bacaterus web banner retina

Inilah 5 Ide Bisnis Selama Pandemi dengan Modal yang Rendah

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 28 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen ZYRO.com

Ketika pandemi seperti sekarang ini banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya untuk sementara atau bahkan banyak juga terjadi pemutusan hubungan kerja. Untuk yang terbiasa bekerja dengan mobilitas tinggi pasti akan mudah merasa bosan jika diam di rumah saja selama berbulan-bulan dengan waktu yang tidak pasti.

Nah, kali ini Bacaterus akan membantu kamu mengatasi kebosanan selama pandemi sekaligus menambah pemasukan kamu. Bacaterus punya beberapa ide-ide bisnis selama pandemi yang bisa kamu coba nih! Ide berikut ini juga bisa diterapkan untuk kamu yang mungkin sedang mencari pekerjaan lagi. Daripada berdiam diri saja, yuk mari lebih produktif lagi selama pandemi dengan mencoba beberapa bisnis dengan modal yang cukup rendah.

Ingin tahu ide bisnis apa saja yang mudah untuk dilakukan dengan budget rendah atau bahkan tanpa budget? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bisnis Camilan

Bisnis Camilan

Seperti yang kita ketahui kalau di masa pandemi ini pastinya kebanyakan dari kita banyak yang di rumah saja. Semua kegiatan yang biasa dilakukan di kantor atau luar kantor pun pastinya semua berpindah tempat jadi di rumah. Tidak banyak yang merasa cepat bosan karna bekerja sendirian, maka dari itu selain laptop di atas meja pastinya camilan akan selalu menemani.

Nah, membuat camilan yang enak dan unik bisa menjadi ide bisnis selama pandemi yang cukup menjanjikan. Selain mudah untuk dibuat, budget yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar khususnya untuk yang baru akan memulai bisnis.

Bisnis camilan ada banyak jenisnya, kamu bisa pilih mau menjual camilan kering-keringan seperti kripik, kue kering atau camilan kue-kue basah seperti kue jajanan tradisional. Pilihlah sesuai dengan keterampilan kamu atau bisa juga kamu  belajar online terlebih dulu sebelum memulai bisnis camilan ini. Ada banyak resep-resep yang bisa ditemukan seperti melalui youtube atau media sosial lainnya.

2. Penulis Lepas

Penulis Lepas

Ide bisnis selama pandemi selanjutnya adalah menjadi penulis lepas/ freelancer. Untuk yang satu ini memang membutuhkan keterampilan khusus tapi bisa juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Dalam hal ini, produk yang dijual adalah keterampilan kamu, jadi untuk memulainya kamu tidak perlu budget tinggi. Yang wajib kamu miliki adalah komputer atau laptop dan koneksi internet.

Kalau masih ragu, perlukamu ketahui nih bahwa dengan adanya pandemi ini pekerjaan di bidang online semakin melejit karena sekarang hampir semua pekerjaan dilakukan secara online. Bisnis ini memang berbeda dengan lainnya karena mengandalkan keterampilanmu sendiri, tapi kelebihannya adalah waktu kerja yang fleksibel dan hasilnya nanti bisa kamu jadikan portofoilio.

Nah, hal inilah yang membuat pekerjaan penulis lepas bisa menjadi ide bagus untuk kamu yang sedang di rumah saja selama pandemi.

3. Bisnis Fotografi

Bisnis Fotografi

Punya keterampilan menggunakan camera dan mengedit foto? Bisnis dalam bidang fotografi menjadi satu hal yang bisa kamu jadikan bisnis selama pandemi nih! Selain mendapatkan pemasukan meskipun di rumah saja selama pandemi, tapi jenis usaha satu ini pun dapat membantu keberlangsungan usaha lainnya juga yaitu usaha dalam bidang makanan.

Lalu apa hubungannya ya? Begini, usaha makanan selama pandemi sudah pasti dijual secara online melalui beragam media sosial. Selain karena rasa makanan yang enak, mereka pasti berlomba-lomba membuat konten yang menarik dan salah satunya komponen yang penting adalah foto.

Nah, maka dari itulah bisnis dalam bidang fotografi ini menjadi bisnis yang bisa dilakukan selama pandemi. Biasanya para penjual makanan akan mengirim produk makanannya ke alamat kamu lalu sebagai timbal baliknya kamu akan memberi mereka foto makanan yang sudah kamu foto dan edit sebelumnya.

4. Menjual Tanaman Hias

Menjual Tanaman Hias

Selama pandemi, bisnis tanaman hias bisa menjadi pilihan yang baik nih! Pasalnya selain berbisnis menghasilkan uang, mengurus dan menjual tanaman hias ini bisa juga memuaskan hobi kamu yang memang menyukai tanaman.

Dengan adanya media sosial dan jasa antar online, kini menjual tanaman hias pun sudah dapat mencakup ke konsumen hingga lintas pulau. Tidak perlu ragu tanaman rusak ketika pengiriman, selama kamu bisa membungkus/ packing dengan baik dijamin tanaman hiasmu akan sampai dengan selamat.

5. Bisnis Tutor Online

Bisnis Tutor Online

Selain orang dewasa yang pekerjaannya terkena dampak pandemi, anak sekolahan juga ikut merasakannya karena kegiatan sekolah pun menjadi serba online. Nah, bisnis tutor online pun menjadi satu bisnis yang cukup menjanjikan. Selain menjadi tutor pelajaran sekolah, kamu pun bisa menjadi tutor keahlian lainnya seperti musik atau bahasa asing.

Sedikit tips untuk kamu yang mau memulai bisnis yaitu pilihlah bisnis yang sesuai dengan keterampilan atau interest kamu supaya semua yang dikerjakan menjadi menyenangkan. Sebenarnya masih banyak ide bisnis yang bisa menjadi pilihan untuk kamu, khususnya pada saat pandemi seperti sekarang ini tapi ide-ide bisnis di atas adalah ide bisnis yang tidak memerlukan budget besar.

Jadi, apakah kamu sudah menentukan mau memulai bisnis apa? Semoga setelah membaca ulasan di atas, kamu menjadi terinspirasi dan berani memulai bisnis di masa pandemi ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram