga ini juga merupakan satu jenis bunga yang memperoleh Penghargaan Taman Merit dari Royal Hoticulura Society Inggris. Seperti kebanyakan bunga cosmos, mereka juga dapat tumbuh optimal dengan sinar matahari yang penuh. Bunganya dapat tumbuh di tanah dengan tingkat kesuburan yang sedang.

4. Cosmos Sulphureus ‘Carioca’

* sumber: www.fleuroselect.com

Bunga cosmos carioca merupakan jenis bunga yang memiliki ukuran bunga yang lebih besar dari bunga cosmos biasanya. Bunganya memiliki warna oranye yang hangat selain itu memiliki bunga yang melimpah. Tanamannya dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm dan mekar dalam waktu yang lama.

Tanaman cosmos ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah bahkan pada tanah yang kering sekalipun. Bunganya dapat dijadikan karangan bunga, kamu juga dapat menaruhnya di dalam vas bunga. Tanaman ini juga menarik serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan juga burung.

Cosmos atrosanguineus

Bunga cosmos jenis ini dikenal juga dengan nama cosmos coklat. Kenapa diberi nama demikian? Hal itu karena bunga cosmos coklat memiliki aroma seperti kue choco chip pada saat kamu menciumnya. Awalnya bunga ini diperkirakan punah, tetapi bunga ini masih tumbuh lebat di negara Meksiko.

Bunga jenis ini memiliki warna merah tua hingga ke warna coklat tua. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 40-60 cm. Tanamannya memerlukan sinar matahari yang penuh dan tanah dengan sistem pengairan yang baik. Berikut ini beberapa jenis dari cosmos cokelat yang menarik.

1. Cosmos atrosanguineus 'Chocamocha'

* sumber: www.gardenersworld.com

Bunga cosmos chocamocha merupakan tanaman cosmos yang memiliki aroma coklat. Tanamannya memiliki tinggi sekitar 45 cm dan lebarnya 30 cm. Bunganya memiliki warna velvet yang gelap dengan sedikit sapuan perunggu. Warna bunganya membuat tamanmu akan terlihat berbeda.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan optimal saat memperoleh sinar matahari yang banyak. Mereka juga dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur. Cosmos ini termasuk tanaman yang bebas hama dan juga mudah perawatannya. Bunganya biasanya menarik burung dan juga kupu-kupu.

2. Cosmos atrosanguineus ‘Black Magic’

* sumber: www.youtube.com

Bunga cosmos black magic merupakan bunga cosmos coklat yang dikembangkan di Jerman. Bunga cosmos black magic ini memiliki bunga dengan warna kecoklatan datau agak sedikit merah. Ukuran kelopak bunganya pun ada yang besar dan juga yang kecil, dengan aroma coklat dan sedikit vanila.

Seperti kebanyakan dari bunga cosmos lainnya, bunga yang satu ini juga memerlukan cahaya matahari yang penuh, dan juga tanah yang lembab. Sayangnya bibit dari tanaman ini masih langka, dan mungkin kamu akan cukup kesulitan untuk menemukan bibit bunga yang satu ini.

Itulah beberapa jenis bunga cosmos yang dapat kamu tanam untuk mempercantik tanam di rumahmu. Aneka ragam warnanya membuat taman rumah terlihat menawan. Kamu dapat merasakan keceriaan yang dibawa oleh warna-warnanya yang cantik atau kamu dapat memilih sesuai warna kesukaanmu.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram