Bacaterus / Jajanan / 10 Jajanan Jadul Tahun 80an Yang Ngehits Banget

10 Jajanan Jadul Tahun 80an Yang Ngehits Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah membahas Jajanan Paling Populer Jaman 90an, kali ini Bacaterus mau membahas jajanan jadul tahun 80an yang ngehits banget. Ya, yang boleh bernostalgia bukan hanya anak ’90-an saja, kan? Anak ’80-an juga pasti punya jajanan yang mereka kangenin.

Bacaterus telah mengumpulkan sepuluh jenis jajanan jadul tahun 80an yang bakal bikin air liur kamu menetes saking kangennya ingin makan jajajan ini lagi. Sebenarnya makanannya tidak beda jauh dengan jajanan tahun 90an, tapi ada juga yang berbeda, kok. Kira-kira ada apa sajakah jajanannya? Yuk, langsung saja dilihat di bawah ini:

10 Jajanan Jadul Tahun 80an Yang Ngehits Banget

1. Gulali Cetak

Gulali Cetak

Jajanan jadul tahun 80an yang pertama ada gulali cetak. Sebenarnya gulali cetak populer juga pada tahun 90an, karena author masih ke-jaman-an. Tapi, ternyata permen unik ini sudah populer sejak tahun 80an, loh!

Bapak penjual gulali cetak ini biasanya membentuk gulalinya menjadi bentuk burung dengan ekor yang bisa ditiup, bentuk permen silinder, bentuk bunga, bahkan kamu juga bisa request ingin bentuk apa saja. Sayangnya, sekarang sudah sulit menemukan pedagang gulali cetak keliling seperti ini.

2. Tic Tic

Tic Tic jajanan jadul tahun 80an

* sumber: adamwoodynho.blogspot.co.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hayo, siapa yang langsung teringat dengan jajanan ini ketika melihat bungkusnya? Tic Tic merupakan snack yang dibuat dari kentang. Snack ini rasanya enak banget, gurih tapi tidak lebay. Harga jajanan ini juga sangat murah. Pada masanya, satu bungkus Tic Tic hanya dijual Rp 500 perak saja per bungkus.

3. Mie Goreng

Mie Goreng

Ketika mendengar nama Mie Goreng, apa yang kamu bayangkan? Mie instan tanpa kuah? Memang benar, mie instan yang satu ini tidak menggunakan kuah. Tapi, berbeda dengan mie goreng instan pada umumnya, jajanan ini tidak perlu dimasak, alias bisa langsung dimakan.

Mie Goreng, atau ada yang bilang juga Mie Goreng Koki, merupakan jajanan yang berupa mie kering. Jika snack Anak Mas harus kamu remas sendiri supaya jadi bubuk, Mie Goreng Koki tidak perlu kamu remas lagi. Karena, tekstur jajanan ini sudah bubuk dari sananya, jadi kamu hanya perlu tinggal memakannya.

Karena bungkusnya super mungil, tidak ada orang yang puas hanya membeli satu bungkus Mie Goreng Koki. Lagipula harga jajanan jadul tahun 80an ini sangat murah, yaitu hanya Rp 200 perak per bungkus. Jadi, rata-rata orang membelinya dengan nominal 1.000 – 2.000 rupiah supaya dapat serenceng Mie Goreng Koki.

4. Permen Karet Yosan

Permen Karet Yosan 

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Permen karet yang satu ini sangat legendaris. Bukan karena rasanya yang super enak, bukan karena kemasannya yang unik, tapi karena misteri huruf “N”. Permen Karet Yosan mengeluarkan undian untuk mengumpulkan huruf Y + O + S + A + N. Jika berhasil terkumpul semua, kamu berhak mendapatkan hadiah sesuai yang tertera pada kertas bertuliskan huruf N.

Huruf Y, O, S, dan A sangat mudah didapat. Bahkan setiap pembelinya sudah punya beberapa buah huruf yang sama, tapi, tidak dengan huruf N. Banyak orang yang berpendapat kalau perusahaan permen karet ini melakukan penipuan agar permennya laku saja. Karena itu, pihak Yosan pun mengeluarkan official statement yang mengatakan kalau huruf N benar adanya.

Lalu, pada suatu hari di tahun 2005, seorang pria bernama Rama Hidayat menemukan si huruf N yang legendaris ini. Namun, katanya ia menemukan huruf N ini bukan dibalik bungkus permen karet seperti huruf-huruf yang lainnya. Tapi, huruf N ini berada di boks permen Yosan. Ia menemukannya karena dulu rumahnya membuka warung kelontong.

Akan tetapi, hal tersebut hanya terjadi satu kali, ia tidak pernah menemukannya di boks-boks Yosan yang lain. Beberapa penemu huruf N lainnya ada yang berbagi cerita juga. Ada yang mendapatkan kaos, jaket, baju bola, hingga balon. Trik marketing yang luar biasa dari Permen Karet Yosan, ya?

5. Mini Stick Nissin

Mini Stick Nissin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jajanan jadul tahun 80an yang selanjutnya ada Mini Stick Nissin. Jajanan ini punya kemasan yang sangat iconic, yaitu warna merah kotak-kotak putih dengan gambar seorang pemain rugby. Entah apa filosifinya, dari cracker stick jadi pemain rugby. Apakah kamu tahu cerita dibalik kemasan Mini Stick Nissin? Langsung icip dan beli sekarang juga.

6. Permen Cokelat Payung

Permen Cokelat Payung

Cek Harga di Shopee

Cek harga di Lazada

Permen Cokelat Payung merupakan sebuah permen yang dilapisi oleh cokelat. Dinamakan Permen Cokelat Payung karena gagangnya melengkung, seperti pegangan payung. Hingga kini, permen cokelat ini masih dijual secara online atau di toko oleh-oleh.

7. Capri-Sonne

Capri-Sonne

Capri-Sonne merupakan jajanan jadul tahun 80an yang selanjutnya. Minuman yang menyegarkan ini merupakan sari jus yang hadir dalam banyak varian rasa. Sekarang produk ini masih dijual, kok, tapi namanya ganti menjadi Capri-Sun.

8. Sanca Haw Flakes

Sanca Haw Flakes

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sanca Haw Flakes kadang disebut juga sebagai Permen Manisan Buah. Permen ini bentuknya bundar pipih. Yang unik adalah kemasannya yang tidak pernah berubah hingga kini, yaitu kertas warna merah dengan tulisan huruf Cina. Rasa permen ini asam-manis dan mudah larut saat diemut. Permen ini masih banyak dijual di toko online.

9. Krip Krip

Krip Krip

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wah, author kangen banget sama jajanan jadul tahun 80an yang satu ini. Krip Krip merupakan makanan ringan yang berupa mie goreng. Tapi, rasanya berbeda dengan Mie Goreng Koki. Krip Krip ini lebih gurih dan asin, enak banget, deh, pokoknya.

Sewaktu kecil dulu, author tidak bisa berhenti makan Krip Krip kalau sudah mulai. Jadi, tidak mungkin kalau cuma beli Krip Krip sebungkus. Pasti author akan membelinya ber-renceng-renceng. Kalau kamu, seperti itu juga, tidak? Yuk beli Krip Krip.

10. Biskuit Gula Warna-Warni

Biskuit Gula Warna-Warni

* sumber: hargajasa07blog.wordpress.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Biskuit Gula Warna-Warni kadang disebut juga sebagai Kue Monas karena bagian gula di atas biskuitnya mirip dengan bentuk puncak Monumen Nasional. Kue ini sangat mungil dan nampak sangat imut karena gula-gulanya yang berbeda warna. Anda bisa menemukan kue ini di toko snack kiloan.

Nah, itu dia sepuluh jajanan jadul tahun 80an yang ngehits pada jamannya versi Bacaterus. Diantara kesepuluh jajanan di atas, mana yang membuat kamu kangen banget? Oh, iya. Menurut kamu, apakah ada makanan atau minuman yang belum author sebutkan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *