bacaterus web banner retina

Inilah Deretan 12 Idol Kpop yang Lahir di Bulan Januari

Bulan Januari adalah bulan permulaan pada sebuah tahun dan sebuah harapan baru akan dimulai. Menyambut permulaan tahun banyak idol-idol Kpop yang lahir di bulan ini.

Di bulan pertama ini ada beberapa idol kpop yang akan merayakan hari lahirnya. Deretan idol ini ada yang berasal dari grup pendatang baru juga grup yang sudah besar dan populer seperti Blackpink dan EXO.

Para fans pasti sudah bersiap-siap untuk merayakan idolanya. Apakah kamu bisa menebak siapa saya idol Kpop yang lahir bulan Januari? Bisa jadi biasmu masuk dalam daftar di bawah ini. Kalau penasaran baca terus ulasannya.

Baca juga: Inilah Deretan Idol KPOP yang Lahir di Bulan Desember

1. Kangmin VERIVERY – 25 January 2003

Kangmin VERIVERY – 25 January 2003

Biasa disapa Kangmin, Yoo Kangmin adalah maknae dari VERYVERY, boy group besutan Jellyfish Entertainment. Maknae VERIVERY ini lahir di Busan, Korea Selatan pada 25 Januari 2003.

Dia mendapatkan nama panggilan dari para hyung-nya, yakni “Kangnaengi”, yang merupakan kombinasi dari Kangmin dan Maknae.

Daya tarik Kangmin yang berhasil memikat para fansnya adalah senyuman yang katanya menggemaskan. Oh iya, menurut K-Netz Kangmin ini nampak seperti Irene Red Velvet tapi versi cowoknya.

Kalau ditanya apa yang membuat Kangmin takut, jawabannya adalah hantu dan ketinggian. Meskipun maknae tapi Kangmin merupakan lead dancer di grupnya. Keren, kan?

2. Chanwoo iKon – 26 Januari 1998

Chanwoo iKon – 26 Januari 1998

Lahir di Kota Yongin tanggal 26 Januari 1998, member iKon ini biasanya disebut Giant Maknae. Itu karena Chanwoo memiliki tinggi badan yang mencapai 182 cm.

Biasanya maknae itu disuruh-suruh sama hyung, tapi beda dengan Chanwoo. Dia bisa nyuruh para hyung-nya, lho! Member bernama lengkap Jung Chanwoo ini di grupnya menempati posisi vokal.

Mungkin kamu pernah dengar kalau dia dulu sempat main di dua drama yang dibintangi Lee Min Ho, Boys Before Flowers dan The Heirs. Di dua drama itu Chanwoo memerankan tokoh yang dibintangi Lee Min Ho tapi versi mudanya.

Dia juga pernah membintangi MV “Balloons” milik TVXQ. Dia suka game dan jago banget main game. Saking seriusnya dia bahkan beli komputer dan kursi seperti pro gamer. Chani SF9 dan Moonbin Astro adalah teman masa kecilnya, bahkan tanggal lahir Moonbin dan Chanwoo sama.

3. Jennie Blackpink – 16 Januari 1996

Jennie Blackpink – 16 Januari 1996

Sepertinya member Blackpink yang satu ini sudah tak asing lagi. Jennie adalah idol Kpop yang lahir bulan Januari, tepatnya 16 Januari 1996 di Kota Anyang.

Bernama lengkap Kim Jennie, member Blackpink ini pernah tinggal 5 tahun di Selandia Baru. Dia bersekolah di ACG Parnell College dan kembali lagi ke Korea untuk bergabung jadi trainee di YG Entertainment.

Posisi Jennie di Blackpink sebagai lead vocalist juga rapper. Jennie juga dikenal sebagai “Human Gucci” karena dia sering mengenakan barang-barang dari brand tersebut.

Sekarang dia jadi “Human Channel” karena sejak tahun 2018 dia sudah jadi brand ambassador produknya. 10 September 2021 ini dia juga didapuk jadi brand ambassador untuk Calvin Klein.

Walaupun dia memegang posisi sebagai vokalis dan rapper tapi Jennie membuktikan dia juga mahir memainkan bermacam-macam alat musik. Beberapa alat musik yang dikuasainya, yaitu, gitar akustik, gitar elektrik, piano juga seruling.

4. Lucas NCT & WayV – 25 Januari 1999

Lucas NCT & WayV – 25 Januari 1999

Masih ingat dengan member NCT dan WayV yang sering muncul di televisi kita dengan jargonnya, “Cobain Kuy?” Ya, Lucas member NCT, boy group yang berada di bawah bendera SM Entertainment, ini lahir pada tanggal 25 Januari 1990 di Hongkong.


Lucas lahir dari seorang ibu asal Thailand dan ayah dari Hongkong. Cowok bernama asli Huang Xuxi atau Wong Yukhei ini pindah ke Korea Selatan untuk jadi bintang K-Pop.

Nama Korea Lucas adalah Hwang Wook Hee sementara nama panggungnya adalah Lucas Wong. Wajahnya disebutkan mirip dengan Minho SHINEE.

Tahun 2017 dia mulai diperkenalkan di SM Rookies dan setahun kemudian, yaitu di tahun 2018, Lucas debut di NCT U bersama dengan Jungwoo dalam lagu yang berjudul Boss. Di tahun 2019, dirinya kembali debut dengan WayV dan SuperM.

Meskipun di awal Lucas mengaku tak bisa apa-apa, sekarang di WayV dia jadi lead rapper, visual, sub vokalis, center juga face of the group.  Sementara itu di SuperM pun dia posisinya sebagai lead rapper.

5. Hyungwon Monsta X – 15 Januari 1994

Hyungwon Monsta X – 15 Januari 1994

Lebih banyak dikenal dengan nama Hyungwon, Chae Hyungwon merupakan anggota boyband dari Monsta X, grup asuhan Starship Entertainment. Hyungwon adalah visual dari Monsta X yang lahir di Gwangju, Korea Selatan pada 15 Januari 1994.

Posisi dia di Monsta X adalah sebagai lead dancer, visual juga vokalis. Hyungwoon sudah jadi model yang cukup terkenal sebelum dia bergabung di Monsta X.

Dia sukses malang-melintang di beberapa peragaan busana. Hyungwoon juga dikenal dengan julukan “Meme Guy” karena banyak banget meme yang menggunakan wajahnya.

6. Winter Aespa – 1 Januari 2001

 Winter Aespa – 1 Januari 2001

Idol Kpop yang lahir bulan Februari lainnya adalah Winter Aespa. Dia tergabung dalam girl group yang ada di bawah naungan SM Entertainment.

Member Aespa yang memiliki nama asli Kim Minjeong ini lahir pada 1 Januari 2001. Dia diberkahi dengan visual yang cantik dan kecantikan wajahnya bahkan sering disamakan dengan boneka.

Posisi Winter di Aespa sebagai lead vocalist, visual, dan lead dancer. Dia menjalani trainee kurang lebih 4 tahun. Winter sering disebut mirip dengan Taeyon SNSD.

Rutinitas paginya yaitu makan segera setelah bangun. Begitu sadar kalau hari sudah pagi, dia akan langsung ke dapur dan makan. Dia terkadang masak juga untuk member yang lain.

7. Yoohyeon Dreamcatcher – 7 Januari 1997

Yoohyeon Dreamcatcher – 7 Januari 1997

Pemilik nama asli Kim Yoohyeon ini lahir pada tanggal 7 Januari 1997.  Member Dreamcatcher yang lebih sering disapa dengan Yoohyeon ataupun Rachel Kim ini adalah seseorang yang sangat multitalenta.

Yoohyeon bisa main gitar, beatbox, mahir berbicara dalam bahasa Inggris, bahkan dia juga sedang bahasa Jerman dan Mandarin. Yoohyeon ternyata belajar bahasa Inggris di Filipina.

Yoohyeon adalah anak tertua dari dua bersaudara. Hobinya adalah main video game selain nonton video gaming dan bikin video Tiktok. Penggemar berat Sunmi ini bahkan sempat mengirimkan surat pada idolnya tersebut. Sebelum tergabung dalam Dreamcatcher, dia pernah menjadi model runaway.

8. Kai Exo – 14 Januari 1994

Kai Exo – 14 Januari 1994

Member boyband EXO yang memiliki kulit eksotis ini berulang tahun pada bulan Januari. Dia lahir tanggal 14 Januari 1994 di Suncheon, Provinsi Jeolla Selatan.

Pemilik nama asli Kim Jongin ini tak hanya menjadi main dancer, rapper sekaligus visual. Tak hanya itu, dia juga merambah dunia akting dengan bermain di drama Jepang “Spring has come” dan drama Korea “Miracle That We Met” (2018).

Kai dikenal jago banget dalam urusan dance. Itu karena dia menguasai beberapa jenis tarian, seperti jazz, ballet, popping, hiphop dan locking. Kai mulai debut dengan EXO pada tahun 2012.

Dia sekarang tergabung juga dalam SuperM bersama Taemin (SHINee), Baekhyun (Exo), Ten (NCT & WayV), Taeyong (NCT), Mark (NCT), dan Lucas (NCT & WayV).

9. Sungjin DAY6 – 16 Januari 1993

9. Sungjin DAY6 – 16 Januari 1993

Group leader DAY6 yang bernama asli Park Sungjin ini juga merayakan ultahnya di bulan Januari. Sungjin lahir di Busan pada 16 Januari 1993. Di Day6, dia memegang posisi sebagai leader merangkap vokalis utama juga rhythm guitarist. Tak hanya bermain gitar, Sungjin juga piawai main piano juga bass guitar.

Sebelumnya Sungjin merupakan anggota 5LIVE, yaitu formasi asli Day6. Di tahun 2014 mereka melakukan soft debut. Namun kemudian band tersebut mengubah namanya jadi Day6 karena penggemar membanding nama band mereka dengan Maroon 5, band asal Amerika. 

Di tahun 2009 Sungjin pernah memenangkan kompetisi menyanyi yang bernama Jin Chin Chin Song Festival. Selain itu dia juga pernah muncul dalam season kedua ‘Hidden Singer’. Dia bersaing melawan JYP. Sempat menang di dua babap pertama tapi harus tereliminasi di babak ketiga.

10. Seolhyun AOA – 3 Januari 1995

Seolhyun AOA – 3 Januari 1995

Fans lebih mengenalnya dengan nama Seolhyun. Anggota girl group AOA yang bernama asli Kim Seolhyun ini lahir pada 3 Januari 1995 di Bucheon, Korea Selatan. Posisi dia di AOA adalah sebagai vokalis, lead dancer, center juga face of the group. Sejak kecil Seolhyun sudah bermain piano.

Tak hanya jago bernyanyi, Seolhyun juga menjajal dunia akting. Beberapa judul drama yang pernah dibintangi oleh Seolhyun di antaranya Ugly Alert (2013), Orange Marmalade (2015), dan My Country: The New Age (2019).

Selain itu, dia juga main dalam beberapa judul film, di antaranya Gangnam 1970 (2015), Memoir of a Murderer (2017), dan The Great Battle (2018).

11. Chani SF9 – 17 Januari 2000

Chani SF9 – 17 Januari 2000

Chani yang merupakan maknae SF9 juga lahir di bulan Januari, tepatnya tanggal 17 Januari 2000 di Kota Daejeon. Dia adalah rapper dan dancer di SF9. Tak hanya mahir ng-rap dan nge-dance, maknae ini juga berbakat dalam berakting.

Masih ingat Sky Castle? Dalam drama yang sempat booming itu dia berakting sebagai Hwang Woojoo anak baik, pintar juga tidak banyak tingkah.

Judul drama lainnya yang pernah dia bintangi adalah Can You Hear My Heart, Click Your Hearts, dan The Innocent Man. Chani juga berteman akrab dengan Moonbin ASTRO dan Chanwoo iKon sejak kecil. Mereka bertiga sama-sama pernah jadi model cilik untuk baju anak.

12. Jinny SECRET NUMBER - 20 Januari 1998

Jinny SECRET NUMBER - 20 Januari 1998

Bernama asli Park Jinny member dari girl group SECRET NUMBER ini lahir tanggal 20 Januari 1998. Jinny yang adalah anak bontot dari dua bersaudara ini lahir di Kota Los Angeles, California. Karenanya dia mempunyai dua kewarganegaraan, Amerika dan Korea.

Posisinya di SECRET NUMBER sebagai main rapper, lead dancer, juga sub-vocalist. Sebelumnya Jinny pernah jadi trainee di YG selama 5 tahun.

Dia pernah ikut dalam survival program Produce 48 setelah meninggalkan YG. Jinny fasih berbahasa Inggris dan Korea, dan meski belum mahir, tapi dia bisa berbicara bahasa Spanyol Jepang, Mandarin, dan Indonesia.

Itulah deretan idol Kpop yang lahir bulan Januari. Biasanya para fans akan sibuk membuat event untuk merayakan ulang tahun para idolnya tersebut. Tak hanya dari Korea saja, fans dari berbagai negara biasanya saling terhubung untuk menyukseskan acara tersebut.

Ngomong-ngomong apa biasmu ada dalam daftar 12 idol Kpop yang lahir bulan Januari di atas nggak? Apa kamu juga sudah menyiapkan sesuatu untuk ultah idol-mu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram