Bacaterus / Buah Berry / 10 Jenis Buah Beri yang Enak dan Banyak Manfaatnya

10 Jenis Buah Beri yang Enak dan Banyak Manfaatnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pasti kamu kenal dengan stroberi atau blueberry. Ya, buah-buahan ini termasuk ke dalam jenis buah beri. Buah beri dikenal memiliki profil nutrisi yang baik. Buah ini umumnya memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C, juga polifenol antioksidan.

Jadi jika buah ini dimasukkan dalam menu makanan, akan dapat membantu mencegah juga mengurangi gejala banyak penyakit kronis. Buah beri memiliki banyak jenis dan buah ini memiliki beragam bentuk, ukuran dan rasa.

Beberapa kultivar dapat ditanam di mana saja dari mulai lingkaran arktik seperti cloud berry, sampai ke daerah tropis. Artikel ini akan membahas 10 jenis buah beri yang biasanya dapat diproses menjadi selai, dipanggang menjadi pai atau dibentuk menjadi kue. Baca terus untuk mendapatkan informasinya ya.

1. Blueberry

Blueberry

Blueberry merupakan jenis buah beri populer. Buah ini adalah sumber vitamin K. Selain vitamin K, blueberry juga mengandung vitamin C, serat, dan mangan. Tak hanya itu, blueberry juga mengandung antioksidan polifenol yang disebut anthocyanin dan sifat anti-karsinogenik. Blueberry dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti buah ini bagus untuk pasien diabetes

Jenis buah beri ini merupakan buah yang manis dan berair. Umumnya blueberry dikonsumsi langsung tanpa diproses terlebih dahulu. Buah ini juga bisa ditambahkan pada beragam makanan panggang dan saus.

Karena memiliki rasa yang manis dan tajam, membuat buah ini sangat dicintai. Warna biru dari buah beri juga cocok untuk digunakan sebagai makanan dekoratif yang luar biasa cantik.

Untuk bisa tumbuh dengan baik, blueberry membutuhkan tanah asam dengan nilai pH tinggi antara 4,5 dan 5,5. Kandungan lemak yang dimiliki oleh blueberry juga relatif rendah dan kandungan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan dengan beri lainnya.

2. Boysenberry

Boysenberry

Buah yang merupakan percampuran antara blackberry, loganberry, dan raspberry ini dikembangkan pada 1920-an oleh Walter Knott. Dia merupakan ahli botani. Di pertaniannya dia membuat selai dari buah tersebut. Pertanian milik Walter Knott menjadi terkenal, dan saat ini boysenberry dikonsumsi di seluruh dunia.

Buah ini memiliki rasa bunga juga tajam, dan manis. Karena itu, biasanya bunga ini digunakan dalam selai, cobblers, dan pai. Manfaat kesehatan dari buah ini cukup luar biasa, ini merupakan salah satu alasan mengapa buah ini populer di seluruh dunia. Boysenberry dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dengan mengurangi tekanan darah.

Selain itu, buah beri ini juga bisa meningkatkan fungsi endotel tubuh dan telah terbukti memiliki dampak positif pada injesti harian yang kronis. Boysenberry juga bisa membantu penyakit Alzheimer, peradangan, juga kanker.

3. Bilberry

Bilberry

Bilberry penampilannya sangat mirip dengan blueberry dan huckleberry. Buah beri ini termasuk ke dalam kelompok spesies Eurasia khususnya dari tumbuhan semak yang tumbuh rendah, yang menghasilkan buah hitam yang hampir bisa dimakan. Bilberry merupakan tanaman asli Eropa, sedangkan blueberry merupakan tanaman asli Amerika Utara.

Buah beri ini menghasilkan beri tunggal atau berpasangan di semak dan bukan cluster seperti halnya blueberry. Selain itu, blueberry mempunyai lebih banyak daun hijau. Bilberry sulit untuk tumbuh dan buahnya juga kecil sehingga jarang dibudidayakan di kebun rumah.

4. Blackberry

Blackberry

Buah beri ini tumbuh di alam liar dan di banyak taman rumah. Blackberry tumbuh liar di wilayah Selatan dan Pasifik Barat Laut. Ciri khas buah ini adalah buah ini memiliki ukuran kecil dengan warna gelap, hampir hitam, tapi sangat aromatik.

Tanaman blackberry akan tumbuh dengan baik di tanah subur, lembab, dan musim dingin ringan. Varietas blackberry yang terbaru yang sudah dikembangkan lebih kuat sehingga tumbuhan ini bisa bertahan lebih baik di cuaca dingin.

Buah blackberry memiliki rasa asam manis dan berhubungan erat dengan raspberry. Blackberry mempunyai kandungan mangan dan Vitamin C juga K1. Manfaat buah ini dapat membantu memerangi peradangan dan kanker, juga meningkatkan fungsi otak.

5. Raspberry Putih dan Emas

Raspberry Putih dan Emas

Seperti blackberry, Raspberry dan banyak buah beri berduri lainnya, merupakan anggota keluarga Rosaceae, sama halnya seperti mawar. Keluarga raspberry mencakup beberapa varietas berbeda, yang memiliki warna yang bervariasi dari sangat pucat, hampir putih, sampai keemasan, merah, biru, dan hitam. Varietas kuning selalu ada di pasar petani secara teratur.

Rasa raspberry putih dan emas seperti raspberry merah tapi sangat ringan rasanya dan bunganya jauh lebih banyak. Kedua varietas ini rasanya sedikit kurang manis dan sedikit asam jika dibandingkan dengan buah sejenis yang warnanya lebih gelap.

Jenis ini lebih lebih cocok untuk makan segar daripada dipanggang karena rasa dan teksturnya lembut. Sangat cocok untuk dicampurkan dengan koktail yang dibuat dengan anggur bersoda atau soda klub, baik yang ada gin atau rumnya

6. Acai Berry

Acai Berry

Acai berry merupakan tanaman asli Hutan Hujan Amazon dan sangat dipuji karena manfaat nutrisinya, khususnya antioksidan, serat, juga kandungan kalsiumnya yang tinggi. Berkat hubungan buah ini dengan kesehatan, baru-baru ini, acai berry menjadi populer dimasukkan dalam smoothie dan jus serta dalam mangkuk sarapan.

7. Cranberry

Cranberry

Dikenal karena rasa dan kehadirannya di setiap meja saat perayaan Thanksgiving, Cranberry merupakan tanaman asli Kanada dan Amerika Serikat bagian Timur Laut. Buah ini dibudidayakan di rawa yang juga dapat dikeringkan. Jadi saat buah ini matang, cranberry akan mengapung di rawa, jadi mengefisienkan panen.

Kebanyakan cranberry memiliki warna merah. Cranberry yang berwarna merah muda dan putih itu tidak matang, dan rasanya lebih asam.

8. Goji Berry

Goji Berry

Goji berry yang juga dikenal sebagai wolfberry memiliki warna merah dan buah ini adalah asli dari Asia. Secara tradisional buah ini digunakan sebagai makanan dan juga obat-obatan. Goji berry, khususnya goji berry yang kering, meroket popularitasnya berkat manfaat kesehatan yang dimilikinya sehingga dipasarkan secara massal.

Buah goji berry  dipuji sebagai ‘super food’ atau makanan super. Goji berry ini dikenal karena efek penuaan yang terbalik juga membantu melawan kanker dikarenakan tingginya kandungan anti-oksidan yang dimiliki buah ini.

Goji beri juga secara signifikan dapat meningkatkan penglihatan. Buah goji berry kaya akan vitamin A, selenium, tembaga, zat besi, dan riboflavin. Asal buah ini dari Himalaya dan wilayah pegunungan di Cina sehingga buah ini tahan terhadap tanah yang dingin dan tandus, panas ekstrem juga kekeringan.

Buah ini banyak dikonsumsi di Korea dan China. Goji berry memiliki rasa dan unik yang beraroma, kenyal, sedikit manis juga sedikit rasa pahit. Buah ini bahkan digunakan di banyak hidangan seperti cookies dan cakes.

9. Huckleberry

Huckleberry

Huckleberry memiliki kemiripan dengan blueberry karena keduanya berwarna biru-ungu tua. Baik huckleberry atau blueberry mempunyai rasa asam-manis dan rasa kayu yang jelas sehingga membuat kedua buah ini cocok untuk dibuat menjadi pai, permen juga kue. Huckleberry cocok untuk dimakan segar, dibuat menjadi selai juga makanan yang dipanggang.

Buah huckleberry mempunyai sifat antibakteri, meningkatkan kesehatan pra-kelahiran, dan. menurunkan kolesterol. Sebagian besar buah ini tumbuh di alam liar, di cekungan danau, lereng subalpine, hutan, atau rawa.

Huckleberry asalnya dari Kanada Barat serta USA Barat laut. Tanaman ini tidak bisa berakar sepenuhnya seperti tanaman liar lainnya sehingga tidak bisa dibudidayakan.

10. Stroberi

Stroberi

Buah yang sudah dikenal baik di Indonesia ini memiliki rasa yang kuat yang disukai banyak orang. Stroberi mempunyai rasa manis dan asam, yang menjadikan buah ini sempurna untuk dibuat menjadi sirup, kue, selai, pengawet, es krim, muffin, milkshake, dan banyak makanan lainnya. Stroberi bahkan bisa dinikmati sesudah mencelupkan buah ini ke dalam cokelat atau krim kocok.

Rasa stroberi buatan juga biasa digunakan pada parfum, permen, pembersih tangan, lip gloss, dan sejumlah produk pewangi lainnya. Saat ini, di dunia, buah ini menjadi varietas berry terbesar dan dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular juga bisa meningkatkan masalah metabolisme pada pasien. Buah ini juga membantu melawan kanker,

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan mata. Stroberi juga digunakan sebagai suplemen harian karena mereka memiliki kandungan vitamin C dan mangan. Cina pada 2016 memproduksi 41% dari 9,2 juta ton stroberi yang diproduksi di seluruh dunia.

Jika selama ini kamu hanya tahu stroberi dan blueberry, sekarang kamu tahu lebih banyak jenis-jenis buah beri dan manfaatnya. Jenis buah beri apa yang paling sering kamu konsumsi selain stoberi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *