Bacaterus / Ikan Hias / 10 Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia, Mau Pelihara?

10 Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia, Mau Pelihara?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada yang bilang melihat ikan-ikan hias berenang di akuarium bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Akuarium yang berisi ikan hias juga bisa membuat suasana di dalam ruangan menjadi lebih adem. Namun, untuk pilihan ikan hias sebaiknya pilih saja jenis ikan hias air tawar karena perawatannya mudah.

Kali ini, Bacaterus akan membahas 10 ikan hias air tawar termahal sampai dengan yang termurah di Indonesia. Mungkin rekomendasi ikan-ikan ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mulai memelihara ikan hias air tawar di rumah.

10 Ikan Hias Air Tawar Termahal

1. Koi Jepang

Koi Jepang Ikan Hias Air Tawar Termahal

Dalam budaya Jepang, ikan koi dianggap sebagai makhluk yang mulia. Konon, menurut sejarah Jepang, ikan koi mampu berenang di air terjun besar dengan berani. Hal tersebut yang membuat salah satu ikan hias air tawar termahal ini dianggap sebagai simbol kesuksesan yang diawali dengan kerja keras.

Meskipun ikan koi berukuran kecil bisa diperoleh dengan harga puluhan ribu rupiah saja, tetapi ikan koi yang besar dengan corak yang unik bisa dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Bahkan, ada seekor ikan koi berwarna emas yang dihargai 28 milyar rupiah. Ukuran tangki untuk memelihara ikan koi minimal 1.000 galon. Ikan yang diklaim simbol hoki ini bisa hidup sampai 30 tahun.

2. Arwana

Arwana

Arwana juga bisa dikategorikan sebagai ikan hias air tawar termahal di dunia. Jenis Arwana Platinum bisa dijual dengan harga sekitar 5,5 milyar rupiah. Arwana Platinum bisa dijual dengan harga yang tinggi karena di dalam tubuhnya ditanam microchip.

Ikan ini dikenal dengan sifatnya yang agresif. Baik di alam liar maupun akuarium, ikan ini mampu melompat setinggi 6 kaki di udara untuk meraih mangsanya. Jadi, jangan coba-coba memasukkan jari Anda ke dalam akuarium berisi arwana jika tidak ingin jari Anda cedera. Mengingat ikan ini bisa bertumbuh hingga panjang 3 kaki, sebaiknya arwana disimpan dalam akuarium dengan kapasitas minimal 125 galon.

3. Polkadot Stingray

Polkadot Stingray

Salah satu jenis ikan pari ini memang berbeda dengan ikan pari pada umumnya. Dinamakan polkadot stingray karena tubuhnya yang berwarna hitam dipenuhi lingkaran-lingkaran berwarna putih yang nampak seperti motif polkadot.

Ikan hias air tawar ini berasal dari Amazon. Anda membutuhkan akuarium ukuran 180 galon untuk dapat memelihara seekor ikan polkadot stingray ini. Sifat polkadot stingray adalah semi-agresif. Ikan ini mengandung racun yang dapat menyebabkan manusia mati rasa atau terluka.

Polkadot stingray juga termasuk jenis ikan hias air tawar termahal karena di salah satu pameran di Taiwan, jenis ikan ini ada yang dijual dengan harga 1,4 milyar rupiah.

4. Diskus

Diskus

Bukankah Diskus adalah ikan hias air tawar yang bisa diperoleh dengan budget puluhan ribu rupiah saja? Ya, memang benar jika jenis ikan ini bisa Anda beli dengan harga di bawah 50 ribu rupiah, tetapi diskus dengan warna dan corak yang unik bisa dibandrol dengan harga ratusan ribu sampai belasan juta rupiah.

Diskus merupakan ikan hias favorit dengan sifat yang tenang. Ikan ini hanya bisa bertumbuh dengan panjang maksimal 8-10 inci. Ada beberapa jenis ikan diskus unik yang harganya tidak semurah diskus pada umumnya, yakni angel blue diamond, checker board pigeon, dan snake skin.

5. Lou Han

Lou Han

Flowerhorn atau yang lebih akrab dikenal sebagai ikan lou han merupakan ikan hias air termahal yang banyak dijual di Indonesia. Di awal tahun 2000, ikan yang memiliki benjolan di kepalanya ini sangat booming dan dijual mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Semakin unik corak di kulitnya, maka semakin mahal harga jual ikan lou han ini.

Walaupun saat ini lou han sudah tidak terlalu booming, tapi ikan cantik ini masih bisa Anda peroleh dengan harga yang lebih murah dibanding ketika ikan ini menjadi tren di awal tahun 2000. Perawatan lou han juga terbilang mudah.

6. African Cichlids

African Cichlids

Melihat tampilan African Cichlids, Anda pasti mengira bahwa ikan hias ini merupakan ikan air asin. Akan tetapi, jenis ikan ini biasa hidup di Danau Malawi, danau terbesar ketiga di Afrika yang airnya adalah air tawar.

Sepintas ikan ini memang nampak seperti ikan mujaer. Akan tetapi, kecantikan warna tubuh ikan inilah yang membuatnya pantas dipelihara sebagai ikan hias. Warna ikan ini nampak bersinar seperti glow in the dark. Ada warna kuning, biru, sampai ungu untuk jenis ikan ini. Seekor African Cichlids bisa dijual sampai 1 jutaan rupiah, padahal masyarakat Afrika menjual ikan ini dengan harga yang terjangkau.

7. Red Texas Cichlids

Red Texas Cichlids

Ikan hias air tawar termahal ini nampak mirip dengan African Cichlids dan Lou Han. Ya, Red Texas Cichlids memang masih satu keluarga dengan kedua jenis ikan tersebut. Namun, ternyata Red Texas Cichlids adalah jenis ikan cichlids yang sulit ditemukan. Ikan ini hanya bisa ditemukan di peternak dan itu pun musiman.

Mengingat ikan cantik berwarna merah agak sulit untuk diperoleh, maka para penjualnya bisa memasang harga mahal untuk satu ekor ikan Red Texas Cichlids. Seekor ikan ini bisa dijual dengan harga 2-3 juta rupiah.

8. Guppy Albino Platinum

Guppy Albino Platinum

Yang satu ini bukan ikan guppy biasa, Guppy Albino Platinum memiliki sentuhan warna yang menarik. Hampir seluruh badannya tertutup warna platinum. Yang membuat ikan hias ini nampak semakin cantik adalah kombinasi ekor crown dan ekor slayer yang dimilikinya.

Disebut albino karena ikan ini memang tampak seperti albino, berbeda dari ikan guppy pada umumnya yang berwarna-warni. Guppy Albino Platinum bisa dijual dengan harga sekitar 85 – 100 ribu per ekor.

9. Vampire Tetra

Vampire Tetra

Meskipun ukurannya tidak sebesar arwana, Vampire Tetra merupakan ikan hias air tawar yang sangat agresif. Ikan ini juga memiliki sejumlah gigi yang tajam seperti layaknya vampire. Perlu Anda ketahui bahwa ikan ini membutuhkan perawatan yang sangat intensif karena usianya tidak lama.

Vampire Tetra terbiasa mengonsumsi ikan hidup, bukan ikan beku atau makanan kaleng. Jika ingin memelihara ikan yang harganya bisa mencapai 1 juta rupiah ini sebaiknya pisahkan dengan ikan-ikan hias lainnya.

10. Peppermint Angelfish

Peppermint Angelfish

Tampilan Peppermint Angelfish mungkin terlihat seperti ikan badut. Namun, ikan hias air tawar ini termasuk jenis hewan langka. Hal tersebut tentu kontras sekali dengan ikan badut yang bisa ditemukan dengan mudah. Mengingat ini adalah ikan yang langka, Peppermint Angelfish dijual dengan harga yang sangat mahal. Bahkan, satu ekor ikan ini bisa menyentuh angka 400 juta rupiah!

10 ikan hias air tawar termahal ini bisa Anda pertimbangkan untuk dipelihara. Jika memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk turut membeli salah satu jenis ikan hias ini untuk diletakkan di akuarium Anda. Ingin mencari aquascape untuk mempercantik akuarium Anda? Cek artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat

  2. Ikan arwana tetap di hati…. Eksotik tiada tanding hhihih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *