bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / 10 Ide Olahan Pisang untuk Takjil, Bahan Sederhana Rasa Juara!

10 Ide Olahan Pisang untuk Takjil, Bahan Sederhana Rasa Juara!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 26 Maret 2021

Waktu berbuka adalah yang paling ditunggu-tunggu. Biasanya ia lekat dengan aneka jajanan manis yang menggugah selera. Jika Anda bosan dengan kolak pisang atau goreng-gorengan yang standar, ide olahan pisang untuk takjil di bawah ini siapa tahu bisa menginspirasi!

Ide olahan yang kami rekomendasikan, cukup beraneka ragam. Namun, tidak usah khawatir karena rata-rata dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat. Proses pembuatannya pun tidak macam-macam apalagi menyulitkan. Pisang yang semula biasa-biasa, berubah jadi istimewa. Ingin tahu apa saja ide olahan pisang yang lezat disantap saat berbuka? Berikut pilihannya untuk Anda!

1. Setup Pisang

Ide olahan pisang untuk takjil yang pertama bisa Anda coba buat di rumah adalah Setup Pisang. Kudapan ini cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka kolak pisang karena menghindari penggunaan santan tapi ingin menyantap pisang dengan kuah manis yang menyegarkan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Setup Pisang mudah didapat. Cara membuatnya pun cukup gampang. Anda hanya perlu menyediakan beberapa buah pisang kepok (sesuai kebutuhan), gula merah, gula pasir,sejumput garam, daun pandan beberapa lembar, kayu manis, cengkeh dan vanila.

Langkah pertama adalah rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan pisang kepok yang sudah diiris serong. Tambahkan gula merah, gula pasir, garam, kayu manis, cengkeh, daun pandan dan vanila. Masak pisang hingga empuk. Pastikan juga gula merah dan gula pasir yang dimasukkan tadi sudah larut. Tes rasa lalu sajikan.

2. Banana Toffee

Banana Toffee

Puasa Ramadhan kali ini bagaimana jika Anda buat takjil untuk anggota keluarga berupa olahan pisang yang kekinian? Jika setuju, Banana Toffee bisa jadi salah satu pilihan. Untuk membuatnya tidak terlalu sulit, sementara bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa didapat di supermarket terdekat.

Anda hanya perlu menyediakan tiga buah pisang, gula pasir, sekitar 80 ml air, 180 ml whipping cream yang kental, vanila, sedikit garam, mentega tawar 2 sendok makan, mentega cair 60 gram, coklat bubuk, whipped cream dan satu bungkus biskuit susu. Langkah pertama adalah buat karamel dengan merebus  gula pasir terlebih dulu. Jangan diaduk selagi merebus gula dan air ya! Anda bisa menggoyang-goyang pancinya jika ada bagian dari gula yang belum larut.

Selanjutnya tambahkan whipping cream kental, aduk lalu matikan. Masukkan mentega tawar yang sudah disiapkan, vanila  dan sedikit garam, aduk kembali, kemudian sisihkan. Langkah seterusnya hancurkan biskuit susu lalu tambahkan mentega yang sudah dicairkan, aduk lalu padatkan di wadah yang akan Anda gunakan. Tuang beberapa sendok karamel yang sudah jadi tadi dan ratakan.

Setelah itu susun beberapa potong pisang di atas karamel tersebut, lalu timpa lagi dengan karamel yang tersisa kemudian ratakan kembali. Beri whipped cream sesuai selera dan taburkan coklat bubuk di atasnya. Setelah semua bahan habis, simpan di lemari es dan nikmati dalam keadaan dingin.

3. Es Pisang Ijo

Ide olahan pisang untuk takjil berikutnya yang bisa Anda coba hidangkan berasal dari daerah Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar. Pedagang Es Pisang Ijo memang cukup mudah ditemukan, tapi tidak ada salahnya jika kali ini Anda membuatnya sendiri. Bahan yang diperlukan cukup sederhana, begitu juga dengan tahapan pembuatannya.

Pertama-tama, Anda buat pisang ijonya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan yaitu beberapa buah pisang, tepung beras, tepung terigu, gula pasir, santan kental, garam, pasta pandan dan air. Setelah bahan siap, kukus pisang yang sudah disediakan. Lalu buat adonan kulitnya dengan cara mencampur tepung terigu, tepung beras, gula pasir, santan kental, garam dan air. Aduk hingga rata sambil dimasak hingga matang.

Setelah adonan matang, siapkan selembar plastik yang sudah diiolesi minyak goreng, masukkan dua sendok makan adonan tersebut ke atas plastik lalu pipihkan. Letakkan pisang yang sudah dikukus di atas adonan tersebut lalu balut. Pastikan seluruh bagian pisang tertutupi oleh adonan kulit, setelah itu kukus.

Sekarang siapkan bubur sumsumnya. Bahan yang harus Anda sediakan antara lain tepung beras, tepung terigu, santan kental, garam, daun pandan dan air. Setelah semua siap, masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam panci lalu masak dengan api kecil dan terus aduk. Adonan tersebut nantinya akan semakin berat, jika sudah terlihat ada letupan, angkat.

Terakhir, membuat saus santan. Anda hanya perlu menyiapkan santan kental, air, daun pandan, sedikit tepung maizena untuk mengentalkan dan garam. Membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur semua bahan tersebut hingga matang dan sisikan. Jika semua elemen sudah siap, saatnya menyajikan.

Siapkan terlebih dahulu piring atau mangkuk saji kemudian tuang beberapa sendok bubur sumsum, es batu, irisan pisang ijo, saun santan, sirup tambahan dan kental manis. Es Pisang Ijo pun siap disantap sebagai takjil! Walau cukup banyak yang harus dilakukan, semua keluarga pasti menyukainya.

4. Pisang Goreng Krispi

Pisang goreng tidak pernah salah. Tidak heran jika selalu saja ada hal baru darinya, seperti Pisang Goreng Krispi. Pisang Goreng Krispi punya banyak penggemar karena ada sensasi garing dan renyah saat memakannya. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana membuatnya agar ia bisa kriuk-kiruk?

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah pisang kepok, tepung beras, kapur sirih sebanyak ½ sendok teh, gula pasir, baking powder ½ sendok teh, vanila, dua telur ayam, air, garam, pewarna makanan kuning dan minyak untuk menggoreng. Untuk membuatnya, Anda harus membelas pisang kepok jadi dua bagian lebih dulu lalu sisihkan.

Buat adonan krispi dengan mencampurkan semua bahan di atas kecuali minyak. Pastikan jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer. Setelah itu masukkan irisan pisang ke dalam adonan lalu goreng dalam minyak yang sudah panas. Selanjutnya, tuang sedikit demi sedikit adonan ke dalam pisang yang sedang digoreng. Biarkan adonan tersebut matang dan mengering. Setelah menguning, angkat dan sajikan.

5. Pisang Goreng Gula Palem

Ide olahan pisang untuk takjil yang selanjutnya masih berupa pisang goreng tapi dengan tambahan taburan gula palem di atasnya. Gula palem berbeda dengan gula jawa atau gula aren. Gula palem terbuat dari nira pohon palem dan rasa manisnya tidak terlalu kuat hingga cocok dijadikan taburan. Gula jenis ini dikenal juga dengan nama gula semut karena teksturnya seperti pasir yang lembut.

Bahan dan cara membuat pisang goreng gula palem ini pada dasarnya sama dengan membuat pisang goreng pada umumnya. Perbedaannya terletak pada taburan gula palem di atas pisang. Satu tips saat membuat pisang goreng gula palem ini yaitu jangan memasukkan terlalu banyak gula ke dalam adonan pisang goreng, karena Anda akan mendapatkan manis tambahan dari gula palem yang ditaburkan.

Baca juga: Menu Takjil Paling Unik dan Enak Khas Nusantara

6. Dadar Gulung Pisang Coklat

Selama ini kue Dadar Gulung identik dengan isian kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Lalu bagaimana jika isian tersebut diganti dengan pisang dan vla coklat? Rasanya pasti tidak kalah lezat dan pembuatannya juga lebih sederhana. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulitnya antara lain tepung terigu, gula pasir, telur, sejumput garam, air, minyak sayur dan pasta coklat.

Setelah bahan siap, aduk semua hingga tercampur rata. Olesi teflon Anda dengan sedikit minyak lalu mulai buat kulit dengan cara mendadarnya. Tuang adonan sebanyak satu sendok sayur  lalu ratakan ke seluruh permukaan teflon. Diamkan hingga bagian atas terlihat mengering. Ulangi sampai adonan habis.

Sementara itu untuk membuat vla coklat Anda hanya membutuhkan coklat batangan, kental manis coklat, gula pasir, air dan sedikit terigu yang dilarutkan sebagai pengental. Membuatnya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu mencampur semua bahan, kecuali terigu, lalu mengaduknya hingga coklat meleleh sempurna, terakhir tuangkan adonan terigu sedikit demi sedikit hingga vla terbentuk.

Selanjutnya, gulung pisang menggunakan dadaran yang sudah lebih dulu dibuat. Jangan lupa menambahkan vla coklat di dalamnya. Lakukan hingga pisang yang Anda sediakan habis. Agar lebih cantik, beri taburan parutan keju di atasnya.

7. Banana Muffin

Berbuka puasa menggunaka Banana Muffin bukan ide yang buruk. Ia bisa mengganjal perut lapar Anda selagi harus ibadah shalat Maghrib, Isya dan Tarawih. Anda bisa menyiapkannya sedari siang agar tidak terburu-buru. Lalu apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana membuatnya?

Pertama siapkan bahan A yang terdiri atas pisang ambon yang sudah terlalu matang, satu butir telur, gula pasir, minyak sayur, butter cair dan vanila. Kemudian siapkan juga bahan B, yaitu tepung terigu, baking powder double action 1 sendok teh, ½ sendok teh baking sode, chocochips atau kismis dan sejumput garam.  

Untuk membuatnya, campur semua bahan A hingga rata. Ayak terlebih dahulu semua bahan B dan tambahkan chocochips atau kismis. Selanjutnya masukkan bahan B ke dalam bahan A, campur tapi jangan overmix karena muffin akan bantet. Setelah dipastikan rata, tuang adonan ke dalam paper cup. Jangan isi terlalu penuh karena adonan akan mengembang.

Setelah semua adonan habis, panggang di suhu 180 derajat selama 20 hingga 25 menit. Tes kematangan dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika sudah tidak lengket, artinya muffin sudah matang. Angkat lalu tiriskan dan siap disantap saat berbuka nanti.

8. Pisang Rai Khas Bali

Ada yang pernah coba olahan pisang satu ini? Bagi Anda yang tinggal di Bali atau keturunan Bali, Pisang Rai pasti bukan cemilan yang asing, karena ia memang berasal dari Bali. Bahan dan pembuatannya sangat simple. Anda cukup menyediakan beberapa buah pisang raja yang sudah matang, tepung beras, sedikit tepung tapioka, garam dan kelapa parut.

Untuk membuatnya aduk semua bahan tersebut, kecuali pisang raja, hingga tercampur rata dengan konsistensi yang pas; tidak encer, tidak juga kental. Selanjutnya panaskan air dan tunggu hingga mendidih. Selama menunggu, potong-potong pisang sesuai selera dan celupkan ia ke dalam adonan yang sudah dibuat tadi.

Masukkan pisang yang sudah terbalut tepung ke dalam air mendidih. Angkat jika pisang sudah mengapung. Selesai! Anda hanya perlu menambahkan taburan kelapa parut yang sebelumnya sudah dikukus dengan tambahan sedikit garam terlebih dulu. Agar lebih lezat, Anda bisa menyantapnya dengan saus gula merah.

9. Aneka Pepes Pisang (Rangesing, Ciu, Barongko)

Ide olahan pisang untuk takjil yang selanjutnya bisa Anda sajikan adalah aneka pepes pisang. Indonesia tidak kekurangan berbagai jenis olahan pisang yang dibungkus dengan daun. Anda akan menemukan Rangesing di Sumedang, Ciu yang banyak dikenal oleh masyarakat Sunda dan Barongko yang merupakan salah satu kudapan khas Bugis – Makassar.

Bahan-bahan untuk membuat tiga jenis pepes pisang asli Indonesia tersebut cenderung sama. Hanya pada Barongko Anda tidak menggunakan tepung-tepungan, karena olahan ini hanya mengandalkan santan matang, telur, susu bubuk, gula, garam dan tentu saja pisang. Berbeda dengan bahan pembuatan Rangesing atau Ciu sebab pada Rangesing terdapat tepung terigu sebagai salah satu bahan utamanya. Sementara itu, Ciu dibuat dari tepung terigu dan tapioka atau aci.

10. Nagasari

Satu lagi jenis pepes pisang khas Indonesia yang bisa Anda jadikan takjil saat berbuka puasa nanti. Bedanya pisang pada Nagasari tidak dihaluskan seperti Rangesing, Ciu atau Barongko, melainkan diiris dan dimasukkan ke dalam adonan tepung beras dan sagu.

Pertama siapkan tepung beras, tapioka, gula pasir, santan sedang, daun pandan, garam, pisang dan daun pisang untuk membungkus. Kemudian masak sebuah bahan, kecuali pisang, selayaknya membuat bubur sumsum. Setelah matang, siapkan selembar daun pisang lalu ambil dua sendok makan adonan sum-sum kemudian tambahkan satu irisan pisang di bagian tengah. Langkah terakhir bungkus dengan rapi dan kukus. Nagasari siap disajikan!

Bagaimana? Apakah 10 ide olahan pisang untuk takjil di atas cukup menggugah selera? Anda bisa mencoba resep yang kekinian atau menyuguhkan jajanan tradisional dari pisang. Kue-kue di atas tidak sulit dibuatnya, sehingga Anda bisa dengan segera menyajikannya. Selamat mencoba!

Tag: , , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram