bacaterus web banner retina

Inilah Deretan Idol KPOP yang Lahir di Bulan Desember

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Januari 2021

Bulan Desember ini beberapa idol KPOP akan merayakan hari ulang tahunnya. Para fans pasti sudah bersiap-siap untuk merayakan ulang tahun mereka. Kira-kira siapa saja idol Kpop yang lahir di bulan Desember? Ternyata ada member boyband yang terkenal dan solois yang sempat menghebohkan karena hubungannya dengan member girlband dari JYP. Yuk, simak daftarnya di artikel berikut ini.

1. Jin – BTS (4 Desember 1992)

Jin – BTS (4 Desember 1992)

* sumber: talentrecap.com

Kim Seok Jin atau yang lebih dikenal dengan Jin, lahir pada tanggal 4 Desember 1992 di Anyang, Gyeonggi-do. Ketika baru berumur 1 tahun, Jin dan keluarganya pindah ke Gwacheon, Gyeonggi-do. Jin yang memiliki golongan darah O ini tergabung dalam boyband Korea terkenal, yaitu BTS.

Jin memulai debutnya dengan BTS pada tahun 2013. Dia terkenal sebagai penyanyi yang hebat. Posisinya di BTS adalah sebagai main vokal dan visual. Jin merupakan member tertua di BTS. Dia main piano dan organ pipa. Pada 2018, dia menyanyi dan bermain piano untuk lagu "Epiphany".

Jin merupakan anak bungsu dalam keluarganya dan mempunyai satu kakak laki-laki yang namanya tidak diberitahukan pada publik. Pada tahun 2011, Jin mulai kuliah di Konkuk University, Seoul, dan pada tahun 2017 lulus dari jurusan teater dan film.

2. Mina – Gugudan (4 Desember 1999)

Mina – Gugudan (4 Desember 1999)

* sumber: www.soompi.com

Kang Mina merupakan maknae grup Gugudan yang merupakan grup besutan Jellyfish Entertainment. Mina berpartisipasi dalam Mnet's Produce 101 Season 1. Bersama dengan Nayoung dan Sejeong, dia meraih peringkat 9, jadi dia termasuk dalam grup I.O.I, grup terakhir acara tersebut.

Debut pada Juni 2016 bersama sembilan anggota lainnya lewat lagu 'Wonderland'. Mina juga masuk dalam sub grup 5959 and SeMiNa. Di tahun 2018 dia menjadi host Show! Music Core MBC bersama dengan Chani dari SF9 dan Hyunjin Stray Kids. Mina lahir tanggal 4 Desember 1999.

Selain jago nyanyi dan nari, Mina juga merambah dunia akting dan sempat berakting di beberapa drama, di antaranya 20th Century Boy and Girl, Mama Fairy and the Woodcutter, Dokgo Rewind, dan Hotel del Luna. Mina merupakan ambassador kosmetik, 'Lilybred', bersama dengan Kwon Hyun-bin.

3. Sowon – Gfriend (7 Desember 1995)

Sowon – Gfriend (7 Desember 1995)

* sumber: www.sumber.com

Bernama asli Kim So Jung, Sowon lahir pada tanggal 7 Desember 1995 dan mempunyai satu kakak perempuan. Dia adalah leader grup GFriend. Mulai tahun 2010, selama 4 tahun Sowon berlatih di DSP Media kemudian dia pindah ke Source Music dan berlatih 1,5 tahun lagi untuk debut bersama GFriend.

Dia lulus dari Hanlim Multi Art School. Dia pandai bermain bowling dan senang memasak. Makanan favoritnya adalah seafood. Sowon kuliah di Universita Wanita Sungshin dan mengambil jurusan Media Visual dan Akting.

4. Yuna – ITZY (9 Desember 2003)

Yuna – ITZY (9 Desember 2003)

* sumber: www.facetofeet.com

Terlahir dengan nama Shin Yuna pada 9 Desember 2003, Yuna merupakan anggota dari ITZY, girlband yang berada di bawah naungan JYP Entertainment. Di ITZY, dia merupakan main dancer, main rapper, vokalis juga visual. Yuna juga merupakan maknae dalam grup ini.

Setelah training selama 3 tahun, akhirnya pada 20 Januari 2019 debut bersama ITZY. Lulusan   Sekolah Multi Seni Hanlim ini biasa bermain floorball selama sekitar 4 tahun, saat usia 11-15. Dia juga dapat penghargaan untuk The Best Player of the Match di Kyeonggido High School Sportsclub Championship.

5. Kang Daniel (10 Desember 1996)

Kang Daniel (10 Desember 1996)

* sumber: kpopchart.net

Tanggal 10 Desember 1996 Kang Daniel lahir di kota Busan, Korea Selatan. Nama aslinya adalah Kang Euigeon kemudian mengubahnya menjadi Kang Daniel karena banyak orang kesulitan mengucap nama tersebut. Daniel adalah anak tunggal.

Idol berzodiak sagitarius ini sejak SMP sudah belajar B-Boying, bahkan mendapatkan posisi pertama sebagai rookie B-Boying pada ajang kompetisi di Busan. Dia mengikuti Produce 101 season 2 dan berhasil meraih peringkat pertama dengan total suara 1.578.837 dan jadi pemenang season 2.

Sebelum akhirnya mendirikan KONNECT Entertainment, Kang Daniel bergabung dengan Swing Entertainment, MMO Entertainment, dan yang terakhir yang sempat berkonflik adalah LM Entertainment. Sebelum jadi soloist, Kang Daniel tergabung dalam grup Wanna One.

6. Bobby – iKON (21 Desember 1995)

Bobby – iKON (21 Desember 1995)

* sumber: www.billboard.com

Lahir tanggal 21 Desember 1995, Bobby yang memiliki nama asli Kim Jiwon. Dia lahir di Seoul, Korea Selatan, tetapi dia dibesarkan di Virginia, Amerika Serikat. Bobby adalah rapper dari boyband iKon yang berada di bawah naungan YG Entertainment.

Dia gabung dengan YG Ent pada awal 2011 di New York. Dia senang basket dan sangat menyayangi boneka Winnie the Pooh-nya. Di grupnya, Bobby merupakan pembuat mood. Keluarga Bobby sangat religius sehingga dia tumbuh di gereja. Dia belajar bermain gitar, drum dan piano di sana.

Bersama B.I Bobby berpartisipasi dalam Show Me the Money 3 dan akhirnya menjadi pemenangnya. Bobby mengagumi keterampilan rap Mino WINNER, bahkan ingin punya suara seperti dia. Bobby mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan B.I, Mino Winner untuk Epik High 'Born Hater'.

7. MoonByul – Mamamoo (22 Desember 1992)

MoonByul – Mamamoo (22 Desember 1992)

* sumber: www.sumber.com

Lahir 22 Desember 1992 di Buncheon, Korea Selatan, MoonByul memiliki nama asli Moon Byulyi dan pada tahun 2014 debut bersama Mamamoo. Awalnya dia audisi untuk vokalis tapi akhirnya menjadi rapper. Banyak yang mengatakan wajahnya mirip dengan EXO Xiumin dan BTOB Minhyuk.

Dia adalah putri tertua di keluarganya. Ia memiliki dua adik perempuan bernama Seulgi yang lahir pada tahun 1996 dan Yesol yang lahir pada tahun 2004. Moon Byul adalah rapper yang imut dan menawan yang penampilan polosnya membodohi semua orang saat debut grup.

8. Sana – Twice (29 Desember 1996)

Sana – Twice (29 Desember 1996)

* sumber: www.soompi.com

Sana lahir pada tanggal 29 Desember 1996 di Tennōji-ku, Osaka, Jepang. Anggota Twice ini merupakan seorang anak tunggal. Sana pandai dalam bidang seni kaligrafi yang sudah dia pelajari sejak SD. Adalah kepopuleran Girls 'Generation dan KARA di Jepang yang membuat dia tertarik dengan KPOP.

Di tahun terakhir sekolah menengahnya, Sana ditemukan oleh JYP Entertainment di jalan saat berbelanja dengan teman-temannya dan dia mengikuti audisi pada tanggal 13 April 2012. Di tahun 2014, dia muncul di video musik "A" Got7 dan "Feel" Junho, dan ternyata dia disukai oleh publik.

Sana memiliki hobi yang cukup unik yaitu mengoleksi parfum dan body mist. Sana menyukai lelaki yang memperlakukan orang tuanya dengan baik, pekerja keras dalam kariernya dan profesional.

9. Joshua – SEVENTEEN (30 Desember 1995)

Joshua – SEVENTEEN (30 Desember 1995)

Joshua lahir di Los Angeles, California pada tanggal 30 Desember 1995, dia adalah dan merupakan seorang anak tunggal. Mulai training pada tahun 2013 setelah dia bergabung dengan Pledis Entertainment. Dia tergabung dalam boyband SEVENTEEN.

Joshua adalah cowok yang sangat serba bisa. Dia bisa memainkan alat musik, bernyanyi, mengaransemen dan menari. Selain itu, dia juga meng-cover beberapa lagu populer, seperti lagu "Because of You" oleh After School versi akustik.

Selain berada dalam grup SEVENTEEN, dia juga melakukan proyek solo dengan rapper Kisum, di lagu "You and I". Dia dikenal sebagai SEVENTEEN's Gentleman, karena dia tidak pernah marah dan selalu berbicara dengan lembut.

10. Kim Taehyung – BTS (30 Desember 1995)

Kim Taehyung – BTS (30 Desember 1995)

* sumber: www.minews.id

Kim Taehyung yang lebih dikenal dengan nama panggungnya, V, lahir di Daegu, Korea Selatan pada tanggal 30 Desember 1995. Dari Daegu dia pindah ke Geochang dan di tempat itulah dia menghabiskan hidupnya sampai akhirnya dia pindah ke Seoul.

V yang penyuka musik klasik ini bersekolah di sekolah menengah Pertama Daegu dan pindah ke Sekolah Menengah Seni Koren. Dia lulus pada tahun 2014 bersama dengan rekan satu grupnya, yaitu Jimin.

Untuk memperingati kelulusan mereka, keduanya membuat remix lagu “Old School Love ft. Ed Sheeran" dan mempostingnya di Soundcloud. Tak hanya jago nari dan nyanyi, V juga merambah dunia akting. Dia bermain dalam drama berjudul Hwarang Bersama Park Seo Joon yang kini jadi sohibnya.

Taehyung adalah anak laki-laki tertua di keluarga. Dia punya adik laki-laki, Kim Jeong Gyu, dan adik perempuan, Kim Eon Jin. Orang tuanya adalah petani. Taehyung mengungkapkan dia berasal dari latar belakang yang tidak begitu beruntung, tapi mereka sangat mendukungnya.

Itulah idol KPOP yang lahir di bulan Desember ini. Ternyata ada dua anggota BTS yang lahirnya sama di bulan Desember. Siapa biasmu yang lahir bulan Desember ini?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram