bacaterus web banner retina

Inilah Istilah Makanan dan Minuman yang Biasa Ada di MOS

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 31 Mei 2021

Pasti kamu setuju deh kalau masa orientasi siswa atau MOS adalah masa-masa seru yang merepotkan. Di hari pertama masuk sekolah bisa siswa baru, dari SD ke SMP atau SMP ke SMA, dan seterusnya, selalu mendapat bimbingan dari kakak kelas pada masa pengenalan sekolah. Pokoknya masa MOS ini adalah masa penuh teka-teki yang bikin pusing sekaligus berkesan.

Teka-teki yang harus kamu pecahkan di antaranya adalah kamu harus membawa sejumlah minuman dan makanan yang telah disusun oleh kakak kelas dengan nama khusus. Daftar istilah makan dan minum di dalam MOS ini seringkali bikin pusing. Pasalnya kita harus menebak produk dibalik istilah tersebut agar bisa membelinya. Kalau tidak berhasil dipecahkan otomatis kena hukuman.

1. Istilah Minuman dalam MOS

Istilah Minuman dalam MOS

Ketika MOS tiba siap-siap saja kamu disibukan dengan hal-hal yang absurd. Misalnya peraturan yang mengharuskan siswa memakai atribut nyeleneh, menggunakan nama panggilan yang aneh dan lain-lain termasuk menamai minuman dengan istilah yang tak lazim.

Di bawah ini kami buat daftar minuman yang biasanya dinamai dengan nama lain yang bikin siswa baru berpikir. Yuk cari tahu apa saja daftarnya!

  • Minuman Bengkel
Minuman Bengkel

Nah lho, apa yang terlintas di dalam pikiranmu ketika kamu melihat ada istilah ini di dalam daftar bawaan wajib MOS? Minuman Bengkel? Air accu? Pasti bukan.

Nah, ternyata Minuman Bengkel yang dimaksud adalah air mineral merk 2 Tang. Tang adalah salah satu perkakas yang digunakan untuk membetulkan mesin di bengkel-bengkel. Jadi, kalau kakak kelasmu menamai air mineral ini sebagai “Minuman Bengkel”, masuk di akal ya.

  •  Air Gunung
Air Gunung

Kalau kakak kelas menyuruhmu untuk membawa Air Desa, apakah kamu akan pergi ke pedesaan untuk mengambil air dari sumber mata air di sana? Jangan sampai terbersit untuk melakukan hal tersebut ya.

Pasalnya, Air Desa yang dimaksud adalah air mineral merek Aqua. Kenapa dinamai demikian? Coba deh diingat-ingat lagi bukan kah Aqua membuat iklan dengan merekam sumber mata air dari pegunungan?

Di dalam iklan tersebut diperlihatkan indahnya pegununan tempat air ini diambil. Sumber mata air Aqua berasal pegunungan ‘kan? Itu lah sebabnya Aqua dinamai air gunung pada MOS.

  • Susu Kebangsaan
Susu Kebangsaan

Nasionalis ya kedengarannya. Apakah susu ini diminum nanti pas hari pahlawan atau atau hari kemerdekaan? Wah tentu tidak. Susu Kebangsaan yang dimaksud malah tidak ada hubungannya dengan jiwa nasionalisme atau patriotisme seseorang.

Susu ini dinamai dengan istilah itu sebab ada gambar bendera dengan warna dasar biru dan aksen putih serta motif hati berwarna merah di dalam kemasannya. Sudah bisa menebak ya susu merk apa itu? Yup. Susu Frisian Flag. Atau dalam bahasa sehari-hari kita menyebutnya dengan Susu Bendera.

  • Minuman Beragama
Minuman Beragama

Minuman ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk rasis lho ya. Pasalnya minuman ini kebetulan memang mirip dengan nama salah satu golongan agama terbesar di Indonesia, yaitu NU.

Jadi lah minuman NU Greentea ini dinamai dengan Minuman Beragama sebab ada kesamaan nama NU di dalam nama produk teh satu ini.

  •  Minuman Terlindungi
Minuman Terlindungi

Minuman ini harus kamu jaga dengan baik ya. Pasalnya minuman ini begitu istimewa karena jumlahnya yang semakin berkurang setiap tahun. Tapi yang dimaksud dengan terlindung pada minuman ini bukan sumber mata airnya.

Yang harus dilindungi adalah binatang yang dijadikan gambar kemasan, yaitu badak bercula satu yang mana hewan ini terancam punah. Dan minuman yang dimaksud adalah Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga, yang ada badaknya.

2. Istilah Makanan dalam MOS

Selain minuman, ada pula makanan yang wajib kamu bawa pada masa orientasi di sekolah. Makanan-makanan ini pun diberi penamaan rahasia yang tidak kalah unik.

Padahal makanan-makanan ini sering kita temui bahkan mungkin menjadi favorit kita semua. Yuk cek daftarnya di bawah ini!

  • Triplek Berlapis
Triplek Berlapis

“Berapa lapis? Ratusan”.

Kamu pasti sudah kenal dengan tagline iklan ini ‘kan? Yup. Ini adalah iklan Wafer Tango yang iklannya suka dijadikan meme lucu.  Saking terkenalnya iklan ini tagline tersebut bahkan dijadikan gurauan kala berkumpul dengan teman-teman.

Sedangkan di MOS wafer cokelat berlapis ini dinamai triplek berlapis sebab memang dari warnanya saja wafer ini mirip dengan kayu lapis pada perlengkapan furnitur. Lapisan-lapisan wafer-nya pun sangat mirip kayu triplek.

  • Binatang Dua Huruf
Binatang Dua Huruf

Makanan satu ini memang sebuah teka-teki. Coba tebak binatang apa yang terdiri dari dua huruf? Petunjuknya adalah binatang ini hidup di laut dan bisa dimasak dengan berbagai cara, mau itu dibakar atau digoreng. Dihidangkan dengan saus atau dikasih kecap saja sudah nikmat.

Binatang dua hurup ini dibuat sebagai bahan utama kerupuk. Makanan yang dimaksud adalah Kerupuk U dan G. kalau dibaca utuh jadinya kerupuk udang. Paham ya maksudnya meskipun sedikit bikin kesal.

  • Dodol Sapi
Dodol Sapi

Daging sapi dibikin dodol? Memang tidak mustahil. Sebab orang kreatif bisa saja berhasil berinovasi dengan daging sapi untuk dijadikan penganan dodol. Tapi pada MOS, dodol sapi yang dimaksud jelas bukan camilan yang diberi gula, melainkan sosis sapi.

Bentuknya memang mirip dodol yang dijual di toko oleh-oleh khas Sunda. Sosis sapi ini biasa dimasukan ke dalam daftar makanan pada saat MOS untuk dijadikan camilan penunda lapar. Ukurannya bikin cukup kenyang minimal sampai jam istirahat tiba.

  • Bread Essence
Bread Essence

Jadi, essence apa yang biasanya dimasukan dalam sebuah adonan roti? Hohoo jangan terlalu berpikir kejauhan. Mending cari yang dekat-dekat saja. Makanan ini jelas berbentuk roti dan…essence? Hmm.

Dalam Bahasa Indonesia, essence berarti pokok, inti, atau sari. Nah, sudah bisa menebak ‘kan apa yang dimaksud dengan Bread Essence? Itu lho roti buatan PT Nippon Indosari Corpindo, Sari Roti, roti yang sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

  • Gelas Isi Rambut
Gelas Isi Rambut

Tidak perlu repot-repot mengisi gelas dengan rambut ya. Sebab selain tidak bisa dimakan, yang dimaksud dengan “gelas isi rambut” ini adalah makanan yang bisa kamu masukan ke dalam gelas sehingga sangat praktis ketika kamu memakannya.

Gelas isi rambut ini adalah makanan penunda lapar yang disebut Mie Gelas. Bentuk mie yang keriting ini memang cenderung mirip rambut. Masuk akal ya kalau makanan ini disebut gelas isi rambut sebab mie tersebut dimakan dengan menggunakan gelas sebagai wadahnya.

  • Cokelat Pelit  
Cokelat Pelit

Cokelat di dalam MOS sering kali digunakan juga. Penamaannya unik. Misalnya “cokelat Marshanda”, yaitu cokelat Caca. Nama Caca diambil dari nama panggilan artis Indonesia yang popular beberapa tahun ke belakang tersebut.

Nah, kalau cokelat pelit? Cokelat yang tidak suka dimakan? Bukan. Bukan itu. “Cokelat pelit”adalah cokelat Silverqueen Chungky Bar.

Ingat tagline iklan coklat yang berbentuk batang ini? “Gede sih, tapi rela bagi-bagi”. Nah, itulah kenapa cokelat ini dinamakan cokelat pelit. Karena orang yang memakannya tidak mau berbagi kepada orang lain karena saking enaknya cokelat ini.

  • Buah 12 Shio
Buah 12 Shio

Kalau kamu mau menghitung 12 shio dalam kepercayaan Cina, kamu pasti sudah bisa menebak dengan mudah buah apa yang dimaksud dari istilah “Buah 12 Shio”.

Di dalam kepercayaan Cina kita mengenal ada shio naga, bukan? Nah, buah 12 Shio adalah buah naga di mana naga adalah salah satu shio dari shio-shio tersebut.

Sudah hafal ya istilah makanan dan minuman di dalam MOS yang sering bikin pusing ini? Unik ya istilah-istilahnya. Tidak hanya itu lho daftarnya. Setiap sekolah punya daftar makanan dan minuman lain yang dinamai dengan istlah lainnya. Ini hanya sebagian.

Nah, yang terpenting adalah jeli untuk memahami petunjuk dari istilah tersebut. Karena biasanya petunjuk-petunjuk diambil dari hal-hal yang tidak jauh dari produk yang disebutkan. Pintar-pintar dalam menebaknya ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram