Bacaterus / Tanaman Hias / Suka Bonsai? Kamu Harus Tahu 8 Pohon Bonsai Langka Ini!

Suka Bonsai? Kamu Harus Tahu 8 Pohon Bonsai Langka Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dikenal sebagai seni menaman pohon, bonsai terdiri dari dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu ‘bon dengan arti ‘pot’ dan ‘sai yang berarti ‘tanaman’. Karena itulah bonsai dapat diartikan, pohon hias atau semak yang tumbuh di pot dan secara artificial dicegah agar tidak mencapai ukuran normal.

Seni menanam pohon ini dikenal dengan sebutan Penzai atau Penjing. Mulai dikenal sekitar tahun 1940 di Indonesia, tidak semua tanaman dalam pot dapat disebut bonsai lho, tanaman harus memenuhi kriteria tertentu. Tanaman ini juga memiliki komunitas yang mendunia, tak hanya kawasan Asia, benua lainnya juga memiliki komunitas bonsai.

Disebut sebagai karya seni, pembentukkan tanaman menjadi bonsai haruslah melalui proses panjang, sulit juga penuh tantangan. Seni dari bentuk bonsai memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang, karena itulah setiap bonsai tidak akan ada yang sama baik dari segi bentuk hingga jenisnya.

Keindahan setiap bentuknya yang berbedalah yang membuat bonsai langka cukup terkenal. Supaya tak penasaran Bacaterus sudah merangkum jenis bonsai langka apa saja yang ada di dunia. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bonsai Pohon Hujan Brasil

Bonsai Pohon Hujan Brasil

Lebih dikenal dengan nama Brazilian Rain Tree, pohon ini berasal dari Amerika Tenagh dan Selatan terutama Brasil. Bonsai ini dianggap sebagai salah satu objek bonsai paling indah dan paling populer di dunia tropis. Menjadikan kandidat pohon yang tepat untuk dijadikan bonsai.

Pemiliknya adalah Budi Sulistyo, ia diundang ke India oleh The Indo Japanese Study Group dan mendapat potongan bonsai kecil dari Mister Parekh untuk dibawa pulang. Pohon itu tumbuh dengan baik di Indonesia dimana kelembabannya tinggi.

Beliau adalah orang Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan Internasional dalam International Bonsai Exhibition di Osaka, Jepang. Menulis buka berbahasa Indonesia “Bonsai”, Budi Sulistyo dikenal dan dihormati di Komunitas Bonsai.

2. Bonsai Shunkaen

Bonsai Shunkaen

Para pengrajin dan penggemar pasti tak asing dengan nama Kunio Kobayashi, ya, pemilik bonsan Shunkaen yang menurut info telah berusia 800 tahun. Tuan Kobayashi, begitu ia dikenal, adalah seorang seniman bonsai yang sangat terkenal bahkan hingga penjuru dunia.

Ia juga selalu memenagkan penghargaan bergengsi yang diberikan Perdana Menteri Jepang. Di Tokyo terdapat Galeri bonsai Shunka-en yang terbuka untuk para pengunjung. Bukan tanpa sebab, selain umur bonsai yang melegenda tumbuhan ini mempunyai keunikan yang penuh dengan nilai seni.

Keindahannya yang sangat memikat membuat kolektor bonsai ingin memilikinya. Kabarnya bonsai Shunkaen pernah ditawar dengan harga 90.000 USD dan menjadikannya bonsai termahal di dunia namun tentu saja sang pemilik tak menjualnya.

3. Bonsai Sylvestris Pinus

Bonsai Sylvestris Pinus

Bonsai Pinus memang terbilang unik karena pohonnya mempunyai batang dengan bentuk lurus dan ramping. Stefano Frisoni adalah sosok dibalik bonsai Pinus Sylvestris, awalnya ia membeli bonsai ini untuk menambah beberapa koleksi bonsai miliknya.

Namun, ia berkeinginan membuat ulang dan menciptakan karya seni dari bonsai yang ia beli. Stefano membuat dedaunan yang menyerupai awan dilangit dengan tekniknya sendiri tanpa mengubah seni yang sebelumnya ada pada bonsai. Bantalan daun yang terlihat padat seakan bersifat realistis dengan karakter yang memiliki nilai seni tinggi dan dihargai.

4. Bonsai Goshin (Protector of The Spirit)

Bonsai Goshin (Protector of The Spirit)

Bonsai Goshin menjadi bonsai yang sering dipamerkan di acara National Arboretum yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Bonsai jenis Goshin ini merupakan tanaman bonsai dimana teknik pembonsaiannya diciptakan oleh John Y. Naka.

Ia mengikuti pelatihan bonsai pada tahun 1948, disitulah pertama kali ia membuat karyanya yang terkenal hingga saat ini. Kemudian ia mendonasikannya ke National Bonsai Foundation di Amerika Serikat pada tahun 1984. Sudah sejak saat itu, disanalah bonsai Goshin miliknya berada.

5. Bonsai Mapel Jepang

Bonsai Mapel Jepang

Menjadi bonsai unik dan langka selanjutnya, merupakan salah satu dari banyaknya koleksi bonsai milik seniman bonsai asal Eropa Walter Pall. Karyanya terbilang sangat menakjubkan, bagaimana tidak? bonsai Mapel ini berusia 100 tahun.

Tinggi bonsai Mapel Jepang ini mencapai satu meter dan merupakan batas maksimum untuk sapat disebut sebagai pohon bonsai. Bonsai ini merupakan mahakarya luar biasa yang pernah ada.

6. Bonsai Kimura

Bonsai Kimura

Selanjutnya ada bonsai milik master atau guru Masahiko Kimura, yang mempelajari bonsai sejak usia beliau 15 tahun. Ia mulai menghabiskan waktunya magang di bawah bimbingan master bonsai Motosuke Hamano dari Toju-en Bonsai Garden di kota bonsai Omiya.

Bonsai satu ini adalah variasi terkenal di seluruh dunia, banyak sekali karyanya yang begitu indah dan memikat terlebih lagi bagi para pencinta bonsai. Pahatan dan keahliannya mengukir kayu mati dengan cepat membuat namanya cepat terkenal di komunitas Bonsai.

Ciri khas dari pohonnya adalah interaksi yang pasti antara pahatan kayu mati yang lebih kecil dari kayu hidup yang muncul dan dipahat secara artistik dengan beberapa bagian yang berayun dari tanah ke puncak dedaunan.

7. Bonsai Sandai Shogun no Matsu

Bonsai Sandai Shogun no Matsu

Berlokasi di Tokyo, Jepang, bonsai satu ini rupanya menjadi salah satu harta karun nasional Jepang. Bonsai Pinus Lima Jarum ini diperkirakan hidup lebih dari 500 tahun dan ditampilkan dalam koleksi Tokyo Imperial Palace.

Tanaman bonsai yang dinamakan untuk Shogun Tokugawa Iemitsu, dimana Iemitsu memiliki bonsai tersebut ketika bonsai sudah berusia 200 tahun. Sejak saat itulah pohon bonsai diturunkan dari kaisar ke kaisar. Sehingga pohon bonsai ini telah dirawat lebih dari 500 tahun oleh kaisar jepang.

8. Bonsai Ficus (Ficus Bonsai Tree)

Bonsai Ficus (Ficus Bonsai Tree)

Terletak di Italia, bonsai ini diyakini sebagai pohon bonsai tertua di dunia dengan perkiraan usia 1.000 tahun, Ficus retusa Linn dirawat dan dibentuk oleh penguasa Cina. Butuh waktu sepuluh tahun bagi Luigi Crespi, pendiri Crespi Bonsai Musuem mendapatkan kepemilikan bonsai tersebut hingga ia berhasil di tahun 1986.

Selama tahun-tahun pertamanya di Italia bonsai dirawat dan dibentuk oleh master bonsai Jepang Shotaro Kawahara. Setelahnya barulah dirawat oleh Crespi dan Alberto Lavazza dan ditempatkan di pagoda kaca untuk menjadi pusat dari Crespi Bonsai Musuem, yang didirikan pada tahun 1991.

Seiring dengan perkembangannya, bonsai lebih banyak dikenal berasal dari Jepang. Sementara sekitar tahun 1280-1368 masehi kebanyakan pejabat dan pedagang Cina yang berasal dari Jepang membawa bonsai ke negaranya sebagai cinderamata.

Hal tersebut kemungkinan karena Jepang lebih banyak mempopulerkan seni juga teknik menanam bonsai pada negara lain. Perkembangan bonsai di jepang pun lebih pesat dan beragam. Apa kamu tertarik merawat bonsai dari sekarang? Siapa tahu bonsai kamu bisa jadi bonsai langka nantinya.

Dikatakan bahwa keharmonisan dari pohon bonsai adalah lambang dari unsur utama yakni langit, bumi, dan manusia. Buat kamu pencinta tanaman seni bonsai bisa kamu coba lho. Jika kamu punya informasi lain mengenai bonsai, silahkan tulis dikolom komentar ya, baca juga artikel lainnya yang Bacaterus rangkum khusus untuk kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *