bacaterus web banner retina

10 Kpop Idol yang Sering Disangka Bukan Orang Korea

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Selain mengagumi bakat dan aksi panggungnya, sering kali penggemar terpesona dengan visual idol Kpop. Penampilan mereka yang sempurna membuat penggemar tak bisa berhenti menatap. Nah, karena itu pula penggemar penasaran dengan asal usul dan kebangsaan dari para idol ini. Pasalnya, belakangan semakin banyak idol yang berasal dari luar Korea. 

Visual mereka bahkan kini sulit dibedakan antara orang Korea asli dan yang berasal dari luar negeri. Nah, berangkat dari rasa penasaran itulah Bacaterus berhasil merangkum informasi idol yang visualnya tidak seperti orang Korea. Penasaran? Simak baik-baik informasi berikut ini, ya.

1. S.Coup – Seventeen 

Melihat fitur wajah leader Seventeen ini, siapa yang menyangka bahwa ia adalah 100% Korea. Bulu mata yang lentik dan panjang, bentuk mata yang bulat besar, tulang hidung yang tinggi dan bentuk rahang yang tegas bukanlah fitur wajah orang Korea kebanyakan. 

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Pledis Entertainment tahun 2015 lalu, pria bernama asli Choi Seung Cheol ini menjadi trending di internet. Apalagi kalau bukan karena rasa penasaran penggemar terhadap asal usulnya. 

Dengan fitur wajah seperti S.Coup, orang-orang sering salah mengira bahwa ia berdarah campuran. Padahal ia adalah putra Daegu asli dan berdarah murni Korea. 

2. Joo Eun - DIA

idol kpop yang disangka bukan orang korea_Joo Eun - DIA

Main vocal dari girlgroup DIA ini juga tidak kalah bikin orang salah duga. Dengan tinggi 163 cm dan fitur wajah yang kecil, Joo Eun sering dikira bukan orang Korea. Sebelum berkarir sebagai penyanyi idol, Joo Eun memang pernah menekuni dunia modeling di Jepang selama beberapa waktu.

Namun, berbicara mengenai kebangsaan, gadis yang sempat dirumorkan berpacaran dengan Sung Jae BTOB ini benar-benar terlahir dari orang tua Korea asli. Penggemar sering mengira bahwa Joo Eun adalah idol Jepang yang berkarir di Korea. 

3. Lee Haechan – NCT 

idol kpop yang disangka bukan orang korea_Lee Haechan – NCT

Agaknya Sijeuni (fans NCT) setuju bahwa warna kulit Haechan mirip warna kulit orang Jawa. Kulit kecokelatannya lebih sawo matang, tidak seperti warna kulit gelap khas orang Korea. Tak heran jika ia terpilih menjadi anggota “Hello! Indonesian School” dari channel Youtube NCT Daily. 

Melihat Haechan mengenakan seragam putih abu di program tersebut, ia semakin terlihat mirip anak SMA di Indonesia. Seandainya ia tidak berbahasa Korea, penggemar akan semakin yakin bahwa member NCT paling petakilan ini bukan orang Korea.

Apalagi NCT dikenal sebagai idol grup dengan member multi etnis yang berasal dari beberapa negara seperti Jepang, Amerika, Kanada, Hong Kong, Thailand, China dan Taiwan.

Namun, percayalah! Haechan adalah salah satu member Korea asli yang ada di NCT. Ia lahir dan besar di Korea dan belum pernah tinggal di luar negeri kecuali untuk konser dan kebutuhan syuting. 

4. Hwasa - Mamamoo

idol kpop yang disangka bukan orang korea_Hwasa - Mamamoo

Orang Korea tidak semuanya mempunyai warna kulit putih. Ada pula beberapa yang mempunyai kulit cokelat. Namun, Hwasa mempunyai warna kulit cokelat yang berbeda. Kulit cokelatnya lebih terlihat seperti campuran Afro-Amerika-Korea. Tidak seperti warna cokelat orang Korea kebanyakan. 

Gaya berpakaian Hwasa pun sering membuat orang mengira bahwa ia benar-benar mempunyai darah campuran. Apalagi saat Hwasa terlihat mengenakan pakaian dari etnik Afrika. Ini membuatnya semakin terlihat mirip blasteran Korea-Afro-Amerika.

Meskipun sering mendapat hujatan karena penampilan fisiknya yang tidak sesuai dengan standar kecantikan Korea, Hwasa berhasil mematahkan stereotip bahwa orang Korea itu cantik karena memiliki kulit yang putih, bersih dan mulus. 

5. Sehun - EXO

idol kpop yang disangka bukan orang korea_

Pada awal-awal EXO debut, Sehun diperkenalkan ke publik lewat foto teaser sebagai salah satu dancer terbaik yang dimiliki SM Entertainment. Karena kemampuannya itu, ia didaulat sebagai main dancer di EXO bersama Kai

Di luar itu, fitur wajah dan penampilan fisiknya yang berbeda berhasil mencuri perhatian. Alih-alih dianggap sebagai orang Korea, fans malah mengira bahwa sehun adalah salah satu lineup EXO M yang terdiri dari anggota yang berasal dari Cina. 

Apalagi saat itu EXO memang masih aktif bersama member asa Cina seperti Luhan, Kris, Tao dan Lay. Tapi ternyata dugaan penggemar salah besar. Pria yang sempat kabur ketika talent scouter SM menghampirinya ini tidak mempunyai darah orang asing di tubuhnya. Ia adalah 100% Korea dan terlahir dengan marga Oh. 

6. Winter - Aespa

idol kpop yang disangka bukan orang korea_Winter - Aespa

Ketika Aespa pertama kali diperkenalkan pada publik, visual keempat anggota Aespa langsung menjadi perbincangan netizen. Tak tanggung-tanggung, mereka disebut sebagai salah satu visual terbaik idol generasi 4. 

Yang paling mencuri perhatian adalah Winter. Lead vocal, dancer dan visual grup ini sering dianggap blasteran. Padahal ia adalah orang Korea asli meskipun fitur wajahnya mirip blasteran Korea-Australia. 

7. V - BTS

idol kpop yang disangka bukan orang korea_V - BTS

Fitur wajah V yang kuat dengan bentuk mata besar sudah cukup membuat orang mengira bahwa Taehyung, atau yang lebih dikenal dengan nama V, bukanlah orang Korea asli. 

Warna kulit V memang termasuk warna kulit khas orang Korea, namun ekspresi tegas dari wajahnya membuat V terlihat seperti campuran Korea-Mediterania. Meskipun sudah pasti bisa dipastikan bahwa V adalah 100% orang Korea, tapi foto-foto lama V Era No More Dream bisa sedikit memperkuat dugaan ini. 

8. Ken – VIXX 

Kesampingkan dulu suara emas main vocal dari VIXX ini. Sekarang kita fokus pada visual dan fitur unik dari wajah lelaki yang bernama asli Lee Jae Hwan ini.  

Fitur wajah paling menonjol dari Ken adalah bagian hidungnya. Tulang hidung Ken tergolong tinggi. Karena hal itu, banyak orang mengira Ken mempunyai darah Iraq. Hal tersebut pernah diungkapkannya pada sebuah program televisi, Korea 1 vs 100. 

Satu-satunya yang membuat Ken masih terlihat seperti orang Korea adalah kelopak mata gandanya. Bagian yang disebut menjadi standar kecantikan Korea itu menjadi bagian yang menarik dari Ken. Jadilah ia disebut sebagai idol dengan penampilan yang tidak seperti orang Korea. 

Agar lebih yakin, coba deh perhatikan penampilan Ken saat sedang promosi lagu Eternity yang dirilis tahun 2014 yang lalu. Ken muncul dengan rambut gelap yang membuat wajah ‘blasteran’ Iraq-nya terlihat menonjol. 

9. Dongwoon – Highlight

idol kpop yang disangka bukan orang korea_Dongwoon – Highlight

Son Dongwoon merupakan salah satu idol Kpop yang terkenal karena visualnya yang seperti orang asing. Pada masa-masa awal debut dan Highlight masih menggunakan nama Beast, fans banyak yang mengira Dongwoon berasal dari Timur Tengah. 

Garis mukanya tegas, mirip orang dari negeri yang berada di dekat teluk Persia itu. Tak ayal lagi, fans menjuluki maknae Highlight itu dengan sebutan Arabian Prince. 

10. Heejin – Loona

idol kpop yang disangka bukan orang korea_Heejin – Loona

Tahun 2016 Loona diperkenalkan sebagai girlgroup pertama yang ada di bawah naungan Blackberry Creative. Kemunculan Loona segera menjadi perbincangan netizen di portal online. Banyak yang memperbincangkan visual member dari grup tersebut. 

Heejin adalah salah satu yang mendapat perhatian. Visualnya dianggap tidak seperti orang Korea. Dalam forum diskusi online dengan tajuk “Idol Kpop Yang Tidak Seperti Orang Korea” menyebutkan Heejin di dalamnya. 

Netizen berpikir bahwa visual Heejin itu menipu. Ia memiliki wajah yang paduan Korea dan orang kulit putih. Akan tetapi, setelah dilihat profilnya, rapper bertubuh mungil ini adalah 100% korea. Ia tidak mempunyai darah campuran Korea-Eropa sama sekali di dalamnya. 

Nah, itu baru 10 idol kpop yang sering disangka bukan orang Korea. Masih banyak lho idol kpop lain yang mempunyai fitur wajah non-Korea yang membuat penggemar salah mengira, sebut saja seperti Kim Yugyeom Got7, Solar Mamamoo, Sihyeon Dreamcatcher, Jihyo TWICE dan masih banyak lagi. 

Kalau menurutmu, siapa sih idol yang visualnya tidak seperti orang Korea? Silahkan tulis di dalam kolom komentar, ya. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram