bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka dan Hampir Punah

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka dan Hampir Punah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 6 Desember 2020

Memiliki akuarium atau kolam yang berisi ikan hias bisa menjadi alternatif hiburan saat kamu merasa penat. Ikan-ikan hias ini disukai karena memiliki penampilan yang cantik. Ikan hias bisa berupa ikan air tawar atau air laut. Jika kamu sudah mengenal ikan arwana, ikan ini merupakan ikan hias air tawar langka yang banyak digemari. Selain arwana, masih banyak ikan hias air tawar langka lainnya.

Apakah kamu tertarik untuk mengoleksi ikan hias air tawar di rumahmu? Kalau begitu, jangan lewatkan mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar langka berikut ini.

1. Ikan Pelangi

Ikan Pelangi

* sumber: www.aquariumdomain.com

Ikan hias air tawar yang memiliki warna seperti warna pelangi adalah rainbow fish atau ikan pelangi. Seperti namanya, ikan ini memiliki ciri khas yang unik yang tentunya menonjol yaitu warnanya. Ikan pelangi ini adalah jenis ikan yang termasuk ke dalam keluarga Melanotaeniidae.

Jenis ikan dalam keluarga Melanotaeniidae adalah kelompok ikan yang memiliki sirip mengkilap  serta bentuk tubuhnya pipih. Ikan pelangi sentani ini merupakan jenis hewan endemik, yaitu yang langka juga hampir punah. Pada awal mulanya ikan ini tersebar di daerah Sulawesi, Papua hingga Australia.

Harga ikan ini cukup tinggi karena termasuk hewan yang telah langka. Karenanya, ikan ini sebaiknya tidak dipelihara seperti biasa melainkan dibudidayakan agar ikan ini tidak punah atau bisa bertahan.

2. Bala Shark

Bala Shark

* sumber: hewany.com

Ikan hias air tawar langka ini mempunyai warna sirip dan sisik yang mengkilap metalik serta warna kontras tambahan putih dan hitam. Jadi tak mengherankan jika sebagian orang beranggapan kalau ikan yang satu ini merupakan ikan hias laut meskipun sebenarnya ikan ini adalah ikan hias air tawar.

Ikan yang disebut dengan ikan bala shark ini bentuknya mirip dengan ikan hiu dan termasuk ke dalam keluarga Cyprinidae. Anehnya, ukuran ikan yang yang memiliki tubuh seperti predator laut ini cukup kecil. Bala shark bisa tumbuh hingga mencapai panjang 35 centimeter.

Termasuk dalam kategori endemik, ikan bala bala ini sulit sekali untuk ditemukan. Populasinya semakin berkurang beberapa tahun terakhir ini. Ditakutkan ikan hias air tawar ini akan menjadi langka. Asal ikan ini dari daerah Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan Sumatera.

3. Neon Tetra

Neon Tetra

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FM65zXZzC_A

Ikan neon tetra adalah ikan yang memancarkan cahaya seperti namanya. Ikan hias air tawar langka ini merupakan jenis ikan hias yang sangat indah untuk disimpan di dalam akuarium. Paracheirodon innesi merupakan nama ilmiah ikan yang asalnya dari Sungai Amazon.

Ukuran tubuh ikan hias neon tetra kecil juga mempunyai warna dominan, yakni warna merah yang menghiasi bagian bawah tubuhnya dan warna biru yang mengkilat pada bagian yang melintang di sepanjang tubuhnya.

Neon tetra sering dijadikan sebagai ikan penghias pada seni aquascape karena ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang bergerombol sehingga ikan ini terlihat semakin indah. Selain mudah dipelihara, ikan ini juga harganya murah. Per ekornya sekitar Rp 1.500. Namun jenis langkanya bisa mencapai jutaan rupiah.

4. Black Ghost

Black Ghost

* sumber: hewany.com

Memiliki nama ilmiah Apteronotus albifrons, ikan Black ghost ini berasal dari Amerika Selatan termasuk Amazon. Bentuk tubuh ikan ini cukup unik karena di bagian tubuhnya terdapat gelambir dan keseluruhan tubuhnya berwarna hitam seperti namanya kecuali ekornya.

Di kalangan penggemar ikan hias, black ghost yang termasuk ikan hias air tawar langka ini adalah ikan yang populer. Ikan ini termasuk ikan yang aktif di malam hari. Jika digabungkan dengan ikan lain, ikan ini tak akan mengganggu ikan yang lain. Hebatnya ikan ini bisa menghasilkan listrik dalam jumlah yang kecil.

Sayangnya, ikan ini cukup sulit untuk ditemukan karena di Indonesia pembudidayaannya masih jarang. Karena kelangkaannya tersebut, ikan ini harganya cukup mahal. Harganya bisa berkisar antara Rp 45.000 hingga Rp 500.000.

5. Palmas

Palmas

* sumber: ikanhias-id.blogspot.com

Dikenal juga dengan nama ikan Bichir Ikan Palmas yang merupakan ikan bersirip banyak ini merupakan jenis ikan yang termasuk dalam keluarga Polypteridae. Jenis ikan Polypteridae merupakan ikan yang asalnya dari perairan benua Afrika. Di Indonesia ikan ini termasuk spesies ikan hias air tawar langka.

Karena bentuknya yang hampir mirip dengan naga, para penggemar ikan ini pun sering menyebutnya dengan ikan naga. Tak hanya memiliki corak yang seperti ular, ikan ini juga mempunyai keunikan lain yaitu mampu hidup di luar air selama beberapa menit. Ikan ini berharga sekitar Rp 10.000 – Rp 600.000.

Baca juga: 10 Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia, Mau Pelihara?

6. Arapaima

Arapaima

* sumber: m.trubus.id

Jenis ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan air tawar tropis yang asalnya dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima memiliki ukuran yang bisa mencapai panjang 2,5 meter dan beratnya sekitar 100 kg sehingga sempat menghebohkan.

Ikan Arapaima mudah dipelihara juga tidak perlu banyak biaya sehingga cocok untuk dipelihara di kolam pekarangan rumah. Ikan ini sudah semakin langka di pasaran luas karena populasinya yang semakin jarang. Harga ikan ini pun jadi mahal karena langka, yaitu sekitar Rp 800.000 - Rp 1.000.000 untuk anakan.

7. Ikan Harimau Sumatera

Ikan Harimau Sumatera

* sumber: gilakoi.com

Ikan harimau Sumatera seperti namanya memiliki corak yang hampir sama seperti harimau dan ikan hias air tawar langka ini berasal dari Pulau Sumatera. Ikan ini memiliki warna dasar orange (kekuningan) dengan corak hitam memanjang.

Memiliki perpaduan warna yang apik sehingga tampak cantik membuat ikan harimau Sumatera sangat cocok untuk dijadikan penghias aquarium bersama dengan jenis ikan lainnya. Akan tetapi ikan ini sudah bisa jarang ditemui di habitatnya karenanya banyak para kolektor ikan hias yang memburu ikan ini.

8. Botia

Botia

* sumber: aquapedia.id

Ikan yang memiliki nama latin Chromobotia macracanthus ini mempunyai nama dagang Clown Loach. Ikan Botia adalah ikan hias air tawar langka yang asli dari perairan Indonesia. Keberadaan ini bisa ditemui di sungai di Sumatera Selatan dan Kalimantan.

Para kolektor ikan hias di seluruh dunia menggemari ikan botia. Dari tahun ke tahun ekspor ikan Botia tidak pernah mengalami penurunan. Karena sulit untuk ditangkarkan, ikan botia terancam keberadaan dan kelestarian di alam karena ikan ini terus-menerus ditangkap.

9. Arwana Super Platinum/Albino

Arwana Super Platinum

* sumber: www.tagar.id

Siapa yang tak kenal ikan arwana. Ikan ini sangat terkenal di kalangan pecinta ikan hias. Keindahan warna tubuhnya membuat para pencinta ikan jatuh hati dengan ikan yang berasal dari Kalimantan ini. Untuk yang belum tahu banyak tentang ikan arwana, jenis arwana termahal adalah arwana golden red.

Ikan arwana golden red memang diklaim sebagai ikan arwana termahal dan terindah, tapi ada jenis arwana yang lebih mahal juga lebih cantik sebenarnya, yaitu arwana red albino atau super platinum. Yang membuat ikan ini spesial adalah karena ikan ini keturunan ikan arwana dengan kelainan genetik.

Di setiap kelahiran, arwana jenis ini hanya ada sekitar 1 : 1000. Jenis ini memiliki warna putih keperakan serta sirip juga ekor yang berwarna kemerahan. Karena hal tersebut maka ikan hias air tawar langka ini dijual dengan harga sekitar Rp 10.000.000 - Rp 15.000.000. Ikan dewasanya bisa berkali lipat lagi harganya.

Menurut kabar, ikan jenis ini pernah terjual seharga Rp 5,7 Milyar. Pasti menjadi sebuah kebanggan mempunyai ikan semahal ini.

10. Zebra Pleco

Zebra Pleco

* sumber: aquadiction.world

Ikan hias air tawar langka ini bernama Zebra Pleco dan mempunyai corak hitam dengan garis-garis putih yang terlihat seperti Zebra. Zebra Pleco dengan ikan sapu sapu sebenarnya masih satu keluarga. Asal ikan ini dari Sungai Amazon dan merupakan jenis ikan hias sapu sapu yang termahal.

Pecinta ikan hias banyak yang memburu ikan ini karena memiliki corak yang indah. Akan tetapi ikan ini sekarang sudah langka sekali dan jarang ditemukan, khususnya di alam liar. Jadi mungkin akan sulit untuk mendapatkan ikan ini di pasaran.

Bagi kamu yang baru akan memulai memelihara ikan hias air tawar, informasi ini bisa jadi referensi untuk memilih jenis ikan yang akan menghiasi akuariummu. Karena beberapa ikan hias ini tergolong ikan mahal, mungkin kamu harus mempersiapkan dana yang cukup banyak jika ingin memilikinya. Jenis ikan hias air tawar langka mana yang ingin kamu pelihara?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram