Bacaterus / Fakta Ikan / Gede Banget! Inilah 10 Spesies Ikan Paus Terbesar di Dunia

Gede Banget! Inilah 10 Spesies Ikan Paus Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Saat ini binatang-binatang dengan ukuran raksasa bisa kita temukan di lautan yang sangat luas. Jika di darat kita mengenal gajah sebagai hewan terbesar, maka di laut ada ikan paus. Bahkan ikan paus disebut sebagai hewan terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini.

Ada banyak spesies ikan paus yang hidup di berbagai lautan di seluruh dunia. Ukuran dan berat mereka bervariasi. Salah satu jenis ikan paus terbesar ada yang memiliki ukuran sepanjang pesawat Boeing 737 dan berat 4 kali Boeing 737s! Sangat besar sekali bukan?

Untuk menjawab penasaranmu tentang spesies-spesies ikan paus terbesar di dunia, berikut ini Bacaterus akan memberikan bahasannya untukmu. Ayo langsung dapatkan informasinya di bawah ini.

1. Paus Biru

Paus Biru

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/lakpura/

Menurut Guinness World Records, ikan paus biru adalah hewan terbesar di dunia yang pernah ada. Berat rata-rata untuk seekor paus biru dewasa adalah 100 – 150 ton. Bahkan ada beberapa spesimen yang memiliki berat hingga 200 ton! Selain itu, dinosaurus juga tidak ada yang tumbuh hingga sebesar itu.

Seekor paus biru dapat tumbuh panjang hingga 30 meter atau hampir menyamai ukuran pesawat terbang Boeing 737. Hewan ini dapat ditemukan di semua lautan di planet bumi termasuk lautan Indonesia. Sayangnya jumlah ikan paus biru di dunia ini terus berkurang akibat perburuan yang terus menerus.

Beberapa rekor lain yang dimiliki oleh paus biru antara lain adalah makhluk dengan ukuran jantung terbesar di dunia (sekitar 680 kg) dan paru-paru terbesar dengan kapasitas hingga 5.000 liter.

2. Paus Sirip

Fin Whale

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/slobirdr/

Paus sirip adalah binatang terbesar kedua di dunia yang dapat tumbuh panjang hingga 27 meter. Ini adalah jenis ikan paus yang berpostur panjang dan ramping. Hewan yang memiliki warna abu-abu kecoklatan tetapi dengan permukaan bawah yang lebih terang ini dapat memiliki berat hingga 72 ton.

Paus sirip dapat ditemukan di semua perairan di dunia kecuali perairan ber-es seperti di Kutub Utara dan Kutub Selatan dan perairan kecil yang jauh dari lautan terbuka. Makanan utama ikan ini adalah ikan-ikan lain, cumi-cumi, dan berbagai jenis udang-udangan.

Sama seperti paus biru, paus sirip juga adalah salah satu hewan yang terancam punah karena aktivitas perburuan manusia. Semoga segera ada langkah nyata dari masyarakat dunia agar hewan ini dan hewan-hewan lainnya dapat segera diselamatkan dari kepunahan.

3. Paus Sperma

Sperm Whale

* sumber: en.wikipedia.org

Dinamakan paus sperma adalah karena bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma. Paus sperma adalah jenis paus terbesar ketiga dan juga pemegang rekor sebagai hewan bergigi terbesar di dunia. Hewan ini dapat tumbuh panjang hingga 20,5 meter dan berat hingga 56 ton.

Paus yang disebut juga sebagai paus kepala kotak ini adalah salah satu dari sedikit spesies paus yang dapat hidup di berbagai lingkungan. Oleh karena itu, hewan ini dapat ditemukan di lautan di seluruh dunia. Perlu diingat juga bahwa perburuan paus mungkin telah mengurangi populasi paus jenis ini.

4. Paus Sikat

Right Whale

* sumber: www.goodfreephotos.com

Paus sikat sebenarnya adalah kumpulan dari tiga spesies ikan paus yang sangat mirip, yaitu paus sikat Atlantik Utara, paus sikat Pasifik Utara dan paus sikat Pasifik Selatan. Ciri-ciri dari hewan ini adalah memiliki tubuh yang bundar, lubang sembur berbentuk huruf V serta kulit yang sangat gelap (disebut juga sebagai paus hitam).

Tubuh paus sikat dapat tumbuh hingga memiliki panjang 18 meter dan berat mencapai 100 ton bahkan lebih. Paus sikat terbesar yang pernah diketahui memiliki panjang sekitar 20,7 meter dan berat hingga 135 ton.

5. Paus Kepala Busur

Bowhead Whale

* sumber: commons.wikimedia.org

Paus kepala busur adalah spesies paus yang hidup sepenuhnya di perairan Arktik dan sub-Arktik. Paus ini juga tidak melakukan migrasi untuk mencari makan atau berreproduksi seperti yang umum dilakukan paus lainnya. Paus kepala busur juga dikenal sebagai paus Greenland atau paus Arktik.

Paus kepala busur disebut-sebut sebagai mamalia yang memiliki usia hidup terpanjang dan binatang yang memiliki mulut terbesar. Paus dengan warna gelap dan tanpa sirip punggung ini dapat tumbuh hingga 20 meter panjang dan berat hingga 136 ton.

6. Paus Bungkuk

Humpback Whale

* sumber: pixabay.com

Paus bungkuk adalah salah satu spesies paus yang memiliki tubuh istimewa. Ikan ini mudah dikenali dari bentuk kepalanya yang unik (menonjol) dan sirip dada yang panjang. Paus bungkuk juga mungkin lebih lincah (disebut sebagai hewan akrobatik) daripada kebanyakan spesies paus yang lain. Selain itu mereka sering menghabiskan banyak waktu di permukaan air.

Paus bungkuk biasanya hidup bermigrasi, melahirkan di musim dingin dan mengandalkan simpanan lemak selama perjalanan. Panjang ukuran paus bungkuk dewasa dapat mencapai angka 16 meter dan memiliki berat hingga 36 ton.

7. Paus Sei

Sei Whale

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini adalah jenis paus yang lebih menyukai perairan lepas dan mereka cenderung menghindari perairan kutub dan tropis. Paus jenis ini dapat ditemukan di seluruh samudra yang ada di dunia. Selain itu, paus sei juga termasuk keluarga paus yang suka bermigrasi.

Paus sei dapat dikenali dari warna abu-abu gelap dan tanda putihnya yang tidak beraturan di bagian depan tubuhnya. Paus sei juga memiliki paruh yang sedikit melengkung. Hewan ini dapat tumbuh panjang hingga ukuran 19,5 meter dan berat tubuh mencapai 28 ton.

8. Paus Kelabu

Gray Whale

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/ryanh/

Paus jenis ini dapat memiliki panjang tubuh hingga 15 meter dan berat tubuh hingga 36 ton. Setiap tahunnya hewan ini bermigrasi baik untuk berkembang biak atau mencari makanan. Nama paus ini berasal dari kulitnya yang berwarna gelap dengan pola kelabu ditambah bercak-bercak putih.

Paus kelabu memiliki banyak sebutan lainnya termasuk paus kelabu Pasifik dan paus kelabu California. Hewan ini pernah hidup di kawasan Atlantik Utara sampai abad ke-18. Perburuan paus telah menghilangkan mereka di bagian dunia ini sama sekali.

9. Paus Bryde

Bryde’s Whale

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/noaaphotolib/

Paus bryde diberi nama sesuai dengan nama John Bryde, seorang warga Norwegia yang membantu mendirikan stasiun penangkapan paus pertama di Afrika Selatan pada tahun 1900-an.

Paus jenis ini umumnya ditemukan di lepas pantai Afrika Selatan, tetapi mereka juga ditemukan di tempat-tempat lain seperti perairan Meksiko, Karibia, Hawaii, dan California. Paus bryde yang memiliki warna tubuh abu-abu dapat tumbuh hingga hampir 14 meter panjangnya dan beratnya mencapai 25 ton.

10. Paus Minke

Minke Whale

* sumber: commons.wikimedia.org

Paus ini umumnya memiliki warna hitam, abu-abu gelap atau bahkan sedikit ungu. Paus minke dapat tumbuh hingga ukuran 10 meter panjang dan berat hingga 10 ton. Rata-rata paus minke dapat hidup dalam kurun waktu 30 dan 50 tahun, tapi dalam beberapa kasus mereka mampu bertahan hingga usia 60 tahun.

Nah, itulah beberapa daftar ikan paus terbesar yang ada di dunia ini. Mereka dikategorikan dari ukuran panjang dan juga berat badannya. Selain daftar di atas, masih ada lagi spesies ikan paus yang hidup di lautan. Karena jumlah ikan paus terus mengalami penyusutan, semoga perburuan ikan ini segera dihentikan agar terhindar dari kepunahan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar