Bacaterus / Makanan Jepang / 10 Jajanan Jepang Yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

10 Jajanan Jepang Yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Januari 2019

Sushi, nasi kari, takoyaki,.. Apa saja menu makanan dari Jepang yang Anda ketahui? Pastinya beberapa makanan dari Jepang, khususnya jajanan street food-nya, banyak yang dikenali oleh Anda, karena banyak sekali yang menjual makanan ala Jepang di sini.

Sekarang Bacaterus mau membagikan sepuluh jajanan Jepang yang mudah dibuat sendiri. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk menikmati jajanan ini. Apalagi jika Anda membuatnya bersama dengan teman atau buah hati, tentunya lebih puas, seru, dan dapat meningkatkan kreativitas. Yuk, dicoba!

10 Jajanan Jepang Yang Mudah Dibuat

1. Takoyaki (たこ焼き)

takoyaki

* sumber: www.angsarap.net

Di list jajanan Jepang yang mudah dibuat yang pertama ada takoyaki. Jajanan ini berasal dari daerah Kansai, Jepang. Takoyaki berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3 hingga 5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.

Bahan-bahan untuk membuat takoyaki adalah: dashi (kaldu dasar untuk semua masakan Jepang), telur, soy sauce, garam, tepung serbaguna, daun bawang, benishoga (acar jahe merah), kaki gurita, minyak, mayones, saus takoyaki, aonori (rumput laut hijau kering), katsuobushi sebagai topping wajib takoyaki.

Cara membuat takoyaki adalah, siapkan wadah yang besar. Campurkan dashi, telur, soy sauce, garam, dan tepung. Siapkan cetakan takoyaki atau cetakan bola lainnya, olesi minyak secukupnya. Tuangkan adonan hingga hampir penuh. Masukkan potongan kaki gurita dan topping lainnya sesuai selera. Anda bisa memasukkan keju, jagung, hingga smoke beef. 

Lalu, tarik ke atas takoyaki agar semua sisi matang merata. Isi lagi bagian dalam takoyaki yang masing kosong dengan adonan terigu. Setelah takoyaki matang, jangan lupa beri saus takoyaki, mayones, saus sambal, dan tentunya katsuoboshi.

2. Taiyaki (たい焼き)

taiyaki jajanan jepang yang mudah dibuat

* sumber: backpackerlee.wordpress.com

Di artikel 10 Jajanan Korea Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah juga ada snack berbentuk ikan seperti ini. Isiannya juga sama, yaitu kacang merah manis. Jika di Korea, jajanan ini dikenal sebagai bungeoppang, di Jepang namanya adalah taiyaki. Bahan-bahan untuk jajanan Jepang yang mudah dibuat ini adalah:

  • 150 gram tepung terigu
  • 40 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 180 mL susu cair
  • Sedikit perasa vanila (opsional)
  • Sedikit minyak (untuk mengolesi cetakan)
  • Isian (pasta kacang merah, coklat, keju dsb)

Resep selengkapnya dapat Anda simak di sini.

3. Yakisoba Pan (焼きそばパン)

Yakisoba Pan (焼きそばパン)

* sumber: www.justonecookbook.com

Anda sedang ingin makan roti, tapi ingin makan mie juga? Tidak perlu galau, karena sekarang ada yakisoba pan. Yakisoba sendiri merupakan mi goreng Jepang dengan bahan mi, kol, sayur-sayuran dan daging, ditambah bumbu dan saus yakisoba. Rasa mi ini sangat lezat dan gurih. Cocok dengan lidah orang Indonesia, kan?

Nah, uniknya, mi ini tidak dinimati begitu saja, tapi malah dijadikan topping roti hot dog. Di Jepang, yakisoba pan sangat populer menjadi menu lunch, terutama untuk pekerja dan pelajar yang tidak punya banyak waktu istirahat untuk makan siang. Cara membuat yakisoba pan sangat mudah, yang tidak biasa memasak pun pasti bisa memasaknya.

Anda hanya perlu menumis bawang bombai, bawang putih, dan jahe sampai harum. Masukkan ayam filet yang sudah dipotong dadu atau diiris panjang, lalu masak sampai berubah warna. Tambahkan wortel dan kol, aduk sampai setengah layu.

Tuang kaldu, tunggu hingga semua bahan matang, lalu masukkan mi. Tambahkan kecap asin, saus tiram, garam, merica bubuk, dan kecap manis. Jangan lupa taburan wijen dan bawang daun setelah mie jadi.

Nah, habis itu Anda hanya perlu menata mie di atas roti hot dog. Mudah sekali, bukan, membuatnya? Menu ini sepertinya cocok menjadi bekal buah hati ke sekolah, praktis dan mengenyangkan. Jangan lupa beri saus dan mayones supaya rasanya lebih sedap.

4. Kare Pan (カレーパン)

Kare Pan (カレーパン)

* sumber: dmidnightsnack.blogspot.co.id

Satu lagi jajanan Jepang yang mudah dibuat yang berbau roti-rotian, adalah kare pan. Bisa ditebak oleh Anda, kalau makanan ini adalah roti isi kari. Kudapan kari dari Jepang sangat terkenal. Makanya, roti isi kari Jepang ini juga banyak digemari orang-orang. Biasanya roti kari ini bisa Anda temui di mall. Tapi, tidak ada salahnya kalau mau mencoba membuat di rumah, kan?

Yang Anda butuhkan adalah daging sapi/babi/ayam 500 g – 1 kg (sesuai selera), 4 bawang bombay, 2 kentang, 2 wortel, kare blok untuk 6-12 serving (tergantung jenis kare blok yg dipakai dan banyaknya daging & sayuran), garam, lada bubuk, cabe bubuk secukupnya, 2 sdm bubuk kari, 2 sdm mentega, gula, minyak dan air. Resep lengkapnya dapat Anda baca di sini.

5. Gyoza (ぎょうざ)

Gyoza (ぎょうざ)

* sumber: www.japanhoppers.com

Gyoza merupakan dumpling asal Cina, tapi terkenal juga di beberapa negara Asia, termasuk di Jepang. Gyoza adalah pangsit dengan isian kubis, bawang putih, daun bawang, dan daging. Biasanya daging yang digunakan adalah ayam, sapi, babi, dan udang.

Selain enak, gyoza mengandung 5 nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral, sehingga memenuhi syarat sebagai hidangan yang sempurna.

6. Yakitori (焼き鳥)

Yakitori (焼き鳥)

* sumber: www.justonecookbook.com

Yakitori adalah sate khas dari Jepang. Biasanya sate ini dibuat menggunakan daging ayam. Lalu, isiannya pun ada yang hanya daging ayam saja, atau ada yang diberi sayuran seperti bawang bombai atau bawang daun. Ada juga yang suka mencampur dengan kulit atau hati ayam.

Cara membuat yakitori sangat sangat sangat mudah. Anda hanya perlu menusuk daging dan sayuran, lalu siram dengan saus yakitori. Saus ini dibuat dari soy sauce, mirin, sake, gula merah, dan air. Kalau Anda seorang muslim, Anda bisa skip bagian sake-nya. Setelah di-marinated, yakitori siap dibakar.

7. Jagabata (‘じゃがバタ)

Jagabata ('じゃがバタ)

Kentang ternyata terkenal di mana-mana, ya? Di Jepang saja ada snack yang dibuat dari kentang utuh, namanya adalah Jagabata. Jajanan ini dalam bahasa Inggris disebut juga sebagai butter potato. Jajanan Jepang yang mudah dibuat ini hanya memerlukan kentang, garam, mentega, merica, dan soy sauce saja. Kalau Anda mau, mentega bisa diganti juga dengan olive oil. Resep selengkapnya ada di link ini.

8. Mitarashi Dango (花見団子)

Mitarashi Dango (花見団子)

Kalau Anda suka baca komik Jepang, Anda pasti hapal jajanan manis yang satu ini. Biasanya dango disajikan pada saat perayaan tertentu saja. Tapi, kalau membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa menikmatinya kapan saja, bukan?

Dango adalah kue Jepang berbentuk bola kecil yang ditusuk oleh tusukan sate. Dulu bentuk dango hanya bulat polos saja, tapi sekarang sudah banyak variasi uniknya. Anda juga bisa berkreasi sesuai dengan selera Anda.

9. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Selain takoyaki, jajanan Jepang yang mudah dibuat lainnya adalah okonomiyaki. Jajanan ini bisa dibilang agak mirip dengan takoyaki, hanya saja isiannya lebih beragam dan bentuknya pipih. Okonomiyaki biasanya berisi irisan kol, daging sapi, cumi/gurita, keju, atau seafood. Bahan untuk membuat okonomiyaki adalah sebagai berikut:

  • 120 gr terigu (tepung okonomiyaki/tepung tempura jika ada)
  • 175 cc air atau dashi (kaldu Jepang)
  • 200 gr kol
  • 1 butir telur ayam
  • daun bawang sesuai selera
  • saus okonomiyaki
  • mayones
  • katsuobushi
  • bahan isi: daging, udang, atau cumi-cumi (sesuai selera)

Biasanya okonomiyaki berbentuk dadar biasa saja, tapi sekarang sedang ngehits cara penyajian seperti pada gambar di atas, yaitu okonomiyaki digulung menggunakan sumpit. Jika Anda ingin membuat okonomiyaki di rumah, resep selengkapnya bisa Anda baca di link ini.

10. Mochi (もち)

Mochi (もち)

Siapa yang tidak kenal mochi? Sepertinya semua orang pasti tahu dengan snack yang satu ini. Kue mochi adalah jenis kue basah yang dibuat dari tepung beras ketan. Bagian dalam kue mochi ini biasanya diisi kacang tanah. Tapi, sekarang sudah banyak sekali varian isiannya seperti green tea, kacang tanah, sakura, kopi, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri ada daerah yang terkenal dengan mochi-nya, seperti Sukabumi. Tapi, tentunya mochi Indonesia berbeda dengan mochi Jepang. Bahan yang diperlukan untuk membuat mochi Jepang adalah:

  • Tepung ketan 300 gram
  • Mentega putih 50 gram
  • Gula pasir 175 gram
  • Santan kental 300 ml
  • Garam ½ sdt
  • Selai rasa coklat/green tea/bubuk kacang (sesuai selera)
  • Wijen putih (opsional)

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 300 gram tepung ketan, lalu campurkan dengan garam kemudian aduk sampai merata.
    Tambahkan santan sedikit demi sedikit, jangan lupa juga kita harus menguleninya menggunakan tangan agar adonan menjadi halus.
  2. Sediakan wadah atau loyang yang sudah diolesi dengan minyak untuk mengukus. Setelah itu tuangkan adonan yang sudah halus. Kukus selama kurang-lebih 35 menit.
  3. Adonan yang telah dikukus kemudian aduk menggunakan mixer kaki spiral.
  4. Tambahkan gula dan mentega putih ke dalam adonan yang sedang di-mixer. Aduk rata lalu tunggu adonan sampai menjadi halus dan dingin.
  5. Bentuk adonan mochi menjadi bulat-bulat kecil, masukkan selai coklat atau bisa diganti yang lain sebagai bahan isian mochi.
  6. Baluri adonan mochi baluri dengan wijen putih yang sebelumnya sudah disangrai terlebih dahulu.
    Kue mochi siap untuk dihidangkan bersama secangkir teh hangat.

Selesai sudah pembahasan Bacaterus kali ini tentang 10 jajanan Jepang yang mudah dibuat sendiri di rumah. Kira-kira hari ini Anda mau membuat apa untuk orang di rumah?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar