bacaterus web banner retina

10 Jenis Ikan Hias yang Bisa Memakan Kotoran di Akuarium

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Membersihkan akuarium adalah aktivitas yang cukup menyita waktu. Namun, bila kegiatan tersebut tidak dilakukan, maka bukan tidak mungkin akuarium yang tadinya indah berubah menjadi kotor, keruh, atau bahkan mengeluarkan bau tak sedap yang disebabkan penumpukan alga atau kotoran ikan itu sendiri.

Oleh karena itu kamu pun harus rajin membersihkan akuarium supaya kebersihan dan keindahan tetap terjaga. Nah, jika hal itu terasa berat, maka kamu juga bisa memanfaatkan beberapa jenis ikan pemakan kotoran untuk menjaga akuarium. Nah, jenis ikan apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah.

1. Bristlenose Plecos

Bristlenose Plecos

* sumber: aquaticarts.com

Jenis ikan pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kebersihan akuarium di rumah adalah Bristlenose Plecos. Ikan yang memiliki nama latin Ancistrus temminckii ini kerap dimanfaatkan untuk membersihkan akuarium dari berbagai kotoran. Jenis ikan ini memiliki ukuran cukup besar, yaitu memiliki panjang sekitar 15 cm.

Secara sepintas ikan ini memang terlihat seperti ikan sapu-sapu. Bristlenose Plecos dikenal juga cukup efektif untuk membasmi Green Spot Algae. Selain memiliki manfaat untuk akuarium, perawatan untuk jenis ikan ini pun relatif lebih mudah. So, bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin membersihkan akuarium dari kotoran.

2. Chinesse Algae Eater

Chinesse Algae Eater

* sumber: www.aquariumsource.com

Gyrinocheilus aymonieri atau dikenal juga dengan nama Ikan Chinesse Algae Eater merupakan jenis ikan yang kerap dimanfaatkan untuk menghiasi akuarium. Selain memiliki warna yang indah, jenis ikan ini juga bisa membantu kamu dalam menjaga kebersihan akuarium. Jenis ikan ini cukup efektif untuk menjaga akuarium dari berbagai kotoran dan alga.

Meskipun ikan ini cukup berguna membersihkan akuarium dari berbagai kotoran, namun jenis ikan ini cukup mengganggu bagi ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil darinya. So, kamu harus memperhatikan keberadaan ikan lain yang ada di akuarium sebelum memilih ikan ini sebagai ikan peliharaan.

3. Twig Catfish

Twig Catfish

* sumber: latesttrendsupdates.wordpress.com

Twig Catfish atau dikenal juga dengan nama Whiptail Catfish adalah jenis ikan lainnya yang juga kerap dipilih pada pecinta akuarium sebagai peliharaan. Twig Catfish termasuk jenis ikan yang cukup bersahabat dengan jenis ikan lain yang lebih jinak. Ikan ini cukup efektif dalam membersihkan akuarium mengingat jenis ikan ini sangat menyukai berbagai jenis alga.

Ikan yang mampu berkembang hingga 20 cm ini sangat suka berada di wilayah yang memiliki tempat persembunyiannya. Selain mampu membersihkan kotoran dengan maksimal, ikan ini pun memiliki kemampuan kamuflase yang cukup baik di lingkungan akuarium yang cukup sibuk.

4. Siamese Alga Eater

Siamese Alga Eater

Selimang batu atau Ikan Siamese Alga Eater memiliki nama ilmiah Crossocheilus oblongus. Ikan ini memiliki ciri khas, yaitu garis horizontal dari ekor sampai insang. Siamese Alga Eater juga termasuk jenis ikan yang cukup pandai untuk menyamarkan diri dengan lingkungan akuarium.

Selain memiliki kemampuan adaptasi yang baik dengan jenis ikan pembersih lainnya, ikan ini juga cukup mudah dalam hal perawatan. Untuk ukuran sendiri ikan ini mampu tumbuh hingga mencapai 16 cm.

5. Otocinclus Affinis

Otocinclus Affinis

* sumber: inlandaquatics.com

Ikan Otocinclus Affinis atau Dwarf suckers fish merupakan jenis ikan pemakan kotoran lainnya yang juga banyak dipilih masyarakat untuk akuarium. Berbeda dengan jenis ikan pemberian lainnya yang memiliki ukuran besar. Jenis ikan ini memiliki ukuran kecil, yaitu sekitar 5 cm.

Ikan ini sering dipilih karena cukup baik dalam menghabiskan segala macam kotoran yang ada di akuarium. Ikan ini dikenal sangat suka hidup berkelompok dan juga cukup sulit dalam hal perawatan. Selain itu ikan ini juga tidak mudah beradaptasi dengan ikan yang agresif. Dan yang terpenting pemilik juga harus memperhatikan ketersediaan stok makanan untuk jenis ikan ini.

6. Molly

Molly

* sumber: hewany.com

Ikan yang dikenal memiliki bentuk serta warna menarik ini memiliki nama latin Poecilia sphenops. Masyarakat sendiri kerap menyebut jenis ikan ini dengan sebutan ikan Molly. Selain memiliki penampilan yang mempesona, ikan ini juga cukup berguna untuk membersihkan kotoran yang ada di akuarium.

Ikan ini termasuk jenis ikan yang bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lain.  Meskipun dikenal sebagai ikan pembersih, namun ikan jenis ini bukanlah jenis yang cukup ampuh untuk membasmi alga atau ganggang.

7. Corydoras

Corydoras

* sumber: www.tropicalfishplanet.com

Ikan Corydoras atau masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan ikan lele lapis baja adalah jenis ikan pemakan kotoran lainnya yang juga sering dimanfaatkan untuk kebersihan akuarium. Ikan Corydoras diketahui sangat menyukai lumut dan alga. Ikan Corydoras sendiri merupakan jenis ikan pendiam dan bersahabat dengan jenis ikan lain yang ada di dalam akuarium.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun ikan ini mampu memakan berbagai kotoran dalam akuarium, termasuk sisa makanan dari ikan lain yang berceceran di dasar akuarium. Cukup membantu, bukan!

8. Siamese Flying Fox

Siamese Flying Fox

* sumber: ourmarinespecies.com

Silimang batang atau ikan Siamese Flying Fox adalah jenis ikan yang termasuk dalam keluarga Cyprinidae atau ikan mas. Ikan dengan nama ilmiah Crossocheilus oblongus merupakan jenis ikan yang sering dipilih masyarakat untuk membantu membersihkan akuarium karena perawatannya yang cukup mudah dan sederhana.

Selain memiliki kemampuan adaptasi yang baik dengan jenis ikan lain. Ikan ini juga mampu melahap berbagai jenis alga dan sisa makanan dari ikan lain. Hal itu tentu cukup membantu bagi pemilik akuarium dalam hal kebersihan.

9. Brushmouth

Brushmouth

* sumber: arenahewan.com

Ikan Brushmouth adalah ikan yang termasuk dalam jenis ikan Pleco atau sapu-sapu. Ikan yang banyak ditemukan di Amerika Selatan ini cukup efektif dijadikan sebagai ikan peliharaan untuk menjaga kebersihan akuarium dari kotoran atau alga.

Ikan Brushmouth memiliki warna yang cukup menarik sehingga sering dimanfaatkan sebagai ikan hias. Ikan ini sendiri memiliki kebiasaan untuk menempel di dinding atau tumbuhan yang terdapat di akuarium.

10. Platty

Platty

* sumber: commons.m.wikimedia.org

Jenis ikan lain yang juga menarik untuk kamu pelihara adalah ikan Platty. Ikan Platty merupakan jenis ikan hias yang memiliki warna cukup menarik. Selain cocok digunakan sebagai Ikan hias, jenis ikan ini juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran akuarium.

Bentuk ikan Platty sendiri hampir mirip dengan ikan Molly. Hanya saja dari segi warna ikan Platty memiliki warna yang cenderung gelap. Ikan ini juga dikenal mudah untuk membaur dengan Ikan lain. Meskipun efektif membersihkan kotoran pada akuarium, namun ikan ini sendiri lebih sering dimanfaatkan sebagai ikan hias daripada sebagai ikan pembersih.

Nah, itulah 10 Jenis-jenis ikan pemakan kotoran di akuarium yang telah berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Selain memiliki bentuk yang mempesona, Ikan-ikan yang telah dibahas di atas dapat membantu pekerjaan untuk membersihkan akuariummu di rumah. Jika ada jenis ikan lain yang kamu tahu, maka kamu bisa share hal tersebut di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram