bacaterus web banner retina

Inilah 13 Deretan Idol Kpop yang Lahir di Bulan Juli

Di beberapa negara bulan Juli adalah bulannya liburan. Seperti di Amerika, orang-orang banyak yang pergi piknik, memanen blueberry dan makan es krim serta menyalakan kembang api.

Untuk kamu yang suka memasak, bulan Juli adalah bulan yang membahagiakan. Pasalnya Juli adalah National Culinary Art Month dan Lasagna Awareness Month.

Terbayang betapa meriahnya bulan Juli di negara lain. Tapi itu belum seberapa. Mari kita lengkapi keseruan bulan Juli dengan informasi sederet idol Kpop yang lahir di bulan pertengahan tahun ini.

Hari lahir para idol ini membawa kemeriahan tersendiri yang membuat bulan Juli jadi lebih berkesan. Siapa saja mereka? Silahkan duduk manis dan catat tanggal lahir mereka!

Baca juga: 10 Film Korea Terbaik yang Dibintangi oleh Idol Kpop

1. Lee Taeyong – NCT (1 Juli 1995)

 Lee Taeyong – NCT (1 Juli 1995)

Sebagai pembuka daftar ini, ada Lee Taeyong yang lahir tepat di tanggal 1 Juli 1995. Member NCT yang berposisi sebagai penari utama dan rapper ini adalah salah satu trainee SM Ent yang terkenal bahkan jauh sebelum ia debut.

Ditunjang dengan wajah rupawan yang khas, tidak heran jika Taeyong punya banyak fans. Meski dikenal dengan penampilannya yang cool dan swag, nyatanya Taeyong adalah seorang yang pemalu dan pendiam.

Ia lebih banyak memberikan kesempatan berbicara kepada member lain ketimbang dirinya. Dan jika seseorang memuji ketampanannya, Taeyong akan menutupi wajahnya sembari senyum-senyum malu.

2. Cha Junho – Drippin (9 Juli 2002)

Cha Junho – Drippin (9 Juli 2002)

Sejak diperkenalkan ke publik oleh Woollim Ent sebagai anggota resmi Drippin, banyak yang menantikan penampilan Junho di panggung. Pasalnya fans sudah kadung jatuh hati dengan penampilan Junho sejak ia bergabung dengan X1.

Beruntung, Woolim Ent cepat tanggap memboyong Junho setelah X1 resmi bubar dan mendebutkannya bersama Drippin.

Junho adalah salah satu eks peserta Produce X 101 yang memperoleh peringkat cukup tinggi. Idol yang seangkatan dengan Huening Kai dan Taehyun TXT di Hanlim Multi Art School ini adalah salah satu member Drippin yang menonjol.

Tidak hanya karena mirip dengan seniornya, L Infinite, idol kelahiran Hongeson-gun, 9 Juli 2002 ini memang seorang idol berbakat.

3. San – Ateez (10 Juli 1999)

San – Ateez (10 Juli 1999)

Dilihat dari mana pun, San itu menggemaskan. Idol kebanggaan Gyeongsan yang lahir tanggal 10 Juli 1999 ini selalu menjadi scene stealer dalam penampilan Ateez di panggung musik.

Meskipun diplot sebagai lead vocal, tapi San mempunyai gaya menari yang khas yang membuatnya menarik. Ekspresinya saat menari menjadi charming point yang dimilikinya.

Usut punya usut, San ikut serta dalam audisi MIXNINE karena berharap acara tersebut menjadi pintu gerbangnya untuk debut. Akhirnya takdir menempatkan San sebagai member Ateez dan mantap berkarir bersama mereka.

4. Jihan – Weekly (12 Juli 2004)

Jihan – Weekly (12 Juli 2004)

Weekly adalah grup idol wanita yang bernaung di bawah Play M Ent (sekarang IST Ent) yang mengusung konsep cute dan segar, sesuai dengan usia para member yang masih muda-muda.

Konsep menggemaskan diterapkan dengan baik oleh semua member-nya, termasuk Jihan. Ia dianugerahi visual yang lucu dengan bunny teeth yang membuatnya semakin menggemaskan.

Nah, idol yang lahir di Anyang, 12 Juli 2004 ini menempati posisi sebagai lead dancer. Ia mampu menghafal koreografi baru dalam waktu singkat. Jihan ini adalah fans LOONA garis keras lho. Galeri ponselnya dipenuhi foto-foto para member LOONA.

5. Chengxiao – WJSN (15 Juli 1998)

Chengxiao – WJSN (15 Juli 1998)

Dari grup idol wanita, WJSN atau yang juga populer dengan nama Cosmic Girl, ada Chengxiao yang terlahir di bulan Juli. Ia lahir di Nanshan, Tiongkok tanggal 15 Juli 1998.


Nah, member WJSN non-Korea ini menjalani masa trainee dari usia 14 tahun. Tidak hanya lihai menari dan bernyanyi di atas panggung, Chengxiao juga dianugerahi bakat akting yang mumpuni.

Di usianya yang terbilang muda, ia sudah membintangi beberapa film, drama dan variety show. Penampilannya di acara tersebut begitu menghibur sehingga ia banyak mendapatkan cinta dari para penonton.

6. Jeon Wonwoo – Seventeen (17 Juli 1996)

Jeon Wonwoo – Seventeen (17 Juli 1996)

Ada banyak hal yang bisa kita bicarakan tentang Wonwoo. Tapi, kita mulai dari hari lahirnya terlebih dahulu. Member Seventeen bernama lengkap Jeon Wonwoo ini lahir di Changwon, 17 Juli 1996.

Oh, ya, Wonwoo ini dijuluki Seventeen Since Birth lantaran ia lahir di tanggal 17, sama dengan nama grupnya, Seventeen.

Perjalanan karir idol yang awalnya ingin menempati posisi lead singer ini dimulai dari iseng semata. Sewaktu ia masih duduk di sekolah musik untuk mendalami gitar, ia mendengar ada audisi Pledis Ent.

Ia mengikuti audisi itu dengan tujuan untuk menimba pengalaman. Tapi tidak disangka-sangka ia justru lolos audisi dan diterima sebagai trainee Pledis Ent selama 4 tahun.

7. Taemin – SHINee (18 Juli 1993)

Taemin – SHINee (18 Juli 1993)

Si Bungsu dari SHINee ini juga lahir di bulan Juli, yakni di tanggal 18 Juli 1993. Perjalanan idol berzodiak Cancer ini dimulai saat ia mengikuti audisi Saturday Audition yang terkenal ketat dan sulit ditembus.

Beruntung, Taemin berhasil lolos dan debut setelah tiga tahun menghabiskan waktu sebagai trainee SM Ent. Meskipun kerap diperlakukan sebagai bayi oleh para member SHINee yang lain, nyatanya Taemin adalah idol Kpop yang disegani.

Ia adalah idolanya idol. Tidak terhitung idol junior yang mengaku mengidolai Taemin dan menjadikannya panutan.

8. Elly – Weki Meki (20 Juli 1998)

 Elly – Weki Meki (20 Juli 1998)

Bela diri Taekwondo adalah salah satu jenis bela diri yang banyak digemari oleh masyarakat Korea. Member Weki Meki, Elly, merupakan salah satu idol yang juga menggemari jenis ilmu bela diri tersebut.

Ia berhasil mencapai tingkat tiga. Dengan kemampuan Taekwondo-nya yang apik, Elly dijuluki sebagai Taekwondo Girl.

Dalam beberapa kesempatan, Elly banyak memamerkan kemampuan bela dirinya saat Weki Meki hadir sebagai bintang tamu. Yang menarik dari diri idol kelahiran Seoul, 20 Juli 1998 ini perangainya yang lucu. Meskipun mahir bela diri, ia paling jago bikin member lain tertawa.

9. Lia – ITZY (21 Juli 2000)

Lia – ITZY (21 Juli 2000)

Anggota ITZY yang satu ini dikenal sebagai salah satu member yang mempunyai aura dingin. Tapi siapa sangka kalau pemilik nama asli Choi Jisoo ini mudah akrab dengan orang baru.

Di grupnya, ITZY, Lia diplot sebagai sub rapper dan main vocalist. Warna suara yang unik membuat Lia pantas menempati posisi tersebut.

Nah, sebelum ia mengikuti audisi di JYP Ent, Lia rupanya pernah menjalani masa pelatihan di SM Ent, namun ia mundur sebab orang tuanya tidak mengizinkannya lantaran usianya terlalu muda.

Setelah usianya dirasa cukup, idol yang lahir tanggal 21 Juli 2000 ini menjajal kesempatan audisi di JYP Ent dan berhasil lolos. Ia menjalani pelatihan selama 1,5 tahun sebelum resmi debut bersama ITZY.

10. Yoon Jaehyuk – Treasure (23 Juli 2001)

Yoon Jaehyuk – Treasure (23 Juli 2001)

Yoon Jaehyuk mengalami perjalanan di awal karir yang cukup unik. Ia mengikuti casting di pinggir jalan sepulang sekolah, lalu mengikuti survival program YG Treasure Box di tahun 2018.

Namun, sebelum mengikuti acara tersebut, Jaehyuk sudah didekati oleh agensi besar Korea lho. Diketahui Yuehua Ent, Pledis Ent, Cube Ent, dan Woolim pernah menunjukkan minatnya menggaet Jaehyuk.

Menariknya, meskipun Jaehyuk terbilang idol yang sukses di usianya yang muda, Jaehyuk kecil bercita-cita menjadi pengusaha. Namun, beranjak remaja, idol kelahiran 23 Juli 2001 ini tertarik pada dunia seni, khusus tarik suara.

11. Huening Bahiyyih – Kep1er (27 Juli 2004)

Huening Bahiyyih – Kep1er (27 Juli 2004)

Adik kandung Huening Kai ini tengah menjadi buah bibir. Bukan tanpa alasan banyak warganet yang penasaran dengan sosok adik yang selisih dua tahun lebih muda dari sang kakak ini.

Apalagi ketika namanya diketahui menjadi salah satu finalis dari acara Girls Planet 99, rasa penasaran warganet terhadapnya semakin meningkat.

Idol yang kini resmi debut bersama Kep1er ini pernah mengikuti beberapa audisi lho, di antaranya adalah YG Ent dan BE:LIFT LAB, dan ia berhasil lolos.

Akan tetapi, kini member yang lahir di Honolulu, Hawaii, 27 Juli 2004 ini memilih bernaung di bawah agensi IST Ent, agensi yang juga menaungi A-PINK, Victon dan Weekly ini.

12. Hyojung – Oh My Girl (28 Juli 1994)

Hyojung – Oh My Girl (28 Juli 1994)

Idol lain yang juga lahir di bulan Juli adalah Hyojung Oh My Girl. Idol yang dipercaya sebagai leader ini dianggap layak mengemban tugas memimpin grupnya.

Kebetulan, makna namanya pun tidak jauh-jauh dari kharisma seorang pemimpin. ‘Hyo’ artinya belajar, sedangkan ‘Jung’ berarti memutuskan.

Di mata para member, idol yang mendeskripsikan dirinya sebagai “Bunga Matahari” ini dikenal sebagai member yang ceria dan selalu bersemangat.

Tidak salah jika ia dipilih sebagai leader. Pasalnya ia kerap menularkan semangat pada grup saat mereka kelelahan. Hyojung lahir tanggal 28 Juli 1994. Catat tanggalnya, ya!

13. Hong Joochan – Golden Child (31 Juli 1999)

Hong Joochan – Golden Child (31 Juli 1999)

Member Golden Child yang pernah tampil dalam King of Masked Singer episode 153 ini dikenal sebagai salah satu moodmaker di dalam grup. Itulah kenapa, kehadirannya selalu dinantikan oleh para member, terutama saat mereka di bawah tekanan.

Selain jago nyanyi, Joochan juga jago menggambar. Bakatnya ia dapatkan dari kakak perempuannya yang duduk di sekolah seni. Darah seninya begitu kental mengalir di tubuh idol berzodiak Leo ini.

Joochan diketahui punya sense dalam membuat sesuatu. Dia diketahui pernah menyulap sebongkah kayu menjadi cincin yang cantik.

Penasaran dengan fakta lainnya dari member Golden Child yang pernah meng-cover lagu “Kesempurnaan Cinta” milik Rizki Febian? Pertama, tanda kalendermu di tanggal 31 Juli, itu adalah hari ulang tahun idol kelahiran 1999 ini.

Itu dia 13 idol Kpop ternama Korea yang diketahui lahir di bulan Juli. Talenta-talenta muda kebanggaan Korea selalu menarik untuk diikuti faktanya, termasuk hari lahirnya.

Nah, adakah hari lahir biasmu di dalam daftar di atas? Coba cek baik-baik uraiannya dan jangan lupa beri ucapan selamat untuk bias kesayanganmu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram