Bacaterus / Kuliner / Kuliner Indonesia / 10 Jajanan Khas Cirebon yang Enaknya Bikin Ketagihan

10 Jajanan Khas Cirebon yang Enaknya Bikin Ketagihan

Makanan khas Cirebon yang paling terkenal adalah empal gentong. Kelezatan empal gentong memang sudah terkenal di seluruh Nusantara. Namun, tahukah Anda bahwa bukan empal gentong saja yang terkenal di Cirebon? Ada sejumlah jajanan yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Cirebon.

Wisata kuliner di Cirebon memang mengasyikkan. Di kota ini ada banyak jajanan yang sangat lezat. Belum makan menu utamanya saja sudah kenyang karena mencicipi semua jajanan yang tersedia di kota ini. Bacaterus akan mengulas satu persatu jajanan khas Cirebon yang enaknya bikin ketagihan. Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya!

10 Jajanan Enak Khas Cirebon

1. Kue Apem

Jajanan khas Cirebon yang satu ini bisa dijumpai di beberapa daerah. Namun, kalau Anda sedang berkunjung ke Cirebon, jangan lewatkan kue apem yang dijual di kota tersebut. Kue apem khas Cirebon ini terkenal gurih dan nikmat.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue apem Cirebon adalah telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam. Kemudian, adonan tersebut dimasak dengan cara dibakar atau dikukus. Kue apem yang dibakar rasanya lebih legit dan gurih, lho. Untuk menambah kelezatannya, kue apem khas Cirebon biasa dinikmati dengan saus gula merah yang enak banget.

2. Serabi

Serabi

Serabi adalah jajanan yang bisa Anda temukan di berbagai kota, seperti Bandung atau Surakarta. Namun, kalau ke Cirebon Anda wajib mencoba serabi khas kota tersebut. Serabi Cirebon ini sangat unik karena tidak menawarkan rasa manis seperti serabi pada umumnya.

Serabi khas Cirebon dibuat dengan campuran telur, tempe goreng, oreg tempe, oncom, sampai dengan tauco! Jadi, rasa serabi khas Cirebon ini cenderung asin ketimbang manis. Yang pasti Anda akan merasakan makan serabi dengan sensasi yang berbeda ketika menyantap serabi khas Cirebon ini. Tak perlu khawatir karena rasa serabi asin ini tidak kalah enak dibanding serabi manis yang biasa Anda makan.

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Yang satu ini adalah jajanan khas Cirebon yang wajib banget Anda coba. Adalah tahu gejrot yang merupakan kuliner dari Cirebon yang sudah bisa ditemukan di berbagai kota maupun daerah di Indonesia. Walaupun makanan ini sudah bisa ditemukan dengan mudah, tetapi rasanya kurang afdol jika Anda tidak menikmati tahu gejrot langsung di kota asalnya.

Tahu gejrot merupakan tahu yang digoreng, lalu diberi sedikit kecap manis dan gula aren. Setelah itu, tahu dicampur dengan ulekan bawang merah, bawang putih, dan cabe. Dinamakan tahu gejrot karena setiap digigit, cairan yang ada di dalam tahu akan terasa “pecah” di dalam mulut.

4. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat

Jangan takut untuk makan kerupuk melarat karena itu hanyalah sebuah nama saja. Anda tidak akan jatuh melarat ketika makan kerupuk warna-warni ini. Kalau ke Cirebon, Anda wajib membeli kerupuk melarat. Selain harganya murah, rasanya juga enak.

Kerupuk ini cocok banget untuk dimakan bersama nasi atau dijadikan cemilan saja. Yang membuat kerupuk melarat ini unik dan memiliki cita rasa yang berbeda, kerupuk ini tidak diolah dengan minyak goreng, melainkan dengan pasir. Selain itu, kerupuk ini juga lebih enak jika dinikmati bersama sambal asam pedas.

5. Sate Kentang

Ingin cari jajanan yang bisa mengenyangkan perut? Yuk, beli sate kentang. Ini merupakan salah satu jajanan khas Cirebon yang bisa juga disantap dengan makanan berat. Sate kentang terbuat dari kentang rebus yang ditusuk dengan bambu. Kemudian, sate ini dibumbui secara khusus agar rasanya lebih sedap.

Makan 2-3 tusuk sate saja sudah bisa mengganjal perut yang sedang lapar, lho. Mau dimakan langsung atau dimakan bersama dengan nasi putih, sate kentang dari Cirebon rasanya tetap enak. Berminat untuk mencoba sate kentang ini?

6. Tape Ketan

Tape Ketan

Tape merupakan makanan yang bisa dijumpai di setiap daerah. Namun, jika Anda berkunjung ke Cirebon, Anda harus mencoba tape ketan khas dari kota ini. Tape yang memiliki rasa asam akan dicampur dengan beras ketan manis. Kemudian, adonan tape dan beras ketan ini dibungkus dengan daun pisang agar aromanya semakin harum, lalu dikukus sampai matang.

Jajanan pasar asli Cirebon ini sangat legit dan bikin ketagihan. Anda dapat menjumpai jajanan tape ketan ini di sejumlah tempat makan atau toko kue yang berada di Cirebon.

7. Rengginang

Rengginang

* sumber: wisatabaru.com

Makanan yang satu ini terbuat dari nasi putih yang dijemur hingga kering, lalu digoreng di dalam minyak panas. Ya, rengginang adalah cemilan yang bisa ditemukan hampir di setiap wilayah di Indonesia. Namun, rengginang khas Cirebon ini berbeda dengan rengginang dari daerah lain.

Ciri khas Rengginang Cirebon ini adalah bentuknya yang mini dan rasanya yang gurih. Rengginang dari Cirebon hadir dalam berbagai rasa, mulai dari keju, jagung bakar, cumi, ebi, terasi, sampai dengan yang original. Anda bisa membeli rengginang khas Cirebon ini untuk cemilan di perjalanan atau oleh-oleh untuk orang terdekat.

8. Kue Gapit

Belum ke Cirebon rasanya kalau belum membeli kue gapit. Ini adalah jajanan khas Cirebon yang sangat terkenal. Sekilas, bentuk kue gapit ini mirip sekali dengan wafer. Bedanya, tidak ada selai yang melapisi kue gapit.

Kue kering yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup murah. Kue ini dapat dibeli untuk oleh-oleh karena kue gapit sangat cocok jika dinikmati dengan secangkir teh manis. Selain rasa original, kue gapit juga tersedia dalam rasa balado, bawang, manis, kacang, dan keju.

9. Rarawuan

Suka makan cireng? Anda harus coba cireng khas Cirebon yang rasanya bikin ketagihan ini. Adalah rarawuan yang merupakan cireng spesial dari Cirebon. Rarawuan berbeda dengan cireng pada umumnya karena di dalamnya terdapat parutan kelapa dan kacang gendolo.

Rasa rarawuan sangat gurih karena parutan kelapanya sangat terasa ketika digigit. Jajanan yang satu ini lebih enak jika dinikmati dalam keadaan hangat. Yuk, coba rarawuan yang rasanya nagih banget ini.

10. Gadungan

Yang satu ini adalah keripik yang terbuat dari umbi gadung. Gadung dicampur dengan kelapa sehingga rasanya sangat gurih. Gadungan adalah cemilan yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Cirebon. Mengingat rasanya yang enak dan renyah, satu bungkus gadungan saja rasanya kurang untuk dimakan sendiri.

Anda harus membeli beberapa bungkus agar lebih puas menikmati keripik gadung ini. Juga, Gadungan sudah banyak dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di Cirebon. Bahkan keripik gadungan sudah banyak dijual di sejumlah situs belanja online.

10 jajanan khas Cirebon ini membuat wisata kuliner Anda di kota tersebut jadi semakin menyenangkan. Selain menyediakan empal gentong, Cirebon juga memiliki berbagai jajanan yang bisa memanjakan lidah dan perut Anda. Punya rekomendasi jajanan lainnya dari Kota Cirebon? Tulis rekomendasi Anda di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment