Bacaterus / Jajanan / 10 Jajanan Paling Populer di Jaman 90an Yang Ngangenin

10 Jajanan Paling Populer di Jaman 90an Yang Ngangenin

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekarang snack yang populer di Indonesia agak tercampur dengan jajanan dari luar negeri. Misalnya Pocky, BeanBoozled, marshmallow, dan aneka dessert seperti bingsoo dan es campur ala Thailand yang menggunakan susu, puding, mochi, dan aneka topping lainnya.

Kids jaman now kebanyakan tidak tahu dengan jajanan ini. Padahal, pada tahun ’90-an, jajanan ini adalah yang paling populer dan dimakan oleh semua anak-anak. Yuk, nostalgia dengan jajanan dari satu dekade kebelakang ini:

10 Jajanan Paling Populer di Jaman 90an

1. Permen Susu Sapi

Jajanan Paling Populer Jaman 90an

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Permen yang satu ini sangat ngehits pada tahun ’90-an. Ada yang menyebutnya Permen Susu Sapi, tapi ada juga yang memanggilnya Permen Tulang. Teksur permen ini keras dan kalau dipikir-pikir sekarang tidak ada rasa susunya. Tapi, entah kenapa permen ini digilai oleh anak-anak pada zaman dulu, termasuk author. 

Permen ini dijual dalam satu papan panjang. Tapi, biasanya di warung-warung suka diguntingi jadi hanya satu baris saja untuk memudahkan anak-anak yang mau membeli eceran. Apakah kamu pernah makan permen ini? Atau ingin membelinya?

2. Cokelat Koin

Cokelat Koin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cokelat koin merupakan jajanan paling populer jaman 90an yang selanjutnya. Cokelat koin ini rasanya manis banget, cocok buat yang punya sweet tooth. Kalau sekarang, cokelat koin biasanya dijual per gram atau dalam kemasan parsel buat lebaran. Kalau kamu mau membeli cokelat koin, kamu bisa menemukannya ditoko online.

3. Chuba

Chuba

* sumber: www.acefood.co.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dua makanan di atas mewakili jajanan paling populer jaman 90an yang manis-manis, sekarang giliran jajanan yang rasanya asin. Adalah Chuba, keripik singkong murah meriah yang rasanya gurih banget. Kalau makan ini, pasti bumbunya akan menempel di jari-jari kita.

Dulu, kemasan Chuba itu berwarna putih dengan kotak-kotak. Kalau sekarang keripik Chuba lebih “mini market” banget mulai dari desain warna, ketebalan kemasan, serta bentuk dan rasa keripiknya yang menyesuaikan dengan pasar.

4. Koala-La

Koala-La jajanan paling populer jaman 90an

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Koala yang satu ini terkenal banget di Indonesia pada tahun ’90-an. Jajanan ini tidak dibuat dari koala, ya, tapi dibuat dari gula, yaitu gula-gula kapas. Berbeda dengan gula-gula kapas yang dijual di pinggir jalan, tekstur Koala-La lebih tebal dan bentuknya seperti serabut. Permen kapas ini banyak sekali varian rasanya, loh! Kalau favorit kamu yang rasa apa?

5. Es Mony

Es Mony

* sumber: www.instagram.com

Jaman dulu cuma ada tiga brand es krim yang paling terkenal, yaitu Walls, Campina dan IndoEskrim. Tapi, ada satu lagi jenis es yang jadi favorit anak-anak pada masa itu, yaitu Es Mony. Cara makan Es Mony harus dibekukan dulu. Nanti, kalau mau dimakan, kamu tinggal sobek atau gunting bagian atas es berbentuk segitiga ini.

Katanya sekarang Es Mony semakin banyak varian rasanya, loh! Penasaran ingin coba?

6. Anak Mas

Anak Mas

Semua anak-anak jaman ’90-an pasti tahu Anak Mas. Jajanan ini merupakan mie yang cara makannya diremas – dicampur bumbu – dishake – baru dimakan. Anak Mas identik dengan kemasannya yang berwarna merah, lalu ada gambar anak perempuan dan laki-laki dengan model rambut serupa.

Sayangnya, Indofood, selaku perusahaan jajanan ini, merubah total konsep Anak Mas. Mulai dari mie-nya. Dulu kita harus mencampur bumbunya terlebih dahulu, lalu mengocok kemasannya agar bumbu tercampur rata. Tapi, sekarang kita hanya perlu meremukkan mie-nya saja karena mie-nya sudah berbumbu.

Dan, perubahan yang paling kentara terletak pada kemasannya. Sekarang kemasan Anak Mas jadi mirip anime Jepang. Banyak orang yang menyayangkan perubahan dari Anak Mas, mulai dari kemasan hingga cara memakannya.

7. Choyo Choyo

Choyo Choyo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Choyo Choyo merupakan “cokelat” yang sepabrik dengan permen karet Yosan. Kalau kamu memakannya sekarang pasti kamu bakal keheranan, kenapa dulu kamu suka banget dengan jajanan ini. Karena, Choyo Choyo bukanlah cokelat seperti yang dari dulu kita bilang. Ya, walaupun begitu, Choyo Choyo tetap ngangenin, bukan? Yuk, beli permennya sekarang.

8. Lidi-lidian / Mie Nyere

 Lidi-lidian / Mie Nyere

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Daftar jajanan paling populer jaman 90an yang selanjutnya diisi oleh Mie Nyere atau Lidi-lidian. Kalau jajanan yang satu ini, sih, kids jaman now juga pasti tahu. Soalnya, Lidi-lidian kembali masuk ke pasaran dengan kemasan yang lebih ekonomis dan varian rasa yang lebih banyak. Dan sekarang kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko online.

9. Es Serut / Es Gosrok

Es Serut / Es Gosrok

* sumber: twitter.com

Jajanan paling populer jaman 90an yang selanjutnya adalah es serut atau es gosrok. Cuaca di Indonesia sering panas, makanya es serut populer banget. Rasanya sangat menyegarkan sepulang sekolah langsung makan es warna-warni ini, kan?

10. Permen Susu White Rabbit / Panda

 Permen Susu White Rabbit / Panda

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di list jajanan paling populer jaman 90an yang terakhir ada permen susu lagi. Jika di atas permen susunya keras, maka permen susu yang ini kebalikannya 180°. Ya, permen ini empuk banget! Dan, uniknya, “bungkus” permen ini bisa dimakan juga.

Bukan bungkus yang ada gambar kelinci atau panda-nya, ya. Tapi, bungkus gel yang melapisi permen susunya yang bisa dimakan. Sekarang permen ini bisa kamu temukan di toko oleh-oleh dan dijual per gram.

Itu dia sepuluh jajanan paling populer jaman 90an dari Bacaterus. Tentunya masih banyak sekali jenis jajanan lainnya yang belum disebutkan, seperti Permen Kaki Hot-hot Pop, Cokelat Kacamata, Wafer Superstar, Wafer TOP, Telur Cicak, dan masih banyak lagi. Apa jajanan favorit kamu pada tahun ’90-an?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *