Bacaterus / Bioskop / Ketahui Istilah-Istilah yang Dipakai dalam Dunia Perfilman

Ketahui Istilah-Istilah yang Dipakai dalam Dunia Perfilman

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Take one and action! Pernah mendengar kata-kata ini? Buat kalian yang bekerja di dunia film sudah pasti tidak asing lagi, tapi buat orang-orang yang hanya sekedar suka film, mereka pasti hanya mengetahui hal  tersebut sebagai tanda untuk para aktris memulai perannya saja, tidak mengetahui benar-benar arti dari istilah yang diucapkan itu.

Supaya lebih kenal dengan istilah-istilah lain dalam dunia perfilman, ayo barengan ikuti pembahasannya bersama Bacaterus dibawah ini, supaya kalian tidak hanya tahu actor, actress, take one, action saja, namun juga istilah-istilah lain yang jarang bahkan belum pernah kalian dengar sama sekali

Istilah dalam Dunia Film

woman watching tv, eating popcorn.

*https://ventsmagazine.com/2019/12/16/benefits-of-watching-movies-at-home/

Agent (Agent Model)

Sebuah agensi yang menaungi para aktor dan aktris dalam bekerja. Biasanya orang-orang dari agensi ini akan mencarikan prospek pekerjaan untuk aktor dan aktris mereka. Seluruh pembayaran yang masuk dari rumah produksi langsung disalurkan ke Agensi terkait sebelum akhirnya diberikan kepada aktor dan aktris yang mereka naungi 

Art Departement

Bertanggung jawab terhadap perancang set film dan desain produksi. Orang yang bekerja sebagai divisi art biasanya akan banyak berkomunikasi dengan sutradara, menerima masukan dan arahan sutradara dan kameramen yang bertugas supaya set terlihat baik dan menarik.

Artificial Light

Cahaya yang dihasilkan oleh bantuan lampu, tidak natural dan biasanya dipasang sangat terang atau bahkan sangat redup untuk  proses penggambilan gambar

Asst. Director

Asisten sutradara film lebih banyak menangani perihal administrasi, update pengambilan film hal, memastikan kehadiran cameo, aktor dan aktris juga seluruh orang yang terlibat dalam pengambilan gambar. Hal tersebut akan disampaikan kepada sutradara.

Big Close Up

Pengambilan gambar terhadap suatu sudut pandang tertentu untuk menimbulkan efek fokus. Misalnya saja dari anggota tubuh atau muka aktor dan aktris.

Bird Eye view                  

Pengambilan gambar dari atas seperti penglihatan burung di langit, biasanya digunakan untuk menjangkau semua gambar yang diperlukan dalam sebuah adegan di satu frame

Blur

Efek buram yang ditimbulkan dari hasil pengambilan gambar. Biasanya digunakan untuk masuk ke dalam frame berikutnya atau adegan dramatis.

Blocking

Istilah yang dipakai untuk menyebut penempatan sang aktris atau aktor saat on frame. Bloking diperlukan supaya, aktor dan aktris tetap terlihat di dalam kamera tanpa ada yang meghalangi atau bahkan malah membelakangi kamera.

Blockbuster

Blockbuster mengacu kepada sebuah film yang biaya produksinya sangat mahal dengan target market yang lebih luas

Box Office

Istilah untuk film yang keuntungan dari hasil penayangan melebihi dari biaya produksi. Semakin banyak orang yang menonton, semakin banyak pula keuntungan yang di dapat dan semakin paten lah gelar box office movie diterima oleh film tersebut

Camera roll                          

Waktu yang diberikan untuk kameramen mengambil gambar di sebuah adegan. Biasanya sutradara juga akan turun tangan dalam masalah ini

Cast                                   

Istilah untuk menyebut para pemeran yang punya andil dalam film yang sedang digarap, baik pemain utama, pemain cadangan bahkan kameo.

Casting                                

Proses yang dilakukan untuk memilih dan mendapatkan pemeran karakter yang sesuai dengan tuntutan skenario dan sutradara. Biasanya proses casting ini dilakukan sampai berbulan-bulan hingga mendapatkan aktris dan aktor yang pas untuk memerankan tokoh dalam film yang digarap

Clapper board

Informasi mengenai adegan, pengambilan gambar, dan scene untuk mempermudahkan tim editing dalam produksi sunting film

Dialogue

Merupakan sebuah percakapan antar pemeran dalam film; bisa berdua bisa dengan jumlah lebih banyak sebagai bagian dari isi cerita film itu sendiri. Dialogue sendiri bisa dilakukan baik secara lisan maupun tulisan

Dubbing

Merupakan proses sulih suara suatu tokoh karakter melalui rekaman. Dubbing dilakukan supaya film bisa diterima oleh masyarakat tertentu kadang juga dipakai sebagai alih Bahasa mengikuti negara dimana film itu tayang.

Editor

Bagian dari kru film yang bertugas untuk menyunting sebuah adegan dan mensinkronisasinya dengan lagu latar atau film tersebut.

Extra

Bahasa kerennya adalah cameo. Istilah ini digunakan untuk menyebut orang-orang lain diluar pemeran utama yang masuk bersamaan dalam satu frame.

Frame

Keseluruhan gambar yang menyatu dalam satu gulungan film untuk membangun dan mengarahkan perhatian penonton.

Footage

Merupakan materi yang masih belum melalui proses sunting seperti hasil rekaman, lagu, klip digital mentah. Baru-baru ini, tren film dengan teman found footage sedang booming. Dimana film hanya menayangkan cuplikan-cuplikan non editing yang berasal dari video kamera biasa dimana keseluruhan cuplikan masih terdapat gambar kabur, suara tidak terlalu jelas dan adegan blur.

Hairdresser

Kru film yang bertugas untuk mengatur tampilan khususnya rambut para pemeran, khususnya pemeran utama supaya terlihat baik dan bagus di depan kamera.

Independent/Indie

Film Independent/Indie merupakan film yang di produksi di luar dari studio film besar. Umumnya film semacam ini tidak diproduksi untuk target pasar yang besar dan tersiar hanya di golongan orang tertenu saja. Budget yang dikeluarkan dalam film Indie pun jauh lebih kecil dari film komersial.

Live Action

Film Live Action dikenal sebagai film animasi yang dibuat kembali ke dalam laga hidup. Contohnya Lion King, Alladin, Beauty and The Beast

Oscar

Perhelatan akbar sebagai salah satu penghargaan film Amerika. Penghargaan Oscar ini juga merupakan ajang penghargaan paling tinggi dalam industri film di seluruh dunia. Film apapun yang masuk kedalam nominasi Oscar sudah bisa dipastikan film terbaik yang pernah dibuat. Oscar inilah yang menjadi kiblat para sutradara untuk membuat sebuah karya.

Plot

Rangkaian atau suatu peristiwa yang dibuat sedemikian rupa guna menggerakan jalan cerita dari awal mula film dimulai sampai meraih titik klimaks film tersebut. Intinya, plot berguna untuk mengetahui peristiwa yang terjadi dan peristiwa-peristiwa selanjutnya.

Plot Twist

Alur cerita yang dibuat secara terbalik untuk mendapatkan efek kejutan bagi para penontonnya. Penonton dibuat menduga-duga terlebih dahulu sebelum akhirnya ceritanya dipelintir sampai membuat para penonton jaw drop.

Prekuel

Film prekuel merupakan sebuah film yang menceritakan kisah sebelumnya dalam membentuk film pertama. Contohnya film dalam Conjuring Universe. The Conjuring 2 yang tayang tahun 2016 menceritakan tentang Valak, lantas di tahun 2018, The Nun merupakan film prequelnya; menceritakan siapa Valak itu sebenarnya.

Reading

Proses reading dilakukan untuk mempersiapkan aktor dan aktris untuk melatih peran dengan membaca skrip sebelum masa produksi. Setiap aktor dan aktris akan membangun chemistry satu dengan yang lain supaya acting mereka terlihat natural. 

Remake

Film remake merupakan film yang dibuat kembali dari versi lamanya. Inti cerita tidak ada yang berubah hanya saja ada beberapa pengurangan dan penambahan di setiap adegannya guna mendramatisir isi cerita. 

Sekuel

Bila prequel menarik mundur cerita dalam film pertama, sekuel adalah istilah untuk melanjutkan film pertama. Tokoh, tempat, kejadian masih sama persis dengan yang terjadi dalam film pertama hanya saja cerita dilanjutkan dengan masalah baru, kasus baru atau orang baru.

Spoiler

Tindakan yang memberitahu isi film sebelum film itu ditonton oleh para pecinta film. Ada beberapa yang doyan mendengar spoiler supaya mengerti filmnya, ada juga yang tidak mau mendengar  atau melihat spoiler film tersebut sama sekali.

Trailer

Sebuah kegiatan dalam mempromosikan film. Biasanya, trailer berisi cuplikan-cuplikan pendek dari keseluruhan film tanpa memberitahu akhir filmnya akan seperti apa. Trailer muncul untuk membuat para penonton penasaran dan ingin segera menyaksikan filmnya.

Itu tadi beberapa istilah yang umum dipakai dalam diri perfilman. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kalian ya! Supaya next time kalian tidak sekedar tahu cut atau action saja. Apabila kalian ingin mengetahui lebih banyak istilah lain yang lebih kompleks, kalian bisa coba untuk menemukannya di buku khusus soal film ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *