Bacaterus / Fakta Ikan / 10 Ikan Termahal di Dunia yang Dijual dengan Harga Fantastis

10 Ikan Termahal di Dunia yang Dijual dengan Harga Fantastis

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Januari 2019

Berbicara tentang ikan, kita sering dibuat terperangah ketika mendengar harga yang harus dibayar seorang pembeli untuk seekor ikan. Tentu kamu pernah mendengar ikan arwana. Ya, ikan yang sangat fenomenal di Indonesia ini harganya bisa sangat tidak masuk akal. Ada lagi ikan yang harganya tak kalah fantastis, yaitu ikan Koi dari Jepang.

Seperti halnya para penyuka hewan perliharaan lainnya, para penyuka ikan pun sering kali rela merogoh kocek dalam-dalam agar bisa memelihara ikan kesayangannya tersebut. Sebagian ikan-ikan mahal ini bisa menjadi investasi yang menggiurkan. Kamu mau tahu ikan apa saja yang harganya fantastis? Berikut ini 10 jenis ikan yang memiliki harga sangat mahal.

10 Ikan Termahal di Dunia

1. Arwana Platinum (Platinum Arowana)

* sumber: amigofish.ru

Siap-siap terperangah, harga ikan arwana platinum bisa mencapai setengah juta dolar Amerika. Arwana platinum adalah salah satu ikan arwana yang paling langka. Warna ikan ini putih sempurna. Kemungikan, warna ini didapat karena mutasi genetik. Orang Asia percaya bahwa, jika memelihara ikan arwana akan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi rumah tersebut.

Arwana platinum dipercaya sebagai simbol keberuntungan, mirip dengan naga kuno Cina. Ikan arwana platinum umumnya diminati oleh orang-orang kaya dari Jepang atau Cina. Adalah bentuk dan warnanya yang membuat ikan ini dihargai selangit oleh para penjualnya. Saking mahalnya, mereka disimpan di tempat dengan keamanan tingkat tinggi untuk menghindari para pencuri.

Memang susah untuk dipercaya ada ikan dengan harga hampir setengah juta dolar Amerika atau setara dengan kira-kira tujuh milyar dalam rupiah. Di Amerika, ikan ini tidak bisa dijadikan peliharaan karena termasuk ikan yang dilindungi oleh undang-undang dikarenakan termasuk dalam ketegori hewan yang terancam punah.

Ikan arwana platinum yang diperjualbelikan kebanyakan bukan hasil tangkapan dari alam liar karena spesies ini termasuk ke dalam spesies yang terancam punah. Ikan ini dijual dilengkapi dengan sertifikat keaslian dan umumnya ikan telah ditanami mikrochip. Arwana platinum juga sangat sulit untuk dikembangbiakan karena mereka bisa tumbuh sangat besar dan perlu air bersih setiap saat.

2. Freshwater Polka Dot Stingray

* sumber: id.pinterest.com

Ikan mahal lain yang bertengger di posisi kedua adalah freshwater polka dot stingray. Harganya berkisar 100 ribu dolar Amerika atau hampir setara 1.5 milyar rupiah. Ikan ini dikenal juga dengan nama Xingu River Ray. Diameter ikan ini bisa mencapai hingga kira-kira setengah meter dan umumnya ikan betina lebih besar ukurannya dibanding jantan.

Ikan ini berasal dari sungai Xingu, di Brasil. Sekali melahirkan, ikan ini bisa mengeluarkan tujuh sampai delapan spesimen sekaligus. Polka dot stingray memiliki sepasang mata yang menonjol yang membuat mereka dapat melihat apapun yang ada di atas. Makanan utama ikan polka dot stingray adalah ikan dan invertebrate air lain, kepiting, dan siput air tawar.

Mereka senang mengubur diri mereka di dalam pasir saat siang hari sehingga membuat mereka susah terdeteksi keberadaannya. Mereka berburu di malam hari. Sama seperti ikan arwana, ikan ini terancam punah dan keberadaannya di Sungai Xingu pun sudah jarang terdeteksi.

3. Peppermint Angelfish

* sumber: reefbuilders.com

Ikan peppermint anglefish termasuk ikan penghuni terumbu tropis. Ditemukan di kedalaman lebih dari 100 meter di Pasifik, peppermint anglefish memiliki penampakan yang mencolok dengan garis-garis putih pada tubuh yang berwarna oranye dan kuning. Kebanyakan kolektor membeli ikan tersebut karena warnanya yang memukau.

Sebagai ikan yang memiliki sifat pemalu, peppermint anglefish senang bersembunyi di antara bebatuan dan puing-puing. Harga jual tertinggi untuk ikan ini berkisar 30.000 dolar Amerika atau sekitar 400 juta rupiah lebih. Karena mereka tinggal di area laut yang dalam sehingga mereka susah ditangkap. Maka, ikan peppermint anglefish termasuk salah satu spesies ikan yang hampir punah.

4. Masked Angelfish

* sumber: www.amongthereef.com

Umumnya, ikan masked angelfish hidup di area dekat terumbu karang di Kepulauan Hawaii ini jarang sekali bisa ditemukan. Mereka biasa hidup di kedalaman 25 meter sampai 17 meter. Harga ikan ini di pasaran internasional berkisar 20.000 dolar Amerika atau hampir 300 juta rupiah. Masked angelfish adalah ikan yang banyak dibeli untuk menghuni akuarium di rumah-rumah.

Alasan mengapa kolektor senang dengan ikan ini karena penampilannya yang mengesankan, kepala dan hidungnya berwarna hitam. Beberapa bagian ekor juga berwarna hitam, sisa tubuhnya berwarna putih. Sebuah tampilan monokrom yang sangat cantik. Genicanthus personatus adalah nama ilmiah peppermint angelfish ini.

Hal khusus lainnya dari peppermint anglefish adalah cara ikan ini mengubah jenis kelaminnya selama hidupnya. Ikan peppermint angelfish adalah mahluk hermafrodit protogini. Di awal, peppermint angelfish berjenis kelamin betina kemudian akhirnya berubah menjadi pejantan.

5. Bladefin Basslet

* sumber: reef-a-holiks.blogspot.com

Bladefin basslet termasuk ikan yang sangat langka. Ikan lucu berukuran kecil ini memiliki panjang sekitar tiga sentimeter. Bladefin basslet merupakan ikan karang yang tinggal di kedalaman 152.4 meter dan hidup di Karibia. Karena hidup di perairan dalam maka sangat sulit untuk bisa menangkap ikan ini. Harga ikan akuarium paling populer ini bisa terjual sekitar 145 juta rupiah.

Warna ikan bladefin basslet sangat menarik perhatian karena campuran warnanya. Campuran warna merah mencolok dan putih memiliki daya tarik yang cukup unik. Karena itulah ikan ini termasuk ikan yang mahal, dan ikan ini termasuk ikan yang langka.

6. Golden Basslet

* sumber: www.alux.com

Ikan berukuran kecil lain yang juga mahal harganya adalah golden basslet. Hidup di daerah dekat pulau-pulau di Samudra Pasifik Tengah, golden basslet termasuk ikan yang harga jualnya cukup tinggi di pasar internasional. Bukan hanya karena keindahannya yang membuat ikan ini dihargai sebesar 110 juta rupiah lebih, tapi juga karena jumlahnya sangat terbatas.

Golden basslet memiliki warna kuning keemasan di tubuhnya. Dikenal juga dengan nama liopropoma aberrans, golden basslet dapat ditemukan di kedalaman mulai dari 152 meter sampai sekitar 243 meter. Salah satu ikan pemalu yang suka bersembunyi di area yang sulit dijangkau dan biasanya menjaga jarak dari saudaranya.

7. Clarion Angelfish

* sumber: id.pinterest.com

Clarion angelfish termasuk ke dalam jenis ikan langka dengan harga yang cukup mahal. Harga jual ikan ini 2.500 hingga 3.000 dolar Amerika atau sekitar 36 juta sampai 43 juta rupiah lebih. Dikenal dengan nama holacanthus clarionensis, clarion angelfish adalah ikan asli Meksiko. Hampir seluruh populasi clarion angelfish dapat ditemukan di satu area di Kepulauan Revillagigedo.

Di kalangan pedagang ikan akuarium, clarion angelfish cukup populer, ini dikarenakan tampilan ikan yang indah dan tubuhnya berukuran sedang. Tubuhnya dibalut warna oranye gelap dengan warna kebiruan di tepi belakangnya. Ikan ini bisa mencapai panjang sekitar 25 sentimeter. Makanannya adalah berbagai jenis alga dan invertebrata kecil lainnya.

8. Kerapu Neptune (Neptune Grouper)

* sumber: www.ocdreefs.com

Kerapu Neptune atau Neptune grouper adalah ikan yang hidup di laut dalam, sekitar 79 sampai 243 meter, dan hampir tidak pernah ditemukan di perairan yang dangkal. Karena itu, mereka tidak pernah tersedia untuk dijual sehingga harga jualnya menjadi mahal. Terakhir kali, ikan kerapu Neptune ini dijual dengan harga lebih dari 6.000 dolar Amerika atau 87 juta rupiah.

Berbeda dengan harga ketika hidup yang sangat mahal, ketika sudah mati hanya dihargai 50 dolar Amerika atau sekitar 700 ribu rupiah. Ikan kerapu Neptune dapat ditemukan terutama di negara-negara Asia, seperti Indonesia, Jepang, dan Malaysia. Saat masih kecil, warna kerapu ini oranye dan kuning, namun ketika besar berubah menjadi warna merah muda dan kuning.

9. Wrought Iron Butterflyfish

* sumber: www.yelp.com

Wrought iron butterflyfish memiliki nama ilmiah Chaetodon Daedalma. Ikan ini jarang diimpor sehingga menjadikannya sulit untuk dikoleksi. Wrought iron butterflyfish hidup di Samudra Pasifik Barat dekat dengan Jepang. Jangan mencari ke manapun karena ikan ini hanya ada di Jepang. Harga ikan wrought iron butterflyfish antara 3.000 sampai 4.000 dolar Amerika atau 46 – 58 juta rupiah.

Bagian tubuh ikan ini berwarna gelap yang kontras dengan warna di bagian ekor dan ujung badan yang berwarna kuning cerah. Ukurannya bisa mencapai hingga 15.24 sentimeter, tapi ada juga yang bisa lebih dari 17.78 sentimeter panjangnya. Ikan wrought iron butterfly adalah tipe ikan yang tenang sehingga bisa disimpan sendirian atau dalam kelompok yang terdiri dari tiga atau lima ekor.

10. Candy Basslet

* sumber: www.advancedaquarist.com

Candy basslet yang hidup di Lautan Karibia ini merupakan ikan yang paling cantik dan salah satu ikan mahal di dunia. Harganya di banderol 2.000 dolar Amerika atau 29 juta rupiah. Namun, terakhir harganya merosot menjadi 1.000 dolar Amerika atau sekitar 14 juta rupiah.

Memiliki nama ilmiah Liopropoma Carmabi, Candy Basslet memiliki tubuh dengan perpaduan warna yang unik, yaitu perpaduan antara warna oranye di tubuhnya dengan garis lavender juga merah terang. Ikan ini tinggal di Samudra Atlantik tropis. Mereka menghuni daerah Karibia Timur, Bahama dan Florida Keys, dan pulau-pulau Bonaire, Curacao, dan Ascension.

Cukup menakjubkan bukan harga ikan-ikan tadi? Harga jual mereka bisa seharga mobil baru. Namun, apalah arti angka-angka itu jika seseorang sudah jatuh cinta. Mereka pasti rela merogoh koceknya demi ikan-ikan mahal itu. Apakah kamu berminat untuk membeli salah satu ikan mahal di atas? Apakah kamu rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk seekor ikan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar