Bacaterus / Ikan Tuna / Inilah 8 Jenis Ikan Tuna Terbesar di Dunia Beserta Rekornya

Inilah 8 Jenis Ikan Tuna Terbesar di Dunia Beserta Rekornya

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Di dunia ini terdapat banyak spesies ikan tuna dengan berbagai ukuran. Ikan ini dapat ditemukan di perairan di seluruh dunia kecuali perairan kutub. Indonesia adalah salah satu negara penghasil ikan tuna terbesar di dunia. Beberapa spesies ikan tuna yang hidup di perairan Indonesia yang kaya antara lain tuna Sirip Kuning, tuna Sirip Biru, dan tuna Albakora.

Setiap spesies ikan tuna terbesar yang pernah tertangkap memiliki rekornya masing-masing yang umumnya dicatat oleh International Game Fish Association atau IGFA. Berikut ini kami akan mengurutkan jenis ikan tuna terbesar di dunia beserta rekornya. Umumnya ikan-ikan tuna terbesar ini ditangkap sebelum abad ke 21 di mana lautan masih cukup lestari dan terjaga habitatnya.

1. Tuna Sirip Biru Atlantik

* sumber: igfa.org

Tuna jenis ini dikenal sebagai spesies tuna terbesar di dunia. Disebutkan bahwa ikan Tuna Sirip Biru Atlantik mampu tumbuh maksimal hingga berat 684 kilogram dan panjang 4,6 meter (panjang rata-ratanya adalah 2 meter). Umur ikan ini juga terbilang panjang, yaitu antara 35 hingga 50 tahun.

Pada tahun 1979 seekor tuna Sirip Biru Atlantik telah tertangkap di perairan Samudera Atlantik bagian utara. Dengan berat total mencapai 677 kg, tuna tersebut dicatat oleh International Game Fish Association atau IGFA sebagai ikan tuna terbesar yang pernah tertangkap. Hingga saat ini rekor tersebut masih belum dipecahkan.

Ken Fraser sang penangkap hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk membawa tuna terbesar yang pernah ditangkap ini. Setelah hampir 10 jam mengalami dehidrasi di kapal, tuna Sirip Biru tersebut masih memiliki berat sekitar 679 kg. Rekor tuna terbesar di dunia ini telah berdiri selama hampir 40 tahun dan kemungkinan sulit untuk dipatahkan.

2. Tuna Sirip Biru Pasifik

*Sumber foto utama tidak ditemukan

Jenis ikan tuna yang satu ini umumnya hidup di Samudera Pasifik bagian utara, tetapi tercatat melakukan migrasi sebagai pengunjung di perairan Samudera Pasifik selatan. Tuna Sirip Biru Pasifik adalah jenis tuna terbesar kedua di dunia yang mampu tumbuh hingga panjang maksimal 3 meter (rata-ratanya adalah 2 meter) dan berat 450 kg.

Rekor tuna Sirip Biru Pasifik terbesar yang pernah tertangkap dimiliki oleh seorang wanita Selandia Baru yang bernama Donna Pascoe. Pada tahun 2014 dia berhasil mencatatkan dirinya sebagai penangkap ikan tuna Sirip Biru Pasifik terbesar di dunia dengan berat mencapai 411,6 kilogram.

Tuna Sirip Biru Pasifik adalah salah satu spesies tuna yang telah ditangkap secara berlebihan, dengan banyak nelayan menangkapnya sebelum mereka berumur satu tahun. Beberapa penelitian menyebutkan populasi ikan ini berkurang cukup drastis sehingga harus segera ada tindakan untuk menyelamatkan ikan tuna tersebut.

3. Tuna Sirip Biru Selatan

* sumber: www.fish.gov.au

Ikan tuna jenis ini mampu memiliki panjang maksimum hingga 2,45 meter dengan bobot mencapai 260 kg. Ikan tuna Sirip Biru Selatan adalah jenis ikan tuna yang dagingnya biasa ditemukan dalam makan khas Jepang sashimi. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang paling banyak menghasilkan ikan Tuna Sirip Biru Selatan.

Pada tahun 1981, seorang warga Selandia Baru yang bernama Rodney James Beard berhasil menangkap seekor ikan Tuna Sirip Biru dengan berat 158 kilogram dan panjang 203 cm. Ikan tuna yang ditangkapnya tersebut hingga kini tercatat sebagai ikan tuna Sirip Biru Selatan terbesar di dunia.

4. Tuna Mata Besar

* sumber: www.dpi.nsw.gov.au

Ikan Tuna Mata Besar adalah jenis ikan tuna terbesar selanjutnya yang mampu tumbuh hingga panjang dan berat maksimal 2,5 meter dan 210 kilogram dengan usia hidup 5 hingga 16 tahun. Indonesia adalah salah satu negara utama penghasil tuna Mata Besar di dunia. Tujuan ekspor utama ikan ini adalah Jepang untuk dijadikan olahan populer sashimi.

Menurut International Game Fish Association, rekor ikan tuna Mata Besar terbesar yang pernah tertangkap dimiliki oleh seorang pria yang bernama Russel Lee dari negara Peru. Pada tahun 1957 dia berhasil menangkap seekor tuna Mata Besar dengan berat 197,3 kilogram dan panjang 236 cm.

5. Tuna Sirip Kuning

* sumber: thescuttlefish.com

Rekor ikan tuna Sirip Kuning terbesar di dunia yang pernah tertangkap dimiliki oleh Mike Livingstone asal Amerika Serikat. Dia menangkap ikan tuna Sirip Kuning raksasa dengan berat 184 kilogram tersebut pada tahun 2010. Hingga saat ini belum ada catatan lain mengenai rekor terbesar untuk ikan tuna jenis ini.

Diketahui bahwa ikan tuna Sirip Kuning mampu tumbuh maksimum dengan berat dan panjang mencapai 2,4 meter dan 200 kilogram. Lagi-lagi Indonesia adalah salah satu negara penghasil utama ikan tuna jenis ini. Ikan ini kebanyakan dijual dalam bentuk kalengan, utuh segar, dan fillet segar.

6. Tuna Albakora

* sumber: www.seafoodwatch.org

Tuna Albakora atau tuna Sirip Panjang umumnya dijual dalam bentuk kalengan premium. Ikan tuna ini mampu tumbuh dengan panjang maksimal hingga 1,4 meter dengan berat 60,3 kilogram. Thailand, Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, dan Spanyol (Bonito Del Norte) adalah negara penghasil utama ikan tuna jenis ini.

Rekor ikan tuna Albakora terbesar yang pernah tertangkap dimiliki oleh seorang pria bernama Siegfried Dickeman. Dia menangkap seekor tuna Albakora seberat 40 kilogram dan berat 123 cm di perairan Kepulauan Canary, Spanyol. Penangkapan ikan tersebut terjadi pada tahun 1977.

7. Tuna Tongol

* sumber: fishesofaustralia.net.au

Tahun 1982 merupakan tahun dicatatnya rekor ikan tuna Tongol terbesar yang pernah tertangkap dengan berat 35,7 kilogram. Pria bernama Tim Simpson berhasil menangkap ikan tersebut di perairan Australia. Ikan tuna Tongol sendiri mampu tumbuh hingga panjang dan berat maksimal masing-masing 1,45 meter dan 35,9 kilogram.

Tuna jenis ini umumnya hidup di perairan tropis Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia dan Thailand adalah dua negara penghasil utama ikan tuna Tongol di dunia. Mayoritas tuna ini dijual dalam bentuk kalengan dan segar dengan pasar utamanya adalah Amerika Serikat dan Swedia.

8. Tuna Skipjack/Cakalang

* sumber: thisfish.info

Selanjutnya ada ikan tuna Skipjack atau di Indonesia dikenal dengan sebutan ikan Cakalang. Ikan ini mampu tumbuh maksimal dengan panjang 1,1 meter dan berat 34,5 kilogram. Indonesia, Thailand, dan Filipina adalah tiga negara penghasil utama ikan tuna jenis ini. Mayoritas ikan tuna Skipjack dijual dalam bentuk ikan kalengan.

Rekor ikan tuna Skipjack terbesar yang pernah ditangkap dimiliki oleh Brian Evan. Pada tahun 1996 dia berhasil menangkan seekor Cakalang dengan berat sekitar 20 kilogram di perairan Meksiko. Untuk pasar utamanya, ikan ini kebanyakan dikirim ke negara-negara Eropa, Arab, negara Amerika Serikat dan Jepang.

Nah, itulah daftar beberapa ikan tuna terbesar di dunia dengan rekor yang berasal dari berbagai tempat di dunia. Rekor-rekor ini sepertinya akan sulit tergantikan mengingat populasi ikan tuna dunia mengalami penurunan drastis akibat penangkapan yang berlebihan dan kondisi lautan yang kian memprihatinkan. Semoga segera ada cara terbaik untuk menanggulangi hal ini agar mereka dapat lestari selamanya.

Dan daging ikan tuna kalengan dan berbagai produk tuna lainnya kini dapat dengan mudah didapatkan, baik di toko-toko online maupun di swalayan. Jika ingin membeli dan merasakan ikan tuna kalengan, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak melalui link ini.

Catatan: Kami tidak menampilkan rekor gambar tuna terbesar lainnya karena sumber yang terbatas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar