bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 8 Jenis Ikan Aligator dengan Ukuran Terbesar di Dunia

8 Jenis Ikan Aligator dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 7 Desember 2020

Ikan Aligator adalah spesies ikan air tawar yang berasal dari Amerika Utara. Ikan Aligator dikenal sebagai ikan predator yang sangat mengganggu. Ikan ini memiliki gigi panjang yang cukup tajam untuk mengoyak mangsa. Karena keberadaan ikan ini dapat mengganggu populasi ikan lain, maka habitatnya sendiri sangat diawasi oleh pemerintah.

Ikan Aligator bisa tumbuh mencapai ukuran raksasa. Meskipun demikian tidak sedikit pula orang memelihara ikan ganas ini sebagai peliharaan atau ikan hias. Nah, dari sekian banyak spesies ikan Aligator. Kali ini Bacaterus telah merangkum 8 jenis ikan Aligator terbesar yang ada di dunia. Nah, berikut adalah daftarnya.

1. Platinum Gar

Platinum Gar

* sumber: www.numa.sk

Platinum Gar adalah salah satu jenis ikan Aligator yang bisa mencapai ukuran raksasa. Ikan Platinum Gar memiliki karakteristik fisik berwarna putih mengkilat. Panjang ikan ini bisa mencapai 3 meter. Meskipun dikenal berbahaya, namun ikan Aligator ini yang paling banyak diburu oleh para kolektor ikan hias terutama di wilayah Asia seperti Indonesia, Singapura, Thailand dan Jepang.

Platinum Gar sendiri dikenal sebagai ikan hias dengan harga yang lumayan cukup tinggi. Bahkan untuk harganya sendiri bisa menyamai ikan hias Arwana. Nah, para kolektor sendiri kerap menyimpan ikan Arwana dan ikan Platinum Gar di dalam akuarium yang sama.

2. Aligator Gar

Aligator Gar

* sumber: animals.howstuffworks.com

Aligator Gar adalah salah satu keturunan ikan purba. Ikan jenis ini dikenal juga sebagai Ikan primitif atau fosil hidup. Mengingat beberapa karakteristik yang dimiliki oleh ikan ini hampir mirip dengan nenek moyangnya pada 100 juta tahun silam. Aligator Gar sendiri termasuk ikan predator raksasa yang kerap menjadi incaran para kolektor ikan hias.

Bentuk fisiknya yang unik serta ukurannya yang besar memang membuat ikan ini cukup diminati. Ikan ini memiliki warna khas berupa, yaitu bagian tubuh bawahnya berwarna perak sementara pada sisi ekor hingga kepala terdapat corak yang menghiasinya.

Ukuran Ikan Aligator Gar sendiri bisa mencapai sekitar 2,5 meter dengan bobot hampir 100 Kg. Meskipun dikenal sebagai predator aktif, namun para kolektor sendiri kerap mengincar ikan jenis ini karena keunikannya. Nah, di Indonesia sendiri ikan jenis ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah sehingga untuk penjualannya sendiri sangat diawasi dan tidak sembarangan.

3. Aligator Longnose Gar

Aligator Longnose Gar

* sumber: nature.mdc.mo.gov

Ikan Aligator Longnose Gar atau dikenal dengan nama ilmiah Lepisosteus osseus adalah jenis ikan Aligator terbesar lainnya yang ada di dunia. Aligator Longnose Gar ini biasa ditemukan di sepanjang wilayah Amerika Utara, Tengah dan juga Amerika Barat seperti Texas, New Mexico, dan Kansas.

Aligator Longnose Gar memiliki karakteristik fisik yang cukup unik, yaitu moncong panjang pada bagian mulutnya. Selain itu ikan jenis ini juga memiliki pola warna cukup unik, yaitu warna dasar perak dengan pola berbintik.

Aligator Longnose Gar dikenal memiliki banyak spesies. Ikan ini dikenal aktif memburu mangsanya pada malam hari. Adapun jenis makanannya cukup beragam mulai dari serangga, krustasea, ular, ikan, hingga ikan Aligator lain yang berukuran lebih kecil. Ikan Aligator Longnose diketahui bisa memiliki panjang tubuh sekitar 1,5 meter dengan bobot mencapai 50 Kg.

4. Aligator Shortnose Gar

Aligator Shortnose Gar

Nah, ikan Aligator terbesar lainnya yang kerap ditemukan adalah jenis ikan Aligator Shortnose Gar. Shortnose Gar adalah jenis ikan Aligator yang termasuk ke dalam keluarga Lepisosteidae. Ikan jenis ini memiliki karakteristik tubuh berwarna coklat atau hijau zaitun pada bagian atas dan warna putih di bagian bawah tubuhnya.

Shortnose Gar juga tidak memiliki pola atau corak tertentu seperti yang biasa ditemukan pada jenis lain. Shortnose Gar memiliki moncong yang jauh lebih pendek. Ikan ini mampu berkembang hingga  sekitar 1,25 meter dengan bobot sekitar 40 Kg.

Ikan yang banyak ditemukan di sekitar sungai Mississippi dan Missouri ini biasa memangsa hewan-hewan seperti Ikan kecil, serangga, ular, kura-kura, berang-berang dan hewan lain yang memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil darinya.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Ikan Aligator yang Paling Populer di Dunia

5. Aligator Cuban Gar

Aligator Cuban Gar

* sumber: en.m.wikipedia.org

Selanjutnya ada ikan Aligator Cuban Gar. Ikan ini dikenal dengan nama ilmiah Atractosteus tristoechus. Salah satu spesies Gar ini banyak ditemukan di wilayah Kuba. Aligator Cuban Gar mampu tumbuh hingga 2 meter dengan bobot sekitar 80 kg.

Ikan ini biasa memburu hewan-hewan kecil yang ada di sekitar air seperti burung, ikan, serangga dan makhluk lain yang berukuran kecil. Aligator Cuban Gar termasuk jenis ikan yang keberadaannya sangat memprihatinkan bahkan bisa dibilang hampir punah.

Hal itu terjadi karena habitat ikan jenis ini mulai terganggu oleh banyaknya pembangunan serta perburuan liar yang dilakukan oleh masyarakat setempat, baik untuk konsumsi maupun untuk diperjualbelikan sebagai ikan hias.

6. Aligator Florida Gar

Aligator Florida Gar

* sumber: en.m.wikipedia.org

Sesuai dengan namanya, ikan Aligator terbesar lainnya datang dari Florida. Ikan Aligator Florida dikenal bisa memiliki panjang tubuh mencapai 1,5 meter dengan bobot sekitar 60 kg. Ikan yang dikenal sangat buas ini biasa memangsa hewan seperti kepiting, udang, dan ikan.

Karakteristik ikan Aligator memiliki pola corak berwarna hitam yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding dengan ikan Aligator Spotted Gar. Florida Gar memiliki warna putih kekuningan pada bagian perut. Ikan Aligator ini  banyak ditemukan di wilayah sungai Florida seperti sungai Savannah dan Sungai Ochlockonee Georgia.

7. Aligator Spotted Gar

Aligator Spotted Gar

* sumber: hiko-hermawan.blogspot.com

Aligator Spotted Gar adalah jenis ikan yang banyak dijadikan ikan peliharaan oleh para kolektor dibandingkan jenis lainnya. Hal ini cukup beralasan mengingat bentuk serta warna ikan ini memang lebih indah dibandingkan dengan jenis ikan Aligator lain.

Ikan Aligator Spotted Gar memiliki karakteristik bintik hitam berukuran besar pada sisi tubuhnya. Sementara warna bagian pada bagian bawah tubuhnya berwarna perak keemasan. Ikan Aligator Spotted Gar mampu tumbuh sekitar panjang 1 meter dengan berat tubuh mencapai 30 kg.

Jenis ikan ini dikenal langka dan sulit untuk dikembangbiakkan. Oleh karena itu, harga ikan yang banyak tersebar di sungai-sungai yang ada di wilayah Amerika Serikat ini terbilang cukup mahal di pasaran.

8. Aligator Tropical Gar

Aligator Tropical Gar

* sumber: msjinkzd.com

Nah, ikan selanjutnya yang juga dikenal sebagai ikan Aligator terbesar di dunia adalah Aligator Tropical Gar. Sama seperti Aligator Spotted Gar, ikan Aligator jenis ini juga banyak dipelihara oleh kolektor sebagai ikan hias karena bentuk serta warnanya yang unik.

Aligator Tropical Gar memiliki karakteristik moncong yang cukup besar dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu panjang, yaitu sekitar 1,25 meter. Di habitat aslinya, yaitu di perairan tropis yang ada di wilayah Amerika seperti Meksiko dan Kostarika dikenal sebagai ikan yang cukup aktif memangsa hewan lain berukuran kecil.

Aligator Tropical Gar sendiri diketahui bisa memiliki bobot tubuh mencapai hingga 50 kg. Nah, karena ukurannya tersebut, ikan ini pun dijuluki sebagai salah satu ikan Aligator terbesar yang ada di dunia.

Demikianlah beberapa ikan Aligator terbesar di dunia yang telah berhasil Bacaterus ulas untuk kamu. Meskipun keberadaannya cukup membahayakan karena beberapa alasan, namun masyarakat sendiri kerap menjadikan ikan predator ini sebagai ikan peliharaan karena keunikannya. Nah, kira-kira bagaimana pendapatmu tentang itu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram