Bacaterus / Anjing / 10 Jenis Anjing Pemburu yang Paling Terkenal di Dunia

10 Jenis Anjing Pemburu yang Paling Terkenal di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juli 2019

Anjing bukan hanya sekadar penjaga rumah atau teman bermain saja. Apabila kamu suka berburu di hutan, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk memelihara anjing pemburu. Jenis anjing ini akan membantumu mendeteksi keberadaan mangsa ketika kamu sedang melakukan perburuan.

Apa sih kriteria anjing pemburu? Seekor anjing pemburu tidak harus memiliki badan yang besar dan sifat yang galak. Aspek paling penting yang wajib dimiliki oleh anjing pemburu adalah insting berburunya yang tajam, kecepatan, dan tentu saja daya tahan yang tinggi.

Saat ini ada dua macam anjing pemburu, yang pertama adalah berburu dengan mengandalkan penglihatannya yang tajam untuk mendeteksi mangsa dari kejauhan, lalu yang kedua anjing pemburu dengan indera penciuman yang kuat sehingga mampu mengendus aroma mangsa yang tersembunyi sekalipun.

Jika kamu berminat untuk memelihara anjing pemburu, Bacaterus telah mengumpulkan sejumlah jenis anjing pemburu paling populer di dunia.

1. Labrador Retriever

Labrador Retriever

* sumber: www.royalcanin.com

Siapa yang tak kenal dengan Labrador Retriever? Jenis anjing yang satu ini kerap kali dipelihara oleh keluarga karena sifatnya yang ramah dan selalu berusaha melindungi majikannya. Anjing ini juga bisa menjadi teman bermain bagi anak-anak.

Di balik sifatnya yang hangat, ternyata Labrador Retriever adalah seekor anjing pemburu yang handal. Anjing ini selalu antusias dan enerjik. Kamu bisa mengandalkan jenis anjing ini untuk berburu itik atau burung yang notabene merupakan ‘mangsa’ favoritnya. Selain itu, Labrador Retriever juga termasuk anjing yang cerdik dan sangat loyal.

2. American Foxhound

American Foxhound

* sumber: topdogconeyisland.com

Sekilas penampilan anjing yang satu ini nampak mirip dengan Beagle. Akan tetapi, keduanya adalah jenis anjing yang berbeda. Sejak dulu American Foxhound memang diajarkan untuk menjadi anjing yang mampu berburu rubah. Menariknya, American Foxhound adalah jenis anjing pemburu yang mengandalkan indera penciumannya yang memang teramat kuat.

Ada banyak anjing pemburu terbaik, tetapi American Foxhound adalah salah satu yang paling bisa diandalkan. Anjing ini bersedia mengejar apapun yang diperintahkan oleh majikannya. Tubuhnya yang cukup ramping membuatnya bisa berlari cepat mengejar buruannya.

3. Bloodhound

Bloodhound

* sumber: www.k9web.com

Bloodhound sudah dilatih menjadi anjing pemburu sejak abad ke-13. Sifatnya yang selalu waspada dan indera penciumannya yang begitu kuat membuat anjing ini sangat cocok dijadikan sebagai pemburu yang handal. Bloodhound mampu mengingat aroma mangsanya hingga berhari-hari sehingga mereka tak kesulitan menemukan mangsanya yang sudah bersembunyi sekalipun.

Di sejumlah negara, Bloodhound dijadikan sebagai “teman” berburu yang paling favorit. Jika kamu ingin berburu babi hutan atau rusa, anjing jenis ini bakal sangat membantumu untuk mendeteksi buruanmu tersebut. Bahkan, Bloodhound sendiri sering membantu pihak kepolisian untuk melacak keberadaan orang.

4. Beagle

* sumber: id.wikipedia.org

Di Indonesia dan sejumlah negara lainnya, Beagle dikenal sebagai anjing yang biasa dipelihara di rumah. Sifatnya yang ramah dan gemar bermain membuatnya sangat ideal untuk dijadikan sebagai anjing peliharaan keluarga. Tak hanya itu saja, Beagle juga mampu hidup berdampingan dengan jenis anjing lain. Namun, tahukah kamu bahwa Beagle termasuk sebagai anjing pemburu yang handal?

Penciuman Beagle tergolong sangat kuat. Selain itu, Beagle juga termasuk anjing yang cerdas, energik, dan berani. Kriteria tersebut membuat Beagle semakin cocok dijadikan sebagai anjing pemburu. Hewan yang biasa diburu oleh Beagle adalah kelinci.

5. Pointer

Pointer

* sumber: www.sclance.com

Jika Bloodhound mulai dimanfaatkan sebagai anjing pemburu pada abad ke-13, Pointer merupakan anjing pemburu yang mulai aktif diajak untuk menemani manusia berburu pada abad ke-17. Pointer termasuk sebagai anjing pemburu terbaik di dunia. Sifat Pointer ramah, penyayang, dan tidak agresif, tetapi kecepatannya dalam berlari membuatnya cocok diklaim sebagai anjing pemburu.

Mangsa yang biasa diburu oleh Pointer adalah berbagai jenis burung, terutama burung puyuh. Jenis anjing ini sangat toleran terhadap suhu panas sehingga cocok-cocok saja jika kamu ingin memeliharanya di Indonesia. Nah, apakah kamu berminat untuk mengadopsi Pointer?

6. Chesapeake Bay Retriever

Chesapeake Bay Retriever

* sumber: www.chesapeakebayretrieverclub.co.uk

Ada sejarah dari nama “Chesapeake Bay Retriever”. Ya, anjing ini diberi nama tersebut karena pada dasarnya mereka merupakan anjing yang dibiakkan untuk berburu bebek di tepi pantai Chesapake Bay. Anjing ini memang cocok untuk berburu di perairan dangkal atau di tempat dengan suhu yang sejuk mengarah ke dingin.

Sayangnya, Chesapeake Bay Retriever ini tidak terlalu bersahabat. Mereka akan sangat loyal dan menyayangi majikannya, tetapi tidak pada semua orang. Jadi, anjing ini kurang bisa diajak bersosialisasi dengan orang lain. Meskipun demikian, Chesapake Bay Retriever ini merupakan anjing yang energik dan kuat diajak berburu seharian penuh.

7. English Springer Spaniel

English Springer Spaniel

* sumber: www.greenfieldpuppies.com

Jangan remehkan kemampuan English Springer Spaniel dalam berburu. Walaupun jenis ini termasuk dalam kategori anjing keluarga, tetapi kepiawaiannya dalam memburu mangsa memang luar biasa. Jenis anjing ini mampu mengejar dan menangkap burung dengan sangat cepat. Banyak yang mengklaim bahwa kemampuan berburu anjing ini sudah setara dengan Labrador dan Golden.

Ukuran tubuh English Springer Spaniel mungkin terlihat lebih kecil dibanding anjing pemburu lainnya. Akan tetapi, ukuran tubuhnya inilah yang memudahkan mereka berburu di tempat-tempat sempit yang tidak bisa dijangkau oleh anjing pemburu dengan tubuh yang besar.

8. Gordon Setter

Gordon Setter

* sumber: animalsbreeds.com

Mau berburu unggas air atau burung? Ajaklah Gordon Setter karena jenis anjing ini sangat ahli dalam memburu kedua jenis hewan tersebut. Penciumannya yang sangat tajam, gerakannya yang sangat halus tetapi cepat, dan kecerdasannya yang tinggi membuat anjing ini mampu berburu hewan yang bisa terbang sekalipun.

Penampilannya Gordon Setter memang terlihat garang. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa jenis ini terlihat mirip dengan Rottweiler.

9. Bluetick Coonhound

Bluetick Coonhound

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/151926187410418104/?lp=true

Di Amerika Serikat, Bluetick Coonhound dimanfaatkan sebagai anjing pemburu rakun. Anjing ini memang memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Sekali mencium sebuah aroma, mereka bisa mengingat dan mencari sumber aroma tersebut sampai dapat. Boleh dibilang anjing ini bisa menjadi anjing pemburu sekaligus anjing pelacak.

Kepribadian Bluetick Coonhound sebenarnya cukup ramah, tetapi anjing ini lebih banyak diam sehingga terkesan dingin. Selain dijadikan pemburu, anjing ini juga bisa menjadi sahabat dalam keluargamu, lho.

10. Weimaraner

Weimaraner

* sumber: allbigdogbreeds.com

Pada awal abad ke-19, Weimaraner dibiakkan sebagai anjing pemburu. Para bangsawan yang gemar berburu menggunakan Weimaraner untuk membantu mereka ketika memburu babi hutan, rusa, sampai dengan beruang.

Ketika menatap anjing ini, kamu akan melihat matanya yang terlihat dingin. Anjing ini memang kurang ramah untuk dijadikan peliharaan keluarga. Kepribadiannya yang keras kepala, penyendiri, siaga, dan pandai memang membuatnya lebih cocok dijadikan anjing pemburu saja.

10 jenis anjing pemburu ini siap untuk diadopsi dan diajak berburu. Namun, tidak semua jenis anjing ini tersedia di Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan trah langka sehingga kamu mungkin akan kesulitan menemukannya. Nah, jika kamu ingin tahu jenis anjing yang bisa membantumu melacak apapun, baca artikel jenis anjing pelacak ini, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar