Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / 10 Jalanan Terseram dan yang Paling Berbahaya di Indonesia

10 Jalanan Terseram dan yang Paling Berbahaya di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2019

Sejumlah jalanan di Indonesia terkenal ekstrem dan berbahaya. Bahkan, jika tidak waspada bisa saja terjadi kecelakaan. Tak tanggung-tanggung, sudah banyak korban jiwa akibat berkendara di jalan ini. Umumnya, jalanan tersebut banyak dilewati oleh pemudik saat liburan tiba. Maka dari itu, untuk mencegah banyaknya korban berjatuhan, dipasang rambu-rambu dan peringatan untuk mengingatkan para pengendara agar tetap aman.

Meskipun sudah dipasang berbagai macam rambu-rambutm namun jalanan tersebut masih dikenal dengan keganasannya hingga ada juga yang mengaitkannya dengan mitos-mitos tertentu. Hmmm kira-kira seberapa seram dan berbahayanya jalanan tersebut?

1. Kelok 44

Kelok 44

Kalian pasti ada yang pernah mendengar kelok 44 atau bahkan pernah melewati jalan ini. Lalu, bagaimana rasanya? Pasti pusing bukan main, ya? Jalan yang terletak di kabupaten Agam, Sumatera Barat, merupakan jalan yang paling terkenal dengan banyaknya kelokan. Kita akan bertemu dengan jalan ini ketika melintasi rute Bukittinggi – Maninjau.

Sesuai namanya, Kelok 44 yang berarti terdapat kelokan atau tikungan sebanyak 44. Wow! Dan di setiap kelokan diberi nomor 1-44. Jika kalian memulai rute dari arah Bukittinggi maka kalian akan diajak untuk menghitung mundur mulai dari 44-1. Akan tetapi, kelokan di sini cukup ekstrem. Pasalnya, di jalan ini banyak terjadi kecelakaan karena tikungannya tajam. Tapi hebatnya lagi ada  juga para wisatawan yang lewat secara sengaja untuk sekedar menikmati sensasi bahaya di kelok ini.

2. Alas Roban

Pantangan saat melewati Alas Roban Misteri Alas Roban

Masih ingat dengan cerita misteri Alas Roban yang terkenal dengan keangkerannya? Ternyata jalan yang menghubungkan kota Batang dan kota Semarang ini termasuk jalan yang paling berbahaya untuk dilalui. Terletak di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, jalan ini menyimpan banyak cerita seram di dalamnya. Cerita-cerita seram tersebut meliputi diikuti makhluk halus, dibisiki makhluk halus, bahkan sampai ada yang bertemu dengannya.

Selain dengan cerita yang penuh misteri, jalan ini juga terkenal sebagai jalur maut karena ada ratusan kecelakaan yang sebagian besar memakan korban jiwa. Minimnya pencahayaan, mempunyai jalur yang berkelok-kelok, dan jalannya yang sempit menjadi penyebab kecelakaan tersebut. Selain itu, jalan Alas Roban juga terkenal sangat macet dari tahun 1990-an. Namun sekarang Jalan Alas roban telah diperbaharui hingga cukup aman untuk dilalui. Walau sudah cukup aman untuk dilalui, bukan berarti keselamatan berkendara dilupakan ya!

3. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik

Selain kelok 44, Sitinjau Lauik juga dinobatkan sebagai jalanan ekstrem di daerah Sumatera Barat. Sitinjau Lauik, tikungan tajam yang disambut dengan tanjakan tinggi menjadi kekhawatiran bagi setiap pengendara yang melintas. Tikungan ini memicu terjadinya kecelakaan hingga kendaraan bisa masuk ke dalam jurang puluhan meter.

Maka dari itu, para pengemudi harus lebih berhati-hati ketika melewati jalan ini, apalagi saat musim hujan. Saat musim hujan, jalan ini juga terdapat belasan titik yang rawan longsor loh! Meskipun banyaknya bahaya yang mengancam, ternyata nama Sitinjau lauik punya arti yang menyejukkan yaitu melihat laut. Artinya di sejumlah titik jalanan, para pengendara dapat memandang laut yang terbentang luas. Wah! Apa kamu berani mencoba jalan ini?

4. Jalur lintas Tarutung

Jalur lintas Tarutung

Kalian yang sedang menuju Sibolga dari arah kota Medan, pasti pernah melewati jalur lintas Tarutung. Jalur ini terbilang cukup ekstrem karena selama di jalur ini terdapat banyak tikungan. Selain itu, Tarutung juga punya jalan yang sempit. Jarak tiap-tiap kelokan bisa dibilang pendek, hingga bisa membuat para penumpang dan pengemudi muntah.

Selain itu, Ketika curah hujan tinggi maka pengendara perlu waspada karena jalanan semakin licin. Bukan hanya licin, jalan ini juga pernah mengalami kelongsoran tanah akibat tekstur tanahnya yang rawan. Perlu ditingkatkan kewaspadaannya, nih!

5. Likuan Endikat, Pagar Alam

Likuan Endikat, Pagar Alam

Tikungan yang berada di Pagar Alam, Sumatera Selatan, ini memang benar-benar ekstrem. Para pengemudi bus yang berhasil melewati tikungan ini dapat dikatakan hebat dan tidak diragukan lagi keahliannya dalam menyetir mobil. Selain tikungan yang tajam, tanjakan yang curam juga membuat jalan ini semakin kejam. Oh iya, jalan ini juga memiliki jembatan untuk menghubungkan jalanan. Nah, di bawah jembatan tersebut ada jurang yang sangat dalam dan berbahaya!

Di balik kekejamannya, para pengemudi disuguhi dengan keindahan alam di sekitar. Jalan ini menjadi jalan legendaris yang wajib dilewati para adventurer!

6. Tanjakan bundelan, Gunung Kidul

Tanjakan bundelan, Gunung Kidul

Saking ekstremnya, polisi meminta jalan ini dihapus di Google Maps! Terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta, tanjakan Bundelan ini terkenal karena kecelakaannya, bahkan sampai memakan korban jiwa. Jalanan yang berliku-liku dan sedikit landai hingga pada akhirnya terdapat tikungan menanjak yang cukup tinggi.

Rute jalanan ini juga tak biasa bagi para pengendara, bahkan pejalan kaki sekaligus. Kendaraan besar juga sulit melintasi tanjakan ini. Banyaknya berita yang tidak baik dan bahkan ada yang masuk ke jurang hingga tewas. Itulah alasan polisi meminta untuk menghapus jalur tersebut. Wah, ekstrem banget!

7. Tanjakan Krumput

Tanjakan Krumput

Jalur Ini memang cukup terkenal untuk dengan jalurnya yang ekstrem. Jalur yang sering padat ketika hari raya tiba membuat pengemudi untuk lebih berhati-hati. Sudah banyak korban yang jatuh akibat kecelakaan.

Jalur yang terletak di Banyumas ini juga terdapat mitos makhluk halus. Mitos tersebut berupa para supir bus banyak melemparkan koin ke jurang tanjakan sebagai ungkapan permisi. Setiap melempar koin supir mengucapkan “kulanuwun” atau “nderek langkung”. Mitos ini sudah berlangsung selama puluhan tahun lho! Hii seram, apapun itu kalian harus tetap waspada ya!

8. Tanjakan Emen

Mitos di Tanjakan Emen

Tanjakan Emen yang terletak di Kampung Cicenang, Ciater, Subang, menyimpan cerita seram di dalamnya. Dimulai dari penamaan tanjakan, banyak mitos yang beredar bahwa Emen adalah korban kecelakaan di tanjakan ini. Mulai dari situ, tanjakan ini terkenal dengan nama tanjakan Emen, dimana Emen juga sebagai penunggu yang menetap di tanjakan ini. Ada yang bilang gangguan makhluk halus bernama Emen menjadi alasan terjadinya kecelakaan yang dipercayai oleh para warga sekitar.

Terlepas dari mitosnya yang mengerikan, memang tanjakan ini punya kondisi jalanan yang sangat ekstrem. Pasalnya, tanjakan ini memiliki kemiringan 40-50 derajat dengan panjang 2-3 km. Karena itu, tak diragukan lagi jalan ini memang rawan kecelakaan terlebih bagi pengemudi yang kurang lihai dalam berkendara. Seram sekali!

9. Tanjakan Selarong

Tanjakan Selarong

Perjalanan menuju Puncak memang harus dilalui dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Banyak tanjakan dan turunan yang cukup berbahaya untuk dilalui. Salah satu tanjakan terkenal akan kerawanannya yaitu tanjakan Selarong yang terletak di ruas Megamendung, Bogor. Tanjakan ini dikategorikan sebagai rawan kecelakaan karena kontur jalannya yang menanjak dan berkelok.

Banyak kecelakaan bus yang terjadi akibat rem blong hingga dibuat jalur penyelamat. Jalur penyelamat tersebut akan membantu bus yang mengalami rem blong untuk mengurangi dampak kecelakaan. Jika kalian akan melewati jalur ini jangan lupa untuk perlu memerhatikan mesin, ban, dan rem ya!

10. Senggigi

Jalur ini terbilang tidak biasa, karena jalur ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Banyak para wisatawan yang rela turun untuk sekedar foto di atas jalur ini. Jalur Senggigi namanya, di sepanjang jalannya kita akan disuguhkan oleh pemandangan pantai senggigi yang indah.

Namun di balik keindahannya itu, kita harus bertemu dengan kelokan yang menakutkan. Ditambah keadaan tekstur jalanan yang naik-turun dan terdapat jurang di sisi kiri-kanan membuat jalur senggigi semakin menyeramkan. Sebaiknya untuk para pengemudi jangan sampai lengah dengan pemandangan sekitar dan harus tetap fokus selama berkendara, ya!

Itulah 10 jalan berbahaya di Indonesia versi Bacaterus. Ulasan tersebut dapat menjadikan kesiapan untuk para pengemudi agar lebih hati-hati dan waspada dalam berkendara. Perhatikan kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan agar selama perjalanan menjadi nyaman dan senang!

Bagaimana tanggapan kalian mengenai 10 jalan berbahaya ini? Atau kalian punya referensi lain mengenai jalan berbahaya di Indonesia? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar