Bacaterus / Jajanan / 10 Jajanan Pasar dari Singkong yang Unik dan Lezat

10 Jajanan Pasar dari Singkong yang Unik dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Singkong atau yang dikenal dengan nama ketela pohon ini dahulu pernah menjadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Di negara ini, sangat mudah untuk menemukan singkong. Cara termudah untuk menikmati singkong adalah dikukus hingga teksturnya lebih empuk atau digoreng. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jajanan pasar lezat yang bahan dasarnya adalah singkong?

Jadi, singkong tidak harus melulu dikukus atau digoreng. Ada berbagai pilihan jajanan pasar dari singkong yang rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Penasaran jajanan tradisional apa saja yang bahan dasarnya berasal dari singkong? Yuk, simak ulasan dari Bacaterus berikut ini!

1. Kue Sawut Singkong

Kue Sawut Singkong

Jika biasanya Anda menyantap singkong dalam keadaan utuh, Kue Sawut Singkong ini merupakan jajanan pasar dari singkong yang diparut. Jadi, sudah pasti tekstur singkongnya terasa lebih berbeda. Kue Sawut Singkong mungkin jarang ditemukan di Jakarta atau kota-kota lain. Pasalnya, jajanan ini berasal dari Jawa Tengah.

Singkong parut ini dibumbui dengan garam dan vanili, lalu dikukus bersama daun pandan dan gula merah. Setelah itu, Kue Sawut Singkong ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa agar rasanya semakin gurih.

2. Getuk Lindri

Getuk Lindri Jajanan Pasar dari Singkong

Getuk asale soko telo..” Lagu berirama campursari ini memang sangat populer di Indonesia. Bahkan, penyanyi terkenal seperti Didi Kempot pernah membawakan lagu ini. Penggalan lagu tersebut memiliki arti: “Getuk terbuat dari singkong” Jadi, tak salah jika di daftar ini Bacaterus membahas jajanan pasar yang bernama Getuk.

Makanan tradisional dari Jawa Tengah ini memang menjadi jajan pasar yang sangat favorit. Bahan dasar untuk membuat Getuk Lindri adalah singkong, gula, dan vanili. Agar terlihat semakin menarik, adonan getuk ini bisa diberi pewarna makanan. Pada akhirnya, Getuk Lindri akan disajikan dengan parutan kelapa.

3. Klepon Singkong

Klepon Singkong

Pada umumnya, klepon terbuat dari tepung beras ketan. Akan tetapi, jajan pasar yang satu ini juga sudah dimodifikasi dengan menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya. Adonan singkong ini akan dicampur dengan pasta pandan dan kelapa. Selanjutnya, isi adonan dengan gula merah agar rasanya lebih manis.

Proses selanjutnya adalah mengukus klepon hingga 10 menit. Kemudian, sebelum klepon singkong ini disajikan, Anda harus membaluri klepon dengan kelapa parut.

Klepon singkong memiliki tekstur yang agak padat dibanding klepon dari tepung beras ketan. Di samping itu, klepon singkong lebih mengenyangkan dan lebih sehat.

4. Kue Talam

Kue Talam Singkong

Anda tentu sudah sangat familiar dengan jajanan pasar dari singkong yang satu ini. Adalah Kue Talam yang biasanya banyak dijual saat bulan puasa. Kue ini memang sangat cocok untuk menjadi takjil pada saat berbuka puasa. Namun, tahukah Anda jika kue yang memiliki tampilan cantik ini terbuat dari singkong?

Kue talam dibuat dari parutan singkong yang dicampur dengan santan, gula pasir, tepung kanji, dan tepung beras. Sementara itu, untuk lapisan atas kue talam dibuat dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan, air pandan, dan sedikit garam. Jika tidak ingin ribet membuat kue ini, Anda bisa langsung membeli kue ini di pasar tradisional terdekat.

5. Tetel Singkong

Tetel Singkong

Tetel adalah kue tradisional yang umumnya berasal dari ketan. Jadi, jangan heran jika tekstur dari tetel ini nampak lengket seperti ketan. Namun, saat ini bahan dasar pembuatan tetel tidak harus melulu dari ketan. Anda bisa menggunakan singkong sebagai bahan dasar pembuatan kue tradisional ini.

Cara membuat tetel singkong adalah singkong dikukus berkali-kali hingga teksturnya lembek, lalu singkong kukus tersebut direbus dengan gula merah. Setelah itu, adonan singkong dihaluskan secara manual, lalu didiamkan hingga teksturnya menjadi lebih padat. Nah, kue tetel singkong ini siap untuk disajikan dengan kelapa parut yang sudah dikukus sebelumnya.

6. Jongkong Singkong

Jongkong Singkong

Satu lagi jajan pasar yang terbuat dari singkong dan digemari oleh banyak orang. Adalah Jongkong Singkong yang biasanya banyak ditemukan di penjual kue-kue tradisional yang berada di Kota Semarang. Sama seperti jajan pasar lain yang ada di daftar ini, jongkong disajikan dengan kelapa parut.

Tekstur dari jongkong memang sedikit lengket dan pada bagian tengahnya berisi gula merah. Biasanya jongkong dijual dalam keadaan masih dibungkus dengan daun pisang atau dipotong kecil-kecil.

7. Kue Mata Roda

Kue Mata Roda

Mungkin nama kue yang satu ini masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, jika sudah mencoba rasanya, dijamin Anda pasti ketagihan dengan kue khas Purbalingga yang satu ini. Kue mata roda adalah jajan pasar tradisional yang bahan dasarnya adalah singkong. Dinamakan mata roda karena bentuknya bulat seperti roda dan bagian tengahnya terdapat potongan buah pisang yang nampak seperti mata.

Untuk membuat kue ini terlihat semakin menarik, biasanya pedagang menambahkan pewarna makanan untuk kue ini. Gurihnya kue yang terbuat dari singkong ini akan berpadu dengan rasa manis alami dari buah pisang yang ada di tengahnya. Kue mata roda akan menjadi teman yang pas untuk menikmati secangkir teh.

8. Dadar Gulung Singkong

Dadar Gulung Singkong

Dadar gulung adalah kue basah yang sudah sangat terkenal. Bahkan, Anda bisa menemukan kue ini di mana saja, baik di pasar tradisional atau supermarket modern. Namun, bagaimana jika kita memodifikasi dadar gulung ini dengan mengganti bahan dasarnya menggunakan singkong?

Untuk membuat jajanan pasar dari singkong ini, Anda perlu mengganti kulit dadar gulung yang biasanya terbuat dari tepung terigu ini dengan singkong. Selain lebih sehat, dadar gulung singkong ini juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, lho.

9. Kue Lapis Singkong

Kue Lapis Singkong

Bosan dengan kue lapis yang terbuat dari tepung beras dan cenderung bertekstur kenyal dan lengket? Mengapa tidak mengganti tepung beras tersebut dengan singkong? Dijamin teksturnya akan terasa lebih empuk dan tidak terlalu lengket.

Untuk mendapatkan tekstur kenyal dan lengket, Anda bisa menambahkan agar-agar bubuk ke dalam adonan singkong parut. Kemudian, adonan yang sudah dikukus akan diberi 3 macam pewarna makanan, masing-masing lapisan diberi 1 jenis pewarna. Hasilnya, kue lapis singkong 3 warna yang menarik ini siap untuk dinikmati!

10. Kue Cenil

Kue Cenil

Hampir sama dengan klepon, kue cenil juga memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan lengket. Bahkan, kue ini juga memiliki warna-warna yang cantik dan dibalut dengan kelapa parut. Lantas, bagaimana cara membuat kue cenil ini?

Singkong yang sudah diparut dicampur dengan agar-agar bubuk, gula pasir, santan, dan garam. Kemudian, bagi adonan menjadi 3 bagian, masing-masing adonan diberi warna yang berbeda. Setelah itu, adonan dipotong memanjang seperti jari, lalu dikukus selama 30-40 menit. Tusuk kue cenil yang sudah matang dengan tusuk sate, lalu taburkan kelapa parut di atasnya.

Nah, bagaimana dengan 10 jajanan pasar dari singkong yang unik dan lezat ini? Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, lho. Punya jajan pasar favorit lainnya atau makanan ringan yang terbuat dari singkong? Anda bisa membagikan nama jajanan tersebut berserta dengan resepnya di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *