Bacaterus / Fakta Ikan / 10 Jenis Ikan Aneh di Dunia yang Terlihat Menyeramkan

10 Jenis Ikan Aneh di Dunia yang Terlihat Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2019

Sekitar 70% permukaan planet Bumi ditutupi oleh lautan, sedangkan sisanya berupa daratan di mana miliaran manusia dan banyak hewan darat tinggal di atasnya. Meskipun zaman semakin modern, manusia belum mampu mengeksplorasi seluruh bagian lautan yang masih banyak menyimpan misteri.

Disebutkan kalau bagian lautan yang telah dijangkau dan diketahui manusia hanya beberapa persen saja. Beberapa penelitian di bagian terdalam lautan telah menunjukkan bahwa di sana masih ada kehidupan, termasuk ikan-ikan aneh dengan bentuk yang menyeramkan. Berikut adalah beberapa ikan aneh di dunia yang perlu kalian ketahui.

1. Ikan Batu/Stonefish

Ikan Batu

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/walkn/

Disebut demikian karena bentuk ikan memang mirip sebuah batu yang menyeramkan. Tidak hanya itu, ikan batu juga sangat berbahaya bagi manusia karena sangat berbisa. Meskipun demikian, kemungkinan manusia bertemu ikan ini sangat kecil karena mereka hidup di dasar laut.

Ikan batu atau Synanceia dapat ditemukan di perairan Indo-Pasifik, termasuk di dalamnya perairan Indonesia. Tubuh mereka yang aneh dan terlihat kasar disebutkan mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitar. Racun ikan batu bisa berakibat fatal jika masuk ke dalam tubuh manusia.

2. Lepu/Lionfish

ikan singa

* sumber: pixabay.com

Lepu atau ikan singa adalah ikan aneh berbisa lainnya yang juga ditemukan di perairan Indo-Pasifik. Meskipun demikian, ikan ini sering dijadikan hidangan yang lezat di beberapa negara. Bentuk aneh ikan ini tidak membuat orang-orang takut, melainkan malah menyukainya karena terlihat sangat indah dan unik.

Ikan lepu memiliki garis-garis berwarna merah, oranye, putih, dan hitam atau coklat yang disusun dalam pola seperti zebra yang tampak cantik dan memukau. Oleh karena itu, ikan yang panjang tubuhnya antara 5 hingga 45 cm ini cukup sering dijadikan hewan peliharaan di akuarium rumahan.

3. Ikan Kodok Psikedelik/Psychedelic Frogfish

Ikan Kodok Psikedelik

* sumber: commons.wikimedia.org

Ikan kodok psikedelik atau psychedelic frogfish adalah jenis ikan kodok yang memiliki tubuh berwarna kuning-coklat atau persik yang dipercantik dengan garis-garis merah muda dan putih yang disusun dalam pola sidik jari. Sekali lagi, meskipun bentuknya aneh, ikan kodok psikedelik ini terlihat indah dan unik.

Disebutkan kalau ikan kodok psikedelik ditemukan hidup di perairan dekat Pulau Ambon dan Pulau Bali di kedalaman 5 hingga 7 meter. Habitat mereka adalah puing-puing karang di mana dirinya dapat berkamuflase dari pemangsa. Ukuran tubuh ikan ini cukup kecil, yaitu sekitar 15 cm saja.

4. Ikan Kotak/Boxfish

Ikan Kotak

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/krokodiver/

Ikan aneh yang satu ini benar-benar terlihat seperti sebuah kotak loh. Bentuknya yang demikian merupakan hasil dari struktur tulang yang mirip kerang yang disebut dengan karapas. Meskipun ikan kotak memiliki racun yang mematikan, mereka cenderung damai dan tidak agresif.

Ikan yang berasal dari keluarga Ostraciidae ini ditemukan hidup di seluruh terumbu tropis dan sub-tropis di lautan Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Saat ini ada beberapa spesies ikan kotak di lautan terbuka, salah satunya adalah ikan kotak kuning yang sangat menawan.

5. Ikan Kodok/Frogfish

Ikan Kodok

* sumber: commons.wikimedia.org

Ikan kodok yang ini merujuk pada bentuk yang lebih umum. Mereka bermacam-macam dengan bentuk yang berbeda-beda. Ikan kodok dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis di kawasan Atlantik, Pasifik, Hindia, hingga Laut Merah. Perairan Indonesia disebut-sebut memiliki keragaman spesies ikan kodok yang paling tinggi di dunia.

Seperti bunglon, ikan kodok juga diberikan kemampuan untuk berubah warna. Akan tetapi, mereka tidak bisa melakukan hal tersebut dalam tempo cepat, melainkan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk beralih dari satu warna ke warna lainnya.

6. Ikan Kalajengking Berjumbai/Tassled Scorpionfish

Ikan Kalajengking Berjumbai

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/berniedup/

Ini adalah salah satu ikan paling berbisa di dunia. Ikan ini memiliki beberapa duri yang dihubungkan dengan kelenjar racun, di mana racun tersebut dapat menyebabkan sakit parah dan kelumpuhan. Oleh karena itu, sebutan ikan kalajengking cocok diberikan kepada makhluk laut yang satu ini.

Karnivora yang dapat tumbuh hingga panjang maksimum 36 cm ini juga memiliki kemampuan berkamuflase yang sangat baik. Selain itu, ikan yang hidup di Samudra Hindia dan Pasifik ini juga dilengkapi dengan banyak jumbai yang menutupi sebagian besar tubuhnya.

7. Jawfish

Ikan jawfish

* sumber: commons.wikimedia.org

Jawfish adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer di kalangan pecinta akuarium karena memiliki bentuk yang unik. Kepala dan mulut ikan ini cukup besar, sehingga mampu menampung banyak telurnya untuk diinkubasi selama 1 hingga 2 minggu. Rahang ikan jawfish sendiri dapat tumbuh hingga belasan cm.

Hal aneh dari ikan ini adalah cara mereka bereproduksi. Ketika seekor jawfish betina bertelur, sang jantan akan membuahi telur tersebut dan meletakkannya di dalam mulutnya hingga telur-telur tersebut menetas. Oleh karena itu, ikan jawfish dianugerahi dengan rahang yang lebar.

8. Ikan Kobudai/Asian Sheepshead Wrasse

Ikan Kobudai

* sumber: opencage.info

Ikan yang memiliki dagu berbentuk bulat ini memiliki kemampuan luar biasa untuk mengganti jenis kelamin sesuai keinginan. Hal itu karena ikan kobudai memiliki dua organ kelamin, jantan dan betina, yang berfungsi penuh.

Ikan kobudai diketahui berasal dari perairan Semenanjung Korea, Tiongkok, Jepang, dan Kepulauan Ogasawara. Mereka biasanya hidup di daerah karang berbatu dan merupakan salah satu ikan konsumsi di wilayah asalnya tersebut.

9. Whitemargin Stargazer

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/berniedup/

Ikan ini memiliki kebiasaan mengubur dirinya di dalam pasir dan hanya menampilkan mata dan mulutnya saja. Hal itu ia lakukan untuk berburu mangsa dengan cara menyergapnya. Ikan yang memiliki nama lain ikan pop-eye ini dapat tumbuh panjang hingga 45 cm.

Hal yang paling aneh dari ikan ini adalah memiliki organ listrik yang terletak di kantong khusus di belakang mata dan dapat mengeluarkan listrik hingga 50 volt, tergantung pada suhu air pada saat itu! Ikan whitemargin stargazer dapat ditemukan hidup di perairan Indo-Pasifik.

10. Fangtooth

Ikan Fangtooth

* sumber: commons.wikimedia.org

Ikan yang hidup di bagian laut yang sangat dalam ini memiliki penampilan yang sangat mengerikan. Betapa tidak, ikan ini memiliki gigi tajam yang panjang serta mata kecil yang terletak cukup tinggi di atas kepalanya. Meskipun demikian, ikan fangtooth bukanlah jenis ikan yang berbahaya bagi manusia.

Ikan fangtooth takut terhadap cahaya, sehingga mereka hanya mau dekat-dekat dengan permukaan air laut pada saat gelap saja. Meskipun lebih banyak ditemukan di kedalaman antara 200 dan 2.000 meter, ikan ini juga dapat ditemukan di kedalaman 5000 meter, yang merupakan area lautan yang gelap dan dingin.

Nah, itulah beberapa ikan aneh di dunia yang menarik untuk diketahui, baik dari segi tampilan atau kebiasaan. Karena lautan adalah tempat yang sangat luas dan belum tereksplorasi sepenuhnya, maka bukan tidak mungkin di bawah sana masih terdapat banyak jenis ikan aneh lainnya.

Sebagai pengingat, saat ini lautan sudah sangat tercemar karena ulah manusia. Kita berkewajiban untuk menjaga lautan dan seluruh alam di planet ini agar tetap lestari dan dapat dirasakan nikmatnya oleh generasi mendatang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan lautan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik.

Oh iya, selain membahas ikan yang aneh di dunia, kami juga pernah membahas seputar ikan alligator yang bisa Anda ketahui dalam artikel 7 Ikan Aligator Terpopuler di Dunia ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar