Bacaterus / Jajanan Hits / 10 Jajanan Unik untuk Usaha yang Sedang Laris di Tahun 2020

10 Jajanan Unik untuk Usaha yang Sedang Laris di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dewasa ini, banyak orang yang tertarik untuk mencoba berbagai makanan unik. Tak hanya jajanan anak sekolahan saja yang dirindukan dan mendapat antusiasme yang besar, tetapi jajanan dalam bentuk atau rasa yang unik juga sangat diminati. Nah, keunikan dari jajanan ini bisa Anda lirik sebagai peluang usaha yang menjanjikan, lho.

Butuh rekomendasi jajanan unik untuk usaha yang sedang laris saat ini? Bacaterus sudah merangkum 10 jajanan yang menawarkan rasa atau bentuk yang unik. Yuk, langsung saja simak informasi selengkapnya dari Bacaterus berikut ini.

1. Corndog

* sumber: livejapan.com

Setelah beberapa tahun yang lalu hingga kini, camilan sosis bakar masih laris dijual di tempat-tempat hiburan dan jajanan lainnya. Sekarang, corn dog hadir sebagai varian dari hidangan sosis yang baru di Indonesia. Hidangan yang berasal dari Amerika Serikat ini merupakan perpaduan dari sosis (hot dog) dengan lapisan dari adonan tepung jagung yang dimasak dengan cara digoreng.

Tidak hanya disajikan dengan sosis, corn dog pun memiliki varian menu yang unik yang digabungkan dengan tambahan bahan-bahan makanan lainnya, misalnya sosis mozzarella, cokelat mozzarella, atau ditambahkan kentang goreng dilapisan adonan corn dog-nya.

2. Kue Cubit Aneka Topping

Kue Cubit (Copy)

Meskipun bukan jajanan baru, kue cubit tetap eksis menjadi salah satu jajanan unik yang tidak pernah dilupakan oleh penikmatnya. Bagaimana tidak, saat ini kue cubit dioleh dengan berbagai rasa, warna, dan topping menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.

Dimulai dari rasa dan warna, kue cubit dengan warna hijau dan rasa green tea akan menjadi sesuatu hal baru yang dapat membuat orang penasaran untuk mencoba. Tak cukup sampai di situ saja, resep kue cubit juga kini dihidangkan dengan aneka topping, mulai dari Ovomaltine, Nutella, Froot Loops, dan masih banyak lagi.

3. Es Mochi

cara membuat mochi ice cream

Mochi adalah sajian kue berbahan dasar tepung ketan yang berasal dari Jepang namun terkenal juga sebagai salah satu kuliner khas Sukabumi. Mochi yang mempunyai tekstur kenyal dan lengket ini biasanya disajikan dengan isian kacang tanah ditambah gula, Namun kini, mochi dihidangkan dengan isian yang lebih modern, yakni ice cream,

Yup! Es krim mochi menjadi camilan baru yang unik dan menarik. Tidak hanya unik karena dihidangkan selagi dingin, es krim mochi juga memiliki banyak rasa dan warna, seperti cokelat, green tea, stroberi, ataupun tiramisu, yang bisa membuat Anda tergoda untuk mencicipinya.

Teksturnya yang kenal ditambah rasa manis dari ice cream di dalamnya bakalan memberikan sensasi yang berbeda dari mochi pada umumnya. Penasaran bukan untuk menikmatinya.

4. Siomay Goreng Mayo

Siomay Mayo

* sumber: www.traveloka.com

Siapa yang tidak kenal dengan siomay? Hidangan yang berasal dari Tiongkok ini memiliki banyak varian yang terkenal di Indonesia, salah satunya adalah Siomay Goreng Mayonaise.

Berbeda dari siomay yang pada umumnya dimasak dengan cara dikukus, seperti pada hidangan dim sum, atau bakso tahu, hidangan ini disajikan dengan cara digoreng dan dilengkapi dengan saus mayoinase. Rasanya yang gurih dan asam dari saus mayoinase memberikan sensasi yang unik untuk mencicipinya.

5. Jagung Susu Keju

Jasuke

* sumber: resepkoki.id

Jagung manis menjadi salah satu bahan makanan yang sering diolah, baik sebagai camilan maupun hidangan utama. Camilan terpopuler saat ini adalah Jagung Susu Keju, atau sering disingkat menjadi Jasuke.

Yup! Camilan ini biasanya dijadikan sebagai menu jajanan khas di pinggir jalan. Rasanya yang manis dari perpaduan jagung, susu kental manis dan keju parut serta dihidangkan selagi hangat membuat camilan ini cocok untuk disantap pada saat cuaca dingin, baik itu di pagi hari, malam hari ataupun di saat hujan.

6. Martabak Mini

Martabak Mini

* sumber: www.palmia.co.id

Berbeda dengan martabak mini yang umumnya dijual di pinggir jalan, hidangan martabak mini ini merupakan transformasi dari martabak kekinian yang dimasak dalam loyang yang lebih kecil.

Martabak mini ini tidak memiliki tekstur layaknya martabak tipis kering, karena adonan yang digunakan sama dengan martabak manis pada umumnya. Akan tetapi, hidangan ini mempunyai keunggulan dari tampilannya yang cantik lewat topping yang digunakan, contohnya KitKat, Cokelat Batangan, Oreo, Marshmallow, Froot Loops, dan yang lainnya. Pokoknya makanan ini cocok untuk disajikan khususnya bagi anak kecil.

7. Crepes Mini

Crepes Mini

* sumber: brilicious.brilio.net

Crepes mini adalah hidangan makanan dari Perancis yang disajikan dalam bentuk yang lebih kecil. Hidangan ini memiliki kesamaan seperti martabak mini, yakni tampilannya yang menarik dan cantik.

Selain itu, crepes mini tidak hanya diolah sebagai hidangan makanan yang manis, namun dapat disajikan sebagai hidangan yang asin dan gurih, dengan menggunakan topping seperti sosis, smoke beef, telur dan bahan lainnya.

8. Seblak

seblak oces

Jangan remehkan kerupuk, karena orang Indonesia sangat terikat dengan kerupuk. Bahkan, ada saja orang yang tidak bisa makan tanpa kerupuk. Biasanya, kerupuk akan digoreng di wajan berisi minyak panas, dan teksturnya renyah dengan rasa yang gurih. Namun, Seblak ini menyajikan kerupuk dengan cara olahan yang berbeda.

Nah, seblak ini merupakan cemilan berkuah yang pedas dengan olahan kerupuk yang direbus. Jadi, kerupuknya direbus bukan digoreng, kemudian diberi bumbu-bumbu yang membuat rasa seblak menjadi gurih dan pedas. Kadang juga, seblak akan diberi isian berupa batagor, ceker, bakso, ataupun sosis. Berjualan seblak dijamin banyak yang beli, deh!

9. Kripik Pedas

Kripik Pedas

* sumber: www.foodandwine.com

Kripik pedas mungkin bukanlah camilan yang asing bagi Anda, bahkan beberapa tahun yang lalu camilan ini sukses banyak dijual di gerai-gerai oleh-oleh yang ada di kota-kota di Indonesia. Namun, baru-baru ini kripik pedas kembali menjadi viral, setelah adanya “One Chip Challenge“.

One Chip Challenge adalah tantangan yang diberikan kepada orang-orang yang berani mencoba kripik tortilla yang dibumbui dengan bubuk cabai Carolina Reaper, kalau Anda penasaran Carolina Reaper adalah cabai terpedas di dunia. Kripik pedas ini diproduksi oleh Paqui, perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi kripik tortilla pedas.

Di Indonesia sendiri, ada juga lho produk “One Chip Challenge” yang dijual, yaitu Makiq Melinjo Chips. Yup! Berbeda dari Paqui Chips, kripik ini dibuat dengan bahan dasar buah melinjo yang dipadukan dengan sensasi cabai terpedas Carolina Reaper/Ghost Pepper. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba tantangan kripik pedas ini?

10. Minuman dalam Kemasan Unik

Minuman dalam Kemasan Unik

Sudah tahu minuman sirup atau jus yang dikemas dalam bola lampu? Mungkin Anda juga familiar dengan susu yang dikemas dalam kantong darah? Nah, ide-ide unik yang satu ini bisa menjadi referensi jika Anda ingin membuka usaha jajanan yang unik.

Cobalah untuk memikirkan kemasan yang unik untuk menarik perhatian pengunjung. Contoh kemasan yang unik adalah tabung gas, korek api, atau botol yang dibuat menyerupai seperti obat nyamuk spray. Buatlah kemasan yang unik atau ekstrem agar konsumen penasaran dengan minuman yang Anda jual.

Inilah beberapa gambaran mengenai jajanan unik untuk usaha. Anda bisa memikirkan ide yang lebih out of the box untuk menarik perhatian konsumen. Selain menjual tampilan, nama, atau bentuk, sebaiknya Anda juga tetap memperhatikan citarasa dari jajanan tersebut agar usaha Anda tidak menjadi usaha yang “musiman”.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. A long way, you can finish step by step, and then you can’t reach without a foot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *