Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Jajanan Enak yang Bisa Dibeli Saat Hari Raya Lebaran

10 Jajanan Enak yang Bisa Dibeli Saat Hari Raya Lebaran

Ditulis oleh

Mau kulineran saat lebaran, tapi banyak toko tutup dan tidak berjualan. Sebenarnya, tidak semua kedai dan warung makan tutup pada saat lebaran, kok. Pasalnya, saat hari raya lebaran, Anda juga masih bisa jajan makanan dan minuman enak lho. 

Ingin tahu jajanan yang enak buat kulineran saat lebaran? Langsung intip 10 jajanan hari raya lebaran yang enak versi Bacaterus ini, ya!

10 Jajanan Hari Raya Lebaran

1. Bakso

Mie Bakso Rudal Anggrek

Sepertinya makanan satu ini menjadi salah satu favorit kebanyakan orang, ya? Nah, bagi yang suka banget makan bakso, Anda masih bisa berburu daging cincang yang dibentuk bulat ini. Pasalnya, tidak semua warung bakso tutup saat lebaran lho.

Hampir di setiap kota, bahkan pedesaan pun menjajakan makanan ini. Kalau Anda ingin kulineran saat lebaran, maka kami sarankan untuk mencari warung bakso di daerah Anda. Selain enak, bakso juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Ajak juga keluarga untuk makan jajanan hari raya lebaran satu ini agar silahturahmi lebih hangat dan harmonis.

2. Es Kelapa Muda

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Pagi Hari

Selain makanan, ada juga minuman yang cukup laris dijajakan baik saat bulan puasa maupun saat lebaran. Adalah es kelapa muda, salah satu minuman yang sangat menyegarkan di saat Anda sedang haus. Jika Anda sudah merasa kekenyangan dengan ketupat dan kue lebaran, jangan lupa untuk hilangkan dahaga dengan es kelapa muda, ya.

Bukan hanya sekedar manis, karena es kelapa muda dipercaya juga punya banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, Anda juga bisa nikmati minuman segar ini bersama keluarga. Jadikan momen lebaran Anda lebih akrab!

3. Nasi Padang

jajanan hari raya lebaran Nasi Padang

Tidak perlu jauh-jauh ke Padang untuk menemukan salah satu jajanan hari raya lebaran yang kami rekomendasikan ini. Pasalnya, Nasi Padang sendiri sudah banyak dijajakan di mana pun, bahkan ada saja rumah makan Nasi Padang yang buka 24 jam, termasuk di saat hari raya lebaran.

Nah, makanan ini cocok bagi Anda yang ingin menyantap rendang saat lebaran. Jadi, jika di rumah sedang tidak memasak rendang, mampir saja ke rumah makan Padang untuk menyantap hidangan daging dengan bumbu rempah yang nikmat dan lezat ini. Cocok banget, nih, buat yang suka makanan pedas!

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi

* sumber: la-derra.co.id

Kalau Anda bersandang ke Plered, Purwakarta, jangan lupa mencicipi sate maranggi, ya. Jajanan hari raya lebaran satu ini juga sangat worth buat dicobain, terutama Anda yang doyan berkeliling buat kulineran. Sate maranggi ini sangat khas, berbeda dengan sate ayam atau sate lainnya.

Ada bumbu yang dibuat dari bahan dan rempah khusus sehingga rasa satenya akan lebih manis namun tetap gurih. Rasa empuk pada daging sate maranggi pun menjadi nilai plus untuk makanan hari raya lebaran satu ini lho. Jangan lupakan juga sambal dadak yang pedas dan terasa segar di mulut. Mantap banget!

5. Lumpia Semarang

Nah, ini juga menjadi jajanan hari raya lebaran yang wajib dicicipi saat Anda sedang di Semarang. Lunpia merupakan salah satu makanan khas Semarang yang juga bisa tetap Anda incip meskipun saat lebaran. Lunpia atau lumpia ini biasanya diisi dengan rebung.

Selain rebung, Anda juga bisa menemukan isian udang, ebi, daging sapi, daging ayam, dan masih banyak variannya. Uniknya lagi, lumpia di Semarang ini bisa disajikan dalam dua varian, lumpia goreng atau lumpia basah. Yang paling khas dari lumpia ini adalah sausnya.

Ya, saus untuk Lunpia Semarang sangat khas, kental dan manis. Jadi, rasanya sangat cocok jika dipadukan dengan lumpia yang gurih. Apakah Anda tertarik mencicipi kue khas Ibu Kota Jawa Tengah ini? Kalau tertarik, bisa cek daftar toko Lunpia Semarang terenak di artikel ini.

6. Seblak

Pecinta pedas juga harus makan jajanan satu ini, Seblak. Ini adalah cemilan yang mengambil kerupuk mentah sebagai bahan dasarnya. Jangan kira Anda akan memakan kerupuknya mentah-mentah, ya, karena kerupuk tersebut akan direbus terlebih dahulu, kemudian ditiriskan.

Setelah kerupuk mentah agak lembek, barulah diolah dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Tentu saja bumbunya akan didominasi oleh cabai. Selain kerupuk, biasanya seblak juga akan diisi dengan telur, batagor, somay, mie, tulang, ceker, bakso, sosis, dan masih banyak lagi.

7. Martabak

Terdengar mainstream memang, namun tak ada salahnya jika Anda kulineran mencari kue martabak yang lezat, kan? Nah, martabak ini juga bisa menjadi salah satu solusi cerdas untuk Anda yang ingin mencari cemilan di saat lebaran, karena banyak, kok, gerai martabak yang buka saat lebaran.

Selain lezat, martabak juga punya dua varian yakni martabak manis dan martabak asin. Kalau yang suka manis, Anda bisa memesan varian martabak yang diolesi banyak butter, gula, dengan macam-macam topping yang tentunya lezat. Kalau mau yang lebih unik, Anda bisa beli martabak manis dengan topping yang bervariasi seperti gambar di atas.

Namun, jika Anda tidak ingin makan yang manis, pesan saja martabak asin. Martabak asin bukan berarti ditaburi banyak garam, ya. Varian martabak ini dibuat dari adonan tepung yang akan diisi oleh telur yang sudah dicampur dengan daging. Untuk martabak asin (martabak telor) ini biasanya akan disuguhkan saus khusus yang bisa membuat rasa martabak lebih mantap.

8. Kue Cubit

kue cubit

Ingin nyemal-nyemil kue yang enak, manis, dan lembut? Coba saja makan kue cubit. Memang, ini bukan kue yang anti-mainstream, namun kue cubit ini juga bisa jadi menu andalan kalau Anda ingin berkuliner di saat lebaran. Pasalnya, kue cubit ini bisa ditemukan dengan mudah bahkan pada saat lebaran sekali pun.

Selain itu juga, kue cubit punya harga yang murah-meriah lho. Cocok banget, deh, jadi jajanan incaran di hari raya lebaran! Nah, kalau saat ini, kue cubit tidak sebatas dengan rasa coklat atau pandan saja. Sebab, kue cubit juga sudah dikreasikan sehingga menjadi kue yang kekinian. Anda bisa icip kue cubit rasa Nuttella, Froot Loops, bahkan Ovomaltine.

9. Tahu Bulat

* sumber: www.merdeka.com

“Tahu bulat digoreng dadakan” begitulah penggalan lagu dari jajanan yang dijual di atas mobil bak terbuka ini, Tahu Bulat. Cemilan satu ini juga punya cita rasa yang enak untuk disantap pada saat lebaran. Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari jajanan ini karena hampir seluruh pelosok Indonesia menjual tahu bulat.

Jadi, tidak heran kalau tahu bulat masuk dalam salah satu daftar jajanan enak hari raya lebaran, kan? Rasa tahu bulat ini sangat gurih, apalagi dipadukan dengan bumbu BBQ, pedas, atau asin, semakin bikin nagih, deh! Harganya pun sangat murah, hanya 500 rupiah saja perpotong tahu bulatnya!

10. Batagor

Batagor Riri

Baso tahu goreng yang kemudian disingkat menjadi “batagor” ini juga menjadi salah satu cemilan favorit kebanyakan orang. Saking banyaknya yang suka, bahkan Anda bisa menemukan batagor dengan mudah di mana pun meski di hari raya lebaran.

Ya, dari singkatannya Anda bisa menebak kalau cemilan ini memang dibuat dari tahu yang dilembutkan, lalu biasanya akan diberi isian adonan ikan tengiri dan tepung tapioka. Nah, adonan tersebut akan dibentuk bulat seperti bakso yang kemudian akan digoreng kering.

Jika sudah matang, batagor siap disajikan dengan baluran saus kacang yang gurih. Bagi yang suka dengan cita rasa pedas, Anda bisa tambahkan sambal di dalamnya. Makan batagor saat masih panas tentu akan terasa lebih nikmat!

Nah, itu tadi kumpulan jajanan hari raya lebaran yang mudah dan biasa dijual saat lebaran. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat lebaran semua toko tutup karena Anda masih bisa kulineran dengan mengincar kesepuluh cemilan di atas. Punya saran lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya. Selamat kulineran!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment