bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / Istilah Populer di Coffee Shop yang Mesti Kamu Ketahui

Istilah Populer di Coffee Shop yang Mesti Kamu Ketahui

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 23 April 2021

Di zaman serba cepat dan mudah seperti sekarang, banyak orang menikmati waktunya di cafe, tak terkecuali coffee shop. Beragam kebutuhan yang dilakukan disana, seperti sekadar bertemu dan mengobrol dengan teman, mengerjakan tugas, hingga meeting, tentu saja ditemani minuman dan makanan yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama. 

Menjadi semakin populer dengan cafe dan kedai kopi yang semakin menjamur, coffee shop memang mudah ditemui. Peminatnya pun semakin banyak dan tak pandang usia, apalagi menunya, sudah pasti jadi satu hal yang dicari pengunjung. Bicara soal menu, beberapa istilah kopi rupanya cukup populer digunakan oleh para pencinta kopi. 

Istilah-istilah ini seringkali muncul terutama saat memesan kopi, tak jarang juga membuat para pengunjung bingung dengan maksudnya. Buat kamu yang tertarik dengan istilah populer di coffee shop namun segan bertanya pada barista saat memesan, Bacaterus sudah siapkan istilah populer yang sering ditemui di coffee shop. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Barista

Barista

Barista sudah pasti dibutuhkan disetiap coffee shop, Barista adalah nama yang diberikan pada orang yang berkecimpung dan terlibat dalam bidang pembuatan minuman kopi berbasis espresso. Meski terlihat mudah saat dikerjakan, nyatanya butuh keahlian khusus dan terlatih secara professional untuk menjadi seorang Barista.

Sebenarnya kata Barista berasal dari bahasa Italia Bartender, seseorang yang menyiapkan segala macam minuman. Bekerja sebagai seorang Barista rupanya banyak diminati, terutama oleh pencinta kopi, industri kuliner, juga kaum muda yang mencari pekerja sampingan. 

2. Shot

Shot

Secara etimologi istilah shot berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti tembakan. Mengalami perubahan makna yang meluas, istilah shot ini digunakan dengan artian atau makna satuan takaran espresso di coffee shop. 

Takaran espresso ini satu shot-nya sekitar 25-35 mililiter saja, menggunakan cangkir kecil. Shot terdiri dari tiga layer, yaitu heart-body-crema. Karena digunakan sebagai satuan takaran espresso, terdapat beberapa istilah shot yakni Single Shots, Double Shots, Triple Shots, dan Quad yang berarti menggunakan four shots espresso sebagai campurannya.

3. Whip

Whip

Whip yang dimaksudkan disini adalah whipped cream. Whipped cream digunakan sebagai topping pada minuman, seperti frappuccino. Kopi memang seringkali disajikan dalam bermacam-macam kombinasi dari mulai gula, susu, es krim, coklat, hingga rempah. 

Whipped cream ini dapat dibuat dari banyak bahan, namun yang paling populer adalah whipped cream yang terbuat dari susu. Bentuknya dapat cair atau bubuk, sehingga para ahli membaginya menjadi dairy dan non-dairy. 

Whipped cream dairy rasanya tidak manis dan lebih gurih, namun lebih enak dibanding non-dairy. Whipped cream non-dairy rasanya lebih manis, namun akan lebih cepat mencair dalam suhu ruang. 

4. Single Origin dan Blend

Single Origin dan Blend

Single origin ini maksudnya biji kopi yang digunakan berasal dari satu daerah saja, murni dan tak dicampur dengan biji kopi jenis lainnya. Kamu bisa menikmati dan mendapat karakter, aroma juga citarasa asli biji kopi yang unik dari daerah tersebut, misalnya saja kopi Bali Kintamani.

Istilah ini seringkali disebutkan, namun belum banyak juga yang mengtahui apa arti dan maksudnya. Sesuai dengan arti katanya yaitu campuran, blend adalah kombinasi dua atau lebih biji kopi yang berasal dari sejumlah daerah. 

Hal ini bertujuan untuk memperoleh cita rasa kopi yang sesuai selera. Digunakan sebagai istilah dalam coffee shop, blend dapat bermakna campuran kopi arabika dan robusta. 

5. Espresso

Espresso

Sepertinya kata yang satu ini tak asing dan populer di coffee shop, espresso dalam bahasa Italia express berarti cepat. Espresso adalah kopi pekat, saripati biji kopi yang diekstrak dari biji kopi murni tanpa campuran diproses dengan mesin espresso melalui semburan air panas besuhu tinggi tak lebih dari satu menit.

Espresso dibuat untuk disajikan sesegera mungkin dalam cangkir kecil pada pelanggannya, cangkir kecil ini biasa disebut espresso shot. Rasa espresso yang sangat pahit, kental dengan kadar kafein tinggi yang membuatnya disajikan dalam volume kecil. Biangnya kopi ini menjadi dasar dari banyak variasi minuman kopi. 

6. Latte

Latte

Latte mungkin menjadi salah satu istilah yang paling sering kamu dengar, jadi minuman seperti apa latte itu? Latte merupakan minuman kopi hasil dari percampuran espresso (single shot) dengan susu, sehingga latte juga dikenal sebagai es kopi susu.

Para barista biasa menyajikan latte dengan latte art cantik yang unik dan lucu. Kopi pada latte ini terasa lebih smooth lho, karena kandungan susunya yang lebih banyak. dan termasuk pilihan populer para penggemar kopi.

7. Macchiato

Macchiato

Macchiato diambil dari bahasa Italia yang berarti ditandai dengan bercak, ini karena dalam pembuatannya di Coffee Shop ditandai dengan bercak sebentuk busa dari susu. Sama-sama mencampurkan espresso dan susu, apa perbedaan macchiato dan latte?

Beda keduanya terletak pada perbandingan antara kopi dan susu. Latte memiliki perbandingan kopi dan susu sebanyak 1 : 3, sedang macchiato ini 4 : 1. Jenis macchiato juga ada dua nih, latte macchiato dibuat dengan menambahkan espresso kedalam segelas susu. Espresso macchiato dengan kebalikannya yakni menambahkan sedikit saja susu kedalam segelas espresso.

8. Cold Brew

Cold Brew

Cold brew adalah cara unik untuk menyeduh kopi, kebanyakan kopi diseduh dengan air panas dan memakan waktu sekitar lima menit. Sedangkan metode cold brew dilakukan dengan menyeduh kopi dalam perendaman yang ditampung tetesan sarinya dalam waktu 8-12 jam lamanya. 

Metode ini juga dilakukan dengan air bersuhu ruang atau air dingin. Seperti menyeduh kopi hitam dengan air dingin. Teknik cold brew juga cukup populer, kamu juga bisa mencoba cara sederhana ini sendiri dirumah. 

9. Decaf

Decaf

Populer di coffee shop namun tak banyak yang tahu apa makna kata decaf. Berasal dari kata decaffeinated, decaf adalah kopi yang telah dihilangkan kadar kafeinnya sekitar 95% - 97%. Lalu untuk apa kopi dihilangkan kafeinnya?

Jenis kopi ini biasa ditujukan dan dipesan oleh mereka yang suka sekali dengan cita rasa kopi namun tidak bisa mengkonsumsi kafein. Jadi decaf ini kandungan kafeinnya diturunkan sampaitingkat ama dikonsumsi. Ada juga istilah Half-decaf, yaitu campuran dari decaf dan regular, cocok untuk kamu yang ingin mengurangi kafein.

10. Pour Over

Pour Over

Satu lagi teknik menyeduh kopi yang populer, pour over adalah cara manual menyeduh kopi. Prosesnya mirip dengan kopi saring tetapi menggunakan kain tipis sebagai penyaring bubuk kopinya. Air panas dituangkan perlahan mengelilingi bubuk kopi dalam wadah, sedang saringan ditaruh diatas kopi.

Metode pour over paling banyak memakan waktu dalam proses penyeduhannya, namun cara ini sangat populer karena dapat membuat setiap rasa dan aroma kopi keluar dengan lebih maksimal.

Itulah beberapa istilah populer di coffee shop yang akan kamu jumpai jika berkunjung. Merebaknya kedai kopi memang menjadi angin segar di industri. Tawaran yang selalu up-to-date mulai dari fasilitas hingga sajian kopi yang siap menemani. Pengolahan kopi dengan ragam metode teknik seduh kini menjadi tren di masyarakat. 

Sambutan pertama saat mengunjungi coffee shop, coffee house, coffee roaster, ataupun coffee bar biasanya adalah tulisan single origin dan blend. Ada lagi nih istilah House Blend, kopi yang diracik dari berbagai jenis kopi, biasanya tiap kedai kopi memiliki house blend nya tersendiri, umumnya dengan alasan ingin memberikan keseimbangan rasa pada secangkir kopi.

Bisa jadi referensi kamu nih jika berkunjung ke kedai kopi dengan bertanya “disini house blend-nya apa ya?” Siapa tahu kamu mendapat citarasa kopi yang sesuai dengan seleramu di coffee shop tersebut. 

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram