Bacaterus / Misteri Dunia / Inilah 10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia. Berani Coba?

Inilah 10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia. Berani Coba?

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2020

Jalan merupakan prasarana utama yang sangat penting bagi kehidupan manusia sebagai pendukung jalannya perekonomian masyarakat. Keberadaan prasarana yang baik tentu sangat diharapkan oleh banyak orang. Meskipun demikian, keberadaan beberapa jalan yang akan kita bahas kali ini memang bisa membuat orang merinding.

Bila di Indonesia terdapat Kelok 44 yang terdapat di Bukittinggi sebagai jalan yang terkenal paling menakutkan dan berbahaya. Di beberapa negara yang akan kita bahas di bawah ini terdapat jalan-jalan yang tak kalah seram dan menakutkan dari jalan tersebut.

Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai keberadaan jalan-jalan berbahaya tersebut, kali ini Bacaterus telah rangkum 10 jalan paling berbahaya di dunia yang bisa membuat nyali pengemudi menciut. Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Zoji La, India

Zoji La, India

Zoji La merupakan jalan Nasional yang terdapat di negara India. Jalan ini terletak di atas ketinggian yang berada tepat di pegunungan Kashmir diantara Srinagar dan Leh di sebelah barat yang sejajar dengan pegunungan Himalaya.

Kontur tanah yang berbatu serta berada tepat di samping jurang yang curam. Zoji La menjadi salah satu jalan paling menakutkan dan berbahaya yang ada di dunia. Selama musim dingin tiba, jalan Zoji La akan ditutup selama berbulan-bulan bagi pengendara.

Hal tersebut karena sebagian jalan akan tertutup oleh salju licin yang bisa mengancam jiwa. Zoji La sendiri merupakan jalan sepanjang 9 km yang menghubungkan antara Ladakh dan Kashmir.

2. Yungas Road, Bolivia

Yungas Road, Bolivia

Jalan yang paling berbahaya serta menakutkan selanjutnya berada di Bolivia. Jalan ini bernama Yungas Road atau dikenal juga sebagai Road of the Death karena jalan sepanjang lebih dari 65 km memang terkenal cukup berbahaya bagi para pengendara.

Yungas Road merupakan jalan penghubung antara La Pas dan Coroico. Jalan ini memang dikenal sangat rawan kecelakaan. Menurut catatan Inter-American Development Bank, jalan ini telah merenggut 250 nyawa bahkan lebih dalam setahun sehingga menobatkannya sebagai jalan paling berbahaya yang ada di dunia.

Sebagai peringatan bagi pengendara yang melintas. Pemerintah daerah pun memasang sebuah salib sebagai tanda bahwa lokasi tersebut rawan kecelakaan.

3. Guoliang Tunnel, China

Guoliang Tunnel, China

Guoliang Tunnel merupakan nama sebuah jalan yang ada di daratan China. Jalan ini terletak di samping tebing yang berada di provinsi Henan. Jalan sepanjang 1,3 km tersebut berdiri sejak tahun 1977. Jalan tersebut dibangun oleh penduduk dari beberapa desa yang berada di pegunungan Taihang.

Guoliang Tunnel memiliki pemandangan yang indah. Dan menurut salah satu media yang ada di sana, jalan tersebut merupakan salah satu jalan yang menakutkan dan cukup berbahaya bagi pengendara. Pemerintah sendiri bahkan sering memberi peringatan bagi para turis yang ingin melihat keunikan jalan tersebut.

4. Tianmen Mountain Road, China

Tianmen Mountain Road, China

Tianmen Mountain Road merupakan sebuah jalan yang berada di negeri tirai bambu, China. Sama seperti Guoliang Tunnel, Tianmen Mountain Road termasuk ke dalam salah satu jalan yang menakutkan dan berbahaya yang ada di dunia.

Meskipun jalan sepanjang 11 km tersebut cukup menyeramkan untuk dilewati namun para pengendara dapat menikmati keindahan panorama yang menyelimuti wilayah tersebut. Jalan ini merupakan jalan menuju ke tempat candi Buddha yang berada di puncak gunung Tianmen.

Tianmen Mountain Road sendiri merupakan jalan berkelok yang memiliki 99 tikungan dengan tingkat kesulitan yang lumayan bagi pengendara.

5. Dalton Highway, Alaska

Dalton Highway, Alaska

Salah satu jalan berbahaya lainnya datang dari Alaska. Bila beberapa jalan yang menakutkan di atas sebagian besar berada pada ketinggian serta di kelilingi oleh jurang yang curam, maka Dalton Highway merupakan jalan paling bersalju yang ada di dunia.

Kondisi Dalton Highway sebagian besar diselimuti oleh salju. Hal tersebut membuat kondisi jalan sangat licin dan berbahaya bagi para pengemudi. Selain rawan terjadi kecelakaan, suhu dingin pun menjadi ancaman yang menakutkan bagi para pengendara sehingga jalan sepanjang 666 km tersebut pun kemudian dinobatkan sebagai salah satu jalan paling berbahaya yang ada di dunia.

6. Atlantic Ocean Road, Norwegia

Atlantic Ocean Road, Norwegia

Berbicara mengenai jalan yang paling berbahaya, maka Atlantic Ocean Road yang ada di Norwegia tentu masuk ke dalam list sebagai jalan paling berbahaya dan menakutkan yang ada di dunia karena rute jalan yang berkelok serta memiliki turunan yang curam.

Jalan yang memiliki panjang sejauh 8,3 km ini menghubungkan desa Karvag yang ada di Averoy dengan desa Viyang yang ada di Eida. Di jalan ini terdapat satu titik dimana ombak sewaktu-waktu bisa menghantam pengendara yang melintas. Namun diantara itu semua, Hilvagen Bridges merupakan jembatan yang paling menakutkan untuk dilewati oleh para pengendara yang ada di Atlantic Ocean Road.

7. La Passage du Gois, Perancis

La Passage du Gois, Perancis

La Passage du Gois merupakan jalan yang ada Perancis. Jalan ini menjadi salah satu jalan berbahaya yang ada di dunia karena letaknya yang unik. Jalan La Passage di Gois memiliki lintasan sejauh 4,6 km dan sewaktu-waktu bisa tertutup oleh air laut setinggi 1,5 meter.

La Passage du Gois sendiri merupakan sebuah jalan yang menghubungkan Pulau Noirmoutier ke daratan utama,Vendee. Setiap hari, jalan tersebut akan tertutup air selama 1-2 jam selama air laut pasang.

La Passage du Gois adalah jalan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia. Keberadaan jalan unik ini pun menjadi objek wisata yang menarik bagi masyarakat. Meskipun begitu jalan ini tetap saja dikategorikan berbahaya, terlebih bagi para pelintas yang tidak tahu kapan air laut akan pasang.

8. Hanna, Hawaii

Hanna, Hawaii

Jalan selanjutnya yang berbahaya dan menakutkan berada di kepulauan Hawaii. Hanna merupakan sebuah jalan sepanjang 112 km yang menghubungkan Kahului dan Hanna. Jalan berkelok yang berada di pulau Hawaii Maui ini adalah jalan utama yang menghubungkan 59 jembatan.

Jalan ini sering kali ditutup oleh pemerintah daerah setempat karena sering terjadi longsor yang dapat membahayakan para pengendara yang kebetulan melewatkan jalan tersebut. Selain itu seringnya terjadi kecelakaan di jalan tersebut membuat para pengendara harus berhati-hati saat mengemudikan kendaraannya.

9. Kolyma Highway, Russia

Kolyma Highway, Russia

Jalan selanjutnya yang menakutkan serta berbahaya dipegang oleh Kolyma Highway, Russia. Kolyma Highway Rusia adalah jalan yang menghubungkan Magadan dan Yakutsk. Bila dalam keadaan hujan, jalan ini sangat menakutkan karena sepanjang area jalan akan diselimuti tanah liat yang bisa membahayakan pengemudi.

Selain itu suhu extreme yang mencapai minus 70 derajat pada musim dingin menjadi sesuatu yang membahayakan bagi para pengendara. Hal lain yang cukup menakutkan tentang jalan ini adalah cerita dibalik pembangunannya yang melibatkan ratusan ribu tahanan politik di bawah rezim Stalin pada tahun 1930 sampai 1950-an.

Konon ratusan ribu pekerja ditembak di tempat bila diketahui tidak bekerja sesuai aturan. Sementara ratusan yang lain ditemukan dalam keadaan tewas dengan kondisi yang lebih tragis. Masyarakat sendiri mengenal jalan ini sebagai “The Road of Bones”.

10. Transfagarasan, Romania

Transfagarasan, Romania

Sebagai penutup dari jalan paling berbahaya dan menakutkan di dunia terdapat jalan Transfagarasan yang berada di Romania. Jalan ini mulai dibangun pada tahun 1970 dan membutuhkan waktu 4 tahun untuk penyelesaiannya.

Transfagarasan merupakan jalan pintas antara Transylvania dan Walachia. Menurut program televisi Romania bertajuk “Top Gear”, jalan ini dikenal sebagai jalan yang paling sulit dan berbahaya yang ada di dunia.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah, jalan ini kerap kali menelan korban jiwa akibat kecelakaan. Jalan berkelok ini juga tidak direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Nah, itulah 10 jalan paling berbahaya di dunia yang bisa membuat nyali pengemudi menciut. Meskipun demikian sebagai pengendara yang baik kita wajib mengikuti petunjuk keselamatan dalam perjalanan. Semoga informasi yang telah Bacaterus bahas di atas bisa bermanfaat untuk kamu ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *