Bacaterus / Telur / 10 Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan Rambut dan Kulit

10 Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan Rambut dan Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Telur merupakan makanan yang sudah sangat akrab di dunia kita sehari-hari. Akan tetapi, tahukah Anda kalau telur punya fungsi lain selain jadi makanan? Karena, ternyata telur punya manfaat juga untuk kecantikan, terutama untuk kulit dan rambut.

Bagaimana biasanya Anda merawat kulit dan rambut? Apakah dengan pergi ke salon atau perawatan sendiri di rumah? Jika Anda tak punya waktu untuk nyalon atau ingin lebih hemat, tak ada salahnya Anda menggunakan telur untuk perawatan.

Tentunya jika Anda menggunakan bahan alami seperti telur akan jauh lebih sehat daripada jika Anda perawatan menggunakan bahan kimia. Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus mau membahas 10 manfaat putih telur untuk rambut dan kulit. Yuk, langsung saja disimak di bawah ini.

Manfaat Putih Telur untuk Rambut

1. Melembabkan Rambut

Melembabkan Rambut

* sumber: makeupandbeauty.com

Telur memiliki tekstur yang lengket dan cepat mengeras ketika terkena rambut atau pun kulit. Akan tetapi, tahukah Anda kalau telur sangat bagus untuk melembutkan rambut? Telur memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, B, D, dan E, lalu ada pula mineral, protein, asam lemak, dan sulfur. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan rambut.

Rata-rata masalah rambut adalah rambut kering. Ketika rambut kering, maka akar rambut dan kulit kepala Anda juga sudah bisa dipastikan kekurangan kelembaban. Nah, telur (putihnya saja), dapat mengembalikan kelembaban alami rambut Anda dengan cepat.

Putih telur memiliki kandungan yang dapat mengembalikan kelembaban alami rambut, melembutkan rambut kering, menguatkan akar rambut, mencegah rambut patah, membuat rambut mudah diatur, hingga dapat mengembalikan kilau alami rambut.

2. Menangani Rambut Rusak

Menangani Rambut Rusak

Jika rambut Anda sudah sangat kering, pecah-pecah, bercabang, sulit diatur, dan kusam entah akibat salah perawatan atau sehabis di-style, Anda bisa menyembuhkannya menggunakan telur. Ketika kondisi rambut Anda sudah parah seperti ini, Anda tak perlu melakukan smoothing ke salon, Anda cukup menggunakan masker telur saja.

Telur adalah salah satu perawatan rumahan yang paling sering digunakan untuk mengobati rambut rusak. Selain murah dan mudah didapat, telur (bagian kuningnya) memang mengandung bahan-bahan alami seperti protein dan lemak yang dapat mengembalikan nutrisi rambut dengan cepat.

Lalu, bagian putih telur mengandung enzim yang dapat membunuh bakteri dan mereduksi minyak yang tak diperlukan dari kulit kepala. Biasanya masker telur untuk mengobati rambut rusak dicampur dengan susu, yogurt, minyak zaitun, minyak almond, minyak castor, atau minyak esensial lainnya.

3. Rambut Lepek? No Way!

Rambut Lepek? No Way!

* sumber: www.lifespan.com

Manfaat putih telur untuk rambut dan kulit yang selanjutnya adalah untuk mengatasi rambut lepek. Siapa di sini yang musuh banget sama rambut lepek? Karena kondisi polusi yang semakin parah seperti sekarang ini, wajar saja kalau Anda merasa rambut jadi semakin cepat lepek.

Sebenarnya, rambut lepek itu datangnya dari minyak alami yang berperan sebagai pelembab kulit kepala dan akar rambut. Akan tetapi, jika berlebihan maka rambut Anda malah jadi lepek alias berminyak. Bahkan minyak di kulit kepala yang terlalu banyak bisa menyumbat pori-pori dan pernapasan dari kulit dan rambut itu sendiri.

Untuk itu, gunakanlah putih telur sebagai pemberantas minyak berlebih dari kulit kepala Anda. Tidak perlu macam-macam, Anda hanya memerlukan satu butir telur (ambil putihnya saja), lalu kocok hingga berbusa. Balurkan kocokan putih telur pada seluruh kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu keramas seperti biasa.

4. Menghilangkan Ketombe

Mencegah Ketombe

Ketombe itu sebenarnya merupakan proses alami pengelupasan sel kulit mati yang berlebihan dari kulit kepala. Kalau jumlah pengelupasan sel kulit matinya sedikit, berarti masih berada di batas wajar. Tapi, kalau ketombenya terlalu banyak, berarti memang ada masalah di kulit kepala Anda.

Apakah Anda punya masalah dengan ketombe? Telur bisa mengatasinya! Ketombe ‘takut’ banget sama telur, loh. Jika Anda rutin membalurkan campuran putih telur dan lemon ke kulit kepala, maka ketombe pun akan terusir dengan sempurna.

5. Mempercepat Pertumbuhan & Menguatkan Rambut

Mempercepat Pertumbuhan & Menguatkan Rambut

* sumber: pantene.co.uk

Buat para wanita maupun pria yang mendambakan rambut panjang, kuat, dan lebat, rajin-rajin lah melakukan perawatan pakai telur. Soalnya, telur handal dalam urusan menguatkan rambut dari akarnya sekaligus mempercepat pertumbuhannya.

Semua ini berkat kandungan protein tinggi di dalam telur yang mana sangat dibutuhkan rambut untuk tumbuh dengan sehat. Anda hanya perlu mencampurkan putih telur dan yoghurt secukupnya, aduk rata. Setelah itu, balurkan masker telur ke seluruh permukaan kulit kepala dan juga rambut Anda, diamkan selama ±20 menit sebelum Anda bilas dan keramas seperti biasa.

Perawatan rambut menggunakan telur juga dapat menguatkan akar rambut, jadi selain tumbuh panjang lebih cepat, rambut Anda jadi tidak mudah rontok. Untuk menguatkan rambut, campur putih telur dengan minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau VCO.

Tidak perlu banyak-banyak, untuk satu butir telur Anda hanya memerlukan satu sendok teh minyak saja. Jika Anda menggunakan minyak terlalu banyak yang ada rambut Anda malah jadi lepek.

Manfaat Putih Telur untuk Kulit

Di atas tadi merupakan penjelasan manfaat putih telur untuk rambut. Nah, sekarang Bacaterus akan membahas manfaat putih telur untuk kecantikan kulit. Yuk, disimak!

1. Mengencangkan Kulit

Mengencangkan Kulit

* sumber: www.hownwhat.com

Semua orang pasti mendambakan kulit yang kencang, apalagi untuk orang-orang yang usianya sudah di atas 30 tahun. Tak perlu perawatan mahal-mahal di salon, tak perlu suntik botoks, dan tak perlu juga operasi plastik, jika Anda rutin maskeran menggunakan telur, niscaya kulit wajah Anda akan senantiasa kencang.

Jadi, manfaat putih telur untuk rambut dan kulit yang pertama adalah untuk mengencangkan kulit, ya. Telur mengandung vitamin E yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Say bye-bye to garis halus, pori-pori besar, kantung mata, bahkan kerutan jika Anda rutin maskeran pakai putih telur sejak dini.

2. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit

* sumber: jamachi.com

Masalah kulit yang paling umum adalah kulit yang terasa kasar. Hal ini punya banyak faktor. Mungkin saja sabun pencuci muka Anda kurang cocok, sehingga kulit jadi kering dan kusam. Terlalu sering menggunakan makeup dan tidak mencuci wajah dengan benar setelahnya juga bisa menjadi penyebab kulit jadi kasar.

Untuk mendapatkan kulit yang lembut dan halus seperti pipi bayi, Anda hanya perlu mencampur putih telur dengan perasan jeruk nipis secukupnya. Kandungan protein dari telur dan Vitamin C dari jeruk nipis mampu membuat kulit kembali halus seperti waktu muda dulu.

3. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit manfaat putih telur untuk rambut dan kulit

* sumber: www.stylecraze.com

Hampir semua orang Indonesia mendambakan kulit yang putih atau setidaknya jadi lebih cerah. Makanya, setiap produk pencerah kulit pasti laku keras di pasaran. Akan tetapi, semua produk pabrikan tersebut pasti mengandung bahan kimia yang bisa saja malah berbalik menjadi tidak baik untuk kulit Anda di masa depan.

Daripada mengambil resiko, lebih baik Anda beralih pada perawatan kulit alami dengan menggunakan telur. Karena, ternyata bagian putih telur itu dapat mencerahkan kulit, loh. Selain membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar, lingkar mata hitam dan kantung mata pun dapat menghilang jika Anda rutin maskeran menggunakan putih telur.

4. Mengangkat Komedo

Mengangkat Komedo

* sumber: www.facingacne.com

Hiiih, paling gemes memang sama jerawat yang satu ini. Kalau jerawat biasa kan muncul keluar, kalau komedo itu stuck di dalam dan sulit dihilangkan soalnya banyak banget (disetiap pori-pori ada). Biasanya, apa yang Anda lakukan untuk memberantas komedo? Facial? Dipencet? Atau pakai pencuci muka biasa?

Kenapa tidak pakai telur saja? Iya, telur bisa banget dipakai untuk menghilangkan komedo. Telur bisa mengurangi tampilan komedo yang nampak, mengikis komedo hingga ke dalam, dan menghilangkan bekas lukanya (jika ada) dengan penggunaan rutin sebagai masker.

Anda cukup mengoleskan putih telur ke area wajah yang berkomedo, lalu tempelkan facial tissue di atas telur. Lapisi lagi tisu dengan putih telur, lalu biarkan mengering (sekitar 30 menitan). Ketika Anda merasa kulit jadi kencang, maka Anda bisa mengangkat tisunya sekarang. Nanti mungkin akan terlihat komedo-komedo yang menempel di tisu. Jangan lupa mencuci wajah Anda menggunakan sabun muka, ya.

5. Mengatasi Jerawat & Menghilangkan Bekasnya

Mengatasi Jerawat & Menghilangkan Bekasnya

Manfaat putih telur untuk kulit yang terakhir adalah mengatasi jerawat dan bekasnya. Jika di atas tadi kita telah membahas penggunaan telur untuk memberantas komedo, sekarang kita pakai untuk memberantas kakaknya komedo, yaitu jerawat.

Jika jerawat cuma ada satu atau dua buah, sih, tidak masalah. Tapi, kalau sudah menyebar ke seluruh permukaan wajah, pasti rasanya kesal sekali, bukan? Belum lagi rasa perih dan noda bekas jerawat yang tertinggal setelahnya.

Untuk membuat kulit Anda jadi mulus kembali tanpa bopeng dan noda bekas jerawat, gunakanlah campuran masker putih telur dan mentimun. Kenapa harus pakai mentimun? Karena, sayuran yang sering dijadikan lalapan ini mengandung astringen yang bagus untuk mengatasi jerawat beserta bekasnya. Jika Anda ingin menyamarkan noda bekas jerawat, gunakan masker putih telur dan jeruk nipis.

Nah, itu dia 10 manfaat putih telur untuk rambut dan kulit dari Bacaterus. Ternyata selain enak dan bergizi, telur punya banyak manfaat juga dalam segi kecantikan, ya? Setelah mengetahui manfaat telur untuk kecantikan, masih mau perawatan mahal-mahal ke salon? Hihi. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *