bacaterus web banner retina

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 7 Agustus 2021

Ikan hias air tawar kerap dipilih untuk menghiasi akuarium atau kolam buatan yang ada di rumah. Ikan air tawar sendiri terdiri dari beragam jenis. Meskipun demikian, tidak semua jenis ikan hias air tawar cocok satu sama lain. Beberapa ikan hias bahkan kerap kali memangsa dan mengganggu jenis ikan lain.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu harus tahu beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu akuarium. Jenis ikan apa saja itu? Yuk, kita bahas satu-satu dalam artikel yang telah Bacaterus siapkan khusus untuk kamu. Berikut adalah daftarnya.

1. Guppy

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 1

* sumber: aquariumtidings.com

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang bisa kamu pilih untuk akuarium yang ada di rumah. Ikan bernama ilmiah Poecilia reticulate ini dikenal oleh para penggemar ikan hias karena memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Ikan ini dikenal bisa membaur dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.

Nah, selain bersahabat, jenis ikan ini juga terbilang mudah dalam hal perawatan. Masyarakat sendiri kerap menjadikan ikan hias ini sebagai peliharaan karena bisa mencegah jentik nyamuk di dalam akuarium. Masyarakat Tanah Air sendiri kerap menyebut ikan berukuran kecil ini dengan nama ikan cetul.

2. Corydoras

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 3

* sumber: www.leopardaquatic.com

Ikan air tawar selanjutnya yang banyak dipilih karena kemampuan adaptasinya yang baik adalah ikan corydoras. Ikan ini dikenal memiliki kumis yang cukup khas. Masyarakat sendiri kerap menyebut jenis ikan ini dengan sebutan ikan lele lapis baja.

Corydoras sendiri kerap dipilih oleh para pecinta akuarium sebagai ikan hias karena memiliki corak yang menarik dan juga unik. Selain dapat membantu menangani kebersihan akuarium, pembawaan ikan yang tenang dan cukup bersahabat dengan jenis ikan lain menjadi alasan bagi para kolektor untuk memelihara ikan jenis ini.

3. Cupang

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 5

* sumber: www.pikiran-rakyat.com

Ikan cupang atau Betta sp adalah ikan hias air populer di kalangan para pecinta ikan hias air tawar. Ikan cupang memiliki beragam jenis spesies yang tersebar di berbagai wilayah Asia. Selain karena coraknya yang menarik, ikan jenis ini dikenal cukup bersahabat dengan jenis ikan lain.

Ikan cupang sendiri dikenal juga karena kemampuan bertahan hidup yang cukup baik. Meskipun ikan ini ditempatkan di akuarium dengan pasokan udara yang minim, ikan cupang mampu bertahan hidup. Nah, untuk perawatannya sendiri cukup mudah. Ikan ini biasa memakan cacing dan juga jentik nyamuk.

4. Manfish

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 7

* sumber: aquascape-design.blogspot.com

Ikan manfish atau angelfish adalah jenis ikan tawar yang memiliki banyak penggemar. Masyarakat sendiri mengenal ikan ini dengan sebutan ikan layang. Ikan berbentuk pipih ini diketahui berasal dari kawasan Amerika Selatan, yaitu perairan Amazon di Brazil dan juga di sekitar Orinoco, Venezuela.

Ikan bernama ilmiah Pterophyllum ini termasuk ke dalam keluarga cichlid. Ikan manfish sendiri memiliki karakteristik fisik berbentuk bulat dengan sirip memanjang ke atas dan bawah. Selain coraknya yang menarik, ikan ini terbilang cukup bersahabat dengan ikan jenis lain.

Ikan manfish sendiri biasa memanfaatkan bentuk serta coraknya untuk berkamuflase dengan tumbuhan atau bebatuan yang ada di sekitarnya.

5. Ikan Koki

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 9

* sumber: www.ikanesia.id

Ikan koki adalah jenis ikan mas yang dikenal dengan nama ilmiah Carassius auratus. Ikan hias air tawar ini biasa ditemukan di perairan dangkal dengan aliran air yang cukup tenang dan memiliki udara sejuk.

Ikan mas koki sendiri terdiri dari beragam spesies yang memiliki beragam bentuk yang khas mulai dari mata, perut yang bulat dan besar, benjolan pada kepala serta sirip dan ekor yang cukup memukau. Ikan koki banyak dipilih sebagai ikan hias karena mudah beradaptasi dengan ikan serta memiliki corak dan warna yang indah.

6. Ikan Lemon

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 11

* sumber: ikanhias-indo.blogspot.com

Ikan lemon adalah jenis ikan hias air tawar yang sangat digemari oleh para pecinta ikan hias di seluruh dunia. Ikan lemon dikenal dengan nama electric yellow cichlid atau lemon yellow cichlid. Ikan ini termasuk dalam keluarga cichlid. Ikan lemon dikenal karena ciri khas warna kuning cerah dengan garis hitam horizontal.

Ikan lemon sendiri banyak ditemukan di Danau Malawi, Afrika. Ikan lemon sendiri dikenal sebagai ikan yang cukup jinak dengan jenis ikan lain. Meskipun demikian, ikan ini juga mampu bertindak agresif ketika bertemu dengan ikan lain yang memiliki warna serupa karena dianggap sebuah ancaman baginya.

7. Molly

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 13

* sumber: fishkeepingguide.net

Ikan yang juga cukup baik dalam beradaptasi dengan ikan lain adalah ikan molly. Ikan molly adalah jenis ikan hias air tawar berukuran kecil yang banyak digunakan sebagai ikan hias. Ikan pemilik nama ilmiah Poecilia sphenops ini dikenal karena memiliki banyak kelebihan.

Selain bentuknya yang lucu dan menggemaskan, ikan ini juga sering dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan akuarium. Mengingat ikan jenis ini dikenal sebagai ikan pemakan jentik nyamuk dan juga kehadiran alga yang dapat membuat akuarium tampak keruh dan kotor.

8. Ikan Discus

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 15

* sumber: indodiscus.com

Ikan hias air tawar selanjutnya yang bisa dicampur adalah ikan discus. Pemilik nama ilmiah Symphysodon spp ini termasuk dalam keluarga cichlid. Ikan discus banyak ditemukan di wilayah Sungai Amazon di Amerika Selatan.

Ikan ini memiliki karakteristik fisik berbentuk pipih dengan corak yang menarik, yaitu berwarna hijau, merah, perak dan biru. Ikan ini dikenal mampu tumbuh dengan ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 20-25 cm. Ikan discus sendiri adalah jenis ikan yang cukup kalem. Oleh karena itu ia kerap dicampur dengan jenis ikan hias lain.

9. Ikan Bristlenose

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 17

Ikan bristlenose atau dikenal dengan nama Latin Ancistrus temminckii ini kerap dijadikan sebagai ikan hias karena pembawanya yang cukup tenang dan bersahabat dengan jenis ikan lain. Ikan bristlenose sendiri dikenal sebagai ikan hias yang bisa tumbuh mencapai ukuran panjang sekitar 15 cm.

Secara sepintas ikan bristlenose memang terlihat mirip dengan ikan sapu-sapu. Bristlenose sendiri dikenal karena memiliki corak yang cukup menarik. Nah, selain sebagai ikan hias, bristlenose juga kerap digunakan untuk menjaga kebersihan akuarium dari green spot algae.

10. Ikan Koi

10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium 19

Ikan hias tawar terakhir yang juga dikenal dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya adalah ikan koi. Ikan yang dikenal dengan nama ilmiah Cyprinus carpio ini memiliki sifat yang tenang dan mampu beradaptasi dengan jenis ikan lain. Ikan koi sendiri dikenal dengan pola sisik beragam dan juga indah.

Ikan yang berasal dari Asia ini dikenal juga sebagai ikan pembawa keberuntungan oleh masyarakat Jepang. Nah, di dunia sendiri terdapat beberapa jenis spesies ikan koi yang memiliki beragam corak dan warna yang cukup menarik. Ikan koi sendiri termasuk jenis ikan hias yang memiliki harga jual tinggi.

Nah, itulah 10 ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu akuarium yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Dari beberapa jenis ikan hias di atas, mana yang menjadi favoritmu? Tulis komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram