Bacaterus / Bunga / Pecinta Tanaman, Ini 12 Jenis Anggrek yang Terkenal di Dunia

Pecinta Tanaman, Ini 12 Jenis Anggrek yang Terkenal di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Anggrek adalah salah satu jenis bunga yang banyak penggemarnya. Di dunia ada lebih dari dari 25.000 spesies anggrek. Tanaman berbunga indah ini dapat ditemukan di seluruh dunia kecuali di Antartika. Anggrek memiliki ukuran, berat dan warna yang bervariasi. Anggrek terkecil berukuran hanya setengah millimeter dan awalnya keliru disangka jamur. Tahukah kamu apa anggrek termahal di dunia?

Shenzhen Nongke adalah anggrek termahal dijual seharga 200.000 dolar Amerika pada lelang tahun 2005. Namanya sesuai dengan nama  universitas yang mengembangkannya selama delapan tahun. Artikel dari Bacaterus ini akan membahas 12 jenis anggrek dari puluhan ribu jenis yang ada. Simak, ya.

1. Cycnoches

Cycnoches

* sumber: www.orchid-care-tips.com

Dikenal juga sebagai ‘anggrek angsa’, cycnoches adalah anggrek yang sangat spektakuler. Cycnoches termasuk ke dalam genus anggrek epifit sympodial yang berasal dari Amerika. Tanaman ini tumbuh dalam kisaran iklim hangat dan panas. Anggrek ini termasuk dalam kelompok anggrek Catasetinae dan mempunyai fitur yang berbeda yang membedakannya anggrek ini dari anggrek lainnya.

Cycnoches mempunyai bunga jantan dan betina yang berbeda atau berkelamin tunggal yang muncul dalam satu gugusan dan tidak pernah memiliki bunga hermafrodit. Bunga jantan dan betina muncul pada tanaman, perbungaan yang berbeda atau jarang pada perbungaan yang sama.

Bau harum Cycnoches cukup menyengat. Warna bunganya didominasi oleh warna kuning. Dari samping bunganya nampak seperti kepala angsa. Perlu cahaya matahari yang cukup agar bisa berbunga. Karenanya Cycnoches perlu disimpan di tempat yang cukup terang. Selain itu tanaman ini juga memerlukan perputaran udara dan kelembaban yang baik.

2. Cymbidium

Cymbidium

* sumber: www.jrroses.com

Anggrek Cymbidium seringkali tumbuh besar, berbulu serta sulit diatur. Cymbidium adalah jenis yang terkenal di antara anggrek lainnya. Biasanya tumbuh di tempat yang memiliki iklim sedang juga tropis yang sejuk. Asal tanaman ini dari wilayah dataran tinggi di negara Asia, di antaranya Thailand, Cina, India dan daerah sekitarnya juga Vietnam.

Tanaman ini dapat juga ditemukan di pegunungan Sumatra, Filipina, Kalimantan, Australia dan Malaysia. Anggrek Cymbidium mempunyai pseudobulb jauh lebih kecil dengan daun tipis panjang yang lembut menggantungkan membentuk tanaman dedaunan yang menarik. Di iklim yang hangat, anggrek Cymbidium tumbuh sepanjang tahun di luar ruangan dan menyebar hingga terlihat sangat spektakuler.

3. Cattleya

Cattleya

* sumber: orchidrepublic.com

Anggrek dengan dua warna ini seringkali terlihat memukau dengan warna merah muda cerah dan putih. Bunga merupakan bunga hibrida yang sebenarnya dapat mempunyai berbagai bintik dan titik. Cattleya juga memiliki warna lain, contohnya oranye. Anggrek Cattleya mempunyai bau yang sangat harum dan sangat populer untuk dipakai di korsase.

Cattleya mempunyai bunga yang bisa tumbuh cukup lebar dan memiliki  berbagai warna dan desain. Anggrek ini juga cukup populer di kalangan petani dan kolektor. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

4. Encyclia

Encyclia

Encyclia disebut Juga dengan anggrek Cockleshell. Anggrek ini tidak mempunyai aroma tapi dapat mekar selama beberapa bulan secara berturut-turut. Fakta ini membuat senang para penyuka anggrek yang ingin kebunnya terus dipenuhi warna untuk jangka waktu yang lama. Encyclia mempunyai kelopak dan sepal yang menjuntai. Karena itulah beberapa orang mengatakan bahwa encyclia menyerupai gurita.

Jika ditanam di atas gunung, anggrek ini tumbuh subur karena lingkungan tempatnya tumbuh mensimulasikan kondisi pertumbuhan epifit yang ditemukan di alam liar. Anggrek ini memiliki banyak warna, di antaranya kuning-putih dengan bagian leher atasnya berwarna ungu.

5. Odontoglossum

Odontoglossum

* sumber: www.oakhillgardens.com

Jenis anggrek ini memiliki bunga yang sangat mencolok dalam beberapa warna, di antaranya kuning, putih, ungu, coklat, merah, dan beberapa jenis yang berwarna-warni. Merupakan sebuah tantangan untuk menanamnya tapi anggrek ini bisa tumbuh dengan baik jika berada pada suhu di bawah 27 derajat Celcius karena tumbuhan ini terbiasa dengan dingin ataupun iklim dingin.

Anggrek Odontoglossum mempunyai batang yang dapat tumbuh sampai 1,2 meter tingginya. Sementara lebar bunganya bisa mencapai sekitar 15 cm. Di setiap batang tumbuh antara 20 sampai 150 bunga dan kelopaknya berkibar dan memiliki bau yang sangat harum.

6. Phalaenopsis

Phalaenopsis

* sumber: smartgardenguide.com

Phalaenopsis dikenal juga dengan nama “ngengat anggrek”. Jenis anggrek ini sangat populer, terutama di kalangan penyuka anggrek pemula yang ingin mencoba kemampuan bercocok tanam mereka. Anggrek dikenal sebagai tanaman yang sulit tumbuh, akan tetapi banyak yang memilih anggrek phalaenopsis karena anggrek ini mudah dipelihara.

Anggrek ini adalah tanaman yang menakjubkan dengan daunnya yang berbentuk sayap yang halus. Phalaenopsis pastinya akan nampak bagus di ruangan mana pun di rumah. Salah satu keuntungan dari anggrek ini adalah tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung sehingga yang terbaik adalah menempatkannya di jendela yang dapat memberikan sinar matahari dan naungan yang tepat.

7. Miltonia

Miltonia

* sumber: orchidrepublic.com

Para penggemar anggrek yang menginginkan bunga anggrek yang mekar dengan menakjubkan dan aroma yang menyenangkan, mereka akan memilih anggrek miltonia. Karena itulah anggrek jenis ini termasuk ke dalam lima anggrek paling popular. Agar miltonia tetap mekar dengan indah, bunga ini harus dijauhkan dari sinar matahari langsung karena anggrek ini hanya tumbuh dalam cahaya rendah.

Kamu dapat mengetahui sendiri apakah anggrek berada di lokasi yang tepat dengan cara menyentuh daunnya. Jika daunnya dingin maka anggrek sudah berada di tempat yang sempurna. Miltonia harus diairi secara teratur. Di musim apapun, bunga ini harus selalu disiram secara teratur, rata-rata 1 sampai 2 kali per minggu.

8. Vanda

Vanda

Anggrek Vanda hanya membutuhkan sedikit perawatan dan merupakan tanaman luar terbaik. Hal penting yang harus diingat mengenai vanda adalah jangan terlalu banyak memberi air karena akan membunuh tanaman ini. Jika ditanam di pot gantung, pastikan bagian bawahnya diberi kerikil atau batu untuk memastikan ada banyak ventilasi udara. Ini penting untuk memastikan anggrek tumbuh sehat.

Berbeda dari anggrek lainnya, Vanda perlu diberi makan dengan cara memberinya pupuk. Meskipun banyak makanan nabati dijual di pasaran, yang paling disukai anggrek Vanda adalah larutan nutrisi, konsentrat komersial dan air pupuk kandang.

9. Laelia

Laelia

* sumber: www.australianorchids.com.au

Anggrek Laelia merupakan kerabat dari anggrek Cattleya. Anggrek ini memiliki bunga berwarna cerah dalam nuansa merah muda dan ungu. Kedua genus atau marga anggrek ini sering dikawinsilangkan dan perawatan keduanya sama.

10. Oncidium

Oncidium

* sumber: commons.wikimedia.org

Oncidium merupakan anggrek dari Western Hemisphere atau Belahan Barat yang ditemukan di wilayah mulai dari permukaan laut di daerah tropis sampai dataran tinggi di Pegunungan Andes. Anggrek ini umumnya dikenal sebagai “dancing ladies” karena bunganya yang lebar dan tipis terlihat seperti rok yang berkibar-kibar. Umumnya, oncidium berwarna kuning dan cokelat. Namun beberapa spesies lainnya  ada yang berwarna merah, merah muda, hijau magenta atau putih.

11. Paphiopedilum

Paphiopedilum

* sumber: www.orchidfetish.com

Berasal dari hutan hujan Asia Timur, paphiopedilum yang merupakan anggrek semi-terestrial ini tumbuh di tebing, di lantai hutan, atau terkadang di pohon-pohon dan nampak sangat berbeda dibandingkan dengan anggota keluarga anggrek lainnya. Anggrek ini membutuhkan keteduhan dan penyiraman yang konstan. Ini karena paphiopedilum tidak memiliki organ penyimpan air utama selain daun dan akar.

Dikenal sebagai ‘lady slipper orchids’ karena bunga khas mirip kantong menyerupai sepatu wanita. Bunga dari paphiopedilum juga tahan lama.

12. Dendrobium

Dendrobium

* sumber: orchidrepublic.com

Salah satu anggrek yang paling populer. Bunganya yang terlihat dramatis bertengger di atas batang yang tinggi dan nampak seperti tongkat. Dendrobium adalah tanaman asli dari Eastern Hemisphere atau Belahan Bumi Timur. Anggrek ini dapat ditemukan di wilayah mulai dari pulau-pulau Pasifik Selatan hingga kaki bukit Himalaya di India.

Apakah kamu salah satu penggemar bunga anggrek? Jenis anggrek apa yang kamu tanam di rumah? Yuk, tulis jenis anggrek favoritmu di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *