Bacaterus / Alpukat / Ini Dia 9 Jenis Buah Alpukat yang Enak dan Bikin Ketagihan

Ini Dia 9 Jenis Buah Alpukat yang Enak dan Bikin Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Alpukat merupakan salah satu buah yang lazim dikonsumsi di Indonesia. Alpukat bisa disantap langsung atau bisa dibuat menjadi olahan lainnya. Misalnya: es alpukat atau jus alpukat. Bahkan, buah ini lazim menjadi buah yang direkomendasikan untuk disantap saat berdiet.

Alpukat sendiri memiliki sejumlah jenis. Beberapa jenis di antaranya cukup terkenal dan memiliki cita rasa yang enak. Beberapa jenis alpukat tersebut bisa kamu temukan di artikel kali ini. Kalau kamu betulan ingin tahu, simak saja pembahasan Bacaterus berikut ini.

1. Alpukat Mentega

* sumber: blog.regopantes.com

Ini adalah jenis alpukat enak yang paling populer di masyarakat. Ciri khas alpukat ini adaah warna daging buahnya yang mirip dengan warna mentega. Itulah mengapa alpukat ini diberi nama Alpukat Mentega. Daging buahnya sendiri cukup tebal dan memiliki cita rasa yang legit serta gurih.

Selain enak, daging buah Alpukat Mentega juga kaya akan gizi. Dalam setiap buahnya, terkandung sejumlah vitamin seperti Vitamin C, B6, B12, A, D, K, dan E. Masih ada kandungan gizi lainnya pada jenis alpukat ini. Asam Lemak tak jenuh, Kalsium, Magnesium, dan Fosfor adalah beberapa di antaranya.

Pohon Alpukat Mentega cocok ditanam di dataran yang rendah. Pohon Alpukat Mentega sendiri memiliki kandungan enzim antripotease yang membuat ulat enggan mendekati pohon ini. Keunggulan lainnya dari jenis alpukat ini adalah sifat adaptif pada pohonnya.

Sifat adaptif pada pohon alpukat ini membuatnya dapat bertumbuh di tempat apa pun. Di pekarangan rumah, taman, perkebunan, bahkan pinggiran jalan bisa menjadi tempat bertumbuhnya jenis alpukat ini.

2. Alpukat Kendil

Kalau kamu mau merasakan buah alpukat yang besar, maka cobalah jenis alpukat ini. Alpukat Kendil sendiri memang memiliki bentuk yang besar dan agak mirip dengan kendil. Sama seperti alpukat mentega, jenis alpukat ini cocok ditanam di dataran rendah dan bisa ditanam di mana pun.

Pohon jenis alpukat ini baru bisa berbuah saat usianya 4 atau 5 tahun. Pohon ini akan selalu berbuah setiap tahunnya tanpa mengenal musim. Ini tentu kabar baik bagi yang ingin mempunyai tanaman alpukat yang rajin berbuah.

Agar makin optimal, jenis alpukat ini harus ditanam di ketinggian 1500 mdpl. Tanahnya pun harus dipilih sebaik mungkin agar optimal. Adapun tanah yang cocok untuk alpukat ini adalah tanah yang gembur, tak tergenang air, dan mengandung bahan organik yang banyak.

3. Alpukat Miki

* sumber: samudrabibit.com

Berbeda dengan alpukat sebelumnya, alpukat satu ini bentuknya jauh lebih mungil. Walaupun mungil, alpukat jenis ini cukup berbobot, di mana satu buahnya bisa mencapai berat 400-600 gram. Selain itu, daging buahnya juga unggul dengan teksturnya yang pulen dan padat.

Sama seperti Alpukat Mentega, pohon jenis alpukat ini juga dibenci oleh ulat. Hal itu disebabkan tekstur kulit pohon alpukat ini yang tebal, sehingga sulit ditembus ulat. Dan bila kamu ingin pohon alpukat yang berbuah setiap tahun, jenis alpukat ini juga cocok ditanam.

4. Alpukat Wina

* sumber: botaniseedipb.com

Ini adalah jenis alpukat produksi lokal yang tergolong populer. Ciri khas alpukat ini adalah daging buahnya yang berwarna kuning, padat, dan tebal. Cita rasanya pun jempolan. Dalam tiap gigitannya, kamu bisa merasakan cita rasa gurih dan manis secara bersamaan.

Daya tahan buahnya pun juga kuat. Jadi, setelah buahnya dipetik, Alpukat Wina akan bertahan dari kebusukan hingga 15 hari lamanya. Pohon alpukat ini juga punya ciri khas yang kuat. Ciri khas tersebut adalah bentuknya yang memanjang, berwarna hijau kekuningan, dan memiliki bunga yang tampak bersembunyi.

5. Alpukat Pluwang (Green Star)

Alpukat Pluwang adalah alpukat jumbo dan berbobot lainnya di daftar ini. Bobot buahnya sendiri bisa mencapai 2 kg perbuahnya. Ciri khas alpukat ini letaknya ada pada postur pohonnya yang pendek. Ini tentu bakal memudahkanmu saat hendak memindahkan pohon ini ke tempat lain.

Berbeda dengan jenis-jenis alpukat sebelumnya, jenis alpukat ini cenderung lebih cepat menghasilkan buah. Bagaimana tidak, pohon ini bisa langsung berbuah saat usianya 2-3 tahun. Buahnya pun punya ciri khas tersendiri. Buah pada alpukat ini memiliki daging yang padat dengan cita rasa yang gurih dan manis.

6. Alpukat Aligator

* sumber: www.e-bibit.com

Ini adalah jenis alpukat yang bentuknya cukup unik. Bagaimana tidak, alpukat satu ini bentuknya cenderung lonjong dan nyaris mirip dengan pepaya. Alpukat ini juga merupakan alpukat yang panjang, di mana tiap buahnya punya panjang mencapai 70-80 cm.

Dari segi daging, alpukat ini memiliki daging buah yang tebal, lembut, dan tidak berserat. Cita rasanya pun unik, di mana daging buahnya punya perpaduan rasa yang manis dan agak pahit. Tak cuma itu, aroma alpukatnya juga amat harum dan khas.

7. Alpukat Hass

* sumber: buahbuahimpian.wordpress.com

Selain Aligator, rupanya masih ada alpukat lainnya yang tak kalah unik. Alpukat Hass adalah alpukat tersebut. Letak keunikan alpukat ini ada pada kulit buahnya yang berwarna cokelat kehitaman saat sudah matang. Ini tentu berbeda dengan alpukat lainnya yang berwarna hijau sedikit cokelat saat sudah matang.

Buah alpukat ini memiliki cita rasa yang pulen. Warnanya pun menarik, di mana daging buah ini punya perpaduan kuning cerah dengan sedikit garis hijau. Di pasaran, buah Alpukat Hass tergolong mahal, di mana satu kilonya harus kamu dapatkan dengan kocek 120 ribu rupiah.

8. Alpukat Simanis

Sesuai namanya, alpukat ini memang memiliki cita rasa yang manis. Ciri khas buah ini sendiri ada pada bentuknya yang bulat lonjong. Warna kulitnya hijau dengan bagian permukaan yang halus. Daging buahnya berwarna kekuningan dengan tekstur yang tebal.

Seperti beberapa jenis alpukat lainnya, alpukat ini juga bisa bertumbuh setiap tahun. Oleh karenanya, jenis alpukat ini sering sekali dibudidayakan petani. Bila dibudidayakan secara serius, pohon dari jenis alpukat ini bisa menghasilkan hingga 225 kg pertahunnya.

9. Alpukat Tanpa Biji

* sumber: www.fimela.com

Dibanding beberapa alpukat unik lainnya, ini adalah alpukat paling unik di daftar ini. Dari namanya saja, kamu pasti tahu letak keunikan alpukat satu ini. Karena tidak memiliki biji, jenis alpukat ini pun jadi penuh dengan daging buah yang super tebal.

Secara rasa, Alpukat Tanpa Biji memiliki cita rasa yang manis dan berpadu dengan daging buah yang legit. Alpukat ini memiliki tempat bertumbuh yang fleksibel, di mana Alpukat Tanpa Biji bisa bertumbuh baik di dataran tinggi maupun rendah.

Karena tidak memiliki biji, jenis alpukat ini akhirnya dibudidayakan dengan cara okulasi. Langkah mengokulasi alpukat ini dimulai dari menyayat kulit pokok pohon alpukat ini. setelah itu kulit kayu ditarik ke bawah, di potong, disayat bagian mata tunasnya, dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis alpukat paling enak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu soal alpukat, ya! Oh ya, jangan lupa untuk turut membaca artikel cara mematangkan alpukat ini untuk membuat alpukat yang masih mentah jadi lebih cepat matang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar