Bacaterus / Ikan Cupang / 10 Ikan Cupang Terbesar yang Menjadi Incaran Para Kolektor

10 Ikan Cupang Terbesar yang Menjadi Incaran Para Kolektor

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan Cupang atau Betta Sp adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang menjadi favorit di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jenis ikan ini banyak disukai oleh anak-anak maupun dewasa. Selain karena bentuknya yang indah, corak dan warna yang dimiliki oleh ikan Cupang mampu membuat orang yang melihat jatuh hati.

Di dunia sendiri terdapat beragam jenis ikan Cupang yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk, warna dan ukuran seperti beberapa jenis ikan Cupang terbesar yang akan Bacaterus bahas di bawah. Nah, supaya kamu mengenal lebih jauh mengenai ikan ini, yuk kita langsung simak ulasannya sebagai berikut.

1. Giant Avatar

Giant Avatar

* sumber: www.agrowindo.com

Ikan Cupang Giant Avatar atau ikan Cupang Avatar raksasa adalah jenis ikan cupang yang dihasilkan dari persilangan antara berbagai jenis ikan cupang yang memiliki bentuk tubuh yang besar. Ikan cupang yang didominasi warna biru diketahui mampu tumbuh mencapai ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran ikan cupang biasa, yaitu sekitar 10-15 cm.

Ikan Cupang Giant merupakan persilangan dari jenis ikan Cupang Thailand dan cupang lokal. Selain dikenal karena ukurannya yang besar, ikan Cupang Giant Avatar juga memiliki corak dan pola warna yang indah. Ikan cupang ini memiliki harga jual yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

2. Giant Plakat Halfmoon

Giant Plakat Halfmoon

Giant Plakat-Halfnoon adalah jenis ikan Cupang terbesar lainnya yang cukup menarik bagi para kolektor ikan hias, terutama para pecinta ikan Cupang. Ikan Cupang Plakat Halfmoon dikenal memiliki karakteristik ekor dan sirip membentuk seperti setengah bulan. Ikan Plakat Halfmoon sendiri merupakan jenis persilangan antara Ikan Cupang Plakat dan Halfmoon.

Jenis ikan ini diketahui bisa tumbuh mencapai ukuran 10-12 cm. Nah, ikan ini sendiri menjadi salah satu yang banyak diincar oleh para kolektor ikan kaos Cupang.

3. Giant Nemo Classic

Giant Nemo Classic

Ikan Cupang terbesar lainnya yang banyak dikoleksi oleh para pecinta ikan hias Cupang adalah Giant Nemo Classic. Ikan Cupang jenis ini memiliki karakteristik warna oranye dengan corak berwarna perpaduan hitam dan putih mirip seperti pada ikan Nemo. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan memang kerap menarik perhatian para penggemar untuk memiliki ikan jenis ini.

Giant Nemo Classic sendiri dikenal sebagai ikan Cupang hias yang memiliki harga lumayan cukup tinggi. Meskipun demikian, ikan jenis ini termasuk yang paling banyak diminati di pasaran.

4. Giant Halfmoon

Giant Halfmoon

* sumber: aquapedia.id

Berikutnya ada ikan Cupang Giant Halfmoon. Ikan yang memiliki sirip dan ekor berbentuk setengah lingkaran ini memang menjadi ikan primadona yang banyak dicari oleh para penggemar ikan Cupang. Panjang untuk ikan jenis ikan ini bisa mencapai lebih dari 11 cm. Karena ukurannya yang cukup besar ikan jenis ini terbilang lambat dan tidak begitu agresif dibanding dengan jenis ikan Cupang biasa.

Ikan Cupang Giant Halfmoon sendiri memiliki sirip dan ekor yang tidak terlalu kuat. Meskipun begitu, ikan ini memiliki bentuk fisik yang mampu memukau para penggemar ikan hias.

5. Giant Crowntail

Giant Crowntail

Ikan terbesar lainnya yang juga kerap menjadi buruan para penggemar adalah Giant Crowntail. Bentuk ekornya yang membentuk seperti mahkota membuat Ikan ini dinamakan dengan Crowntail. Giant Crowntail sendiri merupakan jenis ikan langka dan sulit ditemukan di pasaran. Tidak heran jika untuk satu ekor jenis ini dihargai cukup mahal di pasaran.

Meskipun demikian, ikan jenis ini masih banyak diburu oleh para pecinta ikan hias karena bentuk yang indah. Giant Crowntail sendiri kerap diikutkan dalam sebuah kontes ikan Cupang karena penampilannya.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik dan Benar

6. Giant Double

Giant Double

* sumber: cupangsehat.blogspot.com

Giant double atau ikan Cupang ekor ganda raksasa adalah jenis ikan cupang yang juga cukup dimintai oleh masyarakat. Panjang ikan cupang double tail raksasa bisa mencapai sekitar 10-12 centimeter. Ikan Giant double dikenal karena memiliki sirip dan ekor ganda yang sama panjang dan lebar.

Bentuknya yang indah memang kerap berhasil mempesona siapapun yang melihatnya. Ikan jenis ini sendiri termasuk jenis Cupang hias yang banyak disukai karena bentuk ekornya yang cantik.

7. Giant Red Dragon

Giant Red Dragon

* sumber: johannes-gea.blogspot.com

Diantara jenis ikan Cupang lain. Giant Red Dragon termasuk jenis ikan Cupang yang dikenal cukup galak dan agresif. Giant Red Dragon sendiri merupakan jenis ikan yang diimpor dari Thailand. Giant Red Dragon diketahui mampu tumbuh mencapai 7-12 cm.

Giant Red Dragon sendiri memiliki karakteristik tubuh berwarna merah menyala atau perpaduan warna putih pada bagian tubuh dan merah pada sirip dan ekornya. Warnanya yang eksotis memang menjadi alasan bagi orang untuk mengoleksi jenis Cupang satu ini. Bagiamana menurutmu?

8. Giant Yellow Base

Giant Yellow Base

Ikan Cupang lainnya adalah Giant Yellow Base. Giant Yellow Base merupakan jenis cupang yang dikenal memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal. Ikan Yellow Base merupakan jenis ikan cupang multicolor yang didominasi warna kuning terang. Warna kuning yang mencolok pada ikan ini memang menjadi sesuatu yang menarik.

Giant Yellow Base sendiri adalah salah satu jenis ikan Cupang langka yang menjadi buruan para kolektor ikan hias. Karena warnanya yang eksotis, jenis ikan ini juga sering ikutkan dalam sebuah perlombaan atau kontes ikan Cupang.

9. Giant Blue Rim

Giant Blue Rim

Cupang Giant Blue Rim adalah salah satu jenis ikan Cupang impor yang memiliki nilai jual tinggi. Seperti namanya ikan Cupang Blue Rim memiliki karakteristik warna biru gelap yang mencolok pada bagian ekor dan siripnya. Sementara tubuhnya sendiri biasanya berwarna putih. Meskipun demikian, terdapat pula Giant Blue Rim yang memiliki warna corak tubuh perpaduan antara putih dan biru.

Giant Blue Rim termasuk salah satu jenis ikan mutasi yang cukup banyak peminatnya. Popularitas ikan Cupang Giant Blue Rim sendiri hampir sama dengan Cupang Leopard, Giant Nemo, dan Black Mamba.

10. Giant Koi

Giant Koi

* sumber: cupangsehat.blogspot.com

Giant Koi adalah jenis ikan selanjutnya yang memiliki ukuran jumbo. Cupang Koi memiliki karakteristik warna tubuh dan sirip yang menyerupai ikan Koi, yaitu bercorak perpaduan beberapa warna seperti merah, putih, dan biru gelap. Ikan Koi banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias karena bentuknya yang menarik.

Harga untuk jenis ikan ini bisa dibilang cukup tinggi. Hal itu dirasa sangat wajar mengingat jenis ikan ini cukup sulit didapatkan. Ikan Cupang Koi sendiri termasuk jenis ikan cupang yang sering diikutsertakan pada kontes ikan Cupang. Nah, apakah kamu tertarik untuk memelihara jenis ikan cupang yang satu ini? Tulis komentarmu di bawah, ya!

Nah, itulah informasi mengenai 10 cupang terbesar yang menjadi incaran para kolektor yang telah berhasil Bacaterus rangkum. Meskipun bertubuh kecil, namun ikan yang satu ini dikenal memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut tentu bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *