Bacaterus / Buah / 10 Jenis Buah Tin yang Paling Enak dan Mesti Dicoba

10 Jenis Buah Tin yang Paling Enak dan Mesti Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Buah Tin atau buah Ara adalah salah satu buah yang memiliki keistimewaan. Rasanya yang manis serta buahnya memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan memang bisa membuat siapa pun yang mencicipi buah yang satu ini jatuh cinta.

Di dunia sendiri terdapat 50 varietas buah Tin yang diketahui tersebar di seluruh dunia dari 850 spesies. Beberapa jenis buah diantaranya bahkan telah dibudidayakan di Indonesia. Nah, dari sekian banyak jenis buah Tin yang ada di seluruh dunia. Setidaknya ada 10 jenis buah Tin yang menjadi favorit masyarakat karena rasanya yang enak. Jenis mana saja itu? Yuk, kita simak daftarnya di bawah ini.

1. Green Yordan

Green Yordan

Green Yordan adalah jenis buah Tin yang cukup digemari karena rasanya yang manis dan legit. Ukuran buahnya sekitar 40-60 gram. Sesuai namanya buah ini memang berasal dari negara Yordania. Green Yordan sendiri memiliki warna kulit berwarna hijau dan menjadi salah satu jenis unggulan yang berasal dari negara tersebut.

Karena permintaan buah Tin jenis ini cukup besar di tanah air membuat buah yang satu ini pun banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain dikonsumsi langsung, Green Yordan sendiri biasanya diolah menjadi berbagai sajian mulai dari manisan, selai, dan yang paling sering kita temukan adalah dibuat dalam bentuk kismis yang dikeringkan.

2. Brown Turkey

Brown Turkey

Jenis buah Tin lain yang juga menjadi primadona dan memiliki banyak penggemar adalah Brown Turkey. Buah yang berasal dari negara Turki ini memiliki warna coklat kehitaman dengan berwarna merah serta memiliki rasa manis dan cukup berair.

Meskipun memiliki rasa yang enak, namun jenis buah yang satu ini sangat rentan terhadap air. Karena buah ini memang sangat mudah pecah bila terkena air. Ukuran buahnya sendiri cenderung sedang, yaitu sekitar 50-60 gram.

Sementara karakteristik daun dari buah Tin jenis ini sedikit berbeda dengan varietas lainnya. Dimana Green Turkey memiliki daun yang tidak berbentuk menjari namun bergelombang. Bentuk itu akan berubah ketika daun beranjak tua.

3. The Blue Giant

The Blue Giant

Jenis buah Tin yang tidak kalah menggoda dengan jenis lainnya adalah The Blue Giant. Buah Tin berwarna merah kebiru-biruan ini memiliki bobot yang besar sesuai dengan namanya, yaitu sekitar 70-80 gram. Buahnya sendiri memiliki tekstur yang empuk dengan rasa manis yang menyegarkan.

The Blue Giant dikenal mampu menghasilkan buah jauh lebih banyak dibanding dengan jenis buah Tin lain. The Blue Giant sendiri merupakan jenis tanaman tropis adaptif yang banyak dibudidayakan oleh kolektor maupun growers Indonesia karena memiliki keunggulan dari segi kualitas dan kuantitas.

4. Longue d’aout

Longue d’aout

Dari namanya saja kita pasti sudah tahu dari mana jenis buah Tin ini berasal. Ya, Longue d’aout merupakan salah satu jenis buah Tin premium yang berasal dari negara Perancis. Longue d’aout sendiri memiliki rasa buah yang manis dengan ukuran buah bisa mencapai berat 200 gram hampir seukuran dengan buah apel.

Buah jenis ini memang sangat cocok bagi orang Indonesia karena rasanya yang manis dan lezat. Di negara-negara seperti Amerika, Spanyol, Italia, Prancis, Thailand, Jepang dan negara-negara lainnya, buah ini sangat digemari dan banyak dikonsumsi karena dianggap menyehatkan serta memiliki kualitas rasa yang baik.

5. Purple Yordan

Purple Yordan

Purple Yordan merupakan jenis buah Tin lain yang juga menjadi unggulan di negara tersebut. Buah jenis ini memiliki ukuran sekitar 50-70 gram. Purple Jordan sendiri  memiliki kulit berwarna ungu kehitaman. Rasanya sangat manis dan menyegarkan.

Karena kualitas rasa yang nikmat, jenis ini pun banyak dikembangbiakkan oleh petani yang ada di Indonesia. Karakteristik daun dari jenis buah ini membentuk tiga jari. Hal tersebut yang menjadi ciri khas dan yang membedakan dengan jenis buah Tin lain. Purple Yordan sendiri bisa dibudidayakan dalam pot.

6. Tin Red Khrutmani Palestine

Tin Red Khrutmani Palestine

Tin Red Khrutmani Palestine adalah jenis buah Tin yang memiliki kemiripan dengan The Blue Giant. Ukuran buah ini cukup besar sekitar 70-80 gram. Buahnya sendiri berwarna merah kehitaman dengan rasa yang sangat manis. Jenis buah Tin yang satu ini sangat produktif sehingga banyak dibudidayakan di tanah air.

Buah ini sendiri termasuk dalam golongan buah Mediterania. Tin Red Khurtmani Palestine bisa ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Hanya saja hasilya terdapat berbedaan bentuk dimana buah yang di tanam di dataran tinggi akan memiliki bentuk buah yang sedikit lebih lonjong di bandingkan dengan yang ditanam di dataran rendah. Meskipun begitu kualitas rasa yang dihasilkan masih tetap enak.

7. Negrone (Cemani)

Negrone (Cemani)

Dibanding dengan buah Tin jenis lain. Negrone cenderung memiliki ukuran buah yang jauh lebih kecil, yaitu sekitar 45-55 gram. Buah jenis ini memiliki warna ungu kehitaman. Meskipun berukuran kecil namun Negrone memiliki rasa yang manis dan gurih.

Buah Tin jenis ini termasuk yang banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Negrone sendiri sangat terkenal dan banyak dikonsumsi sebagai buah segar di beberapa negara Eropa dan benua Amerika. Selain itu dari segi komersial, penjualan buah ini memang cukup baik.

8. Madeleine des deux saisons

Madeleine des deux saisons

Madeleine des deux saisons atau yang sering disingkat MDDS adalah jenis buah Tin yang berasal dari Mediterania, yaitu di perbatasan Eropa dan Asia yang memiliki iklim subtropis. Buahnya berwarna coklat kekuningan serta memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang sangat manis.

Karena rasanya yang enak, buah ini pun termasuk dalam jenis buah premium. Jenis buah ini termasuk jenis tanaman adaptif sehingga sangat baik untuk dikembangkan di Indonesia.

Ukuran buahnya pun lumayan cukup besar, yaitu sekitar 80-100 gram. Meskipun cukup produktif dan bisa ditanam di dalam pot, namun buah ini sangat rentan terhadap cahaya yang lembap serta curah hujan yang tinggi.

9. Tin Sultane

Tin Sultane

Jenis buah Tin yang juga banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak adalah Tin Sultane dari Perancis. Buah Tin jenis ini berwarna Hitam kebiru-biruan dengan bentuk yang cukup elegan dan menarik perhatian. Buah ini memiliki daging berwarna merah kecokelatan.

Buah ini termasuk jenis buah yang memiki kualitas rasa yang sangat manis. Ukuran buahnya sendiri sekitar 50-60 gram. Buah jenis ini juga sering menjadi incaran para kolektor buah tin yang ada di Amerika dan Eropa karena kualitas rasa yang enak. Buah jenis ini memiliki karakteristik daun berjari lima dimana terdapat warna kemerahan pada tangkai daunnya.

10. Maltese Falcon

Maltese Falcon 

Buah Tin terakhir yang juga sangat digemari oleh masyarakat adalah Maltese Falcon. Buahnya berwarna hitam memiliki rasa manis dengan pulp berwarna merah. Buah Tin jenis ini memang terbilang langka.

Produksinya buahnya pun tidak sebanyak buah Tin jenis lain. Sehingga harga yang di jual di pasaran pun jauh lebih mahal, yaitu sekitar Rp 240 ribu/kg. Ukuran buahnya medium, yaitu sekitar 50-70 gram. Kualitas rasa dari jenis yang satu ini memang cukup baik bahkan bisa dibilang ekslusif. Buah Tin jenis juga menjadi salah satu jenis buah yang banyak juga dicari oleh kolektor.

Nah, itulah 10 Jenis buah Tin paling enak yang wajib dicoba. Keberadaan buah ini suatu anugerah yang patut disyukuri. Selain karena rasanya yang enak, buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bila kamu jenis buah Tin lain yang enak. Beri komentar di kolom di bawah, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *