bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Animasi / Istilah-Istilah Populer yang Ada di dalam Dunia Anime

Istilah-Istilah Populer yang Ada di dalam Dunia Anime

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Desember 2020

Kalau kamu suka nonton anime, kamu pasti bakal menemukan beberapa istilah yang cukup populer. Beberapa istilah itu lazim disebutkan oleh para pecinta anime. Beberapa di antaranya ada yang diucapkan oleh beberapa tokoh anime itu sendiri.

Beberapa istilah tersebut akan kami sebutkan di artikel ini. Siapa tahu bisa menambah wawasanmu soal dunia anime. Lalu, apa saja sejumlah istilah populer itu?

1. Waifu

Waifu

* sumber: www.akibanation.com

Istilah populer dalam anime yang pertama adalah Waifu. Secara bahasa, istilah ini merupakan kata serapan wife yang berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini lazim disebutkan oleh para pecinta anime kepada tokoh perempuan anime yang mereka suka.

Di Jepang, tokoh anime perempuan yang dianggap Waifu akan digambarkan pada sebuah guling khusus. Istilah ini punya lawan katanya sendiri, yaitu Husbando. Kebalikan dari Waifu, Husbando adalah sebutan untuk tokoh anime pria yang disukai perempuan pecinta anime.

2. Tsundere

Tsundere

Tiap karakter anime punya wataknya masing-masing. Salah satunya adalah Tsundere. Karakter anime yang Tsundere digambarkan sebagai sosok yang terlihat kasar di luar, namun  sebetulnya punya sisi lembut di dalam dirinya.

Tsundere sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Tsundere Natural, Introvert Tsundere, dan Ekstrovert Tsundere adalah tiga di antaranya. Adapun salah satu tokoh anime berwatak Tsundere adalah Kagura.

Karakter wanita di anime Gintama ini merupakan sosok yang terlihat tangguh, cuek, serta tak ragu untuk mengutarakan isi pikirannya. Namun, di luar sifat-sifatnya itu, Kagura selalu peduli terhadap para anggota Yorozuya. Kendatipun, dia tidak memperlihatkannya secara eksplisit.

3. Kawaii

Kawaii

* sumber: nofilmschool.com

Bisa dibilang kata ini punya beragam arti, tergantung bagaimana penggunaannya. Namun, secara umum, kata ini memiliki arti lucu atau imut. Kata ini mulanya ditujukan kepada sesosok perempuan atau laki-laki yang terlihat imut.

Namun, lambat laun, kata ini juga dipakai untuk makhluk atau benda lain yang terlihat begitu lucu. Semisal Pikachu (Pokemon) dan juga Hello Kitty. Selain dipakai untuk objek yang terlihat lucu, orang Jepang juga memakai kata Kawaii untuk menyindir secara halus kelakuan orang-orang yang agak aneh.

4. Sugoi

Sugoi

Kalau yang satu ini dipakai untuk sesuatu yang dirasa keren. Mirip dengan kata cool dalam bahasa Inggris. Kata ini bisa diucapkan langsung, atau diberi tambahan kata lain agar terlihat santun. Semisal “Sugoi de sune”.

Seperti halnya Kawaii, Sugoi juga bisa dipakai untuk menyindir sesuatu. Sugoi sendiri dipakai untuk menyindir sesuatu yang terlihat keren, namun sebetulnya tidak.

5. Sensei

Sensei

Dalam anime, kata ini sering dipakai oleh tokoh yang dianggap sebagai sosok guru. Sensei sendiri berasal dari kata sakidatsu yang berarti “lebih dulu di depan”, serta sei yang memiliki arti “murid”.

Kata Sensei sendiri biasanya ditaruh di belakang nama tokoh anime. Semisal Jiraiya Sensei dan juga Anzai Sensei. Di kehidupan warga Jepang sehari-hari, Sensei tak hanya berlaku bagi profesi guru saja.

Sensei juga dipakai untuk orang yang menekuni profesi dengan pengetahuan khusus. Semisal pengacara, seniman, kritikus, musisi, dokter, dan juga pembuat manga alias mangaka.

Baca juga: Mulai Suka Nonton Anime? Yuk, Ketahui 10 Genre Anime ini!

6. Senpai

Senpai

* sumber: senpai-knows.com

Kalau kata yang satu ini ditujukan untuk tokoh anime yang dianggap senior. Baik itu secara umur, pengalaman, maupun jabatan. Seperti halnya Sensei, Senpai juga lazim dipakai di belakang nama tokoh anime. Semisal Kakashi Senpai dan Maki Senpai.

Senpai sendiri punya kata pendamping, yaitu Kohai yang berarti junior. Di realita kehidupan warga Jepang, Senpai dan Kohai biasanya dipakai di lembaga pendidikan (semisal kampus), perusahaan, dan juga organisasi.

7. Baka

Baka

* sumber: aminoapps.com

Di dalam anime, Baka lazim diucapkan kepada mereka yang melakukan tindakan bodoh, payah, dan ceroboh. Kata ini biasanya diucapkan langsung atau diberi padanan kata lain di depannya.

Contohnya “marimo baka” (si bola lumut bodoh) yang diucapkan Sanji pada Zoro di anime One Piece. Di jepang, kata ini sangat populer di Jepang sebagai kata makian atau candaan. Mirip seperti kata anjr*t pada bahasa Indonesia.

8. Chan, Kun, San, dan Sama

Chan, Kun, San, dan Sama

* sumber: www.bedaunik.com

Kalau diibaratkan, empat kata di atas sama dengan kata mas dan mbak dalam bahasa Indonesia. Dalam artian, keempat kata itu dipakai untuk orang-orang tertentu. Biasanya orang yang lebih tua adalah yang kita sayangi.

Chan biasanya ditujukan untuk anak kecil atau anak perempuan yang lebih muda. Semisal Sakura-chan ataupun Ayana-chan. Sementara 'kun' lazim dipakai untuk pria yang lebih muda, atau pria yang sudah dikenal akrab. Semisal Sasuke-kun.

San lazim dipakai untuk siapa saja. Kata ini mirip dengan mr dan mrs dalam bahasa Inggris. Kata ini sangat dilarang dipakai pada nama diri sendiri. Sebab, nanti kamu bakal dianggap sombong.

Adapun kata Sama lazimnya dipakai untuk orang yang mempunyai status atau kelas yang tinggi. Sama juga lazim dipakai untuk memanggil Tuhan (“Kami-Sama”).

9. Yandere

Yandere

Istilah ini merupakan kebalikan dari Tsundere. Yandere sendiri merupakan watak tokoh anime yang awalnya bersifat manis, namun di tengah perjalanan berubah menjadi sosok yang bengis.

Yandere sendiri berasal dari kata yanderu yang berarti sakit mental, serta deredere yang berarti rasa kasih sayang. Banyak contoh karakter anime yang tergolong memiliki watak Yandere.

Salah satunya adalah Griffith dalam anime Berserk. Tokoh ini mulanya adalah sosok yang baik. Bahkan, sempat dianggap sebagai pahlawan kerajaan Midland. Obsesinya yang besar terhadap Guts perlahan mengubah sifatnya menjadi keji. Terutama, saat Guts pergi meninggalkannya.

10. Loli

Loli

* sumber: tora-dora.fandom.com

Loli merupakan istilah anime yang merujuk pada tokoh seorang perempuan. Tokoh yang tergolong Loli biasanya cenderung imut dan mungil. Loli biasanya dipasang sebagai pemanis dalam sebuah anime.

Namun, tak jarang Loli dipasang sebagai tokoh anime yang cukup krusial. Taiga Aisaka adalah salah satu contohnya. Dia adalah karakter Loli yang menjadi tokoh utama di anime Toradora!

Taiga sendiri memiliki perawakan wajah yang imut, serta memiliki tubuh yang kecil. Namun, di balik itu, dia punya kekuatan yang cukup hebat. Bahkan, di atas tokoh-tokoh lain yang ada di toradora!

11. Hentai

Hentai

* sumber: myanimelist.net

Istilah ini merupakan nama dari salah satu genre anime. Anime yang bergenre hentai biasanya identik dengan anime yang cenderung mesum. Padahal, nama hentai sendiri tidak memiliki arti yang terkesan mesum.

Hentai sendiri berasal dari kata hen yang berarti “aneh”, serta tai yang artinya “bentuk atau situasi”. Di pergaulan Jepang, kata ini lazim dipakai untuk seseorang yang memiliki hobi atau kebiasaan aneh.

Anime punya beragam istilah yang cukup populer. Istilah-istilah itu biasanya diucapkan oleh pecinta anime, atau oleh tokoh anime itu sendiri. Di antara sejumlah istilah yang ada, sebelas di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Semoga bisa menambah wawasanmu soal dunia anime, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram