Bacaterus / Anjing / 10 Jenis Anjing Peliharaan yang Menggemaskan tapi Berbahaya

10 Jenis Anjing Peliharaan yang Menggemaskan tapi Berbahaya

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Juli 2019

Memelihara binatang memang suatu kegiatan positif dan menyenangkan sehingga tak heran kegiatan ini dilakukan oleh banyak orang dari berbagai golongan. Memelihara binatang ini biasanya didasarkan kepada kecintaan seseorang terhadap binatang itu sendiri atau merupakan wujud kasih sayang manusia terhadap sesama makhluk.

Beberapa jenis hewan yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kucing, kelinci, hamster, aneka macam unggas, hingga yang tak kalah populernya yaitu anjing. Anjing ini dikenal sebagai hewan yang paling setia pada majikannya sehingga beberapa orang lebih memilih anjing untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Anjing sendiri biasanya dipelihara dengan berbagai alasan diantaranya adalah karena memiliki wujud lucu dan menggemaskan. Tak hanya itu, anjing juga biasanya dipelihara untuk dijadikan hewan penjaga.

Tapi kamu harus berhati-hati saat memelihara anjing karena terdapat beberapa jenis anjing yang dikenal paling berbahaya. Mau tahu apa saja jenis anjing berbahaya tersebut? Yuk simak pemaparannya di bawah ini.

1. Doberman Pinscher

Doberman Pinscher

Dari fisiknya saja sudah terlihat anjing yang satu ini memiliki kepribadian yang garang dan agresif. Memang benar, Doberman Pinscher merupakan anjing yang telah dikenal sebagai anjing berbahaya karena banyaknya kasus serangan anjing yang disebabkan oleh anjing berjenis Doberman Pinscher ini.

Doberman Pinscher biasanya dimanfaatkan pemiliknya sebagai anjing penjaga baik itu sebagai penjaga rumah agar tetap aman dari bahaya pencuri atau menjaga diri saat bepergian.

Meskipun sangat garang dan agresif sehingga terkesan menakutkan, Doberman Pinscher juga merupakan anjing yang cerdas dan setia pada pemiliknya, lho.

2. Rottweiler

Rottweiler

Rottweiler juga merupakan jenis anjing berbahaya yang terkenal sangat cepat dalam menangkap mangsanya. Berat anjing ini bahkan bisa menyaingi manusia yaitu bisa mencapai 59 kilogram. Tak hanya itu, Rottweiler juga terkenal akan gigitannya yang tajam dan sangat menyakitkan.

Rottweiler juga termasuk pada jenis anjing yang cerdas sehingga jika dilatih sejak dini bisa menjadikan anjing ini menjadi anjing yang baik dan aktif. Maka dari itu jika kamu berniat untuk memelihara Rottweiler ini disarankan untuk memelihara yang sudah terlatih, ya!

3. Pit Bull

Pit Bull

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anjing jenis Pit Bull merupakan anjing yang agresif dan berbahaya. Memiliki wujud fisik yang agak kecil namun dengan otot yang sangat kuat, anjing Pit Bull ini termasuk pada jenis anjing yang sangat lincah dan aktif juga kompetitif.

Kasus penyerangan anjing yang ada di dunia juga bahkan kebanyakan disebabkan oleh anjing berjenis Pit Bull ini. Karena terlalu berbahaya, anjing Pit Bull ini bahkan dilarang untuk dijadikan hewan peliharaan di beberapa negara, lho.

Meskipun sangat berbahaya, akan tetapi anjing ini bisa menjadi jenis anjing yang sangat ramah dan bisa juga menggemaskan jika diberikan edukasi serta kasih sayang dengan baik.

4. German Shepherd

German Shepherd

Anjing yang termasuk ke kategori berbahaya selanjutnya adalah German Shepherd yang memiliki perawakan tinggi besar dan berbulu lebat. Selain memiliki perawakan yang menakutkan, wajah anjing ini juga terlihat sangat menyeramkan jika dilihat.

Anjing jenis German Shepherd ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang sebagai anjing penjaga berkat keagresifannya. Suaranya yang begitu menggelegar akan membuat siapa saja merasa takut ketika digonggong. German Shepherd ini juga identik dengan polisi karena kerap dibawa oleh polisi dalam melacak suatu kasus.

5. Alaskan Malamute

Alaskan Malamute

Alaskan Malamute juga merupakan anjing berbahaya yang ada di dunia. Sepintas, perawakan anjing ini mirip dengan serigala karena bulunya yang lebat. Matanya yang sangat tajam dengan wajah sangarnya mampu membuat takut siapa saja yang melihatnya.

Anjing jenis Alaskan Malamute ini termasuk pada jenis anjing pekerja atau pengangkut karena kekuatan fisiknya yang kuat. Meski demikian, Alaskan Malamute ini tergolong anjing berbahaya karena sulit dilatih. Selain itu, biasanya Alaskan Malamute ini selalu menampakkan perlakuan buruk pada anjing-anjing lain.

6. Siberian Husky

Siberian Husky

Jika hanya dilihat sepintas saja, Siberian Husky hampir mirip dengan anjing jenis Alaskan Malamute, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya yaitu kecepatan berlari dari Siberian Husky lebih cepat dari Alaskan Malamute. Selain itu, Siberian Husky ini memiliki kaki yang lebih kecil.

Siberian Husky ini diperkhususkan sebagai anjing pengangkut dan biasanya mengangkut kereta salju. Anjing jenis Siberian Husky ini termasuk pada anjing yang memiliki kekuatan extra sehingga memudahkan mereka untuk berlari di atas salju.

Karena dikhususkan sebagai anjing pekerja, Siberian Husky ini agak sulit dilatih sehingga tak mudah untuk menjadikannya hewan peliharaan yang baik dan jinak. Beberapa kasus kematian bahkan disebabkan oleh penyerangan anjing jenis Siberian Husky ini, tapi semua kembali lagi ke bagaimana cara kita merawatnya ya!

7. Presa Canario

Presa Canario

Memiliki tubuh yang agak sedikit kecil bukan berarti anjing jenis Presa Canario ini adalah anjing yang tidak berbahaya. Anjing yang memiliki perawakan berotot kuat ini memiliki tenaga yang sangat extra sehingga biasanya dijadikan anjing penjaga atau anjing petarung.

Bahkan ketika dirinya merasa terancam, Presa Canario dapat sangat marah dan agresif sehingga sangat berbahaya. Bahkan keagresifannya tersebut, anjing jenis ini sering mencelakai musuhnya baik itu menyebabkan luka berat hingga kematian.

8. Chow Chow

Chow Chow

Namanya yang unik sesuai dengan wujud fisik yang dimilikinya. Bernama Chow-chow, jenis anjing yang satu ini memiliki penampilan yang sangat lucu dengan bulu lebat menggemaskan. Akan tetapi, meskipun terlihat menggemaskan, anjing yang satu ini juga dikategorikan sebagai anjing berbahaya, lho.

Bagaimana tidak? Anjing ini memiliki sifat agresif yang tinggi sehingga dapat bertingkah menyeramkan. Penglihatannya yang terbatas, menjadikan anjing ini lebih sering merasa kaget dan agresif terutama saat melihat orang yang tidak dikenalinya. Meski demikian, Chow-chow ini adalah jenis anjing yang setia, lho.

9. Dalmatian

Dalmatian

Selanjutnya ada anjing jenis Dalmatian. Anjing jenis ini terkenal pintar dan cerdik sehingga banyak yang mau mengadopsi atau memeliharanya. Karena kecerdikannya tersebut, Dalmatian ini dibuatkan film animasinya. Meski pintar dan cerdik, tetapi kamu harus waspada karena anjing ini dapat berbahaya.

Dalmatian memiliki sifat kompetitif dan agresif sehingga ia sering kali marah dam berpotensi melukai. Anjing ini memiliki corak tubuh yang unik yaitu hitam dan putih di seluruh bagian tubuhnya. Selain itu, anjing jenis Dalmatian juga adalah anjing yang mampu berlari kencang karena kakinya yang tinggi dan kuat.

10. Great Dane

Great Dane

Anjing berbahaya yang terakhir bernama Great Dane atau yang memiliki nama lain German Mastiff. Anjing ini memiliki perawakan yang cukup tinggi dengan telinga meruncing ke atas. Terdapat beberapa warna untuk anjing jenis ini salah satunya hitam pekat yang menjadikan anjing ini terkesan menyeramkan dan galak.

Memang benar, Great Dane ini termasuk pada anjing berbahaya jika tidak dilatih sejak dini karena insting berburunya yang sangat kuat. Biasanya anjing ini dibawa saat berburu karena dapat melumpuhkan mangsanya dengan cepat berkat kelincahan serta kecepatan lari yang dimilikinya.

Itu dia beberapa jenis anjing yang paling berbahaya jika tak dilatih atau di training sejak kecil. Bahkan anjing berbahaya tersebut bisa merugikan banyak orang termasuk pemiliknya sendiri karena berpotensi mencelakai baik itu melalui gigitan atau cabikan. Untuk menghindari hal tersebut, maka anjing harus diberikan edukasi dini agar terlatih.

Selain itu, anjing juga merupakan makhluk hidup yang butuh kasih sayang. Maka dari itu, berikanlah kasih sayangmu pada anjing yang kamu punya dan pada setiap anjing yang kamu temui. Pastikanlah semua perawatan dan kebutuhannya terpenuhi dengan baik agar anjingmu tetap menjadi hewan baik tanpa mencelakai siapa pun.

Semoga informasi mengenai jenis-jenis anjing berbahaya sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Tak hanya itu, semoga informasi di atas juga dapat bermanfaat bagi kamu yang hendak mengadopsi atau memelihara anjing.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar