Bacaterus / Ikan Hias / 7 Jenis Ikan Komet Termahal untuk Peliharaan di Rumah

7 Jenis Ikan Komet Termahal untuk Peliharaan di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memelihara ikan hias di tengah situasi pandemi seperti ini merupakan sebuah hobi yang efektif untuk mengisi waktu luang. Pemeliharaan ikan hias yang rata-rata tidak terlalu kompleks membuat banyak orang memilih hobi ini sebagai penghilang rasa bosan ketika harus terus berada di rumah.

Ada berbagai jenis ikan hias yang biasa dipelihara. Kalau kamu menginginkan ikan hias yang cukup kuat kamu bisa memilih ikan komet sebagai ikan hias peliharaanmu. Ikan komet adalah jenis ikan hias air tawar dengan kemampuan bertahan hidup yang baik. Ia tidak harus diberi perawatan khusus untuk hidup. Namun, tetap perhatikan kebersihan kolam ikanmu.

Apa Itu Ikan Komet?

Apa Itu Ikan Komet

* sumber: goldfisho.com

Carassius Auratus atau yang popular dengan nama ikan komet merupakan ikan hias terkenal di kalangan pencinta ikan hias dan pencinta ikan hias biasa. Ikan komet punya warna sisik dan ekor yang indah berwarna-warni serta gerakan yang unik saat berenang.

Ia punya ekor panjang yang melambai seperti komet. Itulah sebabnya ikan ini akhirnya dinamai ikan komet, karena ekor ikan ini menyerupai komet yang terbakar di angkasa.

Di alam liar, ikan komet biasanya hidup di danau atau kolam dan di perairan yang tidak terlalu dalam. Awalnya, ikan ini mulai dikembang biakan di Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an.

Saat itu ikan komet dipelihara di kolam terbuka, bukan di akuarium seperti sekarang. Dilihat dari jenisnya, ikan komet masih berkerabat dengan ikan mas dan merupakan jenis ikan koki tertua.

Ikan komet dijadikan peliharaan sebab daya tahannya yang baik dan warna sisiknya yang cantik. Ikan komet adalah jenis ikan hias yang dapat berumur panjang. Jika dipelihara dengan baik ia dapat hidup sampai 14 tahun.

Ikan hias ini adalah ikan yang aktif bergerak dan gemar mengeksplorasi sekitar. Kamu tidak akan menemukan ikan ini diam dalam waktu yang cukup lama. Ia adalah ikan perenang cepat yang dapat menghabiskan waktunya untuk mengenali lingkungannya.

Ada satu kepercayaan unik dari ikan ini. Ia adalah ikan yang mampu mengenali pemiliknya sendiri dan mengingat lingkungan tempat ia tinggal. Jika kamu sering menghabiskan waktu bermain bersama ikan hias ini, ia pasti hapal denganmu.

Agar ikan komet peliharaanmu betah, kamu dapat rutin mengganti dekorasi akuariummu supaya ia tidak merasa bosan menjelajahi lingkungan akuarium yang sama setiap hari. Dekorasi akuarium yang baru dapat membangkitkan kegemarannya menjelajahi lingkungan.

Ikan komet juga terkenal dengan agresivitasnya terhadap makanan. Ia akan bersikap sangat kompetitif saat diberi pakan. Agar ikan tidak berkelahi ketika kamu memberi makan, sebaiknya beri pakan di kedua sisi akuarium agar ikan tidak terkonsentrasi di satu titik.

Jenis Ikan Komet Termahal

Jenis Ikan Komet Termahal

* sumber: fisharoma.com

Semakin langka dan unik warna sisiknya, harga ikan hias bisa semakin mahal. Harga ikan komet biasa memang relatif murah. Bahkan ada yang dijual dengan harga Rp 2.000. namun, untuk jenis ikan yang bagus harga satu ekornya sangat tinggi.

1. Ikan Komet Rain Garden

Ikan Komet Rain Garden

* sumber: satriahewan.com

Ciri khas ikan ini adalah warna putih yang menyelimuti seluruh sisik ikan beserta siripnya. Tubuhnya ramping dan dengan ekor berbentuk komet. Rain garden dikenal juga sebagai ikan albino sebab ia tidak mempunyai pigmen di tubuhnya.

Keunggulan lain ikan ini adalah bentuk ekornya yang tergolong double-tailed. Ikan yang memiliki ekor seperti ini terlihat elegan ketika berenang di dalam akuarium. Harga ikan ini dijual mulai dari Rp 25.000 – Rp 30.000 untuk satu ekornya.

2. Ikan Komet Kuning

Ikan Komet Kuning

* sumber: meethepet.com

Ikan ini diberi nama ikan komet kuning sebab ia mempunyai warna kuning pada seluruh tubuhnya. Warna kuning khas yang indah jika terkena pantulan cahaya merupakan keunggulan ikan komet jenis ini.

Ikan komet kuning termasuk jenis ikan berekor ganda. Ekornya yang seperti selendang melambai dengan anggun memancarkan kemilau kuning yang indah. Ikan ini termasuk mudah dipelihara dan tidak rewel.

Banyak pecinta ikan hias yang tertarik membudidayakan ikan ini untuk dijual maupun dijadikan hiasan akuarium karena kesederhanaan perawatannya. Di pasaran harga ikan ini dijual mulai dari Rp 10.000 – Rp 40.000.

3. Ikan Komet Shubunkin

Ikan Komet Shubunkin

* sumber: satriahewan.com

Ikan komet Shubunkin merupakan jenis ikan yang mempunyai warna eksklusif. Warna corak standar ikan ini terdiri dari warna merah, oranye, biru, putih dan hitam.

Coraknya cantik dan paduan warnanya sangat mengagumkan sehingga terlihat berkelas. Ada dua jenis ikan komet shubukin, yaitu shubukin merah dan calico shubukin. Kedua ikan ini dibedakan dengan warna coraknya.

Ikan calico shubunkin mempunyai warna putih yang khas di bagian kepala dan siripnya, sedangkan shubunkin merah mempunyai binti merah pada siripnya. Bintik-bintik ini menyebar dari kepala hingga ekor ikan. Untuk harga, dijual mulai dari Rp 10.000 – Rp 40.000.

4. Ikan Komet Tancho

Ikan Komet Tancho

* sumber: jogjagarden.com

Ikan komet tancho memiliki kemiripan dengan ikan komet sarasa. Ikan hias ini mempunyai warna silver pada keseluruhan tubuhnya. Termasuk warna sirip dan ekor ikannya.

Namun, warna putih pada tubuh ikan komet tancho diselingi dengan corak merah pada bagian ujung kepala ikan hias ini. Ikan ini termasuk jenis ikan berekor tunggal. Ekor tunggal yang berkibar ketika berenang membuat penampilan ikan ini terlihat cantik.

Itulah sebabnya ia banyak digemari oleh para pecinta ikan hias. Sayangnya harga ikan ini cukup mahal. Satu ekor ikan komet tancho dewasa dijual dengan harga Rp 40.000 per ekor.

5. Ikan Komet Hitam Putih

Ikan Komet Hitam Putih

* sumber: jogjagarden.com

Corak berwarna hitam dan putih pada ikan hias ini terlihat cantik jika dilihat dari atas akuarium. Ikan ini mempunyai ekor ganda yang menjuntai cukup panjang. Warna ekornya pun bercorak sama dengan warna pada sisiknya, hitam dan putih.

Ikan ini termasuk jenis yang cukup langka di pasaran. Para pecinta ikan hias jarang ada yang bisa menemukan ikan ini di pasaran. Harga ikan ini cukup mahal. Ia dijual dengan harga Rp 20.000 – Rp 40.000 satu ekor.

6. Ikan Komet Hitam

Ikan Komet Hitam

* sumber: aquapedia.id

Warna hitam adalah warna klasik yang tidak akan pudar oleh zaman. Benda-benda berwarna hitam cenderung abadi dan berkelas. Hal tersebut berlaku pada ikan hias komet berwarna hitam legam ini.

Ikan komet hitam merupakan satu dari ornamen akuarium yang paling cantik. Warna  legamnya sangat mencolok dan indah. Ikan komet ini adalah ikan hias yang pas untuk mengisi akuariummu.

Ikan komet hitam adalah salah satu ikan hias yang popular dan paling dikenal. Ia banyak dibudidayakan oleh para hobbist ikan hias. Harga ikan ini berkisar Rp 10.000 – Rp 60.000. harganya memang relatif tinggi. Namun, sebanding dengan kepuasan memelihara ikan ini.

7. Ikan Komet Harimau

Ikan Komet Harimau

* sumber: sukaikan.com

Ikan komet yang mempunyai corak belang mirip harimau ini merupakan ikan komet termahal. Corak belangnya terdiri dari warna kuning dan putih yang mewarna seluruh sisik di tubuh ikan mungil ini.

Ikan harimau adalah ikan primadona di antara jenis ikan komet. Ikan ini termasuk langka di pasaran oleh sebabnya harganya mahal dan sedikit orang yang bisa mendapatkannya. Selain itu, penyebaran ikan ini tidak merata. Ia cuma dapat ditemukan di kota-kota besar.

Saking sulitnya mendapatkan ikan komet harimau ini ikan ini dibanderol mulai dari Rp20.000-Rp 70.000 per ekor.

Cantik bukan? Tertarik memelihara ikan hias di rumahmu? Pastikan kamu menempatkannya pada akuarium yang cukup untuk memuat ikan komet pilihanmu. Perhatikan juga sirkulasi oksigen dan kebersihan akuariumnya agar ikan-ikan kesayanganmu tumbuh sehat dan panjang umur.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *