bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Jenis Ikan Mas Koki Termahal dengan Tampilan yang Unik

10 Jenis Ikan Mas Koki Termahal dengan Tampilan yang Unik

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 12 Februari 2021

Ikan mas koki adalah salah satu ikan air tawar yang kerap dipelihara sebagai ikan hias akuarium. Selain karena bentuknya yang indah, ikan mas koki juga memiliki warna yang mempesona. Ikan mas koki sendiri termasuk dalam keluarga Cyprinidae. Ikan mas koki sendiri dapat dibedakan berdasarkan bentuk fisik, warna, kepala, mata, hingga sirip dam ekornya.

So, beberapa jenis ikan mas koki yang akan Bacaterus bahas kali ini termasuk ke dalam jenis ikan mas koki berharga mahal dan juga unik. Nah, jenis apa saja itu? Yuk, simak ulasannya dalam artikel di bawah

1. Ranchu

Ranchu

* sumber: udtirtamasagungabadi.com

Jenis ikan mas koki termahal pertama adalah ikan mas koki Ranchu. Ikan koki ini dihargai sekitar Rp 30.000 untuk setiap ekor berukuran sekitar 5-10 cm. Ikan koki Ranchu termasuk jenis ikan hias yang cukup populer di Indonesia. Di Jepang sendiri ikan koki satu ini disebut sebagai Raja ikan mas.

Ikan mas koki Ranchu memiliki karakteristik warna sisik sedikit pucat dengan corak berwarna merah pada bagian kepala. Ikan koki ini bertubuh gemuk, sementara sirip dan ekor ikan mas ini jauh lebih pendek dibanding dengan jenis koki lain. Meskipun demikian, ikan ini cukup disukai karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan.

2. Pom-Pom

Pom-Pom

Ikan mas koki jenis lainnya yang juga terbilang mahal adalah Ikan mas koki Pom-pom atau yang dikenal dengan nama koki Hana Fusa. Ikan koki ini memiliki karakteristik warna pucat dengan daging yang tumbuh pada bagian hidung, bahkan mampu melewati rahang.

Ikan koki Pom-pom cukup dimintai oleh para kolektor ikan hias karena bentuknya yang unik dan menarik. Harga yang ditawarkan untuk satu ekor ikan yang memiliki ukuran 5-7 cm sekitar Rp 30.000. Nah, jika kamu salah satu pecinta ikan hias unik, maka ikan koki satu ini wajib untuk kamu miliki.

3. Fantail Goldfish

Fantail Goldfish

Selanjutnya ada Ikan mas koki Fantail Goldfish. Jenis ikan koki ini adalah salah satu ikan yang juga memiliki banyak peminat. Ikan koki ini memiliki karakteristik tubuh berbentuk bulat dengan kedua sirip dan ekor yang berukuran cukup panjang berwarna merah serta kuning keemasan. Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 10-15 cm.

Nah, dinamakan ikan koki ekor kipas karena bentuk ekornya yang mirip dengan kibasan kipas ketika berada di dalam air. Harga satu ekor ikan berukuran 3-5 cm untuk jenis ini sekitar Rp 30.000.

4. The White Telescope

The White Telescope

The White Telescope adalah satu dari jenis koki teleskop yang juga dikenal memiliki harga cukup mahal. Dibandingkan dengan jenis ikan teleskop lain, ikan jenis ini memang kerap menjadi buruan para pecinta ikan mas koki hias karena sisik pada tubuhnya berwarna putih bersih.

Ikan koki ini memiliki karakteristik fisik berbentuk bulat dengan bagian mata menonjol keluar sebagai ciri khas ikan teleskop. Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 20 cm. Nah, harga satu ekor ikan jenis ini dibanderol sekitar Rp 40.000 untuk ukuran 5-10 cm.

5. Bubble Eye

Bubble Eye

* sumber: enacademic.com

Berikutnya terdapat ikan koki Bubble Eye. Nama Bubble Eye sendiri disematkan pada ikan koki jenis ini karena memiliki bentuk mata yang besar mirip dengan sebuah gelembung. Bubble Eye termasuk jenis ikan koki yang unik dan banyak dicari para penggemar Ikan hias.

Meskipun demikian, Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan yang rentan bila terkena benturan. Bubble Eye sendiri memiliki beragam warna yang cukup menarik. Ikan ini mampu tumbuh hingga 7-10 cm. Nah, jika kamu tertarik memelihara ikan ini, maka kamu perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 40.000 untuk satu ekor ikan berukuran 5-7 cm.

Baca juga: 13 Jenis Ikan Mas untuk Konsumsi dan Akuarium yang Populer

6. Tamasaba

Tamasaba

* sumber: fishkeepingnews.com

Tamasaba atau disebut juga dengan ikan koki Mackerel adalah salah satu jenis koki yang terbilang mahal. Berbeda dengan jenis ikan koki lain yang memiliki ekor ganda, Tamasaba memiliki ekor tunggal. Nah, karena bentuk ekornya mirip dengan ikan Mackerel, maka ikan ini pun disebut dengan ikan mas koki Mackerel.

Di Jepang sendiri ikan satu ini lebih dikenal dengan nama ikan mas koki Sabao. Karakteristik ikan ini berbentuk bulat dengan sisik  berwarna putih, merah, atau perpaduan keduanya. Di pasaran ikan jenis ini dihargai sekitar Rp 45.000 untuk satu ekor ikan berukuran 5-10 cm

7. Oranda

Oranda

* sumber: bluegrassaquatics.com

Nah, ikan mas koki berharga mahal selanjutnya adalah ikan mas koki Oranda. Oranda adalah jenis ikan koki yang banyak dipelihara di berbagai negara yang ada di dunia. Oranda memiliki benjolan pada kepala yang cukup besar dengan warna tubuh yang bervariasi.

Ikan ini cukup diminati oleh para kolektor ikan hias karena bentuk fisiknya yang menarik. Oranda sendiri adalah jenis ikan koki yang berasal dari negara Asia seperti Jepang dan China. Harga untuk ikan jenis ini sekitar Rp 50.000 untuk satu ekor ikan berukuran 5-10 cm.

8. The Curled Gill

The Curled Gill

Nah, jika kita berbicara Ikan koki termahal, maka ikan koki The Curled Gill adalah salah satunya. Ikan koki ini memiliki bentuk yang cukup unik, dimana insang yang ada di kedua sisi kepalanya terlihat terbalik. Karena itu pula koki ini jika dikenal dengan nama Reversed-Gill Goldfish.

Selain memiliki ekor dan sirip menjuntai yang membuatnya semakin mempesona. Ikan ini juga memiliki karakteristik warna sisik yang cerah dan mengkilat. Karena keunikan yang dimilikinya, ikan mas koki Curled Gill sendiri memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran, yaitu sekitar Rp 50.000 per ekor untuk ukuran 7-10 cm.

9. Lion Head

Lion Head

* sumber: commons.m.wikimedia.org

Ikan termahal berikutnya ditempati oleh ikan mas koki Lion Head. Bentuk kepalanya yang besar memang membuat ikan ini banyak disukai oleh pecinta ikan hias. Ikan koki Lion Head sendiri memiliki karakteristik fisik cukup besar dengan kepala mirip dengan buah raspberry.

Ikan Lion Head tidak memiliki sirip belakang. Nah, ikan ini merupakan hibrida antara Lion Head dan ikan koki mas Ranchu. Ikan ini bisa tumbuh mencapai ukuran panjang sekitar 10-16 cm. Harga yang ditawarkan untuk jenis koki ini adalah sekitar Rp 50.000 untuk ukuran 5-7 cm.

10. Fancy Panda

Fancy Panda

* sumber: www.shpock.com

Nah, ikan termahal selanjutnya ditempati oleh ikan koki Fancy Panda. Ikan koki ini terbilang ikan yang paling mahal diantara jenis ikan koki yang lain. Harga untuk satu ekor berukuran 3-10 cm bisa dihargai Rp 100.000. Fancy Panda dikenal karena warnanya yang cukup unik, yaitu perpaduan antara hitam putih mirip Panda.

Ikan ini memiliki ekor yang cukup lebat serta bisa tumbuh hingga berukuran sekitar 20-30 cm. Ikan jenis ini adalah salah satu ikan langka yang cukup menjadi incaran para kolektor ikan hias. So, jika kamu salah satu peminat ikan mas koki, maka koki ini menjadi salah satu yang harus dimiliki.

Demikianlah 10 Ikan mas koki termahal dan juga unik yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Meskipun berharga mahal, namun sebagai pecinta ikan hias, hal tersebut tentu bukan sebuah masalah. Nah, kira-kira ikan koki mana yang menurut kamu paling menawan? Tulis komentarmu di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram