Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Januari 2019

Alam memiliki mekanismenya sendiri untuk membuat segalanya seimbang. Karena itulah ada makhluk yang menjadi pemangsa dan ada pula yang dimangsa. Baik di darat, air, dan udara memiliki predator yang dominan. Lalu, binatang mana sajakah yang menjadi predator di air tawar? Berikut kami paparkan 10 jenis ikan predator air tawar yang ganas dan menyeramkan.

10 Ikan Predator yang Menyeramkan

1. Piranha

Piranha

* sumber: www.smithsonianmag.com

Terkenal dengan giginya yang tajam dan juga nafsu makannya yang besar, piranha mendiami beberapa sungai utama di Amerika Selatan dan salah satu hewan yang hidup di sungai Amazon. Ikan karnivora ini terkenal akan kesukaannya terhadap daging.

Piranha adalah pemangsa yang memiliki peran penting dalam ekosistemnya. Bahkan, mereka seringkali melakukan tindakan kanibalisme jika kekurangan makanan. Hingga saat ini belum dapat dipastikan spesies piranha yang ada di dunia. Tapi para ahli memperkirakan ada sekitar 30 hingga 60 spesies piranha tersebar di berbagai tempat di Amerika Selatan.

2. Tiger Fish

* sumber: www.animalplanet.com

Tiger fish adalah predator dengan gigi tajam yang banyak tersebar di Afrika. Ikan ini biasanya berburu dalam kelompok untuk memangsa hewan yang lebih besar. Dua spesies terbesar dari ikan ini adalah Goliath Tiger Fish (Hydrocynus goliath) dan Hydrocynus vittatus atau yang biasa disebut Tiger Fish.

Goliath Tiger Fish yang dapat tumbuh hingga seberat 50 kilogram ditemukan di sungai Kongo dan danau Tanganyika. Tiger Fish bisa memiliki berat hingga 15 kilogram dan ditemukan di Daerah Aliran Sungai Zambezi.

3. Snakehead

* sumber: otlibrary.com

Snakehead seringkali ditakuti di belahan bumi Barat, di mana populasi ikan ini dikenal sebagai spesies yang sering menginvasi wilayah lain. Ikan ini juga pernah mengakibatkan kekacauan setelah seorang nelayan menemukannya di sebuah kolam di Maryland.

Snakehead dapat bernapas dan hidup di luar air hingga empat hari. Ikan ini dapat bertahan lebih lama jika tubuhnya terkubur dalam lumpur. Beberapa spesies snakehead juga hidup di Asia dan orang Asia sering menangkapnya untuk dimakan.

4. Giant Catfish

* sumber: www.nationalgeographic.com.au

Catfish dikenal juga dengan nama lele. Lele terbesar yang pernah tercatat adalah lele raksasa Mekong, yang berukuran 3.2 meter dan berbobot 300 kilogram. Populasi lele Mekong dulunya tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara. Sayangnya, ikan ini kini mulai terancam punah karena habitatnya yang terganggu.

Untungnya, lele Mekong tidak dianggap berbahaya bagi manusia. Ikan ini dapat hidup hingga 60 tahun. Untuk melestarikan keberadaannya, berbagai upaya konservasi dilakukan agar generasi di masa depan masih dapat menikmati kehadiran makhluk eksotis ini.

5. Pari Raksasa

* sumber: imgur.com

Pari air tawar hidup di sungai-sungai di Asia Tenggara dan Australia Utara. Ukurannya bisa mencapai 5 meter dengan bobot 600 kilogram. Ikan pari ini cukup sulit ditemukan karena mereka biasanya mengubur diri di dasar sungai. Mereka juga senang berburu kerang dan kepiting dengan mendeteksi gelombang listrik mangsanya.

Pari juga memiliki senjata berupa duri sepanjang 38 cm pada bagian ekornya yang dapat menyuntikkan racun pada mangsanya. Ikan ini juga mulai terancam punah karena habitatnya yang menyempit dan juga akibat polusi air.

6. Vampire Fish

* sumber: www.istockphoto.com

Ikan vampir bertaring atau disebut juga Payara (Hydrolycus scomberoides) ini banyak dijual di Pevas, Peru. Ikan menakutkan ini biasanya memangsa ikan yang lebih kecil, seperti piranha, yang biasanya akan ditusuk oleh taring yang dapat tumbuh sepanjang enam inci.

7. Candiru

* sumber: allthatsinteresting.com

Ikan ini mungkin jenis yang paling ditakuti dari seluruh spesies air tawar. Ikan parasit dari jenis lele ini biasanya memangsa insang dari ikan yang lebih besar di Amazon. Namun ada beberapa cerita yang menyebutkan bahwa ikan ini bersarang di dalam kandung kemih manusia.

Beberapa penduduk asli Amazon menjelaskan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah ikan ini memasuki tubuh karena setelah memasuki tubuh, ikan ini akan sulit dikeluarkan walaupun melalui operasi.

Candiru biasanya tertarik dengan urin yang dikeluarkan manusia. Karenanya, pakaian yang cukup ketat dapat menahan ikan ini memasuki tubuh. Walau kasus penyerangan candiru pada manusia hanya terjadi sekali pada tahun 1997, banyak orang yang masih ketakutan dengan cerita mengenainya.

8. Walleye

* sumber: www.bonnercountydailybee.com

Ikan predator ini tinggal di Kanada dan bagian utara dari Amerika. Walleye dapat tumbuh hingga 80 cm dengan berat hingga 9 kilogram. Masa hidup  Walleye diperkirakan dapat mencapai umur 29 tahun. Ukuran terbesar yang pernah tercatat adalah sepanjang 107 cm dengan berat 13 kilogram.

Karena Walleye memiliki indera penglihatan yang tajam, mereka sering berburu pada waktu fajar dan senja, saat mendung atau hujan, dan saat sungai tidak mendapat cahaya yang cukup. Di musim semi dan musim gugur, Walleye biasanya berenang di perairan dangkal karena kadar oksigen dalam air yang tinggi. Sedangkan di musim panas, mereka lebih sering berenang di sungai yang kedalamannya lebih dari 10 kaki.

9. Perch

* sumber: en.wikipedia.org

Perch adalah ikan air tawar yang berasal dari genus Percidae. Ada 3 spesies dari Perch yang sering ditemukan, antara lain Perca fluviatilis yang banyak ditemukan di Eropa dan Asia, Perca schrenkii memiliki habitat di Kazakhstan, Uzbekistan, dan Cina, dan Perca flavescens yang dapat ditemukan di Amerika dan Kanada.

Ikan ini biasanya dapat mencapai bobot 2.3 kg dengan panjang 30 cm atau lebih. Mangsa favoritnya antara lain, cacing, ikan kecil, larva serangga, dan udang. Ikan ini juga sering dijadikan target dalam pertandingan memancing karena beratnya yang dapat menambah skor pemancing.

10. Muskellunge

* sumber: en.wikipedia.org

Ikan yang sering disebut Muskie ini ditemukan di danau oligotropik dan mesotropik dari bagian utara Michigan, sebelah utara Wisconsin, Minnesota, hingga Kanada. Mereka senang berada di perairan jernih dengan banyak bebatuan yang biasanya menjadi rumah mereka.

Muskie adalah jenis ikan predator yang menyergap mangsanya dengan menggigit dan memakan bagian kepalanya dulu. Mereka biasanya memangsa berbagai jenis ikan yang ada dalam ekosistemnya. Selain itu, Muskie juga suka memangsa tikus, katak, atau bahkan bebek dan juga muskie lainnya. Mereka dapat memakan mangsa berukuran dua pertiga ukuran tubuhnya karena perutnya yang berkapasitas besar.

11. Esox

Esox

* sumber: michpics.wordpress.com

Hewan ini merupakan ikan endemik Amerika Utara dan Eurasia. Karenanya, mereka banyak ditemukan di Amerika Utara, Eropa Barat hingga Siberia.  Ikan bernama lain Pike ini memiliki bentuk tubuh ramping, kepala yang meruncing, dan gigi yang tajam. Pike dapat tumbuh hingga sepanjang 1.83 meter dengan berat mencapai 35 kilogram.

Pike biasanya memangsa berbagai jenis hewan, khususnya ikan-ikan kecil. Namun terkadang, mereka sering menjadi kanibal dengan mencari Pike lain yang berukuran lebih kecil. Pike juga suka memangsa serangga, katak, tikus, ikan, hingga ular.

Beberapa hewan predator di atas sering diburu manusia untuk dimakan. Sedangkan yang lainnya dibiarkan hidup bebas di alam liar. Apakah Anda sendiri pernah menemukan ikan predator di atas? Atau Anda tahu jenis ikan tawar lainnya yang ganas? Silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar.

Oh iya, perlu diketahui bahwa tidak semua ikan di air tawar itu ganas dan menyeramnya. Pasalnya, ada juga beberapa ikan air tawar yang populer dan mungkin sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ingin tahu selengkapnya? Yuk, baca artikel 10 Jenis Ikan Tawar Terpopuler ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .