Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Jenis Anjing Penjaga Terbaik agar Rumah Jadi Lebih Aman

10 Jenis Anjing Penjaga Terbaik agar Rumah Jadi Lebih Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Agustus 2018

Berpikir untuk memasang CCTV atau menyewa jasa security? Nanti dulu. Pikirkan dulu berapa banyak uang yang harus Anda bayar untuk memasang CCTV di setiap sudut rumah dan menyewa jasa pengamanan. Kalau budget terbatas tapi Anda menginginkan “penjaga” yang selalu siaga dan loyal, mengapa tak pertimbangkan untuk memelihara anjing penjaga saja?

Bacaterus akan mengulas seputar 10 jenis anjing penjaga terbaik yang bisa membuat tempat tinggal Anda jadi lebih aman. Setidaknya, jenis-jenis anjing ini memang sering diandalkan di berbagai negara untuk menjaga rumah atau hewan ternak.

10 Jenis Anjing Penjaga Terbaik

1. Akita

Akita Jenis Anjing Penjaga

Jenis anjing penjaga yang berasal dari Jepang ini memiliki naluri pelindung yang sangat kuat. Akita memiliki kecurigaan yang kuat terhadap hewan atau orang asing yang bersikap aneh di sekitarnya. Jangan pernah mempertanyakan kesetiaan Akita karena jenis anjing ini sangat loyal terhadap tuannya.

Postur tubuh Akita mencerminkan bahwa ras anjing ini bisa bertahan di berbagai medan, termasuk medan berat yang dingin dan bersalju. Bulu-bulunya yang tebal akan membantu anjing ini beradaptasi dalam cuaca yang dingin.

Akita dapat bekerja dengan baik jika digabungkan dengan ras sejenisnya. Dua ekor anjing akita dapat menjadi sahabat sekaligus pelindung terbaik. Sayangnya, akita tidak dapat beradaptasi dengan hewan lain meskipun sesama anjing.

2. Rottweiler

Rottweiler

Pada awalnya, Rottweiler merupakan anjing penjaga ternak. Namun, seiring berjalannya waktu Rottweiler banyak membantu kepolisian sebagai anjing pelacak. Bahkan, banyak orang tertarik untuk mengadopsi ras anjing ini karena sifatnya yang pemberani dan cukup agresif sehingga cocok untuk menjadi penjaga rumah.

Rottweiler memiliki tubuh dengan besar yang sedang dan bulu yang didominasi dengan warna hitam. Anjing ini memiliki tatapan mata yang tajam dan terkesan mengintimidasi. Walaupun terkesan sangat galak, Rottweiler adalah anjing yang sangat patuh dan bisa bersikap manis kepada tuannya.

3. Doberman

Doberman

Tubuh Doberman mungkin tidak segempal Akita atau Rottweiler, tetapi anjing dengan telinga yang panjang ini dikenal cerdas. Doberman masuk dalam lima besar ras anjing tercerdas di dunia. Anjing ini sangat bersikap siaga dan cukup berbahaya bagi orang asing.

Loyalitas Doberman juga dapat dibuktikan dari sejumlah serangan yang dilakukan ras anjing ini terhadap orang-orang yang dirasa membahayakan tuannya. Sifatnya yang tidak kenal takut ini membuat Doberman pantas dijadikan sebagai penjaga rumah. Apalagi Doberman mampu berlari dengan sangat cepat sehingga anjing ini bisa diandalkan untuk mengejar penyusup atau pencuri.

4. Bullmastiff

Bullmastiff

Jangan pernah meremehkan anjing bertubuh kekar yang satu ini. Bullmastiff adalah jenis anjing penjaga yang sangat kuat. Anjing ini dapat melumpuhkan manusia dengan cara menerkam dan menindih dengan tubuhnya yang berat.

Bullmastiff memiliki sifat pemberani dan naluri pelindung yang sangat kuat. Di balik sifatnya yang siaga dan tak kenal takut, Bullmastiff adalah anjing yang berbakti dan bersifat penyayang. Anjing ini dapat menjadi peliharaan yang manis dan sangat loyal kepada sang majikan.

5. Great Pyrenees

Great Pyrenees

Anjing berbulu putih dan lebat ini memang terlihat seperti replika beruang. Penampilannya yang menggemaskan membuat Great Pyrenees sering diremehkan sebagai anjing penjaga. Padahal, ras anjing ini dulunya dimanfaatkan sebagai penjaga hewan ternak.

Great Pyrenees memang ramah terhadap anak-anak maupun keluarga yang mengadopsinya. Sifat anjing ini defensif dan berusaha melindungi tuannya. Jangan berharap Great Pyrenees akan bermain sambil berguling-guling seharian karena anjing ini lebih suka berpatroli dan bersikap siaga.

Di antara jenis anjing penjaga lainnya, Great Pyrenees termasuk anjing yang lambat dalam belajar hal-hal baru. Namun, sifatnya yang pencuriga dapat memberikan proteksi rumah Anda dari orang-orang yang berniat jahat.

6. Gembala Jerman

Gembala Jerman

Kalau Anda sering melihat acara investigasi polisi yang melibatkan anjing pelacak, jenis anjing Gembala Jerman ini adalah salah satu ras yang paling sering direkrut sebagai anjing pelacak. Insting anjing ini memang sangat kuat dan sifatnya yang penurut membuat kita lebih mudah memimpinnya.

Gembala Jerman adalah ras yang sangat cerdas. Anjing ini selalu bersikap siaga dan waspada terhadap orang-orang asing yang tidak dikenalnya. Ras anjing ini bisa menjadi penjaga terbaik di rumah Anda. Tubuhnya yang tegap dan kekar semakin menambah sangar penampilannya.

7. Cane Corso

Cane Corso

Jenis anjing penjaga yang satu ini merupakan ras kuno dari Italia. Dinamakan Cane Corso karena diambil dari bahasa latin “Cohors” yang artinya penjaga atau pelindung. Dahulu, ras anjing ini sering dimanfaatkan untuk berburu hewan besar atau terlibat dalam peperangan.

Cane Corso termasuk jenis anjing yang besar karena bobotnya dapat mencapai 100 pon. Sorot matanya yang sangat mengintimidasi membuat siapa pun akan ngeri bila bertatapan langsung dengan anjing ini. Cane Corso adalah anjing yang energik dan siap untuk “pasang badan” demi melindungi tuannya.

8. Malinois Belgia

Malinois Belgia

Seringkali orang salah membedakan antara Gembala Jerman dan Malinois Belgia. Sekilas, kedua ras anjing ini memang mirip satu sama lain. Hanya saja Malinois memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding Gembala Jerman. Di Amerika Serikat, Malinois sering dijadikan sebagai anjing pelacak untuk kepolisian.

Malinois Belgia merupakan anjing yang sangat cakap dan siap menjaga rumah Anda 24 jam penuh. Anjing ini sangat siaga, aktif, dan keras kepala. Naluri melindungi yang dimiliki Malinois membuatnya sangat cocok diadopsi sebagai anjing penjaga untuk tempat tinggal Anda.

9. Great Dane

Great Dane

Di balik wajahnya yang nampak selalu mengintimidasi orang asing, Great Dane adalah jenis anjing penjaga yang lembut dan sensitif kepada tuannya. Anjing ini tidak terlalu mempermasalahkan teritorial tetapi sifatnya yang protektif tidak perlu diragukan lagi. Ras ini siap menyerang demi keselamatan orang yang dianggap sebagai tuannya.

Great Dane adalah pilihan yang tepat untuk anjing penjaga. Namun, bagi pemula sangat disarankan untuk tidak mengadopsi ras ini karena Great Dane adalah anjing yang cerdas dan dapat beraksi sebagai “pembunuh” yang ganas. Oleh karena itu, hanya orang-orang yang terlatih saja yang disarankan untuk memelihara jenis anjing ini.

10. Giant Schnauzer

Giant Schnauzer

Giant Schnauzer merupakan ras anjing yang bersifat sensitif. Jenis anjing ini sangat loyal dan mengasihi tuannya. Sekilas bulu-bulu tebal yang menutupi wajahnya membuat Giant Schnauzer jauh dari kesan sangar.

Anjing ini memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menyerang. Badannya yang besar dan tegap siap dipakai untuk menimpa lawannya sehingga tidak berkutik. Walaupun ras anjing ini cocok dijadikan sebagai penjaga rumah, tetapi bagi pemula sebaiknya tidak memelihara Giant Schnauzer terlebih dahulu.

Itulah 10 jenis anjing penjaga yang bisa Anda adopsi untuk memproteksi tempat tinggal Anda. Semua anjing ini sejatinya membutuhkan pelatihan khusus agar dapat menjadi penjaga yang baik untuk tempat tinggal Anda. Meskipun demikian, beberapa dari ras anjing ini memiliki naluri protektif tersendiri sehingga dapat menjaga tempat tinggal tuannya tanpa memerlukan pelatihan.

Temukan juga anjing dengan ukuran yang lebih kecil dalam artikel jenis anjing kecil yang lucu dan menggemaskan ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment