Bacaterus / Tempat Unik / 10 Jembatan Tertinggi di Dunia yang Bisa buat Kamu Merinding

10 Jembatan Tertinggi di Dunia yang Bisa buat Kamu Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jembatan merupakan infrastruktur yang digunakan sebagai penghubung antara wilayah yang terpisah. Keberadaan jembatan sendiri memang sangat membantu bagi jalannya perekonomian masyarakat. Meskipun begitu jembatan juga memiliki nilai estetik yang terkadang dijadikan ikon oleh sebuah kota atau negara.

Nah, berbicara mengenai jembatan, kali ini Bacaterus akan membahas 10 jembatan tertinggi di dunia yang bisa membuat merinding. Selain menakutkan, jembatan-jembatan ini juga mampu membuat orang yang melihat takjub. Kira-kira jembatan dari negara mana saja yang punya jembatan tertinggi ya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Beipanjiang Bridge Duge

Beipanjiang Bridge Duge

Berada di posisi paling puncak terdapat Jembatan Beipanjiang Duge. Jembatan ini berada di Dugexiang, Guizhou, China. Jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan tertinggi karena ketinggiannya yang luar biasa, yaitu mencapai 565 meter dengan panjang jembatan utama sekitar 720 meter.

Jembatan yang digunakan untuk menghubungkan antara Qujing dan Liupanshui ini diresmikan pada tahun 2016. Jembatan yang berdiri di atas sungai Beipan ini mampu memangkas waktu tempuh dari 5 jam perjalanan menjadi 1 jam.

Panjang keseluruhan jembatan sendiri mencapai 1341 meter. Menampilkan landscape yang spektakuler jembatan ini pun mampu menghipnotis masyarakat dunia dengan keindahannya.

2. Siduhe Bridge

Siduhe Bridge

Sebelum berada di posisi ke-2, jambatan Siduhe merupakan jembatan tertinggi di dunia. Jembatan ini berada di Yesanguanzhen, Hubei, China. Jembatan ini melintas di atas lembah sungai Sidu yang berada dekat dengan Yesanguan di provinsi Hubei.

Jembatan yang menghabiskan anggaran sebesar $100 juta dolar Amerika ini memiliki tinggi 496 meter dengan panjang total 1222 meter, dimana jalur utamanya sendiri mencapai 900 meter.

Jembatan Sidu mulai beroperasi pada tahun 2009 untuk rute Shanghai dan Chongqing. Sebagai salah satu jembatan tertinggi di dunia Sidu sendiri memiliki keindahan panorama yang tak kalah mengagumkan sekaligus bisa membuat merinding.

3. Puli Bridge

Puli Bridge

Berada di posisi ke-3, Jembatan Puli pun menjadi jembatan tertinggi yang ada di dunia. Jembatan ini terletak di Xuanwei, Quijing, China. Jembatan yang mulai diresmikan pada 2015 ini memiliki ketinggian 485 meter dengan panjang 628 meter.

Jembatan Puli berdiri di sepanjang tepi sungai Gexiang. Jembatan ini merupakan sarana transportasi yang digunakan untuk memangkas waktu perjalanan dari Xuanwei menuju ke Guizhou.

Bila sebelumnya masyarakat memerlukan waktu tempuh selama 4 jam. Kini dengan kehadiran jembatan tersebut, waktu tempuh yang diperlukan pun hanya sekitar 1 jam. Sementara untuk pembangunan jembatan sendiri menghabiskan dana yang tak kalah fantastis, yaitu sekitar $71 juta dolar Amerika.

4. Yachi Bridge

Yachi Bridge

Jembatan Yachi adalah jembatan tertinggi ke-4 di dunia yang berada di Daguanzhen, Guizhou. Ketinggian jembatan ini mencapai 434 meter dengan panjang jembatan utama mencapai 800 meter. Jembatan ini mulai dibangun pada September 2013 dan sudah mulai diresmikan pada Juli 2016.

Jembatan Yachi sendiri merupakan jalan alternatif untuk memangkas waktu dari Guiyang ke Qianxi. Jembatan tertinggi di dunia sendiri menghabiskan dana fantastis untuk pembangunnya, yaitu sekitar £120 juta.

5. Qingshuihe Bridge

Qingshuihe Bridge

Jembatan tertinggi selanjutnya bernama Qingshuihe. Jembatan yang menelan anggaran ¥1,54 miliar saat pembangunannya ini memiliki tinggi mencapai 406 meter. Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 2016 ini merupakan jalan pintas antara wilayah Weng’an County dan Guiyang yang terletak di Guizhou dekat dengan provinsi Yunan.

Jarak tempuh antara wilayah tersebut yang sebelumnya memakan jarak 160 km. Maka dengan kehadiran jembatan Qingshuihe jarak tempuh yang diperlukan pun kini menjadi 38 km. Jembatan Qingshuihe sendiri dibangun di atas sungai Qingshuihe, yang menakjubkan dengan air terjun menurun (cascade).

Selain dikenal karena ketinggiannya, Qingshuihe sendiri disebut juga sebagai jembatan terpanjang di dunia, dimana jalur utamanya mencapai 1,130 meter.

6. Hegigio Gorge Pipeline Bridge

Hegigio Gorge Pipeline Bridge

Jembatan selanjutnya terletak di Otoma, Papua Nugini. Jembatan Hegigio adalah jembatan yang memiliki ketinggian sekitar 393 meter. Sejak mulai diresmikan pada tahu 2005 jembatan ini pernah menempati posisi sebagai jembatan tertinggi di dunia. Hanya saja posisi tersebut harus digantikan oleh jembatan-jembatan tertinggi yang di dominasi oleh negara China.

Jembatan Hegigio sendiri membentang melintasi sungai Hegigio sepanjang 470 meter. Jembatan ini berfungsi sebagai jalur transportasi untuk membawa sumber daya alam minyak bumi dari ladang minyak Menanda Tenggara. Hegigio sendiri kini nobatkan sebagai jembatan tertinggi dunia yang menempati posisi ke-6.

7. Baluarte Bridge

Baluarte Bridge

Jembatan tertinggi selanjutnya berada di Meksiko. Jembatan bernama Baluarte ini merupakan jembatan penghubung antara kota Concordia dan Pueblo Nuevo. Jembatan yang terletak di El Palmito, Sinaloa ini mulai diresmikan pada tahun 2012.

Jembatan ini sendiri memiliki panjang total sekitar 1.124 meter sepanjang jalan raya Durango-Mazatlan.  Jembatan utamanya sendiri memiliki panjang sekitar 520 meter. Dengan ketinggian mencapai 390 meter jembatan ini pun menjadi jembatan tertinggi ke-7 di dunia. Baluerte sendiri memiliki pemandangan lembah yang dapat membuat pelintas berdecak kagum.

8. The Liuguanghe Xiqian Bridge

The Liuguanghe Xiqian Bridge

The Liuguanghe Xiqian Bridge merupakan jembatan yang terletak Guizhou, China. Jembatan ini mendapat predikat sebagai jembatan tertinggi dengan ketinggian mencapai 375 meter dan panjang 580 meter.

The Liuguanghe Xiqian Bridge sendiri melintasi di atas sungai Yachi. Jembatan ini menjadi infrastruktur yang menghubungkan beberapa wilayah seperti Xiuwen, Guiyang, Qianxi, dan Bijie. Sama seperti jembatan lain, jembatan ini pun memiliki pemandangan eksotis yang mempesona.

9. Baling He Bridge

Baling He Bridge

The Baling River Bridge atau jembatan Baling He adalah jembatan yang terletak di Guanling, Guizhou yang berada di provinsi China. Jembatan Beling He sendiri menjadi salah satu jembatan tertinggi dunia dengan ketinggian mencapai 370 meter di atas lembah yang menghubungkan antara wilayah Kunming dan Guiyang.

Baling He sendiri dibangun pada tahun 2009. Karena lokasinya yang cukup menarik. Jembatan ini pernah digunakan untuk acara Parachuting International Challenge yang di ikuti oleh 30 orang peserta dari 15 negara berbeda pada tahun 2012. Baling He sendiri memang memiliki pemandangan yang menakjubkan meskipun bila dilihat posisinya sangatlah mengerikan.

10. Beipan River Guanxing Bridge

Beipan River Guanxing Bridge

Beipan River Guanxing Bridge merupakan jembatan yang berada dekat dengan kota Xingbei yang ada di China. Jembatan yang berada di atas sungai Beipan ini adalah salah satu jembatan tertinggi di dunia. The Beipan River Guanxing Bridge sendiri memiliki ketinggian 366 meter dengan panjang sekitar 388 meter.

Pada saat resmi dibangun, yaitu pada tahun 2003. Jembatan ini mendapat predikat sebagai jembatan tertinggi yang ada di dunia. Hanya saja seiring waktu hal tersebut berubah karena banyaknya jembatan yang mulai dibangun.

China sendiri memang menjadi salah satu negara yang wilayahnya cukup terintegrasi satu sama lain. Negeri tirai bambu tersebut diketahui memiliki 70 jembatan, dimana sekitar 41 jembatan yang ada di negara tersebut mendapat predikat sebagai jembatan tertinggi dunia.

Nah, itulah 10 Jembatan tertinggi di dunia yang bisa buat merinding. Infrastruktur yang memadai memang dapat mendukung jalannya perekonomian. Keberadaan jembatan-jembatan tertinggi yang dominasi oleh China memang menjadi bukti nyata bagaimana China menjadi negara adidaya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan menginspirasi ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *