bacaterus web banner retina

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Produktif memang seru. Terutama jika Anda tipe seseorang yang tidak bisa diam dan ingin selalu mengerjakan sesuatu. Padahal sesekali istirahat atau me time juga perlu, lho! Kelelahan akibat terlalu banyak beraktivitas jika dibiarkan juga tidak baik untuk kesehatan. Anda perlu jeda sebentar dari berbagai kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran.

Bagi sebagian besar orang dewasa, me time cukup sesederhana tidur tanpa gangguan. Mendapatkan libur di akhir pekan, rasanya tak ingin melakukan apa pun selain tidur atau rebahan. Namun, jika hal itu menjadi rutinitas rasanya juga akan membosankan. Anda perlu ide me time seru agar tetap bisa menghabiskan libur dengan menyenangkan, tidak melulu rebahan atau tidur. Apa saja kira-kira hal seru yang bisa dilakukan saat me time?

1. Mendekorasi Ulang Kamar Tidur

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 1

Banyak menghabiskan waktu di dalam kamar, ruangan yang satu itu pasti menjadi kesukaan. Saking seringnya berada di dalam kamar, Anda pasti sesekali bosan. Apalagi jika sudah cukup lama tidak mengubah apa pun yang ada di sana. Untuk menyiasati hal tersebut, me time kali ini bagaimana jika diisi dengan mulai menata ulang kamar dan perabotannya?

Mendekorasi ulang kamar tidur bisa dimulai dengan mengganti cat. Pilih warna cat yang membuat Anda tenang dan nyaman untuk beristirahat. Setelah itu lanjutkan dengan menata ulang letak perabot seperti tempat tidur, meja, kursi atau lemari.

Agar terasa lebih personal, Anda bisa menata beberapa foto secara estetik di atas grid wall (kawat ram) yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Apabila memiliki dana lebih, ganti perabot lama Anda dengan sesuatu yang lebih baru dan kekinian. Paling tidak ganti seprai, tirai atau karpet agar suasana kamar Anda terasa semakin segar.

2. Coba Masak Menu Simple

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 3Sumber: bhg.com

Saat ini tidak ada alasan untuk tidak bisa masak karena Anda akan dengan mudah menemukan aneka resep lengkap dengan cara membuatnya di internet. Maka dari itu, ide me time seru selanjutnya yang harus Anda coba adalah memasak! Sebagai pemula tentu pilih menu-menu yang sederhana saja, seperti cemilan atau lauk yang tidak terlalu banyak membutuhkan bahan-bahan sulit.

Sebagai contoh Anda bisa membuat aneka hidangan atau camilan dari telur. Misalnya tamagoyaki atau telur dadar gulung khas Jepang dan omelet. Bisa menyajikan dan menyantap makanan buatan sendiri pasti jadi pengalaman baru yang asyik, me time pun jadi tidak terasa membosankan.

3. Jelajah Kuliner

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 5Sumber: bonappetit.com

Jika masak-masak belum menarik minat, tak apa, Anda tetap bisa kenyang saat me time dengan kulineran. Dalam rangka me time tentu saja agenda kulineran kali ini harus dilakukan seorang diri. Makan seorang diri di tengah keramaian rasanya pasti aneh untuk yang pertama kali, tapi percaya saja itu tidak seburuk yang Anda kira.

Kulineran seorang diri membuat Anda bebas menentukan tempat, waktu dan menu. Jika pergi bersama teman, ada kalanya kita harus memilih-milih tempat makan agar semua bisa menikmati, tapi bila pergi seorang diri, Anda bisa bebas menentukan mau makan apa tanpa mendengarkan pertimbangan orang lain. Sekarang saatnya menyantap makanan yang selama ini diidam-idamkan.

4. Nonton ke Bioskop Seorang Diri

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 7Sumber: edtimes.in

Setelah kulineran seorang diri, lanjutkan agenda me time Anda dengan nonton film di bioskop! Jika selama ini sudah banyak film yang Anda tonton di dalam kamar sambil selimutan dan nyemil sesuatu, sekarang saatnya mencoba hal baru. Periksa jadwal bioskop dan sesuaikan dengan waktu yang Anda punya.

Ide nonton film di bioskop sendirian mungkin terdengar ‘menakutkan’, tapi lagi-lagi Anda harus mencobanya demi pengalaman baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Agar betah dan menyenangkan, Anda hanya boleh menonton film yang memang diinginkan, bukan sekadar tes keberanian. Siapa tahu di dalam bioskop Anda bisa mendapat kenalan baru yang juga nonton sendirian.

5. Jadi Wisatawan Lokal di Kota Sendiri

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 9

Kesibukan di tempat kerja atau di dalam rumah membuat Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dua tempat itu saja. Sekalinya jalan-jalan, tempat yang dipilih cukup jauh. Kali ini, bagaimana jika agenda jalan-jalan dilakukan di kota sendiri? ide me time seru dengan menjadi wisatawan di kota sendiri bisa memberi kejutan karena banyak spot yang pasti belum pernah dikunjungi.

Anda bisa datang dan menyaksikan atraksi-atraksi yang terkenal di dalam kota, seperti taman kota, alun-alun dan beragam keseruannya atau bangunan-bangunan otentik dan semacamnya. Jika tidak ada sama sekali tempat yang bisa dikunjungi, tidak ada salahnya untuk berkeliling saja dengan kecepatan rendah hingga sedang menggunakan sepeda motor.

6. Spa

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 11Sumber: justdial.com

Salah satu agenda yang tepat untuk me time adalah spa! Pilih tempat spa favorit Anda dan habiskan berjam-jam di sana untuk memanjakan diri. Rasakan aroma therapy yang menyebar ke seluruh ruangan, rasakan hangatnya dan yang pasti rasakan pijatan para terapis yang sudah terlatih.

Pijatan di bagian belakang tubuh mulai dari pundak, punggung hingga betis diiringi alunan musik yang lembut dijamin akan mengikis ketegangan-ketegangan yang Anda rasakan. Spa adalah salah satu cara terbaik melepas stress. Keluar dari spa, Anda akan segar kembali.

7. Berolahraga

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 13Sumber: blogs.insanmedika.co.id

Ide me time seru selanjutnya yang bisa menyelamatkan Anda dari kebosanan adalah berolahraga. Sudah banyak ahli kesehatan menyetujui bahwa olahraga membawa banyak manfaat untuk tubuh. Jenis pilihan olahraganya tidak dibatasi alias Anda bisa memilih apa pun yang disukai. Mulai dari berenang, bersepeda, datang ke tempat fitness, aerobik, atau yoga.

Olahraga hingga berkeringat dan menaikkan detak jantung dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorphin yang bisa membuat mood meningkat sekaligus meredam nyeri. Dalam keadaan seperti itu Anda bisa terhindar dari stress yang berakibat fatal untuk kesehatan.

8. Merawat Diri

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 15

Setelah memanjakan diri selama berjam-jam di spa, saatnya merawat kebersihan dan kecantikan tubuh. Anda bisa melakukannya dengan pergi ke salon atau sendirian di rumah berbekal video-video tutorial yang banyak bersebaran. Ide ini tidak hanya berlaku untuk perempuan, tapi juga laki-laki karena perawatan tubuh pada dasarnya kebutuhan yang diperlukan siapa saja.  

Hal yang bisa Anda lakukan antara lain scrubbing, luluran, maskeran, cream bath atau waxing. Sesederhana memakai sheet mask sambil membaca buku juga bisa Anda lakukan untuk memanjakan diri sekaligus merawatnya. Me time kali ini akan membuat Anda jadi lebih bersih dan wangi.

9. Staycation

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 17Sumber: traveloka.com

Ide me time seru yang selanjutnya bisa dilakukan adalah staycation. Hal ini belakangan menjadi trend karena staycation dinilai menyenangkan, apalagi untuk Anda yang memang membutuhkan waktu sendiri tanpa ingin diganggu siapa pun. Menginap semalam di hotel yang cantik dan instagramable juga bisa dijadikan selingan saat bosan dengan suasana kamar tapi terlalu malas untuk menata ulang.

Saat ini penginapan-penginapan unik dan lucu sudah tersedia dengan harga yang relatif terjangkau. Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang sesuai dengan budget dan keinginan. Pasti seru bisa staycation seorang diri tanpa gangguan dari luar.

10. Mencoba Hal Baru

Manjakan Diri dengan Hal-Hal Baru Melalui 10 Ide Me Time Ini 19Sumber: pustakaguru.com

Hal lain yang bisa membuat me time Anda tidak membosankan adalah mencoba hal-hal baru! Jika selama ini Anda penasaran untuk melukis, mengapa tidak mulai melakukannya? Mulai dengan membeli semua alat-alat yang dibutuhkan seperti kanvas ukuran kecil, kuas dan cat minyak atau air.

Lukisan yang Anda bisa sesuka hati karena itu juga salah satu bentuk ekspresi diri. Lagipula tidak ada standar bagus atau jelek dalam sebuah karya seni, semua tentang menikmati dan kepuasan diri. Bila sama sekali tidak ada ide mau melukis apa, cari referensinya di banyak tempat, bisa di internet atau lingkungan sekitar.

Beberapa pilihan ide me time seru seperti yang sudah disebutkan di atas bisa dicoba agar ritual me time Anda tidak membosankan dan tidak hanya diisi oleh tidur-tiduran. Bagaimana pun jangan abaikan kebutuhan tubuh untuk istirahat dan re-charge energi ya! Selamat bersenang-senang dengan diri sendiri!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram