Bacaterus / Anjing / 10 Jenis Anjing Pelacak Cerdas dengan Indera Penciuman Tajam

10 Jenis Anjing Pelacak Cerdas dengan Indera Penciuman Tajam

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Kriteria jenis anjing pelacak yang baik bukan dinilai dari kegarangan dan besar tubuhnya saja. Seekor anjing bisa dikatakan sebagai anjing pelacak jika memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan indera penciuman yang sangat tajam. Pasalnya, anjing pelacak biasa membantu polisi untuk mengungkap kasus kriminal.

Tak hanya polisi saja, banyak orang yang memelihara anjing pelacak untuk sekadar hobi atau menjaga rumah. Nah, apakah kamu tertarik untuk memelihara anjing pelacak? Bacaterus akan mengulas jenis-jenis anjing yang cerdas dan memiliki indera penciuman yang tajam sehingga cocok dijadikan sebagai anjing pelacak.

1. Bloodhound

* sumber: www.yorkcountysheriff.com

Jenis anjing ini dikenal dengan ukuran telinganya yang besar dan panjang, tapi menurun ke bawah. Bloodhound adalah ras anjing dengan indera penciuman yang sangat tajam. Lubang hidungnya yang besar seolah memang dirancang untuk mencium partikel aroma dengan jarak yang sangat jauh. Bloodhound punya sensor penciuman terbanyak karena bisa merasakan 300 juta reseptor aroma.

Sejak abad pertengahan, Bloodhound memang sering membantu untuk melacak keberadaan orang. Anjing ini mampu mengenali bau manusia dari jarak yang jauh, bahkan jika aroma tersebut sudah mengendap selama berhari-hari. Di negara-negara barat, anjing yang bisa memiliki masa hidup sampai 12 tahun ini memang dipelihara untuk membantu polisi mencari buronan sampai orang hilang.

2. Beagle

* sumber: id.wikipedia.org

Tubuhnya yang kecil tak lantas mengurangi kemampuan melacaknya. Ya, Beagle memang memiliki tergolong kecil dibanding jenis anjing pelacak lainnya. Akan tetapi, anjing yang terlihat friendly ini memiliki reseptor aroma sebanyak Gembala Jerman. Beagle bisa mengenali 50 jenis aroma berbeda dan keberhasilannya dalam mengenali bau bisa mencapai 90%.

Anjing yang sangat pandai ini biasa membantu para polisi dalam mengidentifikasi kasus yang berhubungan dengan narkotika. Bahkan, di negara luar Beagle ditempatkan di bandara-bandara untuk mengendus narkotiba yang diselundupkan oleh penumpang.

3. German Shepherd

* sumber: 3milliondogs.com

German Shepherd atau Gembala Jerman memenuhi kriteria yang komplit untuk menjadi anjing pelacak. Sifatnya yang tak kenal takut dan mudah dilatih tentu saja memudahkan polisi untuk mendidik Gembala Jerman sebagai anjing pelacak yang handal.

Selain penurut dan memiliki tingkat kecerdasan yang mumpuni, jenis anjing ini juga memiliki kemampuan mengenali aroma dengan sangat baik. German Shepherd memiliki 225 juta reseptor aroma di hidungnya. Mereka mampu mengenali bau manusia sampai dengan bau obat-obatan terlarang.

Bukan hanya polisi di negara barat saja, polisi di Indonesia juga menggunakan Gembala Jerman ini sebagai anjing pelacak untuk mengungkap kasus-kasus kejahatan.

4. Labrador Retriever

* sumber: embarkvet.com

Jauh dari kesan seram, Labrador Retriever adalah jenis anjing yang bersifat ramah, pandai, dan tergolong kalem. Namun, di balik keramahannya, Labrador Retriever adalah jenis anjing pelacak yang handal. Indera penciuman anjing ini sangat tajam dan sudah banyak dimanfaatkan untuk membongkar kasus-kasus yang berhubungan dengan narkotika.

Labrador Retriever tidak hanya membantu memecahkan kasus narkotika saja, tetapi mereka juga mampu mengidentifikasi penyebab kebakaran sampai dengan bom yang diletakkan secara tersembunyi. Mengingat Labrador Retriever adalah anjing yang ramah dan tenang, maka jenis anjing ini sangat cocok ditempatkan di tempat umum karena tidak bakal mengganggu ketenangan orang lain.

5. Belgian Malinois

* sumber: www.animal911.ca

Si garang yang satu ini masih satu keluarga dengan Gembala Jerman. Tak heran jika penampilan keduanya memang cukup mirip meskipun ukuran tubuh Belgian Malinois terbilang lebih kecil. Anjing yang selalu waspada ini banyak membantu polisi dan militer untuk upaya pencarian dan penyelamatan. Indera penciuman anjing jenis ini memang dikenal sangat tajam.

Belgian Malinois sangat cerdas dan mampu mengikuti perintah sang majikan. Ditambah dengan kemampuan mengendusnya yang sangat baik, tentu saja Belgian Malinois adalah jenis anjing yang cocok dilatih sebagai anjing pelacak.

6. Basset Hound

* sumber: www.elevage-basset-hound.com

Dari ukuran dan penampilannya kamu pasti tidak menyangka jika Basset Hound merupakan salah satu anjing pelacak yang cukup handal. Dengan ukuran tubuh yang kecil dan pendek, anjing ini memang terlihat kurang garang untuk menjadi anjing pelacak yang membantu para polisi.

Faktanya, Basset Hound punya telinga yang panjang hingga menyapu ke tanah. Bentuk telinganya inilah yang digadang-gadang mampu membawa aroma dari tanah untuk masuk ke lubang hidungnya. Sementara itu, lipatan kulit di bawah dagunya (dewlap) disebut mampu menjebak aroma sehingga anjing ini dapat mengingat aroma yang diendusnya.

7. Bluetick Coonhound

* sumber: www.sheknows.com

Meskipun jarang dipakai untuk membantu polisi dalam pelacakan berbagai kasus, Bluetick Coonhound termasuk dalam jenis anjing pelacak. Di negara-negara barat, ras anjing ini selalu bisa diandalkan untuk memburu rakun yang dianggap mengganggu. Berbeda dengan jenis anjing pelacak lain yang cenderung diam saat melakukan pelacakan, anjing ini justru menggonggong ketika melacak sesuatu.

Kepribadiannya yang ramah membuat Bluetick Coonhound sangat cocok dijadikan peliharaan di rumah. Ya, anjing ini memang bisa diandalkan sebagai anjing pelacak, tapi bisa juga menjadi teman yang manis di rumah.

8. English Springer Spaniel

* sumber: www.greenfieldpuppies.com

Apa yang terbesit dalam benakmu ketika melihat anjing English Springer Spaniel? Anjing ini memang terlihat lucu dan menggemaskan. Bulu ikal di bagian telinganya justru menambah manis anjing ini. Namun, terlepas dari penampilannya yang manis, English Springer Spaniel adalah jenis anjing pelacak yang hebat.

Kemampuannya dalam melacak sesuatu didukung oleh hidungnya yang lebar. Jika anjing ini dilatih dengan baik, bukan tak mungkin mereka bisa mengenali aroma bahan peledak, narkotika, uang palsu, sarang lebah, sampai dengan jasad manusia.

9. Golden Retriever

* sumber: www.wagpets.com

Golden Retriever adalah anjing piaraan yang terfavorit. Tak hanya di Amerika Serikat saja, anjing ini juga banyak dipelihara oleh keluarga di Indonesia. Sifatnya yang ramah dan penyayang membuatnya cocok untuk menjadi ‘sahabat’ bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Meskipun tak banyak diandalkan sebagai anjing pelacak polisi, tetapi Golden Retriever banyak mendapat pujian karena berhasil menemukan anak-anak yang tersesat atau hilang di malam hari. Apabila dilatih dengan baik, anjing ini bisa menjadi penjaga yang cukup loyal dan protektif untuk rumahmu.

10. Boxer

* sumber: www.pets4homes.co.uk

Terakhir, ada jenis anjing pelacak yang mempunyai wajah jenaka, yakni Boxer. Akan tetapi, jangan terkecoh dengan tampangnya yang terlihat lucu karena Boxer merupakan ras yang tidak kenal takut dan mampu menyerang dengan cepat.

Kemampuan penciuman Boxer tergolong cukup baik. Itulah sebabnya mengapa anjing ini banyak diandalkan sebagai anjing K-9 yang membantu polisi. Anjing yang sangat lincah ini juga mampu bekerja tak kenal lelah. Mereka pun sangat handal dalam membela diri. Boxer akan menggunakan kaki depannya untuk memukul ketika sedang berkelahi.

Nah, 10 jenis anjing pelacak ini bisa menjadi pengendus, pencari, sekaligus penjaga yang baik jika dilatih dengan benar. Beberapa di antaranya memang sudah memiliki naluri pelacakan yang kuat bahkan sebelum dilatih. Jika kamu ingin mencari anjing yang bisa diandalkan untuk proteksi dirimu atau rumahmu, baca artikel jenis anjing penjaga ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar