Bacaterus / Nyamuk / 10 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk untuk Dipelihara di Rumah

10 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk untuk Dipelihara di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Genangan air bisa menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan nyamuk. Hal itu tentu cukup membahayakan bagi kesehatan anggota keluarga. Berbagai cara biasa dilakukan oleh masyarakat untuk mengurangi populasi nyamuk. Mulai dari pengguna zat kimia berbahaya, hingga menguras sumber air tempat bersarangnya jentik nyamuk.

Nah, bagaimana cara mencegah akuarium atau kolam yang kamu memiliki terhindar dari masalah tersebut. So, kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa jenis ikan peliharaan yang efektif untuk mengatasi jentik nyamuk. Ingin tahu jenis ikan apa saja itu? Berikut adalah ulasannya.

1. Ikan Koi

Ikan Koi

* sumber: ikanhiasairtawarok.blogspot.com

Jenis ikan pertama yang bisa kamu pelihara untuk mengatasi masalah jentik nyamuk adalah Ikan Koi atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cyprianus Carpio. Koi sendiri merupakan kata dari bahasa Jepang yang berarti ikan Karper. Koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki pola warna yang indah.

Ikan Koi merupakan spesies ikan yang masuk ke dalam keluarga Cyprinidae. Di Indonesia sendiri ikan ini sering disebut juga sebagai Ikan mas Koi. Selain memiliki visual warna yang menakjubkan, ikan Koi juga cukup efektif sebagai biokontrol jentik nyamuk.

Baca juga: Pecinta Ikan Wajib Tahu! Inilah 8 Jenis Ikan Koi Terbaik

2. Ikan Mas

Ikan Mas

* sumber: hewany.com

Ikan mas atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cyprinus adalah jenis ikan hias air tawar lainnya yang kerap dimanfaatkan untuk mengurangi jentik nyamuk pada kolam atau akuarium. Ikan mas merupakan jenis ikan yang cukup melimpah dan mudah ditemukan di berbagai wilayah yang ada di tanah air.

Ikan mas sendiri memiliki banyak spesies yang unik. Ikan mas sendiri diklasifikasikan sebagai jenis hewan omnivora. Sehingga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi populasi jentik nyamuk, larva atau kutu air.

3. Golden Orfe

Golden Orfe

* sumber: www.watergems.co.uk

Golden Orfe atau pemilik nama ilmiah Leuciscus idus adalah jenis ikan lain yang juga bagus untuk mengurangi jentik nyamuk. Golden Orfe termasuk keluarga Cyprinidae. Ikan ini memiliki warna cerah dengan ukuran bisa mencapai 22 hingga 43 centimeter. Golden Orfe sendiri merupakan ikan yang berasal dari Swedia.

Ikan ini dikenal sebagai predator utama untuk ikan berukuran kecil, larva, jentik nyamuk, serangga dewasa, siput, dan makhluk invertebrata lainnya. Nah, karena ukuran ikan ini tergolong besar, tentunya sangat cocok untuk kamu simpan di kolam ikan yang berukuran besar.

4. Ikan Cupang

Ikan Cupang

* sumber: review.bukalapak.com

Ikan cupang (Betta sp) adalah ikan hias air tawar yang cukup disukai oleh setiap orang karena memiliki warna serta bentuk ekor yang indah. Ikan yang dikenal bagian dari keluarga Osphronemidae ini biasa ditemukan di beberapa Negara  Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Ikan cupang sendiri biasa disimpan dalam akuarium berukuran kecil. Ikan ini memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik meskipun ditempatkan di akuarium dengan minim pasokan udara dan juga limbah. Nah, ikan cupang sendiri diketahui sangat suka dengan jentik nyamuk, larva, cacing darah, kutu air dan juga lalat.

5. Ikan Killifish

Ikan Killifish

* sumber: www.amazonasmagazine.com

Jenis ikan lain yang juga dikenal sebagai pemakan jentik nyamuk adalah ikan Killifish. Jenis ikan hias air tawar ini dikenal sebagai ikan predator di alam liar. Meskipun demikian, jenis ikan ini banyak dipelihara oleh para pecinta akuarium sebagai ikan hias karena bentuk serta warnanya yang menarik.

Ikan ini dikenal sangat suka makanan hidup di akuarium. Selain jentik nyamuk, ikan ini juga kerap memakan cacing dan krustasea. Kelebihan Ikan Killifish sendiri adalah memiliki kemampuan untuk berkembang biak di dalam air payau, yang dikenal sebagai sarang ideal bagi nyamuk untuk bertelur.

6. Ikan Cere

Ikan Cere

* sumber: en.m.wikipedia.org

Meskipun dikenal berukuran kecil, namun jenis ikan yang satu ini dikenal cukup baik dalam mengendalikan jentik nyamuk. Affinis Gambusia atau dikenal sebagai Mosquitofish adalah jenis ikan hias air tawar yang masuk dalam keluarga Poeciliidae. Di Indonesia sendiri ikan ini dikenal dengan nama ikan Cere.

Ikan Cere betina dikenal memiliki kemampuan untuk memakan nyamuk hingga 200 ekor dalam satu jam. Karena kemampuan yang dimilikinya ini, ikan ini pun diberi nama Mosquitofish. Selain jentik nyamuk, ikan ini juga dikenal suka memakan makhluk lain seperti larva, tungau, serangan dan juga kumbang.

7. Ikan Cetul (Guppy)

Ikan Cetul (Guppy)

* sumber: review.bukalapak.com

Selanjutnya ada Ikan Guppy yang bernama ilmiah Poecilia reticulate. Di Indonesia sendiri ikan Guppy lebih dikenal dengan sebutan ikan Cetul. Jenis ikan hias air tawar pemakan jentik nyamuk ini diketahui berasal dari Amerika Selatan.

Ikan Cetul sendiri menjadi salah satu jenis ikan hias yang cukup populer di dunia karena kemampuan adaptasinya yang cukup baik. Selain itu, ikan ini juga cukup mudah berkembang biak. Nah, habitat ikan Cetul sendiri biasanya bisa  ditemukan dengan mudah di kolam atau parit-parit.

8. Ikan Kepala Timah

Ikan Kepala Timah

* sumber: id.m.wikipedia.org

Ikan kepala timah memiliki nama ilmiah Aplocheilus panchax. Ikan ini merupakan jenis ikan tawar pemakan jentik nyamuk yang juga cukup banyak ditemukan di tanah air. Disebut sebagai ikan kepala timah karena pada bagian atas kepalanya terdapat tanda putih.

Ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik. Masyarakat sendiri bisa dengan mudah menemukan jenis ikan ini di air tawar, payau yang tenang. Selain jentik nyamuk, ikan jenis ini juga menyukai berbagai jenis serangga. Ikan kepala timah sendiri diketahui mampu memangsa jentik nyamuk hingga 53-65 ekor.

9. Ikan Pedang (Swordrtail)

Ikan Pedang

Selanjutnya ada Ikan Swordrtail atau lebih dikenal juga dengan nama ikan pedang. Ikan Swordtail termasuk dalam keluarga Poeciliidae. Ikan ini dianggap cukup baik untuk mengurangi populasi jentik nyamuk.

Ikan ini dikenal sebagai ikan dengan tingkat perkembangbiakan yang cukup tinggi. Karena ukurannya yang cukup besar, yaitu sekitar 14-16 centimeter, ikan ini sanggup memakan jentik nyamuk atau larva dalam jumlah yang besar. Ikan ini biasa hidup di parit dan mengkonsumsi hewan lain serangga, cacing dan juga krustasea.

10. Ikan Molly

Ikan Molly

* sumber: www.thesprucepets.com

Ikan terakhir yang juga cukup baik dalam mengendalikan perkembangan jentik nyamuk adalah ikan Molly. Selain dikenal sebagai ikan pemakan alga, ikan Molly juga dikenal sangat menyukai jentik nyamuk. Masyarakat sendiri kerap memanfaatkan ikan Molly sebagai ikan hias karena bentuk serta warnanya yang cukup menarik.

Nah, jika kamu menginginkan ikan hias yang memiliki fungsi ganda, maka ikan bernama ilmiah Poecilia sphenops ini sangat cocok untuk menghiasi akuarium yang ada di rumahmu.

Nah, demikian 10 Ikan pemakan jentik nyamuk yang efektif untuk di kolam dan akuarium. Keberadaan ikan-ikan tersebut memang cukup membantu menekan populasi nyamuk yang dikenal sebagai biang dari penyebaran sejumlah penyakit berbahaya.

Bila kamu memiliki rekomendasi ikan lain yang bagus untuk memakan jentik nyamuk, maka kamu bisa share hal tersebut di kolom komentar yang telah Bacaterus siapkan di bawah. Kita tunggu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *