Bacaterus / Jajanan Hits / 10 Jajanan Anak Sekolah yang Paling Laris di Tahun 2020

10 Jajanan Anak Sekolah yang Paling Laris di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dari masa ke masa, jajanan yang biasa dijual di sekitar sekolah memang menjadi makanan yang selalu dirindukan. Bahkan, ketika kita sudah beranjak dewasa dan sudah lulus dari sekolah hingga bertahun-tahun, tetapi jajanan khas sekolah tersebut akan membuat kita rindu dan ingin kembali ke masa sekolah.

Dewasa ini, beberapa jajanan sekolah zaman dulu mulai dijual kembali pada saat ini. Sebelum mulai hunting jajanan khas anak sekolah, catat terlebih dahulu daftar jajanan anak sekolah terlaris sejak dulu hingga saat ini versi Bacaterus berikut.

1. Cilok

resep cilok bandung

Siapa yang tak kenal dengan makanan enak dari Bandung yang satu ini? Cilok adalah singkatan dari Aci Dicolok. Bentuk makanan ini nampak seperti bakso. Hanya saja, cilok dibuat dari tepung tapioka, daging, dan telur. Alhasil, tekstur cilok ini cenderung lebih kenyal dibanding bakso sapi pada umumnya.

Jajanan anak sekolah terlaris ini tidak hanya ada di Bandung. Cilok sudah mulai dijual di pelataran sekolah di kota-kota lainnya. Yang membuat cilok ini terasa semakin sedap adalah campuran saus kacang, kecap, dan sambal yang ditambahkan saat hendak menyantap cilok.

2. Es Mambo

Es Mambo Jajanan Anak Sekolah Terlaris

Di siang hari yang terik, anak-anak sekolah tentu sangat suka menikmati minuman yang segar-segar dan manis. Es mambo yang murah meriah ini bisa menjadi pelepas dahaga di siang hari. Proses pembuatan es mambo terbilang sangat mudah, yakni air minum diberi sirup, lalu dimasukkan ke dalam plastik, diikat ujungnya, dan dibekukan di dalam kulkas.

Tak heran jika harga es mambo ini sendiri terbilang murah. Jika kamu rindu dengan jajanan yang satu ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan bermodalkan sirup yang dijual di supermarket dan plastik es yang biasa dijual di pasaran.

3. Sate Telur Gulung

Sate Telur Gulung

Sate telur gulung adalah jajanan anak sekolah terlaris yang proses pembuatannya sangat sederhana. Sayangnya, saat ini sate telur gulung sudah semakin jarang ditemukan. Meskipun demikian di beberapa pelataran sekolah atau food court pusat perbelanjaan masih ada yang menjual makanan ini.

Cara membuat sate telur gulung adalah telur ayam dikocok lepas dan dibumbui garam, merica, dan penyedap rasa, lalu telur ini dituang perlahan-lahan ke dalam wajan berisi minyak panas. Selanjutnya, ambil tusuk bambu lalu gulungkan telur di dalam wajan ke tusuk bambu tersebut. Sate telur gulung siap dinikmati dengan saus sambal.

4. Batagor

Batagor Kingsley

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Batagor atau bakso tahu goreng adalah salah satu jajanan anak sekolah yang nge-hits juga. Makanan khas dari Bandung, Jawa Barat ini terbuat dari campuran adonan ikan tenggiri dan tahu. Biasanya, batagor disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Tapi kini, varian baru dari batagor sudah mulai populer dan digandrungi banyak orang. Yup, varian baru tersebut adalah batagor kuah. Rasanya sama-sama enak seperti batagor kering, lho.

5. Bakso

* sumber: food.detik.com

Hidangan bakso dengan kuah yang lezat tidak hanya menjadi favorit ibu-ibu di kompleks saja, tapi juga disukai oleh anak-anak sekolah. Ya, tak sedikit penjual bakso yang menjajakan dagangannya untuk disantap oleh para siswa.

Ada yang jual bakso urat, bakso tusuk, bakso bakar, mie bakso, bakso beranak dan masih banyak lagi. Harga bakso di sekolah ini bervariasi tergantung dari penjualnya itu sendiri. Biasanya bakso disantap dengan kuah bening atau ditambah saus, kecap, sambal dan cuka. Yum!

6. Sosis Bakar

Sosis Bakar makanan paling laris di kantin sekolah

Sebelumnya ada sosis mie, namun kali ini jajanan terlaris untuk anak sekolahan adalah sosis bakar. Jika sosis mie dimasak dengan cara digoreng, maka sosis bakar ini dibakar. Namun bukan asal bakar, ya. Sebab, sebelum dibakar, sosisnya diberi bumbu-bumbu yang gurih.

Setelah selesai dibakar, barulah sosisnya diberi bumbu lagi. Nah, bumbunya bisa milih sendiri, ada rasa BBQ, pedas, asin, bahkan ada juga black pepper. Tak lupa, mayones dan saus pedas pun dioleskan di atas sosis bakar yang sudah matang. Pasti enak!

7. Telur Ping Pong

Telur Ping Pong

Dinamakan telur ping pong karena telur dadar yang satu ini dibuat di wajan berbentuk bulat-bulat kecil. Alhasil, telur ini memiliki ukuran bundar dan hampir mirip dengan bola ping pong. Jajanan anak sekolah terlaris ini ternyata sudah disukai sejak puluhan tahun yang lalu.

Pedagang biasa menggunakan telur ayam atau telur puyuh. Kemudian, telur tersebut dikocok dengan garam, merica, dan penyedap rasa, lalu diberi taburan daun bawang. Selanjutnya, telur dituang sedikit ke wajan. Telur ping pong sebenarnya hampir sama dengan sate telur gulung, hanya saja keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

8. Martabak Mini

martabak mini

* sumber: cookpad.com

Jajanan enak dan nge-hits lainnya di sekolah adalah martabak mini. Martabak ini dibuat dengan campuran bahan sederhana. Di antaranya adalah tepung terigu, soda kue, telur, air, gula dan garam. Biasanya, martabak seperti ini diberi isian keju, cokelat, meises atau strawberry. Martabaknya sendiri dimasak dengan menggunakan teflon hingga matang, untuk kemudian dilipat sedemikian rupa. Rasanya tak kalah enak dari martabak-martabak mahal, lho.

Harganya pun tidak begitu mahal sekitar Rp2000 per buahnya. Selain varian manis, ada juga pedagang martabak mini yang menjajakan martabak mini asin dengan telur ayam dan saus di atasnya.

9. Kue Cubit

resep kue cubit ncc

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak aneh dengan jajanan ini, ya. Kue Cubit salah satu jajanan paling laris di kalangan anak sekolahan. Selain rasanya yang nikmat dan lumer di lidah, tentunya memiliki harga yang sangat terjangkau.

Kue Cubit sendiri juga memiliki beragam varian rasa, ada pandan, coklat, bahkan ada yang menambahkan topping keju di atasnya. Nah, jika Anda ingin jajan Kue Cubit maka Anda bisa mengunjungi beberapa sekolah terdekat. Sebab, Kue Cubit kini menjadi jajanan yang nge-hits juga lho.

10. Cilor

cilor

Ada lagi, nih, jajanan yang cukup hits di kalangan para anak sekolah, cilor. Dari namanya saja mungkin sudah bisa ditebak kalau jajanan ini terbuat dari bahan cilok. Ya, bisa dibilang ini adalah cilok hanya saja ciloknya dibalut dengan telor, maka disebutlah cilor. Biasanya, cilor akan diberi saus atau bumbu kacang. Rasanya juga enak dan gurih, jadi wajar saja banyak anak sekolah yang doyan jajan cilor.

11. Makaroni Basah dan Kering

Makaroni Basah dan Kering

Sumber: https://www.instagram.com/p/B2TFyptJKT5/

Salah satu jajanan yang selalu ada di lingkungan sekolah yaitu makaroni basah atau kering. Kalau kamu mau membeli makaroni ini biasanya ditanya mau yang basah atau kering. Bedanya adalah kalau kering, biasanya makaroninya digoreng hingga kriuk lalu diberi bumbu tambahan seperti bubuk cabe, bumbu bbq, balado atau keju. Dan yang basah, makaroninya lebih lembek nggak kriuk.

12. Pisang Aroma

Pisang Aroma

Pisang aroma juga masih menjadi jajanan anak sekolah yang hits. Pisang yang dibalut dengan kulit lumpia ini digoreng lalu biasanya diberi susu kental manis atau ditaburi gula. Rasanya enak dan mengenyangkan.

13. Cimol

Cimol

* sumber: www.idntimes.com

Jajanan yang terbuat dari aci ini sudah pasti nggak asing lagi di telinga kamu, ya cimol! Cimol ini selalu ada di setiap sekolahan karena rasa gurihnya yang selalu bikin ketagihan. Aci yang digoreng dalam bentul bulat-bulat kecil ini biasanya diberi dengan bumbu beragam rasa seperti bumbu pedas, asin, balado, keju.

14. Cireng Isi

Cireng Isi

Jajanan dari aci memang nggak pernah salah nih, contohnya adalah cireng. Kalau biasanya kamu makan cireng dengan bumbu kacang, kali ini cireng sudah berkembang yaitu menjadi ada isinya. Biasanya isian dari cireng isi ini adalah baso, sosis, keju, sampai daging ayam atau sapi juga ada.

15. Pisang Bakar Keju Cokelat

Pisang Bakar Keju Cokelat

Meskipun menjadi jajanan anak sekolahan, jajanan satu ini disukai oleh banyak kalangan. Pisang bakar keju cokelat juga biasa ditemui di cafe sebagai camilan. Pisang manis yang dibakar kemudian ditaburin keju/ cokelat dan susu ini merupakan jajanan anak sekolahan yang sehat dan mengenyangkan.

16. Mie Lidi

Mie Lidi

Suka jajanan pedas dan gurih? Mie lidi ini pasti jawaban yang tepat. Jajanan anak sekolah satu ini juga banyak dicari oleh orang dewasa. Bentuknya yang panjang, tipis, kriuk dan berbumbu gurih ini menjadi jajanan anak sekolahan yang ngga ada pernah matinya. Meski enak, tapi jangan terlalu banyak ya karena bumbunya kurang baik untuk kesehatan.

17. Bakso Goreng

Bakso Goreng

Bakso goreng atau biasa dikenal dengan basreng ini sudah pasti menjadi jajanan anak sekolahan yang hits. Bakso yang digunakan adlaah bakso ikan atau bakso aci. Bakso dipotong memanjang, lalu digoreng sesuai selera yaitu bisa kering atau setengah kering. Kemudian biar makin enak, ada beberapa pilihan bumbu kering yaitu asin, pedas, balado, keju.

18. Jagung Susu Keju

Jagung Susu Keju

Jasuke atau jagung susu keju menjadi jajanan anak sekolahan yang banyak disukai karena rasa jagungnya yang manis. Jasuke adalah jagung manis yang direbus, jagung yang sudah matang dan dilepaskan dari batangnya, dimasukan ke dalam cup lalu dilumuri susu dan keju. Rasanya enak banget!

19. Tahu Bulat

Tahu Bulat

* sumber: blog.wowbogor.com

Untuk jajanan ini pasti kamu sudah sangat nggak asing karena selain jajanan sekolahan, tahu bulat ini juga ada yang dijual di mobil. Tahu ini berbentuk bulat, kopong alias ngga ada isiannya, digoreng kering lalu diberi bumbu. Bumbu yang dipakai mirip-mirip dengan bumbu cimol yaitu bubuk cabe pedas, asin, balado.

20. Seblak

Seblak Sultan

* sumber: www.instagram.com

Jajanan sekolahan satu ini disukai oleh berbagai kalangan, bukan hanya anak sekolahan. Tapi kalau kamu ingin mencari seblak, cari saja di lingkungan sekolahan pasti ada deh! Seblak ini adalah kerupuk mentah yang sudah direbus lalu dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas seblak yaitu seperti cikur, cabe rawit, bawang dan penyedap rasa.

Kalau awalnya seblak hanya kerupuk, sekarang seblak juga banyak pilihan isiannya yaitu bisa somay, makroni, ceker ayam dan masih banyak lagi. Gimana? Jadi ngiler kan yah pastinya.

Kangen dengan jajanan anak sekolah terlaris ini? Kamu masih bisa menemukan beberapa jajanan ini meskipun harganya tidak lagi semurah dulu. Jika ingin menyantap jajanan anak sekolah yang lebih sehat, maka kamu bisa mencari resepnya dan membuatnya sendiri di rumah.

Siapa tahu setelah sukses mencoba membuatnya di rumah, kamu akan tertarik untuk membuka bisnis jajanan anak sekolah ini. Selain resepnya yang mudah dibuat, modal yang harus disiapkan pun tidak terlalu besar. Selamat mencoba dan selamat bernostalgia kembali dengan jajanan anak sekolah yang selalu laris manis ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *