Bacaterus / Binatang / Ngeri! Ini Dia Daftar Spesies Ikan Lele Terbesar di Dunia

Ngeri! Ini Dia Daftar Spesies Ikan Lele Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Kamu pasti tahu ikan lele, kan? Yang doyan makan pecel lele pasti tahu bagaimana bentuk ikan ini. Lele atau dalam bahasa Inggris disebut dengan catfish adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar yang umumnya dikenal karena tubuhnya yang licin dan kepala berkumis.

Lele adalah salah satu ikan komersial yang banyak peminatnya. Hidangan lokal Indonesia populer yang bahan utamanya ikan lele adalah pecel lele. Pedagang pecel lele dapat dengan mudah ditemukan di berbagai kota kecil dan besar di seluruh Indonesia. Selain nikmat, harga pecel lele juga sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Rata-rata ukuran ikan lele yang dijual di pasaran ukurannya kecil-kecil. Satu ikan pada pecel lele biasanya disajikan untuk satu orang saja. Akan tetapi, di dunia ini banyak sekali jenis ikan lele dengan berbagai ukuran.

Mekong giant catfish yang hidup di Sungai Mekong di Thailand misalnya. Lele tersebut dilaporkan mampu tumbuh hingga ukuran 3 meter panjang dan berat hingga 350 kilogram! Spesies lele ini disebut-sebut sebagai ikan lele terbesar di dunia. Dan masih banyak lagi spesies ikan lele raksasa lainnya di dunia seperti yang akan dibahas Bacaterus di bawah ini.

1. Mekong Giant Catfish

Mekong Giant Catfish

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/lynnylchan/

Mekong giant catfish atau lele raksasa Sungai Mekong adalah spesies ikan lele terbesar di dunia. Pada tahun 2005, Mekong giant catfish pernah masuk daftar pertama ikan air tawar terbesar di dunia versi Guinness World Record. Ikan ini terbilang cepat tumbuh besar. Dalam kurun waktu 6 tahun saja, seekor Mekong giant catfish dapat tumbuh hingga ukuran berat 150 sampai 200 kilogram.

Lele raksasa Sungai Mekong terbesar yang pernah tertangkap memiliki panjang 2,7 meter dan berat 293 kilogram. Lokasi penangkapan ikan lele betina tersebut ada di utara Thailand. Hingga saat ini belum ada Mekong giant catfish lainnya yang tertangkap dengan ukuran lebih besar dari ini.

2. Wels Catfish

Wels Catfish

* sumber: opencage.info

Wels catfish adalah ikan lele yang berasal dari benua Eropa bagian tengah, selatan, dan timur. cekungan Laut Baltik, Laut Hitam, dan Laut Kaspia. Ikan lele wels biasanya hidup di danau-danau besar yang hangat dan sungai yang dalam dan mengalir lambat. Lele jenis ini dapat dengan mudah dikenali dari mulutnya yang berukuran besar.

Wels catfish dipercaya mampu tumbuh hingga ukuran panjang 5 meter dan berat maksimal di atas 300 kilogram. Hanya saja lele wels dengan ukuran demikian sangat sulit ditemukan di zaman sekarang. Umumnya ikan lele wels yang ditangkap saat ini berukuran panjang 1,3 – 1,6 meter dengan berat 15 – 20 kg.

Wels catfish terbesar yang pernah tercatat memiliki ukuran 2,67 meter panjang dan 127 kg berat. Ikan itu tertangkap pada tahun 2015 di Po Delta, Italia.

3. Brachyplatystoma Filamentosum

Brachyplatystoma Filamentosum

* sumber: commons.wikimedia.org

Brachyplatystoma filamentosum adalah spesies ikan lele yang hidup di Amerika Selatan, seperti di cekungan Amazon dan Orinoco serta habitat air tawar dan air payau lainnya di kawasan tersebut. Selain sebagai makanan, ikan lele yang masuk genus brachyplatystoma ini sering dijadikan ikan akuarium dalam batasan tertentu.

Ikan lele jenis ini mampu tumbuh hingga panjang 3,6 meter dan berat mencapai 200 kg. Rekor lele brachyplatystoma filamentosum terbesar yang pernah tertangkap memiliki ukuran panjang sekitar 2 meter dan berat mencapai 155 kilogram. Ikan tersebut ditangkap pada tahun 2009 oleh seorang Brazil yang bernama Jorge Masullo de Aguiar di Rio Solimoes, Brazil.

4. Blue Catfish

Blue Catfish

* sumber: commons.wikimedia.org

Blue catfish atau lele biru adalah spesies lele terbesar yang ditemukan di Amerika Utara. Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 165 cm (rata-rata sekitar 64 cm – 117 cm) dan berat 68 kg. Lokasi utama tempat tinggal lele biru ini adalah di drainase Sungai Mississippi, termasuk Sungai Missouri, Ohio, Tennessee, Arkansas, Rio Grande, dan ke daerah selatan di sepanjang Gulf Coast ke Belize dan Guatemala.

Rekor blue catfish terbesar ditangkap pada tahun 2011 di Kerr Lake, Virginia oleh seorang pria bernama Richard Nicholas Anderson. Lele biru besar ini berbobot 65 kilogram dan panjang 1,45 meter. Anderson membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menangkap ikan lele biru raksasa tersebut.

5. Redtail Catfish

Redtail Catfish

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/mathiasappel/

Redtail catfish atau lele ekor merah adalah jenis lele pimelodid atau berkumis panjang. Di negara Venezuela lele ini terkenal dengan sebutan camaro, dan di Brazil disebut dengan nama pirarara. Spesies ikan lele ini biasa ditemukan di perdagangan ikan hias atau aquarium untuk ukuran yang kecil-kecil saja.

Lele ekor merah dapat tumbuh hingga 1,8 meter panjang dan berat 80 kilogram. Lele besar berwarna-warni ini memiliki punggung berwarna kecoklatan, dengan sisi kuning dan sirip punggung dan ekor berwarna oranye-merah. Pada tahun 2010 Gilberto Fernandes mendapatkan redtail catfish terbesar yang pernah tertangkap dengan ukuran 1,4 meter panjang dan berat 56 kg.

6. Goonch Catfish

Goonch Catfish

* sumber: commons.wikimedia.org

Disebut juga dengan nama ikan lele iblis raksasa (giant devil catfish), goonch catfish adalah spesies ikan lele yang hidup di sungai-sungai di Asia Selatan. Lele ini juga ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan tapi kemungkinan adalah spesies ikan lele lainnya.

Lele goonch dapat memiliki panjang tubuh hingga 2 meter dan berat 90 kilogram. Jakub Vágner, pembawa acara “Warrior Fish” dari National Geographic adalah pemilik rekor untuk lele goonch terbesar yang pernah ditangkap. Goonch catfish yang ia tangkap berbobot 75 kilogram dan panjang sekitar 1,57 meter. Binatang itu ditangkap di Sungai Ramganga di India pada tahun 2009.

7. Flathead Catfish

Flathead Catfish

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/usfwsmidwest/

Flathead catfish memiliki banyak sebutan lainnya seperti yellow cat, mud cat, shovelhead cat, johnnie cat, goujon, appalachian, dan opelousas. Ikan lele ini mampu tumbuh dengan ukuran 1,55 meter panjang dan 56 kilogram berat. Dalam mencari makan, lele flatheads lebih memilih mangsa hidup seperti ikan lainnya, serangga, cacing annelid, dan krustasea.

Pada 14 Mei 1998, seekor lele flathead terbesar tertangkap di Elk City Reservoir, Kansas. Ikan yang ditangkap pada tanggal 19 Mei 1998 tersebut memiliki berat 56 kg dan panjang 1,55 meter.

8. Gilded Catfish

Gilded Catfish

* sumber: opencage.info

Disebut juga dengan nama jau, ini adalah ikan lele yang hidup di wilayah Amerika Selatan. Ikan ini berasal dari cekungan Orinoco dan Amazon serta umumnya ditemukan lebih ke hulu, di dasar utama anak sungai besar dengan dasar berlumpur.

Gilded catfish mampu tumbuh panjang mencapai 140 cm dan berat 50 kg. Ikan yang sebagian besar bersifat piscivora ini biasanya berburu di malam hari, dan kadang-kadang pergi ke daerah rawan banjir di sungai.

9. Tiger Shovel Nose Catfish

Tiger Shovel Nose Catfish

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/nostri-imago/

Spesies ikan lele ini hidup di basin Sungai Amazon di negara-negara seperti Brazil, Peru, Venezuela, dan Paraguay. Di daerah asalnya ikan ini bisa tumbuh lebih dari 60 kilogram dengan panjang maksimal hingga 90 cm. Tiger shovel nose catfish adalah salah satu sport fish di Amazon dan disebutkan memiliki rasa yang lezat.

10. Channel Catfish

Channel Catfish

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/ideonexus/

Ini adalah spesies lele yang paling banyak di kawasan Amerika Utara. Di Amerika Serikat, mereka adalah spesies ikan lele yang paling banyak ditangkap dengan sekitar 8 juta pemancing menargetkan mereka setiap tahunnya. Channel catfish dapat tumbuh dengan bobot sekitar 18 hingga 23 kilogram. Rekor terbesarnya dengan 26,3 kg ditangkap pada 7 Juli 1964 di Santee-Cooper Reservoir, South Carolina, Amerika Serikat.

Itulah beberapa daftar spesies ikan lele terbesar di dunia. Urutan pada bahasan ini dibuat berdasarkan ukuran ikan lele terbesar yang pernah tertangkap. Jika ada lele lain dengan ukuran jumbo yang belum disebutkan di sini, silahkan isi di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar