Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Ini Dia 10 Jenis Anjing Kecil yang Lucu dan Menggemaskan

Ini Dia 10 Jenis Anjing Kecil yang Lucu dan Menggemaskan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Setiap pecinta hewan tentu memiliki kriteria hewan peliharaan idamannya masing-masing. Ada yang menyukai hewan-hewan peliharaan eksotis seperti reptil, namun ada juga yang lebih memilih untuk memelihara hewan mainstream, seperti kucing dan anjing. Bagi pemula, memelihara anjing kecil mungkin bisa menjadi pertimbangan. Selain pemberian makanannya lebih mudah, anjing kecil juga tidak membutuhkan ruang terlalu besar.

Bingung memilih jenis anjing yang akan dipelihara? 10 jenis anjing kecil lucu dan menggemaskan versi Bacaterus ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda. Apalagi jenis-jenis anjing ini memang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia.

10 Jenis Anjing Kecil yang Lucu dan Menggemaskan

1. Pudel

Pudel Jenis Anjing Kecil

Jenis anjing kecil yang cukup favorit adalah pudel. Anjing yang bulunya nampak keriting dan tebal seperti boneka mainan ini memang sangat menggemaskan. Ditambah lagi pudel memiliki sifat yang patuh, aktif, pandai, dan mudah dilatih. Ras anjing yang berasal dari Jerman ini mampu bertahan hidup selama 12-15 tahun.

Pudel memiliki beberapa jenis, tapi jenis yang paling banyak dipelihara adalah toy poodle atau pudel mainan. Mengingat bulu anjing ini nampak seperti bulu boneka, Anda harus benar-benar memperhatikan perawatannya dengan baik, termasuk rajin membawanya ke salon.

2. Pomerania

Pomerania

Dari sekian banyak jenis anjing kecil yang banyak dipelihara di Indonesia, Pomerania atau yang dikenal sebagai anjing pom adalah jenis yang paling favorit. Anjing ini tidak bisa bertumbuh besar. Bobot maksimal anjing ini hanya sekitar 3,5 kilogram sehingga pomerania sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah atau apartment yang tidak terlalu besar.

Pomerania termasuk ras anjing spitz, kumpulan anjing berbulu tebal dan panjang serta memiliki daun telinga agak kecil dan tegak. Mengingat bulu anjing pom terlihat tebal dan cepat bertumbuh panjang, Anda harus rutin memotong bulunya di salon agar terlihat rapi.

Jenis anjing asal Jerman ini memiliki masa hidup 12-16 tahun. Pomerania memiliki warna putih, abu-abu, hitam, cokelat, kuning kecokelatan, dan jingga. Namun, warna anjing pom yang sering terlihat adalah cokelat dan kuning kecokelatan.

3. Maltese

Maltese

Sepintas Maltese memang terlihat mirip dengan pudel, tetapi kedua jenis anjing ini merupakan dua ras yang berbeda. Maltese memiliki bulu yang seperti boneka, tapi tidak terlalu keriting seperti pudel. Uniknya, dengan bulunya yang panjang dan tebal ini seringkali kita menjumpai anjing maltese yang bulunya memang sengaja dipanjangkan oleh pemiliknya sehingga nampak seperti rambut wanita yang panjang terurai.

Maltese bersifat senang bermain, jinak, lembut, responsif, dan cukup aktif. Walaupun terlihat kecil dengan bobot maksimal 4 kilogram, maltese termasuk jenis anjing kecil yang pemberani. Sampai saat ini, warna anjing maltese hanya putih saja.

4. Pug

Pug

Jika Anda ingin memelihara anjing kecil dengan wajah yang sangat lucu dan anti-mainstream, anjing pug ini bisa menjadi alternatif bagi Anda. Jenis anjing kecil ini memiliki ciri bertubuh gempal, kepala bulat dengan moncong pendek, hidung pesek, dan telinga tipis seperti kelopak bunga mawar. Bulu anjing pug sangat pendek dan halus. Warna pug yang biasa dijumpai di Indonesia antara lain adalah apricot, hitam, silver, dan fawn.

Pug merupakan anjing kecil yang bisa menjadi penjaga yang baik. Anjing ini periang dan senang bermain dengan majikannya. Jika pemiliknya mendidik pug dengan baik, anjing ini akan menjadi manis dan ramah kepada anak-anak atau tamu yang datang ke tempat Anda.

Sayangnya, pug sangat mudah terkena flu. Moncongnya yang pendek membuatnya rentan terserang penyakit pernafasan. Oleh karena itu, pastikan tempat tinggal Anda memiliki ventilasi udara yang baik jika ingin mengadopsi pug.

5. Chihuahua

Chihuahua

Salah satu jenis anjing kecil favorit para selebriti dunia adalah chihuahua. Bahkan, Paris Hilton pun memelihara jenis anjing ini. Dengan ukurannya yang seperti mainan, chihuahua memang bisa menjadi “teman” yang manis di tempat tinggal Anda.

Berat badan chihuahua biasanya tidak melebihi angka 3 kilogram. Selain itu, pilihan warna jenis anjing ini cukup beragam, mulai dari hitam, putih, cokelat, cokelat kekuningan, krem, dan emas. Bulu anjing ini tidak sepanjang pudel atau pomerania sehingga perawatannya pun tidak terlalu sulit.

Chihuahua merupakan tipe anjing yang bersemangat dan sangat lincah. Meskipun ukuran tubuhnya sangat mini, anjing ini membutuhkan ruang yang cukup besar karena ia sangat aktif bergerak.

6. Shih-Tzu

Shih-Tzu

Yang satu ini merupakan ras anjing tertua yang berasal dari Tiongkok. Bulunya sangat panjang, bahkan saking panjangnya terkadang wajahnya pun tertutup dengan bulu-bulunya sendiri. Terkadang pemiliknya akan mengikat bulunya dengan pita sehingga tampilan Shih-Tzu jadi lebih menggemaskan.

Shih-Tzu merupakan anjing yang sangat ramah, cerdas, dan cukup lincah. Beratnya bisa mencapai 7,2 kilogram tetapi kaki-kakinya yang pendek membuat tubuhnya tetap terlihat minimalis. Anjing yang memiliki masa hidup 10-16 tahun ini ada yang berwarna hitam, putih, cokelat tua, cokelat muda, dan abu-abu.

7. French Bulldog

French Bulldog

Ingin memelihara anjing bulldog tapi ukurannya terlalu besar bagi Anda? French bulldog bisa menjadi solusi yang baik bagi Anda. Anjing yang sangat lucu ini merupakan campuran antara English Bulldog dan anjing ras dari Perancis di tahun 1800-an.

Wajah anjing ini memang terlihat sedikit angkuh, tetapi French Bulldog sangat ramah dan mudah bergaul. French bulldog merupakan anjing yang gemar bermalas-malasan, tetapi jenis anjing ini juga bisa menjadi aktif jika diajak main oleh pemiliknya.

Jenis anjing favorit para selebriti ini memiliki usia hidup 10-12 tahun. Mengingat tubuh french bulldog cukup gempal, maka pemilik harus menjaga pola makan anjing ini agar mereka tidak menjadi obesitas.

8. Dachshunds

Dachshunds

Dachshunds merupakan ras anjing berkaki kecil dan bertubuh panjang. Meskipun beratnya bisa mencapai 15 kilogram, tetapi tubuh anjing ini tetap terlihat kate lantaran kaki-kakinya yang sangat kecil. Ras anjing dari Jerman ini juga memiliki julukan sebagai “anjing berang-berang”.

Walaupun ukurannya tidak jumbo, Dachshunds adalah anjing pemberani, keras kepala, dan cerdas. Ia memiliki naluri yang kuat untuk menjaga majikannya. Oleh karena itu, Dachshunds bisa menjadi sahabat baik bagi anak-anak.

9. Bichon Frise

Bichon Frise

Anda harus mengakui bahwa Bichon Frise adalah jenis anjing mungil yang sangat lucu. Bahkan, anjing ini terlihat seperti boneka hidup yang sangat manja dan menggemaskan. Bichon Frise sering dikira pudel, padahal keduanya adalah ras yang berbeda.

Anjing ini memiliki bulu putih yang halus. Jika dirawat dan dibentuk dengan baik, bulu-bulu Bichon Frise akan tampak padat mengembang seperti bola kapas. Ras anjing dari Pulau Malta, Spanyol, ini memiliki sifat ceria dan pengasih. Akan tetapi, kadang-kadang anjing ini cenderung bersifat sensitif dan rewel.

10. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier

Tubuhnya yang kecil dan bulu-bulunya yang sangat panjang tidak menghalangi Yorkshire Terrier untuk melindungi majikannya. Jenis anjing lucu dan kecil yang masuk kategori anjing mainan ini memiliki sifat percaya diri yang tinggi. Walaupun terlihat sebagai anjing yang “kemayu”, Yorkshire Terrier memiliki naluri tinggi untuk menjaga tuannya.

Anjing ini dapat bertumbuh hingga bobotnya mencapai 3,1 kilogram. Sifatnya yang lincah memungkinkan ras ini berlari ke sana kemari sehingga perlu space yang cukup besar untuk memelihara si kecil yang imut ini.

Itulah 10 jenis anjing kecil yang lucu dan menggemaskan. Tertarik untuk mengadopsi mereka? Pastikan Anda siap untuk menyediakan tempat tinggal, makanan, dan perawatan yang layak untuk mereka, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment