Bacaterus / Menambah Berat Badan / Ini Dia Jadwal Makan yang Benar untuk Menambah Berat Badan

Ini Dia Jadwal Makan yang Benar untuk Menambah Berat Badan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tubuh yang terlalu kurus memang dapat mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, sebagian orang yang merasa tubuhnya terlalu kurus akan melakukan program penggemukkan badan. Namun, usaha untuk menambah berat badan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda butuh panduan dan jadwal makan yang benar untuk menambah berat badan.

Sejatinya, orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan akan mencoba mengonsumsi berbagai vitamin, susu, atau makanan lain yang dapat menambah berat badannya. Akan tetapi, Anda juga harus mengimbangi usaha tersebut dengan mengatur jadwal makan untuk menambah berat badan. Jika Anda masih bingung, simak panduan dan jadwal makan dari Bacaterus ini, yuk!

Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan

07.00 – 08:00 Sarapan Pagi

Sarapan Pagi Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan

Jadwal makan untuk menambah berat badan harus diawali dengan sarapan pagi. Jika orang yang sedang diet menurunkan berat badan saja tidak boleh melewatkan sarapan pagi, tentu saja Anda yang ingin menambah berat badan juga tidak boleh melewatkan waktu sarapan pagi.

Waktu yang ideal untuk sarapan pagi adalah pukul 07:00 – 08:00 pagi. Minumlah teh, kopi, atau susu di pagi hari. Menu makanan yang mengenyangkan untuk sarapan pagi adalah dua tangkup roti gandum panggang, telur, dan sosis. Namun, Anda juga bisa menyantap nasi goreng atau bubur ayam. Pilih makanan yang sesuai dengan selera Anda dan tentunya mengenyangkan.

10:00 – 11:00 Snacking Time

Snacking Time

Pada pukul 10:00 pagi, perut akan mulai terasa keroncongan. Di waktu ini sebaiknya Anda tidak langsung menyantap makanan berat karena pada pukul 12:00 – 13:00 adalah waktu istirahat untuk makan siang. Pada pukul 10:00 – 11:00 ini adalah snacking time, waktu di mana Anda bebas ngemil untuk mengganjal perut.

Saat snacking time Anda bisa meminum susu sapi segar (non-low fat) sambil makan beberapa potong biskuit. Jika Anda tidak ingin terlalu kenyang, Anda boleh menyantap cemilan saja tanpa minum susu. Jadwal makan untuk menambah berat badan saat snacking time tidak boleh Anda lewatkan begitu saja jika Anda ingin meningkatkan berat badan.

12:00 – 13:00 Makan Siang

Makan Siang

Apabila Anda bekerja dengan orang lain, waktu makan siang bagi sebagian besar karyawan adalah pukul 12:00 sampai pukul 13:00. Nah, di waktu makan siang ini Anda boleh mengonsumsi makanan berat. Pastikan Anda mengonsumsi nasi pada saat makan siang agar tubuh tidak terasa lemas.

Bagaimana dengan lauk makan siang? Anda boleh menyantap nasi putih, ikan, daging, sayuran, ayam, telur, atau apapun yang sesuai dengan selera Anda. Namun, jika Anda ingin jadwal makan untuk menambahkan berat badan ini sukses, imbangi dengan makanan kaya protein, seperti dada ayam rebus, telur, dan ikan.

Pada saat makan siang, Anda bebas mengonsumsi jus, teh, atau kopi. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa makanlah secukupnya karena kekenyangan dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga Anda tidak dapat berkonsentrasi saat bekerja.

16:00 – 17:00 Tea Time

Tea Time

Sesuai dengan namanya, Anda harus memasukkan tea time pada jadwal makan untuk menambah berat badan. Apakah itu artinya Anda harus mengonsumsi teh pada pukul 16:00 – 17:00? Boleh mengonsumsi teh, boleh tidak. Pilih minuman segar yang dapat membangkitkan semangat Anda, tidak harus selalu teh.

Untuk cemilan pendampingnya, Anda boleh mengonsumsi biskuit, salad, sup, atau buah-buahan segar. Pada pukul 16:00 – 17:00 biasanya perut sudah mulai lapar. Namun, waktu tersebut juga masih terlalu dini untuk makan malam. Jadi, sembari menunggu makan malam Anda bisa ngemil terlebih dahulu.

19:30 – 21:00 Makan Malam

Makan Malam

Jika orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan harus makan maksimal 3 jam sebelum waktu tidur, orang yang ingin menambah berat badan justru harus makan di dekat waktu tidur. Makan malam yang harus tercantum pada jadwal makan untuk menambah berat badan dilakukan pada pukul 19:30 – 21:00, tidak terlalu malam tapi juga tidak terlalu sore.

Menu yang disantap pada saat makan malam disamakan dengan menu makan siang. Sesekali Anda juga boleh menyantap pizza, hamburger, dan dessert. Ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi fast food karena makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan.

22:00 – 00:00 Sebelum Tidur

Susu Sebelum Tidur

Sebelum tidur jangan lupa untuk meminum susu full cream atau susu tinggi protein. Jangan melewatkan susu di malam hari jika Anda benar-benar ingin menambah berat badan. Selain memberikan rasa kenyang saat tidur, minum susu pada waktu ini juga dapat mempercepat proses penggemukkan badan.

Ada yang mengatakan bahwa perut kenyang bisa membuat tidur jadi lebih pulas. Dengan minum susu sebelum tidur, perut Anda akan terasa kenyang dan Anda tidak akan kelaparan ketika terbangun saat tengah malam atau subuh.

Panduan Makan untuk Menambah Berat Badan

Selain mengetahui seputar jadwal makan untuk menambah berat badan, Anda juga harus mengetahui beberapa panduan penting agar Anda sukses meningkatkan berat badan. Jadwal makan yang sudah disusun dengan baik harus diimbangi dengan poin-poin penting berikut ini:

  • Konsumsi Makanan yang Beragam

Tentu Anda akan merasa bosan jika harus menyantap menu makanan yang sama setiap hari. Ingat, Anda tidak sedang diet menurunkan berat badan, jadi Anda boleh memakan apa saja yang Anda sukai. Makanan yang beragam juga memperkaya nutrisi dan vitamin untuk tubuh. Namun hindari makanan yang berkolesterol tinggi karena orang kurus pun dapat memiliki kolesterol yang tinggi.

  • Perbanyak Asupan Kalori

Perbanyak Asupan Kalori

Jumlah asupan kalori harian bagi laki-laki adalah 2.500 kalori, sedangkan wanita adalah 2.000 kalori. Akan tetapi, jika Anda sedang dalam usaha menaikkan berat badan maka Anda harus menambah asupan kalori harian Anda. Bagi pria diperkenankan mengonsumsi makanan dengan jumlah 3.000 kalori, sedangkan wanita 2.500 kalori jika ingin meningkatkan berat badan.

  • 35% Makanan Sehari-hari Adalah Protein

35% Makanan Sehari-hari Adalah Protein

Bagi si kurus yang ingin gemuk, bukan hanya kalori saja yang harus dikonsumsi, tapi juga makanan yang berprotein tinggi. 35% dari menu makanan sehari-hari harus mengandung protein. Protein dapat diperoleh dari daging ayam, daging merah, telur, dan produk olahan susu.

  • Variasi Asupan Karbohidrat

Variasi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah satu hal yang penting bagi orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan. Asupan karbohidrat saat sekali makan sebaiknya 60 – 80 gram. Jumlah ini setara dengan sepiring nasi merah atau semangkuk sedang pasta. Sumber karbohidrat tidak harus selalu nasi, Anda boleh mengonsumsi oatmeal, nasi merah, pasta, mie, ubi, dan kentang.

  • Jangan Lupakan Serat

Jangan Lupakan Serat

Saat sedang berkonsentrasi menyusun jadwal makan untuk menambah bobot badan, Anda tidak boleh melupakan konsumsi serat. Sayur dan buah harus selalu ada pada setiap menu makanan sehari-hari. Serat membantu untuk melancarkan pencernaan Anda agar tidak sembelit.

Nah, panduan dan jadwal makan untuk menambah berat badan ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang lebih berisi. Baca juga artikel mengenai cara membuat badan berisi agar usaha Anda lebih membuahkan hasil.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *